Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha XMAX 300 2023

Harga Yamaha XMAX 300 - Pabrikan besar Yamaha terkenal memiliki produk sepeda motor yang hebat dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Diantara yang terkenal adalah motor matic besarnya. Dan baru baru ini kabar bahagia datang buat fans berat sama matic bongsor buatan yamaha. Pabrikan berlambang garputala asal jepang tersebut resmi merilis motor baru yakni Yamaha XMAX 300.

Maxi scooter dengan tampilan sporty tersebut resmi meluncur di tahun 2016. Tepatnya adalah dibulan oktober silam. Matic besar ini resmi menjadi line up baru Yamaha untuk pasar global, utamanya untuk daratan eropa. Yamaha XMAX 300 hadir untuk menggantikan model sebelumnya yakni Yamaha XMAX 250. Meskipun sudah dirilis, namun matic ini baru akan diperjual belikan di tahun 2017.

Yamaha XMAX 300 jadi anggota baru dikeluarga XMAX series. Semakin lengkap dan juga tambah pilihannya sesuai dengan keinginan kita, mau cc mesin yang mana. Matic baru ini menjadi saudara baru untuk Yamaha XMAX 125, Yamaha XMAX 250 dan Yamaha XMAX 400. Untuk membuat pabrikan Yamaha semakin kokoh dalam segmen motor matic premium.

Sebagai pengganti XMAX 250 nantinya dieropa, Yamaha XMAX 300 punya keistimewaan yakni lebih besar serta memiliki berbagai fitur yang lebih mumpuni. Tak cuma itu saja maxi scooter baru ini juga dipersenjatai dengan mesin yang lebih besar yakni 292 cc, 1 silinder yang sudah mendapatkan pembaharuan sehingga lebih baik dalam hal performa, konsumsi bahan bakar serta dalam hal emisi yang makin bersih.

Pokoknya XMAX 300 punya spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan dengan spesifikasi Yamaha XMAX 250. Dan membuat motor matic ini tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan harga XMAX 250. Kemudian juga kalau diajak tampil gaya juga tak kalah dengan XMAX series yang lainnya.


Yamaha XMAX 300 semakin memperpanas persaingan otomotif yang ada di kelasnya. Kalau dipasar global matic terbaru yamaha ini bakalan menjadi pesaing dari Honda Forza 300. Kemudian juga akan menjadi penantang bagi Kawasaki J300, Kymco Downton 300i , Honda SH 300i dan juga sama Suzuki Burgman 400.

Warna Pilihan 

Yamaha XMAX 300 dibuat oleh yamaha dengan desain yang menawan. Dan untuk meyempurnakannya maka pabrikan garputala memberikan warna yang begitu menarik untuk maxi scooter ini. Terhitung ada 3 warna pilihan Yamaha XMAX 300 diantaranya Quazar Bronze, Milky White dan Matt Grey.

Harga Yamaha XMAX 300
Yamaha XMAX 300 Quazar Bronze

Harga Yamaha XMAX 300
Yamaha XMAX 300 Milky White

Harga Yamaha XMAX 300
Yamaha XMAX 300
Sumber gambar : ( www.yamaha-motor.eu )

Desain

New Yamaha XMAX 300 2017 memiliki desain yang indah dan juga elegan. Maxi scooter ini sekilas menyerupai tampilan XMAX 125, XMAX 250 dan juga XMAX 400. Tak cuma itu saja yang menarik adalah motor ini mengadopsi desain dari Yamaha TMAX yang merupakan salah satu andalan pabrikan Yamaha yang sudah sangat terkenal di dunia.

Maxi scooter ini punya postur tubuh yang terbilang besar, panjang Yamaha XMAX 300 mencapai 2185 mm, lebar 775 mm dan tinggi mencapai 1415 m. Kemudian untuk tinggi jok pengendara lumayan tinggi juga yakni 795 mm. Tapi ini pas juga mengingat ini diperuntukkan untuk pasar eropa dengan postur orang sana yang kebanyakan itu tinggi.

Harga Yamaha XMAX 300
Tampak Depan Yamaha XMAX 300

Jarak sumbu roda Yamaha XMAX 300 mencapai 1540 mm, dan memudahkan motor besar ini untuk melewati tikungan dengan mudah. Kemudian jarak terendah ke tanah 135 mm, dan memungkinkan ini motor bisa tetap dipakai meski melewati banjir maupun ketika melewati polisi tidur. Berat motor Yamaha terbaru matic ini mencapai 179 kg.

Bagian depan, terlihat keren dengan headlamp yang mengusung lampu ganda berdesain tajam plus lampu LED buat  penerangan. Di atasnya terdapat desain boomerang dan ada windscreen lebar yang bisa diadur sesuai dengan kebutuhan. Dari depan bisa dibilang tampang Yamaha XMAX 300 sangat agresive.

Harga Yamaha XMAX 300
Tampak Depan Yamaha XMAX 300

Masuk dalam motor maxi scooter premium yamaha, lekukan tubuh motor ini sangat mewah nan elegan sekali. Ergonomi pengendra cenderung nyaman, mengingat stang kemudi tak terlalu jauh dari rider, lalu juga pijakan luas dan bisa depan ataupun ke belakang dan ditambah lagi joknya tebal sekali dan empuk. Kalau mau isi bensin mudah sekali tak perlu repot turun dari motor karena letak tutup tangkinya di sela kaki pengendara.

Spesifikasi Yamaha XMAX 300
Tampak Belakang Yamaha XMAX 300

Pembonceng pun diberi keistimewaan pula dengan jok tebal serta ada pegangan belakang model tanduk.  Bagian belakang, ada stoplamp model boomerang. Stoplamp terbagi dua kanan dan kiri. dan menyatu dengan lampu seinnya. Kiri ya sama sein kiri dan kanan sama sein kanan. Motor matic Yamaha XMAX 300 2017 ini memang pantas sebagai matic premium dari pabrikan besar Yamaha.

Rangka dan Kaki

Untuk kehandalan di jalanan, Yamaha merancang XMAX 300 dengan sangat baik dan membangunnya dengan frame model underbone. Rangka nya kokoh dan membuat skuter bongsor tampak gagah dan kuat saat digunakan. Suspensi teleskopik terpasang di bagian depan untuk bertanggung jawab penuh untuk meredam getaran di sektor depan. Serta membuat pengendalian serta handling makin mudah.


Beralih ke sektor belakang, Yamaha XMAX 300 menggunakan suspensi Double Shock alias suspensi ganda. Membuat kestabilan sektor belakang menjadi lebih baik serta lebih optimal dalam hal peredama getaran. Suspensi ini penting sekali karena bertanggung jawab penuh soal kenyamanan rider dan juga pembonceng.

Tak cuma ada suspensi yang mumpuni, maxi scooter ini juga memiliki kaki kaki yang kuat nan kokoh. Pelek cast wheel model Y 10 palang terpasang dengan baik dan dibungkus dengan ban tubeless yang lumayan lebar. Di bagian depan ukuran ban tubelessnya itu 120/70 - 15 dan untuk belakang 140/70 - 14.

Untuk memberikan rasa aman buat rider serta untuk mengehntikan laju motor saat berjalan, Yamaha XMAX 300 dipersenjatai dengan rem cakram yang terpasang di kedua roda. Di depan pakai cakram tunggal berdiameter 267 mm, sementara bagian belakang pakai rem cakram dnegan diameter 245 mm. Ada pula teknologi Anti Lock Braking System ( ABS ).

Performa Mesin

Lahir dalam keluarga scooter sporty Yamaha, XMAX 300 mengendong mesin terbilang powerfull. Mesin yang digunakan berkapasitas 292 cc, 1 silinder, SOHC, 4 Valve dengan sistem pendinginan liquid cooled. Ukuran bore 70 mm dan stroke 75,9 mm.menjadikannya mengusung mesin tipe overstroke. Perbandingan kompresinya 10,9 : 1.

Mesin yang dipakai Yamaha XMAX 300 2017 sudah mengusung teknologi canggih Yamaha seperti adanya teknologi Blue Core, Diasyil Cylinder dan lain lain. Yang mana membuatnya memiliki power yang tangguh meskipun sebagai motor matic. Memiliki performa yang mumpuni serta ditunjang dengan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Harga Yamaha XMAX 300
Tampak Samping Yamaha XMAX 300

Yamaha XMAX 300 memiliki power maksimal di atas kertas 20,6 kW @ 7250 rpm dan torsi maksimum sebesar 29 Nm @ 5750 rpm yang menjadikannya tak cuma jadi matic buat santai santai saja namun juga bisa dipakai untuk kebut kebutan atau balapan di jalan kalau mau. Dengan tranmisi V-Belt Otomatic, rider bisa menjalankan big scooter ini dengan mudah dan kalau gas di puntir maksimal bisa menjangkau kecepatan maksimal yang cukup tinggi.

Pasti tinggilah sobat mengingat, Yamaha XMAX 250 top speed nya saja mencapai 150 km/jam. Kalau ini mesin nya lebih besar tentu makin cepat. Untuk urusan konsumsi bahan bakar, cenderung efisien. Ya seperti yang dibilang tadi mesinnya sudah pakai teknologi canggih yamaha. Tak cuma untuk konsumsi BBM, dalam hal emisi yang dikeluarkan pun sudah ramah dengan lingkungan karena sudah lulus uji emisi EURO 4.

Fitur Unggulan

Beralih ke fitur Yamaha XMAX 300 2017 yang diunggulkan. Sebenarnya cukup banyak juga dan mungkin cenderung mirip dengan saudaranya sesama XMAX lainnya seperti Yamaha XMAX 125, Yamaha XMAX 250 dan Yamaha XMAX 400. Namun ya tentu ada juga yang jadi miliki motor matic ini sendiri. Daripada lama lama langsung saja berikut diantara fitur unggulan dan kelebihan Yamaha XMAX 300.

