Harga All New Yamaha YZF R1 Bulan Desember 2016

Advertisement
Harga All New Yamaha YZF R1 - Setiap pabrikan motor pastinya punya jagoan yang diandalkan guna memenangkan persaingan yang ada. Begitu juga dengan yamaha, perusahaan berlambang garpu tala asal jepang tersebut ternyata juga memiliki sederetan motor-motor yang dijadikan jagoan lho buat bersaing dengan para pesaingnya. Salah satu nya ialah motor superbike Yamaha YZF R1 2015.

Motor ini pertama kali muncul ke hadapan dunia saat tampil di ajang bergengsi EICMA di milan, italia. Tepatnya pada tanggal 4 november 2014, motor superbike ini resmi lahir di dunia otomotif sebagai generasi penerus untuk menggantikan Yamaha R1 versi 2014. Oh ya sekedar informasi, lahirnya motor ini disinyalir akan menjadi penghadang sekaligus rival berat buat motor baru milik kawasaki yakni H2 yang beberapa bulan sebelumnya telah dirilis.

Berbeda dengan versi 2014, R1 2015 memiliki desain body yang jauh lebih sporty dan juga futuristik. Memiliki postur yang lebih ramping dan juga ringan. Selain itu superbike ini juga telah dilengkapi dengan piranti serta teknologi yang lebih canggih ketimbang versi lawasnya. Di negara kita indonesia, motor yamaha yzf ri model 2015 ini ditawarkan dengan 2 pilihan warna yang atraktif yakni biru, dan merah.

Harga Yamaha YZF R1 2015
Yamaha YZF R1 2015 Biru

Harga Yamaha YZF R1 2015
Yamaha YZF R1 2015 Merah
Sumber Gambar : http://www.yamahamotorsports.com/sport/models/yzf-r1

Seperti yang saya bilang diatas tadi, motor supersport jagoan yamaha ini telah mempunyai beberapa fitur serta teknologi canggih. Dan mungkin juga, itu bisa dibilang sebagai keunggulan tersendiri dari motor R1 2015 ini serta membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya maupun dengan motor-motor yang lainnya. Mau tau apa itu? nih informasi selengkapnya:

Desain Mengadopsi dari Yamaha YZR-M1

Sebagai motor keluaran terbaru, new yamaha yzf r1 tahun 2015 ini memiliki desain yang sangatlah berbeda jauh dengan model lamanya di tahun 2014. Dan menariknya, desain anyar tersebut ternyata adalah hasil adopsi dari desain salah satu motor balap kenamaan yamaha di ajang moto gp yakni YZF-M1. Keren kan?.
Pengadopsian itu pun bukan karena tidak ada alasannya, melainkan di maksudkan agar yamaha r1 generasi terbaru ini bisa memiliki performa yang kurang lebih hampir sama dengan motor balap yamaha tersebut.
 
New-Alumunium Deltabox Frame

New yamaha yzf r1 2015 ini menggunakan rangka inovasi terbaru yakni Alumunium Deltabox Frame. Rangka ini disinyalir lebih kuat dan juga ringan serta memiliki tingkat kelenturan yang tinggi (fleksibel) jika dibandingkan dengan rangka model lama. Rangka ini secara khusus dirancang untuk memberikan tingkat kestabilan yang tinggi saat berkendara.



Mesin Tangguh dan Handal

Supersport yamaha ini dipersenjatai dengan mesin tangguh dan handal jika dibandingkan dengan mesin R1 2014. Mesin tersebut berkapasitas 998cc, DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 silinder (cylinder), 16 katup (valves), dengan sistem pendinginan cairan (liquid cooled). Memiliki diameter piston dan stoke masing-masing 79 mm x 50,9 mm, serta memiliki perbandingan komprehensi rasio 13 : 1. Titanium Intake Valves  & Steel Exhaust Valves dengan diameter yang lebih lebar yakni 33 mm (R1 lama : 31 mm) dan 26,5 mm (R1 lama : 25 mm).

Kemudian ada juga teknologi canggih Yamaha Chip Control Throttle ( YCC-T ) dan Yamaha Chip Controlled Intake ( YCC-I ). Dengan komparansi mesin seperti itu yamaha R1 versi 2015 memiliki power max hingga 147.1 kW (200 PS) / 13500 rpm dengan torque max mencapai 112.4 Nm (11.5 kg-m) / 11500 rpm. Si supersport ini mampu digeber hingga kecepatan maksimal hingga mencapai kisaran angka 300 km/jam.

Selain sangat cepat, R1 ini juga terbilang cukup irit dalam pemakaian bahan bakarnya. Ini semua berkat penerapan teknologi Mikuni Fuel Injection System dengan 2 buah injektor. Menariknya, ternyata sistem injeksi seperti ini pernah diterapkan pada motor andalan yamaha, seperti R6 dan bahkan pada motor balap motogp yakni YZR-M1. Berkat teknologi tersebut motor ini mempunyai konsumsi bahan bakar sekitar 15 km/liter nya.

Oh ya, yang tak boleh ketinggalan, R1 2015 ini memiliki emisi yang bersih dan juga ramah lingkungan. Hal ini disebabkan karena adanya teknologi canggih bernama Yamaha EXUP System ( Yamaha Exhaust Ultimate Power Valve) yang yang melekat pada motor ini.

New-Titanium Exhaust System

Motor super sport ini dibekali dengan sistem pembuangan yakni berupa knalpot berbahan titanium terbaru. Bahan titanium sendiri memiliki beberapa keunggulan diantaranya terkenal ringan jika dibandingkan dengan bahan lain seperti dari besi atau stainless steel. Kemudian ia juga terkenal cenderung mudah melepaskan panas alias lebih cepat dingin. Selanjutnya, bahan ini juga mampu meredam suara yang di hasilkan. Dengan pemakaian knalpot dengan jenis ini, tentunya tidak hanya menunjang penampilan dari motor yamaha yzf r1 ini menjadi lebih sporty, tapi juga mampu membuat performa motor ini menjadi lebih maksimal.

Suspensi Tangguh dan Handal

Yamaha YZF R1 memiliki peranti suspensi yang tangguh dan handal. Suspensi tersebut ialah Inverted Fork 43 mm di sektor depan dan Single Shock / /Piggyback Reservoir dengan 4 cara penyetelan kenyamanan di sektor belakang. Kedua suspensi tersebut diklaim mampu meredam getaran yang terjadi, mengoptimalkan handling dan yang paling penting dapat meningkatkan kenyamanan. Dan yang paling menarik ialah kedua suspensi tersebut berasal dari perusahaan Kayaba (KYB) yang terkenal sebagai salah satu perusahaan suspensi terbaik dunia.

Sektor Pengereman Maksimal dengan Teknologi UBS & ABS

Sebagai motor supersport yang identik dengan kecepatan yang tinggi, yamaha yzf r1 ini dipersenjatai dengan piranti keamanan yang level tinggi. Piranti tersebut tidak lain ialah rem cakram yang melekat di kedua rodanya yang masing-masing memiliki ukuran 120/70ZR 17M/C (depan) & 190/70ZR 17M/C (belakang). Di bagian depan dilengkapi dengan rem cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston dengan diameter 320 mm, sedangkan rem belakang adalah cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mm. Kedua-duanya berasal dari perusahaan terkemuka Nissin.

Tidak sampai disitu saja ya, sektor pengereman pun menjadi lebih sempurna dengan pengaplikasian teknologi canggih Yamaha Unified Braking System (UBS) dan ABS (Anti-lock Braking System). UBS dan ABS bekerja bersama-sama untuk mencegah roda terkunci selama melakukan pengereman, terutama pengereman mendadak. Kedua sistem ini memungkinkan pengendara untuk mengoperasikan rem depan dan rem belakang secara bersama-sama hanya dengan menarik tuas rem depan. Ya mungkin agak mirip sama Combi Brake System pada motor matic tapi yang ini jauh lebih canggih lagi.

Instrumen Canggih dengan Layar Thin Film Transistor (TFT)

R1 dilengkapi dengan instrumen canggih, lebih tepatnya dengan Thin-Film Transistor LCD meter. LCD tersebut memiliki tampilan warna yang cemerlang dan memungkinkan pengendara untuk bisa mengetahui kondisi kendaraan dengan lebih baik. LCD tersebut memberikan informasi penting seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator gigi, tachometer, jam, indikator suhu, ride control system, power delivery mode, variable traction control, slide control system, launch control system, quick shift system, lift control system, dan timer lap untuk menghitung lap terbaik.

