Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha MT09 2023

Harga Yamaha MT09 - PT Yamaha Indonesia Motor  Manufacturing (YIMM) kembali menambah jajaran produknya di tanah air indonesia. Kali ini perusahaan yang berlambang garputala tersebut menghadirkan motor baru dengan konsep street fighter. Uniknya, motor yang tergolong moge itu sebenarnya sudah lama di perkenalkan ke hadapan publik saat pagelaran ajang bergengsi IMOS tahun 2014 yang lalu. Ingin tahu siapa kah sosok tersebut? ya inilah dia MT-09.

Yamaha MT-09 ini sendiri merupakan motor yang di impor langsung dari negara asalnya jepang atau dengan kata lain termasuk dalam kategori motor CBU (Completely Built Up). Alhasil, kualitas serta kehebatan dari moge ini rasanya tak perlu untuk di ragukan lagi. Oh ya, yang menarik dari motor ini ialah bahwa motor ini pernah dipromosikan langsung oleh pembalap motogp yang sangat terkenal yakni valentino rossi. Terus, motor ini juga sangat terkenal lho di kancah eropa dan amerika. Hebat bukan?.

Yamaha MT-09 dikabarkan hanya akan di impor tidak banyaklah sebanyak motor yang diproduksi sendiri di indonesia untuk market tanah air. Kemudian moge berkonsep street fighter ini akan ditawarkan ke konsumen tanah air dengan 3 warna pilihan atraktif yakni Orange, Grey dan Blue. 

Harga Yamaha MT09

Harga Yamaha MT09

Harga Yamaha MT09


Kemudian, beberapa fitur menarik yang tersemat dalam motor street fighter milik yamaha ini antara lain:

CF Alumunium-Die Cast Frame

Yamaha MT-09 dibangun dengan menggunakan rangka baru tipe Diamond. Struktur rangka tersebut terdiri dari CF alumunium die-cast di bagian kiri dan kanan seperti rangka yang digunakan oleh MT-01. Penerapan rangka tersebut mampu mereduksi berat motor ini hingga menjadi 171 kg (kering). Menariknya, berat tersebut ternyata lebih ringan dibandingkan dengan FZ8 dan YZF R6 yang terkenal akan keringanan serta kegesitannya dalam berakselerasi. Bahkan karena beratnya yang sangat ringan itulah, motor ini di daulat sebagai motor sport paling ringan di kelasnya.

Mesin 3 Silinder Yang Tangguh

Pihak yamaha sendiri mempersenjatai motor besutannya ini dengan mesin tangguh 3 silinder yang berkapasitas 847cc, DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 Tak, 4 Katup dengan sistem pendingin berupa cairan (Liquid Cooled). Memiliki ukuran bore dan stroke masing-masing 78 mm x 59,1 mm serta perbandingan komprehensi 11,5 : 1 membuat mesin MT-09 mampu mgeluarkan tenaga maksimal hingga 84.6 kW (115PS) / 10000 rpm & torsi maksimal sebesar 87.5 Nm (8.9 kg-m) / 8500 rpm.


Dengan spesifikasi mesin seperti itu, moge ini memiliki akselerasi yang terbilang cepat yakni untuk mencapai kecepatan dari 0 sampai 100 km/jam cuman dibutuhkan waktu sekitar 3,4 detik. Sementara itu, kecepatan maksimal yang bisa diraih motor street fighter ini mencapai kisaran angka 225 km/jam.

Mesin tersebut telah menerapkan teknologi canggih Fuel Injection serta  Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT) yang berasal dari model seri supersport YZF-R. Dengan penerapan kedua teknologi tersebut, Yamaha MT-09 menjadi lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dengan kondisi tangki bahan bakar penuh (yakni 14 liter), motor ini bisa menempuh jarak hingga 240 km. Namun semua itu pastinya tergantung dengan situasi dan kondisi yang di hadapi.


Ergonomi Bebas Stress Alias Nyaman

Moge ini memiliki sektor ergonomi yang bebas stress alias nyaman. Ergonomi Yamaha MT-09 sendiri telah dirancang sedemikian rupa guna memberikan kenyamanan bagi pengendara sesuai dengan gaya berkendara mereka atau sesuai dengan situasi maupun kondisi yang dihadapi. Fitur yang menarik dan rasanya paling berkontribusi pada riding position yang santai ialah kursi dengan bentuk hampir datar yang panjangnya mencapai  400 mm. Panjang dan bentuk tersebut memungkinkan pengendara bisa mengubah posisi berkendaranya dengan lebih baik. Kemudian dengan tingginya yang hanya 815 mm, membuat pengendara bisa dengan mudah menaiki motor ini dengan kaki yang bisa menginjak ke tanah.

Tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter yang digunakan juga berkontribusi dalam menghadirkan kenyamanan, mengingat bentuk yang ramping dengan lekukan di area kanan dan kiri. Lekukan tersebut memungkinkan lutut pengendara bisa dengan baik menempel ke body motor. Hasilnya berkendara pun menjadi lebih kokoh dan nyaman. Semuanya pun menjadi semakin sempurna berkat digunakannya stang berdesain lebar dengan posisi yang tinggi yang terpasang di area depan  yang memungkinkan riding position menjadi lurus & tegak. Hal ini tentunya akan membuat pengendara tidak cepat merasa pegal dan capek saat berkendara dengan moge yamaha ini.



Suspensi Depan dan Belakang Yang Nyaman

MT-09 dilengkapi dengan  garpu "upside down" dengan desain terbaru di bagian depan. Yang mana dilengkapi dengan tabung flex-resistant berdiameter 41 mm yang mampu memberikan karakteristik suspensi yang respinsif dan juga mewah. Suspensi baru ini menawarkan wheel travel 137 mm ( 7 mm lebih besar dari yamaha FZ8) yang berguna untuk memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi serta pengendalian yang responsif pada berbagai kondisi jalan. Suspensi ini juga bisa disesuaikan tingkat peredamannya sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Di bagian belakang, terdapat link-type monocross suspension baru dengan desain yang inovatif. Uniknya, posisi suspensi ini horisontal bukannya vertikal seperti pada umumnya dan letaknya sendiri berada dibagian bawah tempat duduk. Lokasi dari suspensi ini tidak hanya memberikan kontribusi terhadap sentralisasi massa motor yang berguna untuk meningkatkan pengendalian, tapi juga untuk membuat chassis menjadi ramping. Dan lokasinya sendiri yang berada di bawah motor berguna untuk melindungi shock dari kotoran jalan untuk membantu mengurangi keausan. Suspensi belakang ini juga bisa diatur tingkat peredaman serta kenyamanan sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Multi - reflector Headlight and LED Tail Light



Motor bergenre street fighter ini dipersenjatai dengan sektor penerangan di area depan dengan 1 buah headlamp besar berbentuk bulat yang telah menggunakan multi-reflektor. Penggunaan multi refllektor tidah hanya agar tampilannya menjadi lebih futuristik saja melainkan supaya pencahayaan yang dihasilkan bisa semakin terang dan maksimal.

Selain area depan, area belakang juga dipersenjatai dengan fitur yang menarik. Dengan desain baru berbentuk hexagonal, terdapat stoplamp yang telah menerapkan teknologi LED. Uniknya ternyata stoplamp tersebut memiliki 2 buah lampu yang terpisah ketika dinyalakan. Tapi akan menyala keduanya saat dilakukan pengereman. Oh ya, kedua fitur menarik ini ( Multi - reflector Headlight and LED Tail Light ) ternyata terinpirasi dari salah satu motor yamaha yakni MT-01.

3 Pipa Saluran ke 1 knalpot

Yamaha Mt-09 dilengkapi dengan 3 buah saluran yang mengarah ke 1 buah knalpot. Saluran tersebut terbuat dari bahan stainless steel serta di lapisi dengan Nanofilm. Yakni sebuah lapisan khusus yang bisa mencegah terjadinya perubahan warna, noda serta karat. Selain membuat tampilan motor menjadi lebih keren, 3 saluran ini mampu membuat knalpot besar dengan ukuran pendek yang digunakan bisa mengasilkan suara yang gagah dan berkarakter.

Yamaha D-Mode

Untuk memberikan sensasi berkendara bagi pengendaranya, MT-09 ini dilengkapi dengan sebuah fitur canggih yang disebut D-Mode. Pengendara diberikan tiga pilihan pengaturan trottle valve yakni STD Mode, Mode A dan Mode B. STD Mode di rancang untuk digunakan dalam berbagai kondisi jalan. Dengan pilihan ini pengendara bisa merasakan torsi serta power yang dihasilkan oleh mesin 3 silinder yang dimiliki secara optimal dari rendah ke kecepatan mesin yang tinggi.

