Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha MT 25 2023

Harga Yamaha MT 25 - Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Ya, setelah sekian lama santer dibicarakan, akhirnya motor baru bertipe streetfighter yang merupakan turunan dari yamaha yzf r25 akhirnya hadir juga ke tanah air kita.

Tepat pada hari sabtu tanggal 6 juni 2015, motor baru yang mengusung nama MT-25 resmi meluncur ke pasar otomotif indonesia lewat tangan PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) selaku pemegang merek. Dan menariknya, negara kita ( yakni indonesia ) merupakan negara pertama yang mendapatkan kehormatan untuk meluncurkan motor ini. Hebat bukan?

Motor ini sendiri bukanlah motor dari klan MT pertama yang masuk ke indonesia. Mengingat sebelumnya sudah ada anggota MT Series yang sudah mengaspal ke indonesia yakni MT-09. Atau boleh dibilang, MT 25 ini adalah urutan yang kedua dalam koleksi nya PT YIMM. Mengusung tagline " Ini Jalan Penguasa, Ini Jalan Kita", Yamaha MT25 menawarkan sebuah sosok motor sport naked bike murni dengan handling yang agressive serta performa mesin yang tinggi.

Oh ya sobat otomotif semua, kalau di indonesia, nantinya motor ini bakal bertarung dengan motor-motor milik para pesaing yang sudah terlebih dulu hadir seperti kawasaki z250 dan juga suzuki inazuma 250. Dan rebutan siapa yang jadi motor streetfiighter paling ok di tanah air.

Warna Pilihan 

Sebelumnya sobat, Motor street fighter ini dibuat oleh PT Yamaha Motor Manufacturing dengan sangat baik dan juga bagus. Nah dari sisi eksterior tampilannya keren dan juga menawan. Ini tak lepas dari aplikasi warna yang digunakan. Warna Yamaha MT 25 yang ditawarkan ke tanah air jumlahnya itu ada 2 yakni biru dan abu.

Harga Yamaha MT 25
Yamaha MT 25 Biru

Harga Yamaha MT 25
Yamaha MT 25 Abu


Yamaha MT 25 sejatinya adalah Yamaha YZF R25 yang diambil fairingnya alias tanpa fairing. Jadinya, ya bisa dibayangkan sendiri kali ya, sang kuda besi ini jadi punya bodynya  lebih ramping, bobot lebih ringan serta yang tak bisa dielakkan lagi adalah terlihatnya bagian rangka penopang tubuh yang diakibatkan dari di copotnya sang jubah (fairing).

Rangka & Suspensi

Yamaha MT 25 dibangun dengan rangka bertipe diamond. Kurang lebihnya masih sama dengan motor sport Yamaha YZF R25. Rangkanya kuat dan mampu membuat motor streetfighter ini menjadi stabil menskipun dipacu dalam kecepatan yang tinggi. Kemudian untuk urusan kenyamanan Suspensi yang digunakan adalah Teleskopik didepan dan menerapkan suspensi Monoshock dengan Swing Arm di belakang.

Sebagai pengehenti laju, mengingat performanya termasuk mumpuni dikelasnya dan bahkan masuk di keluarga MT series, Yamaha MT 25 dipersenjatai dengan rem cakram tunggal di bagian depan maupun belakang. Ban dengan ukuran sama yakni berukuran 110/70 - 17 M/C (54S) (depan) & 140/70 - 17 M/C (66S) (belakang). Velg nya pun sama yakni memiliki 10 jari.

Performa Mesin

Meskipun sama-sama menggendong mesin berkapasitas 250cc, DOHC, 2 Silinder / tegak, 4 Langkah, 6 percepatan dengan bersistem pendinginan berupa cairan (Liquid Cooled). Serta memiliki perbandingan komprehensi mesin yakni 11,6 : 1. Namun ternyata, kedua motor ini memiliki perbedaan yang sangat kentara lho.


Utamanya dalam urusan power dan juga torsi yang dihasilkan oleh mesin. Jika Yamaha YZF R25 mampu mengeluarkan power maksimal sebesar 27,2 kW / 12000 rpm dengan torsi maksimal 23,2 Nm / 10000 rpm. Maka untuk Yamaha MT25 mampu menghasilkan power maksimal sebesar 26.5 kW / 12000 rpm dengan torsi maksimal 22.6 Nm / 10000 rpm.

Dalam hal ini Yamaha YZF R25 memang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Yamaha MT25 baik itu dari segi power maupun torsinya . Namun rasanya itu wajar saja mengingat R25 merupakan tipe motor sport yang memang butuh tenaga serta performa yang tinggi. Dan bagi MT25, power dan torsi seperti itu rasanya sudah sangat bagus, mengingat dia nya itu adalah tipe motor streetfighter yang memang ditujukan untuk kenyamanan guna melibas jalanan perkotaan.

Oh ya, perbedaan power serta torsi yang dimiliki keduanya, mungkin salah satunya disebabkan karena perbedaan ukuran stroke yang dipakai. Jika si R25 punya ukuran stroke 44,7 mm, maka si MT25 punya nya lebih pendek yakni 44,1 mm.




Kelebihan dan Keunggulan Yamaha MT 25

Headlamp

Jika Yamaha YZF R25 menggunakan headlamp dengan dual keen eyes, maka untuk MT25 menggunakan headlamp model single eyes. Headlamp motor streetfighter ini memiliki bentuk trapesium dengan dibekali lampu penerangan jenis halogen yang berdaya 60 watt. Tidak sampai disitu saja, ternyata ada yang istimewa lho di headlamp tersebut. Mau tau? ya di headlamp tersebut ada lampu senja yang jumlahnya dua yang letaknya berada diatas lampu utama.

Dan kalau dilihat-lihat lampu senja tersebut mirip seperti mata sipit. Dan yang bikin menarik lagi, Lampu itu telah menggunakan lampu jenis LED dengan warna putih. Lampu ini telah menerapkan teknologi AHO (Automatic Headlight On) sehingga langsung hidup saat kunci diputar pada posisi ON.

Adanya lampu senja ini seakan menjadi keunikan tersendiri pada motor ini, mengingat masih jarang motor streetfighter yang menganut konsep ini, bahkan untuk di keluarga MT series sekalipunpun. Tak hanya itu saja, berkat lampu senja ini penampilan dari motor yamaha mt25 ini pun menjadi semakin keren dan menawan.



Stang Model Fat Bar ala Motor Streetfighter

Jika Yamaha YZF R25 menggunakan stang jepit (clip on) khas motor balap, maka berbeda dengan yang dipakai oleh yamaha MT25. Motor streetfighter ini menggunakan stang dengan model fat bar (pipa) dengan panjang stang mencapai 720 mm. Dengan panjang yang seperti itu, stang  tersebut mampu membuat pengendara lebih mudah dalam mengendalikan motor ini.

Tidak sampai disitu saja, ternyata di stang ini juga telah diberi fitur menarik oleh pihak yamaha. Fitur tersebut ialah sebuah damper atau karet tambahan yang dipasang di dudukan raiser yang fungsinya ialah untuk meredam getaran yang terjadi pada stang. So, hasilnya, stang menjadi minim getaran dan hal ini membuat pengendalian menjadi kian mudah dan menyenangkan.

Undercover engine

Nah bagian ini nih yang hanya dimiliki oleh MT25 dan tak ada pada sang kakak YZF R25, Undercover Engine. Undercover Engine adalah sebuah pelindung atau penutup bagian bawah mesin motor. Fungsinya ya jelas yakni melindungi mesin dari benda-benda yang berpotensi bisa merusak bagian luar mesin.


Namun meski begitu, undercover engine ini tak tertutup sepenuhnya lho temen-temen alias punya lubang. Gunanya adalah sirkulasi / aliran udara bisa menjadi lancar dan mesin jadi tak cepat mengalami kepanasan. Oh ya, selain kesemuanya itu, undercover ini juga sangat ampuh dalam membuat penampilan motor menjadi lebih sporty dan ganteng.

Pegangan Pembonceng Model Tanduk

Jika dibandingkan dengan sang kakak, nampaknya Yamaha MT25 ini jauh lebih menawarkan keamanan bagi penggunanya, khususnya buat si boncengers. Lihat saja, meskipun masih sama yakni menggunakan buritan berdesain sporty dengan LED lamp, namun ada yang terasa sangat berbeda antara kedua motor yamaha ini.

Mau tau? hmm... langsung saja kali ya, berbeda dengan sang kakak yang bagian belakangnya polos (rata) layaknya motor balap, motor streetfighter ini mempunyai sebuah pegangan berbentuk tanduk di bagian belakang motor. Fungsi pegangan ini sudah sangat jelas yakni untuk memberikan keamanan pada pembonceng, apalagi saat motor ini dipakai dalam kecepatan yang tinggi.

Tangki Bahan Bakar




Meski terkesan mirip, namun tangki bahan bakar yang dimiliki oleh MT25 memiliki desain yang baru (berbeda) jika dibandingkan dengan sang kakak. Tangki tersebut memiliki banyak lekukan-lekukan sehingga terkesan lebih sporty dibandingkan dengan sang kakak. Kemudian ditangki tersebut juga terdapat sebuah lambang MT yang mengindikasikan bahwa motor ini termasuk dari salah satu keluarga MT Series.

Dibagian bawah tangki ini terdapat sebuah shroud dengan ukuran kecil yang dihiasi dengan tulisan MT25. Menariknya, shroud ini ternyata punya kegunaan sendiri lho yakni berfungsi sebagai scoop agar udara bisa mengalir dengan lancar supaya mesin tidak mengalami kepanasan.

Spion sporty

Meski terbilang sederhana, namun spion merupakan satu hal yang membedakan antara R25 dan MT25. Jika Yamaha YZF R25 yang bertipe motor sport menggunakan spion dengan tangkai lurus, maka berbeda dengan MT25 yang menggunakan spion sporty dengan tangkai pendek dan bercabang.

Panel Speedometer



Yamaha MT 25 menggunakan bagian speedometer yang sama persisseperti Yamaha YZF R25 yang menunjukkan informasi seperti indikator kecepatan, indikator gigi, indikator bahan bakar, indikator posisi gigi, odometer, indikator netral, analog meter, shift timing light, indikator oli, tekanan oli.

Ada pula indikator pergantian oli, jam digital, pengukur suhu mesin, indikator peringatan jika ada gangguan mesin, pengukur jarak terhadap konsumsi bahan bakar, pengukur efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar dan yang bisa dibilang sangat canggih ialah ada fitur Self Diagnosis yakni sebuah fitur yang mampu menyelidiki kondisi dari motor street fighter ini.

Aksesoris Yamaha MT 25

Untuk mendongrak penampilan ada pula aksesoris atau varias khusus buat motor streetfighter ini dari pabrikan yamaha. Aksesoris tersebut diantaranya adalah RR. Seat Cowl Kit, Whindshield Kit MT 25, Tank Pad MT 25, Hitman Muffler Titanium Rainbow MT 25 dan Hitman Muffler Titanium MT 25. Semuanya memiliki harga yang terjangkau sehingga sobat bisa membelinya untuk memperganteng MT 25 kalian.

Spesifikasi Yamaha MT 25 :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2090 mm.
  • Lebarnya  745 mm.
  • Tinggi hingga mencapai 1035 mm.
  • Jarak sumbu antar roda 1380 mm.
  • Jarak terendah ketanah 160 mm.
  • Tinggi tempat duduk nya 780 mm.
  • Berat kosong motor 165 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 14 liter.
       2. RANGKA
  • Dibangun dengan rangka tipe Diamond.
  • Suspensi depan menggunakan Teleskopik dan belakang menerapkan suspensi Monoshock dengan Swing Arm.
  • Rem depan dan belakang menggunakan single disc brake.
  • Ukuran ban depan 110/70 - 17 M/C (54S) & ban belakang 140/70 - 17 M/C (66S).
       3. MESIN
  •  Berkapasitas 250cc, DOHC, 2 Silinder / tegak, 4 Langkah bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter x langkah nya : 60 mm x 44,1 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensinya : 11,6 : 1.
  • Sistem pengapiannya TCI (Transistor Controlled Ignition).
  • Sistem bahan bakarnya Fuel Injection System (injeksi).
  • Transmisi 6 kecepatan dengan pola transmisi 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6.
  • Sistem pelumasan "Basah" dengan sistem penghidup mesin 1 starter yaitu Electric Starter.
  • Daya maksimum yang dihasilkan mencapai 26.5 kW / 12000 rpm dengan torsi maksimum 22.6 Nm / 10000 rpm.
      4. KELISTRIKAN
  • Menggunakan batteray tipe GTZ8V.
  • Tipe busi NGK/CR9E.

Harga Yamaha MT 25 2023:

  • Harga Yamaha MT 25 Baru               - Rp 56.725.000
  • Harga Yamaha MT 25 Bekas             - Rp

Bagi kalian yang menginginkan motor ini, kalian bisa segera mengunjungi dealer-dealer yamaha terdekat di kota kalian. Mengingat yamaha mt 25 ini sudah tersedia di dealer yamaha di berbagai kota indonesia, seperti surabaya, bali, bandung dan lain-lain.
 
Demikianlah ulasan singkat mengenai salah satu motor terbaru milik yamaha yang bertipe streetfighter yakni MT 25. Baca juga artikel lainnya seperti artikel mengenai :
Terima kasih dan sampai jumpa lagi di blog otomotif ini...!