Velg Magnesium

Kaki-kaki milik yamaha yzf r1 2015 diperkuat dengan velg sporty 10-jari yang berbahan magnesium. penggunaan velg tersebut disinyalir mampu mengurangi berat rotasi roda hingga 0,8 kg dibandingkan dengan model sebelumnya (r1 2014). Kemudian velg tersebut juga diklaim mampu menahan beban kendaraan saat melakukan perubahan arah / berbelok maupun bermanuver dengan lebih baik. Selain itu, velg tersebut juga mampu membuat tingkat pengendalian motor menjadi lebih mudah.



Wheelbase Lebih Pendek

R1 keluaran tahun 2015 ini memiliki wheelbase alias jarak sumbu roda yang lebih pendek sekitar 10 mm jika dibandingkan dengan model R1 sebelumnya. Ukurannya sendiri adalah 1405 mm. Hal ini dimaksudkan agar motor mampu tampil lebih agresif, gesit dan lincah terutama saat melewati belokan.

MotoGp@-inspired Electronic Packages

Yamaha YZF R1 2015 dilengkapi dengan paket elektronik canggih yang belum pernah ditawarkan oleh motor supersport legal pada umumnya. Menariknya, paket eklektronik yang dimiliki tersebut terinspirasi dan mengadopsi dari paket elektronik yang ada pada motor balap motogp. Paket elektronik yang dimaksud  tersebut antara lain:
  • Inertial Measurement Unit (IMU) merupakan perangkat elektronik yang memiliki 6 sumbu pengukuran, terdiri dari sebuah sensor gyro yang mengukur sudut pitch, roll, dan yaw, serta accelerometer atau G-sensor yang mengukur percepatan pada arah depan-belakang, atas-bawah dan kanan-kiri. Kesemuanya pada tingkat 125 perhitungan per detik. IMU ini berkomunikasi dengan Yamaha Ride Control (YRC) yakni sebuah perangkat elektronik canggih yang dimiliki oleh Yamaha. YRC sendiri terdiri dari Power Delivery Mode, Traction Control System, Slide Control System, Lift Control System, Launch Control System dan terakhir Quick Shift System. Semua sistem-sistem ini dapat disesuaikan dan dapat pula disimpan mengenai penyesuaiannya dalam 4 penetapan/pengaturan.
  • Power Delivery Mode (PWR) memiliki cara kerja yang hampir sama dengan sistem D-Mode. Memungkinkan pengendara untuk bisa mengatur sendiri settingan sudut bukaan gas yang tepat guna mengatur tenaga atau power yang dikeluarkan oleh motor. Sistem ini sendiri memiliki 4 pilihan ride mode yang bisa dipilih oleh pengendara sesuai dengan kondisi berkendara yang mereka hadapi.
  • Variable Traction Control System (TCS) yakni sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur lean angle (sudut kemiringan) pada motor. Gunanya ialah untuk mencegah roda belakang tidak mengalami slip ketika keluar dari tikungan dengan kondisi kecepatan yang tinggi. TCS ini tersedia dalam 10 pengaturan terpisah (off dan 1-9).
  • Slide Control System (SCS) merupakan sebuah teknologi terbaru yang pertama hadir dalam produksi sepeda motor massal. Teknologi ini sejatinya milik dari motor balap motogp yamaha yakni YZR-M1. Teknologi ini bekerja bersama-sama dengan sistem IMU, dan berfungsi untuk mencegah terjadinya slide pada ban belakang. Ketika slide terdeteksi maka secara otomatis ECU (Electronic Control Unit) akan mengontrol tenaga mesin (dalam hal ini mengurangi) untuk mengurangi terjadinya slide. Sebaliknya, jika slide tidak lagi terdeteksi atau ban telah kembali normal maka ECU secara otomatis akan mengotrol tenaga mesin agar keluar secara penuh (full). Menariknya, sistem ini juga bisa disesuaikan oleh pengendara dengan 4 settingan (1-3 dan off).
  • Lift Control System (LIF) merupakan sebuah teknologi yang berfungsi untuk mencegah bagian body motor depan terangkat berlebihan saat melakukan akselerasi secara spontan.
  • Quick Shift System (QSS) adalah sistem yang memungkinkan motor melakukan shifting dengan cepat tanpa menggunakan kopling ataupun menutup gas untuk lap time yang lebih cepat. Sistem ini memiliki 3 settingan (1-2 dan off).
  • Launch Control System (LCS) , berfungsi untuk membatasi teriakan RPM pada putaran mesin secara otomatis hanya di kisaran angka 10,000 RPM saja meskipun gas dibuka penuh. LCS ini dikombinasikan dengan sistem TCS dan LIF dan berguna untuk start ataupun akselerasi agar lebih maksimal.
Immobilizer Ignition System

Motor supersport ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih buat mencegah terjadinya tindakan pencurian namanya ialah Immobilizer Ignition System. Sistem ini bekerja dengan menerapkan sebuah kode khusus pada kunci kontak, dimana kode ini serupa dan cocok dengan kode sistem ECU yang ada pada motor. Saat kunci kontak dimasukkan ke lubang kunci, secara otomatis ECU akan membaca kode yang ada pada kunci kontak. Jika kodenya sama (cocok) maka mesin menyala. Sebaliknya, jika kodenya tidak cocok maka mesin tidak akan menyala.

Spesifikasi All New Yamaha YZF R1:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan body motor yakni 2055 mm.
  • Lebarnya yakni 690 mm.
  • Tinggi nya sendiri mencapai 1150 mm.
  • Tinggi jok atau tempat duduk ialah 855 mm.
  • Jarak antar sumbu rodanya 1405 mm.
  • Jarak terendah ke tanah ialah 130 mm.
  • Trail nya : 101 mm.
  • Sudut kemudinya 24 derajat.
  • Kapasitas bahan bakar nya (full tank) mencapai 17 liter.
  • kapasitas oli atau minyak pelumas adalah 3,9l iter.
  • Berat basah motor : 199 kg / 179 kg (kering).
       2. RANGKA
  • Rangka yang digunakan adalah Alumunium Deltabox.
  • Suspensi bagian depan menggunakan tipe Inverted Fork (garpu terbalik) 43 mm dari KYB & belakang memakai suspensi tipe Single Shock/Piggyback Reservoir dengan 4 cara penyesuaian/penyetelan dari KYB.
  • Rem depan memakai cakram hidrolik ganda 4 kaliber piston dengan diameter 320 mm, sedangkan rem belakang adalah cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mm.
  • Ban depan berukuran 120/70ZR 17M/C & belakang berukuran 190/70ZR 17M/C.
       3. MESIN
  • Memakai mesin berkapasitas 998cc, DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 silinder (cylinder), 16 katup (valves), dengan sistem pendinginan cairan (liquid cooled).
  • Diameter piston x stroke : 79 mm x 50,9 mm.
  • Maksimum power nya : 147.1 kW (200 PS) / 13500 rpm & torsi maksimum : 112.4 Nm (11.5 kg-m) / 11500 rpm.
  • Perbandingan komprehensi rasionya ialah : 13,0 : 1.
  • Sistem pembakarannya ialah Fuel Injection Sytem dengan teknologi YCC-T dan YCC-I.
  • Sistem pengapian TCI atau Transistor Control Ignition (digital)
  • Transmisi 6 kecepatan dengan teknologi kopling multiplate slipper clucth.
  • Final drive atau rantai yang digunakan adalah tipe O-ring Chain.
  • Sistem penghidupan mesin : Electric Starter.

Harga All New Yamaha YZF R1 - Bulan Desember 2016:

  • Harga Yamaha YZF R1 Baru                                                    - Rp 495.000.000
Yup, ituah sedikit ulasan mengenai salah satu motor supersport milik yamaha yakni r1 2015. Baca artikel menarik berikutnya, seperti artikel yang mengulas tentang:
Terima kasih banyak dan jumpa lagi di blog motorcomcom ini.
Advertisement
Harga All New Yamaha YZF R1 Bulan Desember 2016 | Motor comcom | 5