Mode A memungkinkan mesin mengeluarkan tenaga maksimalnya. Pengaturan ini memberikan respon throttle lebih tajam di putaran bawah guna memberikan sensasi berkendara yang lebih agresif. Pilihan ini sangat cocok buat jalan yang halus dan rata.

Mode B dirancang untuk digunakan dalam kondisi jalan perkotaan ataupun kondisi jalan yang buruk. Pengaturan ini membuat respon throttle menjadi lebih ringan sehingga tenaga yang dikeluarkan mudah untuk dikendalikan. Fitur ini sangat mudah digunakan mengingat tombolnya telah ada di stang bagian kiri.



All-New Lightweight 10 Spoke Wheels dengan Ban Tipe Radial

Untuk membuat tampilan dari moge street fighter MT-09 menjadi lebih kuat dan lincah, motor ini dibekali dengan velg alumunium baru dengan 10 jari. Velg tersebut dipasangkan pada ban baru tipe radial dengan ukuran masing-masing 120/70 ZR17M/C (58W)(depan) dan 180/55 ZR17M/C (73W). Kombinasi antara kedua elemen ini mampu motor ini bisa memiliki kestabilan serta traksi yang tinggi yang digunakan.

Sektor Pengereman Yang Kuat dan Mumpuni

Yamaha MT-09 dilengkapi dengan sektor pengereman yang kuat dan mumpuni. Di bagian depan terpasang rem cakram ganda 4 kaliber piston berdiameter 298 mm dan bagian belakang terpasang cakram tunggal berdiameter 245 mm. Kombinasi antara kedua rem cakram tersebut mampu menghasilkan kinerja pengereman yang maksimal guna sebagai laju dari motor street fighter ini.

Spesifikasi Yamaha MT-09:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan body yaitu 2075 mm.
  • Lebar keseluruhan nya ialah 815 mm.
  • Tingginya mencapai 1135 mm.
  • Tinggi jok atau tempat duduk pengendara ialah 815 mm.
  • Jarak sumbu rodanya yaitu 1440 mm.
  • Jarak terendah mesin ke permukaan tanah  135 mm.
  • Berat basah ( dalam hal ini sudah terisi dengan oli serta bahan bakar kondisi penuh (full) ) yakni 188 kg / 191 kg.
  • Kapasitas bahan bakar penuh (full) ialah 14 liter.
  • kapasitas oli pelumas mencapai 3,4 liter.
       2. MESIN
  • Mesin bertipe 3 silinder, berkapasitas 847cc, DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 Tak, 4 Katup dengan sistem pendingin berupa cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter piston dan stroke : 78 mm x 59,1 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasionya 11,5 : 1.
  • Tenaga maksimal mencapai 84.6 kW (115PS) / 10000 rpm & torsi maksimal sebesar 87.5 Nm (8.9 kg-m) / 8500 rpm.
  • Sistem pelumasan basah dengan tipe kopling yang digunakan wet, multiple disc.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection System dengan sistem pengapian TCI.
  • Untuk menghidupkan mesin hanya ada satu cara yakni Electric Starter.
  • Sistem transmisi yang dipakai , constant mesh 6 kecepatan
       3. RANGKA
  • Mengusung rangka jenis "Diamond".
  • Sistem suspensi bagian depan menggunakan Teleskopik, dan untuk yang belakang menggunakan Swing Arm (Link Type Suspension).
  • Sudut kemudi 25 derajat.
  • Trail 103 mm.
  • Rem depan bersenjatakan cakram hidrolik hidrolik berdiameter 298 mm & rem belakang bersenjatakan cakram hidrolik tunggal berdiameter 245 mm.
  • Kedua ban memakai jenis Tubeless yang masing-masing ukurannya yakni 120/70 ZR17M/C (58W) (depan) & 180/55 ZR17M/C (73W).

Harga Yamaha MT09 2023:

  • Harga Baru                          Rp. 290.000.000 ( OTR Jakarta )
  • Harga Bekas                        Rp.
Harga diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu..terima kasih
Seperti itulah ulasan mengenai salah satu motor milik yamaha yang bertipe street fighter yakni MT-09. Bacalah juga artikel menarik lainnya misalkan saja mengenai: