Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Suzuki GSX R150 2023

Harga Suzuki GSX R150 - Setelah penantian yang boleh dibilang sangat lama, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales ( SIS ) akhirnya mau terjun juga ke pasar motor sport 150. Ini tentunya jadi kabar yang sangat membahagiakan  bagi para suzuki lovers. Pasalnya sebelumnya pabrikan yang identik sama warna biru laut ini belum pernah masuk ke segmen motor sport 150.

Ada motor di segmen sport sih namun dikelas 125cc yakni Thunder 125. Dan adapun yang 150cc yakni Suzuki Satria F150 masuknya itu bukan sport namun adalah sport underbone. Sedangkan kalau menegok para pesaing seperti Yamaha dan Honda, mereka sudah punya jagoan tangguh dikelas motor sport 150cc. Misalkan Yamaha, mereka punya Yamaha Vixion, Yamaha R15 dan Yamaha Byson. Sementara Honda punya Honda CB150R sama Honda CBR150 facelift. 

Memanfaatkan ajang Indonesia Motor Show 2016, PT SIS indonesia merilis jagoan terbarunya di kelas motor sport 150 yakni Suzuki GSX R150. Motor baru ini tak cuma sendirian saat diluncurkan oleh Suzuki Motor Indonesia, namun berbarengan juga dengan saudaranya namun beda pasar yakni dengan Suzuki GSX S150. GSX R150 siap menjadi pemain baru di kancah otomotif indonesia dan siap bertarung dengan sepeda motor dikelasnya yang sudah duluan hadir yakni sama Honda CBR150R dan Yamaha YZF R15.

Yang terbilang unik dan juga menarik adalah acara peluncuran dari Suzuki GSX R150 indonesia ini tak cuma bisa disaksikan oleh mereka yang hadir di IMOS saja, namun juga bisa dilihat oleh masyarakat luas. Mengapa bisa demikian? itu karena momen momen membahagiakan itu disiarkan secara live streaming melalui media online yakni Youtube Channel Suzuki.

Sebelum negara lainnya, Indonesia menjadi negara pertama yang di dapuk sebagai tempat peluncuran perdana motor ini di dunia ( World  Premiere ). Secara otomotis hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri tak cuma bagi bangsa namun juga bagi para bikers karena bisa lebih dulu mencicipi sensasi berkendara dengan Suzuki GSX-R150 ini. Untuk masalah harga, motor suzuki ini bakal dijual dengan harga relatif terjangkau.

Hal ini dikarenakan banyak faktor. Salah satunya ya memang motor ini motor baru sehingga perlu adaptasi dahulu. Dan selain hal itu, karena produksi motor sport ini ada di dalam negeri sehingga biaya produksinya pun bisa diminimalisir. Nah karena itulah harga suzuki gsx 150 full fairing akan sangat sesuai dengan budget orang indonesia. Baiklah untuk selengkapnya simak saja ulasan mengenai Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX-R150 berikut ini.

Desain dan Dimensi

Sebagai versi fairing dari GSX-S 150, Pihak Suzuki mendesain Suzuki GSX-R150 dengan tampilan yang sporty layaknya GSX-R series. Bahkan motor sport fairing ini digadang-gadang terlahir dengan mengadopsi desain dari motor sport kelas atas Suzuki yang juga beberapa waktu dirilis di ajang INTERMOT 2016 di jerman yakni Suzuki GSX-R1000. Ya memang kalau diperhatikan motor 150cc suzuki ini terkesan mirip dengan motor sport kelas atas tersebut.

Namun yang cukup menarik kawan, jika kalian mengikuti artikel motorcomcom sebelum-sebelumnya. Sebenarnya Suzuki GSX-R150 ini mirip sekali dengan Suzuki GSX-R125 yang sebelumnya sudah rilis duluan di jerman juga diwaktu yang sama dengan GSX-R1000 yakni di INTERMOT 2016. Hanya yang membedakan adalah kapasitas mesin yang mana GSX-R125 punya mesin lebih kecil yakni 125cc. 


Harga Suzuki GSX R150
Suzuki GSX R150


Suzuki GSX R150 2016 hadir dengan ukuran dimensi panjang 1975 mm, lebar 670 mm dan tinggi mencapai 1070 mm. Kalau diperhatikan dimensi motor suzuki berfairing ini kurang lebihnya sama dengan motor sport fairing 150cc lainnya. Dan yang paling penting sesuai dengan postur tubuh orang indonesia. Tinggi tempat duduknya sendiri adalah 785 mm.

Kemudian motor ini memiliki jarak sumbu roda 1300 mm. Termasuk cukup panjang dan membuatnya bisa lebih stabil dilintasan lurus serta cukup mudah kalau dipakai untuk menikung dan berbelok. Jarak terendah ke tanah 150 mm dan membuat motor ini terbilang aman-aman saja kalau melintasi polisi tidur atau bahkan banjir.