Yang pertama maxi scooter Yamaha ini menggunakan lampu depan ganda yang keren dengan penerangan berupa lampu LED. Cahaya yang dihasilkan sangat terang jadi membantu sekali lah buat rider yang mau menggunakan motor ini saat malam hari. Kemudian ada windscreen yang lumayan besar. Berguna sekali untuk menghalau angin dari depan. Terus yang menarik, tingginya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Fitur Yamaha XMAX 300
Fitur Yamaha XMAX 300

Selanjutnya ada Panel Instrumen yang termasuk canggih juga. Dan informasi yang ditampilkan juga termasuk lengkap. Ada indikator kecepatan, indikator bahan bakar, jam, trip meter dan lain lain. Dan yang paling penting ukurannya itu besar jadi mudah untuk dilihat meskipun saat berkendara cepat.

Lalu ada juga Traction Control System ( TCS ) yang jadi fitur standar motor Yamaha XMAX 300. Keren sekali dan unik karena kebanyakan yang pakai itu motor sport ataupun supersport. Mencegah ban belakang traksi saat kecepatan tinggi. Berikutnya ada Smart Key System, sistem canggih yang membuat beberapa tindakan jadi 1 di kunci kontak. Bisa buat buka tangki bahan bakar, bagasi dan untuk mengunci motor.

Review Yamaha XMAX 300
Bagasi Yamaha XMAX 300

Yamaha XMAX 300 ini punya 12 V Outlet yang tersimpan di bagian kiri depan pengendara. Bisa buat mencharge perangkat gadget atau pun bahkan perangkat GPS. Kemudian maxi scooter sporty ini juga punya kapasitas bagasi ekstra luas yang sangup menampung 2 buah helm fullface sekaligus. Yang menarik di dalam bagasi ada lampu LED yang disiapkan buat penerangan. Terakhir motor ini punya stoplamp sporty dengan lampu LED.

Spesifikasi Yamaha XMAX 300:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2185 mm.
  • Lebar 775 mm.
  • Tinggi mencapai 1415 mm ( adjustable windscree1465 mm )
  • Tinggi tempat duduk 795 mm.
  • Jarak sumbu roda 1540 mm.
  • Jarak terendah ketanah 135 mm.
  • Berat 179 kg
  • Kapasitas tangki bahan bakar 13 liter.
     2. RANGKA
  • Sistem suspensi depan : Telescopic Fork
  • Travel depan : 110 mm.
  • Sistem suspensi belakang : Unit swing
  • Travel belakang 79 mm.
  • Rem depan : Cakram tunggal berdiameter 267 mm.
  • Rem belakang : Cakram tunggal berdiameter 245 mm.
  • Ban depan berukuran 120/70 - 15.
  • Ban belakang berukuran 140/70 - 14.
     3. MESIN
  • Tipe mesin : 1 silinder, liquid cooled, 4-stroke, SOHC.
  • Kapasitas : 292 cc.
  • Bore x stroke : 70 mm x 75,9 mm.
  • Rasio kompresi : 10,9 : 1.
  • Power maksimum 20,6 kW @ 7250 rpm.
  • Torsi maksimum 29 Nm @ 5750 rpm.
  • Sistem pelumasan wet sump.
  • Sistem bahan bakar : Electronic Fuel Injection.
  • Sistem pengapian TCI
  • Sistem starter elektrik.
  • Sistem transmisi : V-belt Automatic.

Harga Yamaha XMAX 300 2023:

  •  Harga Baru                       £4.949,00 ( sekitar 73,64 juta rupiah )


Demikianlah ulasan mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha XMAX 300 terbaru. Sebagai keluarga XMAX, motor ini termasuk sangat mumpuni. Dengan bekal berbagai hal seperti desain serta teknologi yang dimilikinya, membuat maxi scooter ini layak untuk dimiliki. Jika dibandingkan dengan XMAX 125 dan XMAX 250, motor ini bisa dikatakan lebih tangguh dan juga lebih mumpuni sekali.

Namun kalau sama Yamaha XMAX 400, maxi scooter yang sporty ini masih cenderung kalah alias dibawahnya. Ya memang tak dipungkiri lagi kalau XMAX 400 lah yang paling tinggi di keluarga XMAX series saat ini. Kemudian, kalau untuk pasar indonesia bagaimana? apakah Yamaha XMAX 300 ini akan datang?. Kalau masalah itu masih belum tahu. Semuanya itu tergantung dari Yamaha Motor Indonesia apakah mau mendatangkan model ini atau tidak.

Tapi menurut motorcomcom, mungkin tak akan datang ke tanah air & andaikata didatangkan pun mungkin lama juga sobat. Mengingat saat ini Yamaha Motor Indonesia sudah punya motor yang agak agak mirip yakni Yamaha XMAX 250. Ya walaupun mungkin di fiturnya ada yang kalah dari XMAX 300, namun tetap keren dan juga sporty abis. Kalau untuk banderol, rasanya harga XMAX 300 ini lumayan mahal juga. Mengingat harga XMAX 250 saja yang jadi adiknya tembus 40 juta keatas.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga saja bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian serta bisa menambah referensi seputar dunia otomotif sepeda motor. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya di http://motorcomcom.blogspot.com ini seperti tentang :