Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha All New R15 2023

Harga Yamaha R15 2017 - merupakan motor sport terbaru dikelas 150cc yang dikeluarkan oleh Yamaha Motor Manufacturing indonesia di tahun 2017. Motor ini hadir setelah banyak renderan dan spyspot yang tertangkap di mana mana. Bagi yang belum tahu, pabrikan garputala merilis gen pertama motor ini adalah pada tahun 2014 silam. Motor ini akan mulai diproduksi pada bulan mei 2014. Dan jika dihitung-hitung umur dari motor sport ini sudah menginjak 2 tahunan terhitung tahun 2016 kemarin.

Dan setelah perjalanannya yang bisa dikatakan panjang juga, akhirnya di tahun 2017 ini PT Yamaha Motor Manufacturing selaku pecipta motor sport Yamaha YZF R15 ini akhirnya melakukan pembenahan ( facelift ) untuk motor sport jagoannya di kelas 150cc ini. Yang tujuannya jelas untuk bisa tetap bertahan dan menjadi motor sport unggulan di indonesia.

Ya sobat otomotif, di tahun 2017 ini dengan menyesuaikan dengan kondisi pasar otomotif yang ada , yamaha motor manufacturing dengan suksesnya memberikan kejutan bagi seluruh masyarakat indonesia. Utamanya untuk fans besar Yamaha di indonesia. yakni dengan menghadirkan generasi terbaru All New Yamaha YZF R15 ke tanah air.

Generasi terbaru Yamaha YZF R15 2017 resmi diperkenalkan di sirkuit sentul pertanggal 23 januari 2017. Di acara peluncurannya sendiri cenderung begitu meriah karena turut menghadirkan pembalap motogp Yamaha di musim 2017 yakni Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Dan tak cuma merilis, pembalap Yamaha Maverick Vinales turut melakukan test ride untuk motor baru yamaha All New Yamaha R15 indonesia ini di sirkuit sentul indonesia.

All New Yamaha YZF R15 2017 mengusung banyak sekali ubahan mulai dari desain sampai teknologi mesin. Desainnya tetap mengadopsi desain R series yamaha seperti model sebelumnya.
All New R15 2017 sekarang cenderung mirip dengan Yamaha YZF R6 dan Yamaha YZF R1 keluaran terbaru. Makin modern nan futuristik serta lebih sporty.

Motor sport keluaran terbaru yamaha ini dihadirkan karena memang saat ini persaingan di kelas motor sport 150cc makin sengit saja. Tak cuma mesti bertarung dengan Honda CBR150R facelift saja seperti selama ini, namun kini juga mesti bersaing dengan motor sport 150cc terbaru di indonesia yang jadi lawan barunya sekarang yakni Suzuki GSX R150. Makanya butuh berbagai hal baru dan kini semua itu ada di Yamaha R15 Facelift 2017.

Menjadi generasi terbaru dari model lama, All New R15 masih mempertahan kan berbagai kelebihan dan keunggulan yang pernah di tawarkan di generasi sebelumnya serta ditambah dengan fitur baru pastinya. Lalu Hadir dengan semuanya yang serba baru, Harga Yamaha R15 2017 cenderung lebih mahal dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Wajar saja sih memang, namun yang paling penting harga r15 2017 ini itu masih terjangkau dibandingkan dengan harga model sebelumnya. Pokoknya ada banyak perbedaan r15 lama dengan r15 terbaru saat ini. Berikut Review Spesifikasi dan Harga Yamaha R15 2017 buat sobat motorcomcom semuanya.

Warna Pilihan 

Yamaha Motor Manufacturing Indonesia ( YMMI ) melepas motor All New Yamaha R15 ini dengan 3 warna pilihan yang menarik yakni Biru, Hitam dan Silver.

Yamaha R15 Silver
Yamaha R15 Silver

Yamaha R15 Hitam
Yamaha R15 Hitam


Yamaha R15
Yamaha R15 Biru


Sumber gambar : ( yamaha-motor.co.id )

Desain R Series

Motor All New R15 ini memiliki desain baru bergaya sporty yang membuatnya terlihat sangat keren dan gagah dari model sebelumnya. R15 terbaru menganut konsep motor Yamaha YZF R1 dan juga Yamaha YZF R6 terbaru. jadinya sosoknya itu ala motor supersport yang racy serta terkesan moge look.

R15 generasi terbaru memiliki ukuran dimensi yang berbeda dengan sebelumnya. Panjangnya menjadi 1990 mm, lebar 725 mm dan tinggi 1135 mm. Kemudian tinggi joknya naik menjadi 815 mm ( dulu 800 mm ). Kemudian berat motor sport 150cc yamaha ini juga bertambah dari yang lama 136 kg kini jadi 137 kg.

Motor sport 150cc yamaha R15 ini kini mengusung lampu dengan desain sipit plus dengan lampu LED bukan lagi lampu halogen. Dibagian tengah terdapat lubang udara. Windshield berubah makin besar dan spion juga makin sporty. Berikutnya, stang kemudi berubah model underyoke ,jadi pengendalian mudah dan seperti motor balap.

Harga Yamaha R15
Yamaha R15

Bagian dashboard merubah makin menarik dengan adanya panel instrumen makin canggih dan model dengan full digital. Layarnya cenderung besar jadi informasi yang diberikan mudah dilihat. Berubah sekali dari R15 V2 sebelumnya yang pakai analog plus digital. Tangki berubah bentuk dan desainnya. Bahkan untuk yang sekarang itu lebih ramping dengan kapasitas bahan bakar 11 liter. Turun 1 liter dari model lama yang 12 liter.

Kemudian fairing yang dipakai makin ramping serta desain bodinya semakin padat dan kokoh. Desainnya tubuhnya dual layer sehingga memang kekinian banget dan tampak keren pokoknya. Jok model terpisah namun kini tampaknya lebih manusiawi dengan jok belakang yang tak terlalu tinggi. Desain buritan berubah sekali dan mirip dengan Yamaha YZF R1 dan R6. Ada juga pegangan buat pembonceng.
Performa Mesin 155cc VVA

Generasi terbaru All New Yamaha YZF R15 2017 mengusung sektor dapur pcau baru yang lebih powerfull dari sebelumnya. Mesin yang digunakan masih 1 silinder, 4 Valve SOHC. Namun kini berkapasitas lebih besar yakni 155,1 cc dari yang dulu 150cc saja. Kemudian bore dan strokenya pun berubah menjadi 58 mm x 57,8 mm ( bore naik 1 mm ). Rasio kompresi berubah menjadi 11,6 ± 0.4 : 1 ( dulu 10,4 : 1 ). Untuk pendinginan masih pakai liquid cooled.


Perubahan dapur pacu tak sampai itu saja, mesin 155,1 cc yang digunakan Yamaha R15 V3 2017 ini juga sudah menerapkan teknologi Variable Valve Actuation ( VVA ) layaknya motor matic Yamaha NMAX 150 dan Yamaha Aerox 155. Teknologi ini mampu membuat performa jadi makin optimal dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Ada pula teknologi Fuel Injection YM JET FI untuk kesempurnaan.

Apa sampai disitu saja? ternyata tidak, Mesin yang digunakan Yamaha YZF R15 keluaran terbaru ini juga sudah menggunakan Forged Piston & Diasyl Cylinder yang 3 x lebih kuat, awet dan tahan lama. Jadinya memang bisa menghasilkan performa yang maksimal. Perubahan yang siginifikan ini berdampak besar pada power dan torsi yang semakin tinggi. Power maksimum generasi terbaru ini 14,2 kW ( 19,3 PS ) / 10000 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm / 8500 rpm.

Review Yamaha R15
Yamaha R15

Kemudian sobat, sistem transmisi milik All New Yamaha YZF R15 2017 ini itu juga diperbaiki dibandingkan dengan model sebelumnya. Masih mengusung 6 kecepatan manual, namun kini sudah mengaplikasikan teknologi Assist Slipper Clutch. Teknologi ini berguna untuk kemudahan dalam perpindahan gigi perseneling. Lebih lancar dan halus sehingga membuat akselerasi makin cepat. Dan R15 motor 150cc pertama yang menggunakannya.

Tercatat Kecepatan maksimal atau Top Speed Yamaha R15 model 2017 ini mencapai kisaran 144 km/jam. Tentu ini lebih cepat dibandingkan yang dulu yang hanya sekitar 130 km/jam saja. Kemudian untuk konsumsi BBM Yamaha R15 ini cenderung irit dan emisi yang dikeluarkan bersih dan ramah lingkungan.

Rangka & Kaki Kaki

New Yamaha YZF R15 V3 2017 ini dibangun dengan rangka tipe Delta Box yang kuat dan kokoh. Tak cuma itu juga ringan sehingga berkendara menjadi lebih stabil dan mantap. Rangka model ini memang sering digunakan oleh motor sport Yamaha Motor Indonesia seperti contohnya dipakai oleh Yamaha Vixion Advance dan Yamaha YZF R25.

Selanjutnya untuk suspensi, generasi terbaru R15 ini sudah memakai suspensi depan tipe Upside Down. Berbeda sekali dengan suspensi milik gen lawasnya yang cuma pakai teleskopik saja. Suspensi jenis ini lebih kuat serta nyaman. Di kelas motor sport 150cc indonesia, baru All New Yamaha R15 ini yang pakai dan bisa dikatakan sebagai keunggulannya. Plus motor ini jadi pelopor nya di tanah air.

Spesifikasi Yamaha R15
Spesifikasi Yamaha R15

Untuk suspensi belakang, menggunakan suspensi Monoshock. Dan meskipun model baru, sebagai pelopor pertama dikelas 150cc, Yamaha R15 2017 tetap mempertahankan swingarm alumunium yang kokoh dan kuat. hanya saja untuk model anyar ini desainnya berubah makin sporty. Untuk kaki kaki, R15 terbaru menggunakan pelek cast wheel model 10 palang, beda dengan dulu yang cuma 5 palang.

Untuk ban tubeless yang digunakan makin besar yakni 100/80 - 17 M/C 52P di depan dan ukuran 14,7 Nm / 8500 rpm. Kemudian untuk pengereman pun di perbaiki lagi. Menggunakan rem cakram tunggal di tiap roda, hanya saja bagian depan diperbesar menjadi 282 mm ( dulu 245 mm ) sedangkan belakang berdiameter 220 mm.

Fitur Unggulan Yamaha R15

Fitur Yamaha R15
Fitur Yamaha R15

All New Yamaha YZF R15 V3 terbaru mengusung beberapa fitur unggulan baru yang akan digunakannya untuk bersaing dengan para kompetitornya yang ada di tanah air. Jika ingin tahu kelebihan da keunggulan Yamaha R15 ini diantaranya adalah lampu depan yang sudah mengusung lampu LED. Pencahayaan lebih terang dan jelas. Stoplamp pun sudah LED dengan Lampu Hazard.

Kemudian ada suspensi depan yang sudah Upside Down. Speedometer Full Digital yang terlihat modern dan canggih. Informasi yang ada didalamnya sangat lengkap bahkan ada juga Shift Timing Light. Lalu Yamaha R15 ini memiliki Ban tubeless dengan ukuran yang punya tapak lebar dan besar sehingga lebih stabil dan kokoh.

Berikutnya ada pelek cast wheel baru yang lebih sporty dan untuk pengereman cakram depan berubah menjadi lebih besar yakni berdiameter 285 mm. Kelebihan berikutnya mesin sudah pakai Variable Valve Actuation ( VVA ) serta untuk transmisi sudah mengusung teknologi Assist Slipper Clutch ( pertama di kelasnya ).

Spesifikasi Yamaha R15 2022:

  1. DIMENSI
  • Panjang adalah 1990 mm.
  • Lebar : 725 mm.
  • Tinggi adalah 1135 mm.
  • Jarak terendah  ke tanah adalah 155 mm.
  • Memiliki tinggi tempat duduk setinggi 815 mm.
  • Berat kosong  adalah 137 kg.
  • Kapasitas bahan bakar penuh yaitu 11 liter.
  • Jarak sumbu antar kedua roda 1325 mm.
      2. MESIN
  • Menggunakan mesin yang memiliki kapasitas 155,1 cc, 4 Valve SOHC, VVA, 6 kecepatan ( 1 -N - 2 - 3 - 4 - 5 -6 ), 4 Langkah dengan sistem pendingin berupa cairan.
  • Diameter x Langkah  : 58 mm x 58,7 mm.
  • Perbandingan komprehensinya 11,6 ± 0.4 : 1.
  • Mampu alias sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 14,2 kW / 10000 rpm dan torsi maksimal yang sebesar 14,7 Nm / 8500 rpm.
  • Hanya menggunakan satu tipe starter untuk menghidupkan mesinnya yaitu Electric starter.
      3. RANGKA
  • Dilengkapi dengan sistem rangka yang kuat tipe Diamond Frame. 
  • Suspensi depan menggunakan "Upside Down ( Inverted Fork )" , sedangkan untuk bagian belakang, lebih memilih untuk mmenggunakan "Link Monoshock ".
  • Menggunakan ban bertipe "Tubless" , yang mana untuk ukuran ban depan adalah 100/80 - 17 M/C 52P, sedangkan ban belakangnya 140/70 - 17 M/C 66S.
  • Untuk keamanan,  ini dipersenjatai lengkap menggunakan rem cakram pada kedua rodanya, dimana untuk rem cakram depan berukuran 282 mm ,sedangkan belakang 220 mm.
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem Pengapian TCI
  • Batteray GTZ4V / YTZ4V
  • Tipe busi NGK/MR8E9.

Harga Yamaha R15 2023:

  • Harga Yamaha R15                                                      Rp.37.550.000 
  • Harga Yamaha R15 New Connected                           Rp.39.240.000
Motor Yamaha YZF R15 terbaru ini untuk saat ini belum diproduksi di indonesia. Dan juga masih belum dijual secara resmi. Mengingat di sentul itu cuma untuk perkenalannya saja sobat. Tapi kalian tak perlu kuatir karena kabarnya motor ini akan mulai diproduksi dan dijual di kuartal pertama tahun 2017. Jadi sabar saja untuk menunggu. Lalu untuk harga yamaha r15 ini tentu saja kalau dibandingkan yang ada sekarang ( lawas ) tentu lebih mahal. Kita tunggu saja informasinya lebih lanjut dari YMMI.

Demikian lah artikel singkat mengenai salah satu motor sport kepunyaan yamaha yakni YZF R15. Agar temen-temen semua semakin tahu informasi mengenai harga motor, temen-temen bisa baca juga artikel lainnya yang ada di blog motorcomcom ini seperti tentang :