Dibagian depan, Suzuki GSX-R150 ini mengusung model headlamp tunggal ( khas klan GSX-R series ) dimana lampunya itu sudah pakai lampu LED. Bentuk unik dan jika diperhatikan seperti anak panah ke bawah. Dan yang menarik kalau melihat bagian tengah entah kenapa jadi kepikiran sama lampunya Suzuki Satria F150 FI.

Lampu sein depan terpisah dan berada di fairing. Stang kemudi pakai Underyoke sehingga serasa motor balap. Gaya membungkuk itulah yang terpikirkan jika berurusan dengan yang namanya motor balap. Namun yang cukup aneh, sektor ergonomi motor Suzuki GSX-R150 ini justru bukannya membungkuk namun malah tegak.

Harga Suzuki GSX-R150
Headlamp Suzuki GSX-R150

Mengapa bisa demikian? ternyata tangki bahan bakar didesain rata dan berada sejajar sama stang kemudi dan juga jok rider tak terpaut jauh tingginya sama tangki. So, kalau naik badan jadi tegak dan tak mudah pegal. Kenyamanan nampaknya juga sangat diperhatikan meskipun tampilan Suzuki GSX-R150 terbilang sporty. Joknya sendiri sudah terpisah antara rider sama pembonceng, jadinya lebih leluasa saja karena duuknya sendiri-sendiri.

Kemudian beralih kebagian belakang. Stoplamp didesain tajam dan meruncing, dimana sein terpisah dan berada di spakbor. Knalpotnya sporty dan menengadah keatas, lalu memiliki 2 lubang untuk pembuangan emisi.

Mesin

Berikutnya menengok ke spesifikasi Suzuki GSX R150 bagian dapur pacu. Sebagai jagoan terbaru keluaran Suzuki, motor sport ini dipersenjatai dengan mesin 150cc, DOHC, 1 silinder dengan sistem pendiginan water cooled. Kabarnya mesin yang diusung oleh motor ini menggunakan mesin DOHC terbaru yang satu gen dengan mesin Suzuki Satria F150 Injeksi. Namun dengan sedikit pembenahan tentunya supaya menjadi lebih powerfull dibandingkan dengan sang ayago.

Mesin DOHC terbaru yang dimiliki sepeda motor sport ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal dikisaran 18.9 Hp ( 14,1 Kw ) / 11000 rpm dengan torsi 14 Nm / 9000 rpm. Spesifikasi Suzuki GSX-R150 disektor mesin terbilang mumpuni dikelasnya. Apalagi kalau menengok sama rivalnya yakni Yamaha R15, GSXR-150 lebih powerfull lho.

Dimana untuk kompetitornya tersebut memiliki power maksimal 16.8 Hp / 8500 rpm dengan torsi puncak 15 Nm / 7500 rpm. Untuk menyalurkan tenaga mesin, motor sport ini menggunakan transmisi 6 percepatan. Selain powerfull, mesin milik Suzuki GSX-R150 ini juga termasuk irit karena mengusung teknologi canggih Fuel Injection. Konsumsi bahan baakrnya 49 km/liter dengan standar EURO 3.

Fitur Suzuki GSX-R150

Melihat bahwa harga Suzuki GSX-R150 relatif terjangkau, ternyata bukan berarti motor sport ini tak memiliki fitur yang menarik. Malahan pihak Suzuki sebagai sang owner membekali jagoan anyarnya ini dengan seperangkat fitur canggih nan modern dan nampaknya bisa menjadi kebanggaan tersendiri dikelasnya.

Fitur yang dimiliki Suzuki GSX-R150 tersebut diantaranya seperti pemakaian headlamp yang sudah mengusung lampu LED. Fitur baru ini rasanya memang langkah yang sangat tepat bagi suzuki, jika memang berkeinginan untuk bersaing di kancah otomotif tanah air. Apalagi mengingat Lampu LED memang saat ini sedang trend dan sedang booming sebagai pencahayaan buat motor roda dua. Memberikan kesan mewah serta sangat disukai oleh masyarakat indonesia.Tak cuma itu saja pencahayaan menjadi lebih terang dan jelas.

Harga Suzuki GSX-R150
Speedometer Suzuki GSX-R150

Selanjutnya Suzuki GSX-R150 menggunakan Speedometer Full Digital dengan Layar LCD. Untuk bentuk dan desainnya mirip sekali dengan miliknya Suzuki Satria F150 Injeksi. Hanya saja untuk miliki sang motor sport fairing terbaru spesifikasi atau fitur nya itu tambah 1 yakni adanya indikator ABS.

Kemudian untuk isi informasi yang bisa dibaca dilayar LCD meliputi RPM meter, indikator kecepatan, jam digital, indikator gigi, indikator bahan bakar dan trip meter. Sementara yang berada diluar LCD ada indikator lampu sein, indikator injeksi, gigi N, high beam, ABS dan lain-lain.

Harga Suzuki GSX-R150
Key-Less Ignition Suzuki GSX-R150
Selain yang diatas tadi Suzuki GSX-R150 juga masih memiliki fitur lainnya yang bisa dikatakan sebagai kelebihannya tersendiri. Soalnya perangkat tersebut hingga saat ini tak ditemukan di para kompetitornya yakni seperti adanya Key-Less Ignition. Fitur canggih ini mengubah sistem kunci kontak konvensional yang dahulu menggunakan lubang, sekarang diganti dengan remote sebagai transmitter dan tuas sebagai receiver yang menerapkan sistem elektronik.

Untuk menyalakan mesin mudah sekali yakni tinggal mendekatkan remote ( harus berada di area jangkauan yakni 1,2 meter ) dan kemudian memutar tuas. Mesin tak akan menyala jika remote berada diluar jangkauan dan meskipun tuas sudah diputar. Fitur Key-Less Ignition ini canggih dan setidaknya bisa meminimalisir resiko pencurian terhadap motor sport fairing Suzuki GSX-R150 ini.

Harga Suzuki GSX-R150
Easy Start System Suzuki GSX-R150

Kemudian fitur menarik yang juga tak kalah hebatnya adalah Easy Start System yang mana sudah populer dan diterapkan pula pada motor Suzuki Satria F150 Injeksi serta Suzuki GSX-S150 yang jadi saudaranya. Fitur ini membuat mesin Suzuki GSX 150 terbaru bakalan menyala dengan sangat mudah hanya dengan sekali tekan pada tombol starter. Yang terakhir motor ini sudah mengusung teknologi pengereman ABS serta adanya Fitur Answer-Back Function untuk menemukan posisi motor saat di tempat ramai atau parkiran.

Aksesoris Resmi

Untuk membuat tampilan makin menawan, adik dari GSX 250R ini yakni Suzuki GSX-R150 juga hadir dengan beberapa aksesoris resmi diantaranya adalah Cover Protector Radiator, Turn Signal, Winshield Sticker, License Plate Frame, Alarm System & USB Charger, Rim Decal Set, Tank & Fuelid Pad Set, Seat Tail dan terakhir Winglet.

Spesifikasi Suzuki GSX-R150 :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 1975 mm.
  • Lebar 670 mm.
  • Tinggi mencapai 1070 mm.
  • Jarak sumbu roda 1300 mm.
  • Tinggi tempat duduk 785 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 150 mm.
  • Kapasitas penumpang : 2
  • Berat kering 126 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar 11 liter.
  • Kalkulasi berkendara dengan tangki penuh sejauh 539 km.
      2. MESIN
  • Tipe mesin 4 Stroke, water cooled.
  • Sistem valve : 4 Valve , Double Overhead Camshaft ( DOHC )
  • Jumlah silinder : 1 silinder.
  • Kapasitas mesin 147,3 cc.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection ( FI ).
  • Transmisi 6 kecepatan, return.
  • Sistem starter : Elektrik starter.
  • Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm
  • Power maksimal 14,1 Kw / 11000 rpm.
  • Torsi maksimal 13,9 Nm / 8500 rpm.
  • Standar emisi : EURO 3.
  • Konsumsi bahan bakar 49 km/liter.
      3. RANGKA
  • Tipe Frame Diamond.
  • Rem depan : Disc ( Petal )
  • Rem belakang : Disc ( Petal )
  • Suspensi depan Telescopic.
  • Suspensi belakang Monoshock dengan SwingArm Kotak.
  • Roda : Cast Wheel.
  • Ban depan ukuran 90/80 - 17 ( TL )
  • Ban belakang ukuran 130/70 - 17 ( TL )
      4. KELISTRIKAN
  • Headlight : LED lamp
  • Tailight    : Bulb
  • Batteray tipe : MF
  • Electronic Instrumen Cluster : Full Digital
  • Tachometer : Ada

Harga Suzuki GSX-R150 2023:

  • Harga Suzuki GSX R150 Keyless                     Rp. 34.231.000
  • Harga Suzuki GSX R150 ABS                          Rp. 37.257.000

Harga diatas merupakan harga otr jakarta, tapi meski demikian, bisa berubah sewaktu waktu.

Suzuki GSX-R150 merupakan sebuah sepeda motor baru yang rasanya terbilang kompetitif dan tak boleh dipandang sebelah mata di kelasnya. Motor sport ini sudah siap menghadapi para rivalnya yakni Honda CBR150R dan Yamaha YZF R15 untuk memperebutkan posisi sebagai motor sport 150cc terbaik di indonesia.

Baca Juga :
Hingga saat ini banderol harga Suzuki GSX150R masih belum diumumkan secara resmi oleh piahk Suzuki. Namun bisa dipastikan harganya tersebut relatif terjangkau dan kurang lebihnya tak akan beda jauh dengan kompetitor. Seperti diatas sobat, menurut perkiraannya ada di 30 juta rupiah.
Demikian informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX-R150 terbaru di indonesia. Jangan lupa baca juga artikel otomotif khususnya sepeda motor menarik lainnya cuma di situs http://motorcomcom.blogspot.com ini.