Harga Honda CBR250RR dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement
Harga Honda CBR250RR - Motor yang sangatlah ditunggu-tunggu oleh para penggemar otomotif tanah air indonesia akhirnya datang juga. Ya, setelah penantian yang terbilang cukup panjang akhirnya honda cbr250rr 2 silinder terbaru resmi diluncurkan oleh Astra Honda Motor Indonesia.

Momen yang membahagiakan ini, khususnya buat para fans honda terjadi pada hari senin 25 juli 2016 kemarin. Dan yang membanggakan adalah indonesia menjadi negara pertama peluncuran perdana dari sang kuda besi ini sebelum negara-negara yang lainnya.

Honda CBR250RR sendiri pertama kali tampil sebagai "Light Weight Super Sport Concept" di Japan Motor Show 2015 lalu. Dan sejak kemunculannya kala itu, motor sport ini menjadi perhatian dan begitu dinantikan kehadirannya oleh para pecinta otomotif dunia, khususnya indonesia.

Jangan Lewatkan : Harga Yamaha YZF R25 dan Spesifikasi

Terlahir sebagai pengganti gen lawas yakni Honda CBR250R, motor sport baru ini hadir dengan banyak pembaharuan serta performa yang lebih ciamik dari sebelumnya. Tak tanggung-tanggung, untuk mewujudkan hal tersebut telah dilakukan kolaborasi kuat antara teknisi dari jepang dan juga indonesia. Baiklah, langsung saja berikut spesifikasi dan harga honda cbr250rr buat kalian semua.

Desain

Kalau ditanya soal desain? tentunya jawabannya kembali pada selera masing-masing saja. Tapi buat motorcomcom sendiri desain All New Honda CBR250RR ini bisa dikatakan keren dan sporty banget. Seperti bukan honda saja yang buat. Mengingat beda sekali ya jika dibandingkan dengan produk-produk sepeda motor yang sebelum-sebelumnya. Dari depan, samping hingga belakang benar-benar ok.

Harga Honda CBR250RR
Honda CBR250RR

All New Honda CBR250RR terlihat sangatlah futuristik & stylish. Sekujur tubuhnya di liputi dengan lekukan dan garis-garis tajam. Di bagian depan ada headlamp tajam konsep terbaru yang mana terdapat lampu depan tipe LED dengan 2 tingkatan. 2 lampu dibawah sebagai lampu utama, kemudian 2 lampu lagi menyipit mirip seperti alis. Dan yang cukup menarik adalah ternyata si" alis" ini berfungsi juga sebagai lampu sein di depan.

Oh ya, desain headlamp All New Honda CBR250RR ini sendiri telah diajukan hak patennya oleh honda. Jadi para kompetitornya itu tak bisa menirunya. Sampai segitunya ya kawan? tapi jika sampai demikian setidaknya ini membuktikan bahwa motor sport baru ini merupakan salah satu karya terbaik dari Honda.

Lanjut, All New Honda CBR250RR menggunakan fairing yang baru yang belum pernah digunakan oleh motor sport honda sebelumnya. Lalu tangkinya muscular dengan penuh lekukan dan tampaknya nyaman untuk paha pengendara. Tangkinya sendiri agak istimewa karena terbuat dari kombinasi besi dan plastik.



Untuk jok milik All New Honda CBR250RR ini sendiri dibuat terpisah antara pengendara dan pembonceng & yang mana pembonceng itu cenderung lebih tinggi. Busanya sendiri memang tak terlalu tebal, namun tetap nyaman kok dan kesan motor balap sangat kental dirasakan. Bagian buritan meruncing dan muscular banget dengan stoplamp LED.

Velg yang digunakan sporty dengan 7 palang & mirip dengan velgnya Honda RC213V. Dan terakhir All New Honda CBR250RR ini memakai 2 buah silincer ( knalpot ) tak seperti kompetitornya yang masih pakai 1 knalpot. Secara keseluruhan tampilan desain motor sport baru ini benar-benar menawan dan jika dipandang seperti adiknya Honda CBR150R hingga bahkan mirip sama Ducati Panigale 959.

All New Honda CBR250RR dilepas dengan 2 varian yakni tipe Non ABS dan ABS. Kemudian untuk pilihan warnanya saat ini ada 3 yakni Anchor Graymetallic, Honda Racing Red serta terakhir Mat Gunpowder Black Metallic.

Harga Honda CBR250RR
Honda CBR250RR Anchor Graymetallic
Harga Honda CBR250RR
Honda CBR250RR Honda Racing Red
Harga Honda CBR250RR
Honda CBR250RR Mat Gunpowder Black Metallic
Sumber Gambar : ( http://www.astra-honda.com/cbrseries/ )

Sasis Baru

Bicara mengenai sasis, Honda lebih memilih menggunakan steel truss frame untuk sang jagoan barunya. Namun tak seperti truss frame biasanya, truss frame milik motor sport terbaru Honda CBR250RR terbaru ini telah dirancang secara khusus oleh para insiyur honda dan diklaim lebih lentur namun tetap padat nan kokoh.

Selanjutnya, Swing arm alumunium bertipe gull-arm terpasang erat di area belakang. Yang menarik dan rasanya perlu untuk kalian ketahui, swing arm yang digunakan Honda CBR250RR ini ternyata istimewa juga lho mengingat diciptakan melalui proses Gravity Dies Casting atau GDC.

Nah berkat proses GDC ini, swing arm Honda CBR250RR mampu menghasilkan pengurangan bobot serta bisa memaksimalkan layout knalpot supaya lebih dekat dengan pusat gravitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan utamanya disaat bermanuver.

Harga Honda CBR250RR
Honda CBR250RR

All New Honda CBR250RR mengandalkan suspensi tipe Inverted Fork ( Upside Down ) 37 mm buatan pabrikan Showa. Sementara di bagian belakang ada suspensi Monoshock dengan sistem Pro-Link yang punya 5 level pengaturan kenyamanan.

Di bagian kaki, motor sport All New Honda CBR250RR ini menggunakan pelek 7 palang terbaru buatan Enkei dengan ukuran 2.75 inci di depan dan 4.00 inci di belakang. Dan dibungkus dengan ban IRC Road Winner ukuran 110/70 - 17 bagian depan & ukuran 140/70 - 17.

Baca Juga : Harga Kawasaki Ninja 250 FI dan Spesifikasi Terbaru

Sebagai penghenti laju, All New Honda CBR250RR dipersenjatai dengan cakram tunggal dengan 2 kaliber piston berdiameter 310 mm di depan, sementara untuk yang belakang memakai cakram tunggal dengan 1 kaliber piston berdiameter 240 mm. Kedua rem ini tipe Wave disc dan besutan dari pabrikan kenamaan asal jepang Nissin.

Mesin

Sebagai penerus gen lama, All New Honda CBR250RR menggunakan mesin baru berkapasitas 249,7cc, DOHC, 4 Stroke, 8 Valve, Parallel Twin Cylinder dengan sistem pendinginan cairan plus kipas angin otomatis. Memiliki diameter bore x stroke : 62 mm x 41,4 mm dengan perbandingan kompresi 11,5 : 1. Serta punya transmisi mnual 6 kecepatan ( 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 -6 ).

Mesin 2 silinder terbaru milik Honda CBR250RR ini telah menerapkan berbagai teknologi canggih. Dan telah mengadopsi teknologi mesin dari motor Motogp Honda RC213V. Diantaranya seperti meletakkan primary driver gears ke bagian dalam cam chain, lalu oil pump diletakkan di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, meletakkan water pump di kepala silinder serta menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder.
Mesin Honda CBR250RR
Mesin Honda CBR250RR

Tak sampai itu saja, Air cleaner juga telah dipindahkan, dari posisi biasanya itu ada di belakang silinder kini jadi diatas silinder. Resistensi asupan udara jadi berkurang dan memberikan kontribusi yang optimal di seluruh rentang kecepatan.

Untuk power serta torsi motor sport ini terbilang besar dikelasnya. Seperti yang diberitakan oleh AHM, diatas kertas Honda CBR250RR memiliki power maksimum 27,1 kW ( 36,8 PS ) / 12.500 rpm dengan torsi puncak hingga 22,5 Nm ( 2.29 kgf.m ) / 10.500 rpm. Motor sport ini memiliki akselerasi cepat yang mana untuk menempuh jarak sejauh 200 meter cuma butuh waktu 8,65 detik saja. Dan bagi para rider yang mau menggeber motor ini semaksimal mungkin, kecepatan maksimal atau top speed nya ada di 170 km/jam.

Dan dengan performa yang dimiliki tentunya Honda CBR250RR sekarang ini menjadi motor sport 250cc paling unggul dikelasnya. Mengalahkan para kompetitornya seperti Yamaha YZF R25 dan Kawasaki Ninja 250 FI. Oh ya sebelum memutuskan menggunakan mesin 2 silinder, pihak honda pernah berencana menggunakan mesin 4 silinder. Namun ya tak jadi. Andai kata jadi pakai, tentu tendangan powernya dan torsinya pasti lebih besar dari sekarang.

Fitur Unggulan CBR250RR

Sebagai motor yang sangat dinantikan di tahun 2016 ini, Honda CBR250RR dibekali dengan beragam fitur unggulan oleh pihak AHM. Dan menariknya kawan, fitur tersebut saat sekarang ini tidak / belum dimiliki oleh para kompetitor di kelasnya. Atau lebih tepatnya pertama dikelasnya.

Speedometer Honda CBR250RR
Speedometer Honda CBR250RR

Kalian mau tau apa itu? baiklah langsung saja, pertama Honda CBR250RR 2016 terbaru ini dibekali dengan LCD panel meter yang canggih dan modern. Untuk informasinya terbilang lengkap diantaranya ada indikator takometer, odometer, indikator bahan bakar, suhu, indikator kecepatan, indikator gigi, indikator shift light, indikator lap, trip meter, jam dll. Kemudian ada juga tombol restart & select.

Kemudian ada juga throttle-by-wire atau lebih dikenal dengan TBW. Nah buat kawan-kawan yang belum tahu apa itu TBW, TBW ini merupakan teknologi canggih dimana throttle gas yang diputar terkoneksi secara elektronik ke bagian ECU, tak lagi melalui kabel seperti sistem konvensional. Kelebihan TBW ini ialah gas jadi lebih presisi & berimbas pada performanya yang jadi lebih nendang.

Fitur throttle-by-wire ini biasanya cuma ada di motor gede saja kawan, jadi ciri khas malahan. Dan si Honda CBR250RR jadi motor entry level pertama yang punya fitur kaya gini.......Keren.

Berikutnya, ada fitur riding mode. Ya mirip sama throttle-by-wire ( TBW ), fitur canggih ini juga biasanya hanya ada di motor berkapsitas mesin besar atau Moge. Dengan fitur ini, pengguna All New Honda CBR250RR bisa memilih 3 mode berkendara. Mulai Comfort Mode untuk mode berkendara santai, lalu ada Sport Mode untuk berkendara secara normal dan terakhir Sport Plus (+) untuk berkendara dengan tenaga maksimal.



Lanjut, disaat para kompetitornya seperti Yamaha YZF R25 dan Kawasaki Ninja 250 FI yang masih mengusung suspensi depan teleskopik, All New Honda CBR250RR justru telah mengaplikasikan Suspensi depan tipe Upside Down.

Tak ketinggalan ada Spion unik yang bisa diputar 360 derajat untuk menghindari resiko patah atau pecah saat kecelakaan serta ada knalpot keren dengan 2 lubang. Dan yang terakhir motor sport All New Honda CBR250RR juga telah dilengkapi dengan sistem pengereman canggih Anti-Lock Braking System ( ABS ) khusus untuk yang varian ABS.

Aksesoris Honda CBR250RR

Untuk mendongrak tampilannya jadi kian sporty dan keren, Astra Honda Motor sudah menyiakan berbagai aksesoris untuk Honda CBR250RR 2 silinder terbaru. Lebih tepatnya ada 10 buah item Honda Genuine Accesories ( HGA ). Diantaranya adalah Tank Pad, Aero Fin, Radiator Protector, Hand Guard, Eliminator Fender, Single Seat Cowl, Fr Fender Carbon, Hugger Carbon, Cover Upper Tank Carbon serta terakhir Cover Muffler Carbon.

Tak cuman itu saja, AHM juga menawarkan beragam apparel menarik bagi pemilik Honda CBR250RR diantaranya Leather Jacket, Helmet Fullface, Leather Glove dan T-Shirt.

Spesifikasi Honda CBR250RR:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2060 mm.
  • Lebar 724 mm.
  • Tinggi mencapai 1098 mm.
  • Wheelbase : 1389 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 145 mm.
  • Tinggi tempat duduk 790 mm.
  • Kapasitas tangi bahan bakar 14,5 liter.
  • Berat 165 kg ( standar ) dan 168 kg ( ABS )
     2. MESIN
  • Tipe mesin 4 Stroke, 8 Valve, Parallel Twin Cylinder.
  • Displacement 249,7 cc.
  • Sistem pendinginan : Liquid Cooled with Auto Electric Fan.
  • Sistem suplay bahan bakar PGM-FI.
  • Sistem throttle : Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor.
  • Bore x Stroke : 62 mm x 41,4 mm.
  • Power maksimum 27,1 kW ( 36,8 PS ) / 12.500 rpm.
  • Torsi maksimum 22,5 Nm ( 2.29 kgf.m ) / 10.500 rpm
  • Perbandingan rasio kompresi : 11,5 : 1.
  • Sistem tranmisi : Manual, 6 kecepatan.
  • Pola pengoperasian gigi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6.
  • Sistem starter : Electric Starter.
  • Sistem kopling : Multiplate Wet Clutch with Coil Spring.
  • Pelumasan tipe : Wet ( Pressing and Sprey ).
  • Kapasitas minyak pelumas : 1.9 liter.
      3. FRAME
  • Tipe frame : Truss Frame.
  • Suspensi depan Inverted Fork ( Upside Down ).
  • Suspensi belakang Alumunium Swing Arm ( 5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System ).
  • Ban depan ukuran 110/70 - 17 54S ( Tubeless ).
  • Ban belakang ukuran 140/70 - 17 66S ( Tubeless ).
  • Rem depan cakram tunggal dengan 2 kaliber piston berdiameter 310 mm.
  • Rem belakang cakram tunggal dengan 1 kaliber piston berdiameter 240 mm.
     4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian : Full Transisterized.
  • Batteray MF 12V - 7 Ah.
  • Tipe busi NGK SILMAR8C-9 ( busi iridium ).

Harga Honda CBR250RR - Bulan Desember 2016:

  • Honda CBR250RR Anchor Graymetallic non ABS                         - Rp. 62.900.000 
  • Honda CBR250RR Matt Gunpowder Black Metallic non ABS       - Rp. 62.900.000 
  • Honda CBR250RR Racing Red non ABS                                         - Rp. 63.500.000
  • Honda CBR250RR Anchor Graymetallic ABS                                 - Rp. 68.900.000 
  • Honda CBR250RR Matt Gunpowder Black Metallic ABS               - Rp. 68.900.000 
  • Honda CBR250RR Racing Red ABS                                                 - Rp. 69.500.000
Demikian informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Honda CBR250RR terbaru yang ada di wilayah indonesia. Oh ya, harga tersebut adalah On the Road jakarta sehingga kemungkinan untuk daerah lainnya sedikit berbeda. Bisa saja kurang atau malah lebih mahal. Tapi dari info yang didapat motorcomcom bahwa motor sport ini sudah didistribusikan ke berbagai daerah di indonesia seperti medan, surabaya, solo, bandung, batam, bali, lampung dan daerah lainnya di tanah air.

Terima kasih dan semoga informasi singkat ini bisa membantu kalian sobat otomotif semuanya. Oh ya motor sport ini tak cuma dijual di indonesia sana, tapi juga ke negara lain contohnya ke negeri jiran malaysia.
Advertisement
Harga Honda CBR250RR dan Spesifikasi Desember 2016 | Motor comcom | 5