Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Suzuki GSX-R1000 2023

Harga Suzuki GSX-R1000 - Setelah sebelumnya konsepnya di tampilkan di gelaran EICMA 2015 yang lalu, akhirnya jagoan anyar dari Suzuki Motor Corporation sang All New GSX-R1000 2017 resmi diluncurkan. Sang generasi penerus motor superbike kasta tertinggi Suzuki ini, resmi dirilis di Gelaran INTERMOT 2016 yang berlangsung di kota Cologne Jerman.

Setelah 3 dekade lamanya dan juga sudah banyak motor GSX-R1000 yang terjual diseluruh dunia. dihitung-hitung generasi yang baru ini menjadi generasi ke 6 dari superbike yang pertama kali ada di dunia di tahun 2001 silam ini. Hadir dengan beragam pembaharuan yang begitu signifikan, yang membuatnya jauh lebih baik daripada generasi-generasi sebelumnya.

All New Suzuki GSX-R1000 terlahir untuk semakin mengukuhkan nama GSX-R yang sudah begitu melegenda. Yang mana seperti yang diketahui bersama GSX-R series telah diakui akan performa serta ketangguhannya mengingat sudah seringnya motor-motor dalam family ini yang memenangkan banyak ajang balap bergengsi dunia.

Hadirnya sosok kuda besi baru suzuki ini, secara tidak langsung membuat para fans suzuki menjadi sangat bahagia. Apalagi jika diperhatikan GSX-R1000 sudah lama tidak mengalami pembaharuan. All New Suzuki GSX-R1000 seakan menjadi sebuah jawaban atas harapan para penggemar suzuki yang mengidamkan sosok motor baru yang lebih fresh dan modern.

All New GSX-R1000 2017 telah dirancang oleh para insiyur Suzuki untuk menjadi sepeda motor superbike terbaik yang ada di keluarga GSX-R series dan bahkan menjadi motor yang pernah dibuat hingga saat ini. Beragam fitur baru serta canggih yang dimiliki oleh Suzuki saat ini telah dibenamkan di motor superbike ini.

Dengan bekal semua revisi dan perangkat teknologi baru, All New Suzuki GSX-R1000 model 2017 siap untuk bersaing dengan kompetitornya yang ada saat ini. Seperti Kawasaki Ninja ZX-10R, Honda CBR1000RR Fireblade SP, Yamaha YZF R1, BMW S1000RR, Ducati Panigale 959 dan motor-motor lain dikelasnya.

All New Suzuki GSX-R1000 dilepas oleh Suzuki Motor Corporation dengan 3 pilihan warna yang bisa dipilih. Yakni meliputi Pearl Mira Red, Metallic Matt Black No.2 dan terakhir Metallic Triton Blue. Untuk mengetahui lebih lanjut motor superbike ini berikut info seputar Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX-R1000.


Harga Suzuki GSX-R1000
Suzuki GSX-R1000
Desain

All New Suzuki GSX-R1000 keluaran terbaru hadir dengan desain yang lebih sporty dan keren. Lebih ramping dan lebih aerodinamis dari sebelumnya untuk menunjang handling yang mudah serta bisa berlari dengan lebih cepat. Fairing depan telah dibuat 13 mm lebih ramping dan bentuk bagian depan yang atas telah dibuat lebih cekung untuk membuat udara bisa mengalir lebih baik ke tangan pengendara.

Bagian depan telah benar-benar baru dengan headlamp yang sporty abis. Masih tetap mengandalkan ciri khas GSX-R Series dengan lampu tunggal. Namun ukurannya lebih kecil dibandingkan model sebelumnya. Lalu yang menarik di All New Suzuki GSX-R1000 terbaru, headlampnya sudah menggunakan Lampu LED sebagai penerangan sehingga pencahayaan makin maksimal. Tak cuma di sisi kanan-kiri headlamp ada rongga atau disebut New Suzuki Ram-Air Direct ( SRAD ) yang berguna untuk mengalirkan udara ke air cleaner box. Lampu sein terpisah dengan bentuk modern.

Spesifikasi Suzuki GSX-R1000
Tampak Depan Suzuki GSX-R1000

Motor superbike Suzuki ini menggunakan stang model underyoke. Tangki bahan bakar didesain ulang lebih rendah dan lebih panjang kebelakang. Jok pengendara 825 mm dan dibuat tidak terlalu rendah jika diurutkan ke stang kemudi. Ergonominya nyaman namun racing abis alias menunduk. Motor ini cocok sekali bagi para rider yang mengidamkan kecepatan. Bagian belakang lancip dengan stoplamp LED. Lampu sein terpisah dan menyatu dengan spakbor model gantung.

Sebagai informasi dasar, motor superbike All New Suzuki GSX-R1000 memiliki panjang tubuh 2075 mm, lebar 710 mm dan tinggi hingga 1150 mm. Superbike ini memiliki jarak terendah ke tanah 130. Kemudian untuk urusan bobotnya, itu ada di angka 202 kg. Ya standarlah untuk berat moge zaman sekarang.

Rangka dan Suspensi

All New Suzuki GSX-R1000 menggunakan rangka baru yang lebih kuat serta lebih ramping daripada sebelumnya. Para insiyur suzuki mengembangkan rangka Alumunium Twin Spar baru untuk kuda besi baru ini dengan mengurangi ukurannya sampai 20 mm serta mengurangi bobotnya hingga 10% dibandingkan dengan model sebelumnya.

Khusus bagian penopang mesin, rangka yang digunakan di buat 60 mm lebih lebar dan lebih kuat, hal ini berguna untuk mengurangi getaran yang terjadi pada mesin saat menyala. Letak shock belakang dibuat lebih mundur kebelakang 48 mm dan juga jadi 20 mm ketimbang model sebelumnya. Ini dilakukan untuk membuat tangki bahan bakar lebih panjang dan lebih rendah ( 21 mm dari model sebelumnya ) bisa menciptakan sentralisasi massa untuk balance yang lebih baik.

Superbike GSX-R1000 2017 terbaru menggunakan Swingarm Alumunium model baru yang lebih kuat dan juga memiliki ukuran yang lebih panjang dari gen lawas. Membuat motor superbike suzuki ini menjadi lebih mudah melakukan manuver tajam saat ditikungan. Wheelbasenya sendiri sekarang menjadi 1410 mm atau naik 5 mm dari gen lawas yang hanya 1405 mm.

Review Suzuki GSX-R1000
Tampak kanan Suzuki GSX-R1000
Untuk suspensi depan, All New Suzuki GSX-R1000 2017 menggunakan suspensi Upside Down ( USD ) berdiameter 43 mm ( Showa Big Piston Front ) baru yang diklaim  memiliki peredaman yang lebih efektif , utamanya saat melakukan pengereman keras saat dalam kecepatan yang tinggi. Suspensinya nya sendiri bisa disetting sesuai dengan kebutuhan.

Suspensi belakang terpasang Monoshock lin type yang juga dari Showa yang memiliki peredaman yang optimal baik pada kecepatan rendah ataupun tinggi. Serta suspensi ini bisa diatur peredamannya sesuai dengan kebutuhan.

All New Suzuki GSX-R1000 memakai rem cakram ganda yang 10 mm lebih besar dari gen lawas yakni Ø 320 mm. Masih menggunakan 4 kaliper piston dari pabrikan Brembo. Namun kali ini telah dilengkapi pula dengan Brembo T-Drive untuk pengereman yang optimal. Sementara di sektor belakang ada rem cakram tunggal Ø 220 mm. Ada juga piranti ABS kemaksimalan pengereman.

Pelek alumunium yang digunakan superbike baru ini menggunakan pelek baru yang 6 jari yang membuat handling semakin baik dan juga membuat motorsuperbike ini makin terlihat sporty. Ban yang dipakai merk Bridgestone BATTLAX RACING STREET RS10 dengan ukuran depan 120/70ZR17 MC ( 58W ) dan belakang 190/55ZR17 MC ( 75W ).

Performa Mesin

All New Suzuki GSX-R1000 dipersenjatai dengan mesin generasi terbaru dari keluarga  GSX-R series. Mesinnya lebih canggih serta mengeluarkan tenaga yang jauh lebih besar. Mesin yang digunakan berkapasitas 999 cc, 4 Silinder, DOHC. Mengusung ukuran bore dan stroke yang lebih besar dari generasi sebelumnya yakni 76 mm x 55,1 mm serta punya rasio kompresi yang lebih tinggi pula mencapai 13,2 : 1.

Untuk performa yang semakin maksimal, mesin yang digunakan telah mengadopsi beberapa teknologi Motogp suzuki seperti Suzuki Racing Variable Valve Timing ( SR-VVT ), Suzuki Exhaust Tuning-Alpha ( SET-A ) dan Suzuki Top Feed Injector ( S-TFI ). Diatas kertas power maksimal All New Suzuki GSX-R1000 mencapai 148.60 kW / 13200 rpm ( 202.04ps ) dengan torsi maksimal 117.60 Nm / 10800 rpm ( 86.70lb.ft ).


Harga Suzuki GSX-R1000
Tampak kiri Suzuki GSX-R1000
Untuk menyalurkan tenaga dari mesin baru yang digendongnya, All New Suzuki GSX-R1000 terbaru keluaran 2017 menggunakan tranmisi 6 kecepatan dengan tipe kopling baru Multi plate wet clutch ( SCAS ). Dengan mesin terbaru yang diciptakan oleh engginer suzuki, membuat superbike paling tinggi ini memiliki akselerasi yang cepat saat melaju di jalanan ataupun dilintasan.

Fitur Baru

Sebagai generasi terbaru saat ini, All New GSX-R1000 dibekali dengan berbagai fitur baru yang canggih dan modern saat ini. Fiturnya tak asal-asalan melainkan fitur tercanggih yang digunakan oleh para pembalap saat ini. Superbike ini mengusung Inertial Measurement Unit ( IMU ) canggih yang diadopsi dari motor balap Motogp yang mampu memonitor dengan akurat traksi, pengereman maupun kemampuan berbelok.

Ada juga Motion Track System ( Traction Control System ) yang memungkinkan pengendara bisa memilih 10 level pengaturan traksi sesuai dengan kebutuhan. Teknologi Motion Brake System terbaru yang bekerja dengan IMU untuk mengurangi resiko ban belakang terangkat saat melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi.

Suzuki Drive Mode Selector ( S-DMS ) yang pengaturannya ada di stang kiri, memberikan 3 opsi mode berkendara buat rider. Mau standart ataupun kencang bisa dipilih sesuai keinginan. New Low RPM Assist System, memonitor dan mengatur RPM mesin baik saat take off atau pun saat sudah berjalan. Sistem ini membuat tarikan motor jadi lebih ringan. Terakhir ada Suzuki Easy Start System yang membuat mesin menyala dalam sekali tekan tombol starter.

Fitur Suzuki GSX-R1000
Instrumen Suzuki GSX-R1000
Sumber gambar : Suzuki

Semua fitur tersebut bisa dikendalikan dan dipantau dengan intrumen yang sudah digital dengan layar LCD. Tampilannya jelas dan mudah untuk dibaca. Instrumen ini banyak info pentingnya, mulai indikator perangkat-perangkat canggih tadi hingga informasi standar seperti speedometer, odometer, trip meter, indikator bahan bakar dan lain-lain juga sudah tersedia.

Spesifikasi Suzuki GSX-R1000 :

  1.  DIMENSI 
  •  Panjang keseluruhan 2075 mm.
  • Lebar keseluruhan 710 mm.
  • Tinggi keseluruhan 1150 mm.
  • Jarak sumbu antar roda 1410 mm.
  • Tinggi tempat duduk 825 mm.
  • Sudut kemudi / trail : 66.8° / 95 mm.
  • Berat 202 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar 16 liter.
  • Jarak terendah ke tanah 130 mm.
      2. MESIN
  • Kapasitas mesin 999 cc.
  • Tipe mesin : 4 Stroke, 4-cylinder, liquid cooled, DOHC, SR-VVT Variable Valve Timing
  • Bore dan stroke : 76 mm x 55,1 mm.
  • Perbandingan rasio kompresi 13,2 : 1
  • Pelumasan : wet-sump with oil cooler
  • Pengapian : Pengapian elektronik
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection  Ø  46 mm with S-DSI ( Suzuki Dual Stage Intake ) and S-TFI ( Suzuki top feed injection , 2 injector on the intake funnel )
  • Sistem Starter : Electric Starter
  • Transmisi 6 kecepatan constant mesh
  • Drive : chain
  • Power maksimal 148.60 kW / 13200 rpm ( 202.04ps )
  • Torsi maksimal 117.60 Nm / 10800 rpm ( 86.70lb.ft )
  • Kopling : Multi plate wet clutch ( SCAS )
      3. RANGKA
  • Tipe frame Alumunium twin spar
  • Suspensi depan : Upside Down ( USD ) fork  Ø 43 mm ( Showa BPF )
  • Suspensi belakang : Alumunium Swingarm with Monoschok ( Showa , adjustment spring preload, rebound, rebound in high and low speeed.
  • Rem depan : Cakram Ganda Ø 320 mm dengan Brembo T-Drive
  • Rem belakang : Cakram tunggal Ø 220 mm.
  • Pelek depan : 17 M/C x MT 3.50
  • Pelek belakang : 17 M/C x MT 6.00
  • Ban depan : 120/70ZR17 MC ( 58W )
  • Ban belakang : 190/55ZR17 MC ( 75W )

Harga Suzuki GSX-R1000 2023:

  • Harga Baru                   - $15,849.00 ( sekitar 237 juta rupiah )

All New Suzuki GSX-R1000 merupakan motor terbaru suzuki yang baru saja diperkenalkan kehadapan publik tahun ini. Dengan spesifikasi yang mumpuni, superbike ini siap menantang para lawannya dikelasnya seperti Kawasaki Ninja ZX-10R, Honda CBR1000RR Fireblade SP, Yamaha YZF R1, BMW S1000RR serta Ducati Panigale 959.

Bicara soal harga, hingga sekarang belum ada konfirmasi atau informasi resmi dari pihak suzuki. Semoga saja harganya bisa sama dengan model lawasanya. Ya kalaupun jika naik, naiknya itu tak terlalu jauh amat. Untuk sekedar informasi, Untuk GSX-R1000 sebelumnya di eropa dibanderol dengan harga $13,899 atau setara dengan 180 juta rupiah.

Demikian informasi yang bisa diberikan oleh motorcomcom mengenai Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX-R1000 2017 terbaru. Semoga bisa menambah wawasan serta bisa menjadi referensi bagian kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung.

Baca Juga :