Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kawasaki Z650 2023 Terbaru

Harga Kawasaki Z650 - Setelah sebelumnya bocoran detailnya muncul di gelaran INTERMOT yang diselenggarakan di jerman. Kini motor street fighter Kawasaki Z650 resmi diluncurkan oleh Kawasaki di Gelaran EICMA di milan italia beberapa waktu yang lalu. Motor terbaru kawasaki ini bakalan menjadi pengganti untuk motor Kawasaki ER-6N yang selama ini sudah malang melintang di dunia otomotif. Hadir dengan berbagai pembaharuan baik dari desain, power dan lain-lain.

Kehadiran Kawasaki Z650 sendiri jadinya semakin melengkapi line up keluarga Z series milik kawasaki kawan. Seperti yang kita tahu kawasaki punya motor dalam keluarga Z series mulai Kawasaki Z125, Z250 hingga yang tertinggi Kawasaki Z1000. Ya kalau ditambah sama motor baru ini ya jadi bakalan makin ramai. Dan buat para konsumen hal ini menjadi kabar membahagiakan karena sekarang pilihan yang ada makin banyak.

Z650 menjadi salah satu motor streetfighter Kawasaki yang sudah memenuhi standar kendaraan yang dicanangkan saat ini. Apalagi mengenai standar emisi yang mesti dipenuhi. Kawasaki Z650 sendiri sudah berhasil lulus dalam uji emisi EURO 4 yang ditetapkan di eropa sana. Yang mana uji emisi ini termasuk berat juga. Mengingat banyak motor juga yang tak mampu menghadapinya dan mau tak mau mesti berhenti produksi seperti Honda CBR600R contohnya.

Kemudian, berbicara mengenai motor streetfighter kawasaki ini kawan. Meskipun baru saja diluncurkan di italia bulan november 2016. Ternyata ATPM resmi kawasaki di indonesia yakni PT KMI sudah berencana untuk mendatangkan motor streetfighter ini di tanah air. Bahkan Harga Kawasaki Z650 sendiri sudah diumumkan oleh pihak kawasaki, meskipun sejatinya motor ini masih belum ada di indonesia.

Harga Kawasaki Z650 sendiri bisa dikatakan lebih mahal jika dibandingkan dengan Kawasaki ER6N yang bakal di gantikannya.  Motor streetfighter Kawasaki baru ini di perhelatan otomotif dunia bakalan bersaing dengan kompetitornya seperti Honda Cb650F, Yamaha MT 07, Triumph Street Triple dan motor lain dikelasnya. Baiklah untuk selengkapnya berikut ulasan mengenai Spesifikasi dan Harga Kawasaki Z650 dari motorcomcom buat sobat semuanya.
Desain

Motor streetfighter Kawasaki Z650 mengusung desain gagah dan agresive layaknya keluarga Z series lainnya. Lekukan tubuhnya sendiri dibuat dengan "Sugomi" Style ala Kawasaki yang terkenal memang sangat keren dan ciamik. Motor streetfighter ini termasuk ramping dikelasnya yang mana memiliki ukuran dimensi panjang 2055 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1080 mm. Jarak sumbu rodanya 1410 mm sehingga tak terlalu sulit saat menikung.

Ergonomi motor ini termasuk nyaman. Pengendara akan cenderung tegak saat mengendarai Kawasaki Z650 ini. Hal ini karena memang joknya rendah dan mudah dinaiki dengan tinggi 790 mm, lalu dipadukan dengan stang kemudi yang ada di atas tangki bahan bakar. Motor streetfighter ini cocok jika dipakai untuk harian apalagi buat menyusuri jalanan perkotaan yang cenderung padat.

Harga Kawasaki Z650
Kawasaki Z650

Di bagian depan, ada lampu tunggal besar dengan lampu penerangan halogen. Lampu sein terpisang dan berada diatasnya. Di bagian paling atas ada semacam windscreen ukuran sedang yang menutupi panel instrumennya. Lanjut kebelakang ada tangki bahan baakr dengan desain muscular. Tangki tersebut mampu menampung bahan bakar mencapai 15 liter. Di dekatnya ada fairing mini dengan logo Z.

Lanjut ke belakang, jok pengendara dan pembonceng terpisah. Joknya tebal dan juga terkesan empuk saat di duduki. Kalau dilihat jok ini mirip sekali dengan jok atau tempat duduk yang dimiliki Kawasaki E6N. Kanalpotnya terteka di bawah mesin mirip punyanya ER6N. Kemudian swingarm pun mirip.

Kebelakang, Bagian buritan terlihat sporty dengan stoplamp dengan desain Z khas keluarga Z series Kawasaki. lampu nya sudah LED jadi terkesan modern. Lampu sein terpisah dan terletak di bawah stoplamp, tepatnya menyatu sama spakbor belakang. Secara keseluruha motor Kawasaki Z650 keren dan pantas masuk dalam keluarga Z series.

Rangka dan Suspensi

New Kawasaki Z650 ini dibangun oleh kawasaki dengan menggunakan Steel Trellis Frame terbaru sobat. Dan yang menarik adalah frame tersebut ternyata di ambil atau di adopsi dari frame milik New Kawasaki Ninja 650 2017. Bisa kebayangkan motor streetfighter pakainya frame dari motor supersport. Tentu jadinya motor kuat, ringan, lentur dan juga stabil saat digunakan.

Frame yang dipakai oleh New Kawasaki Z650 benar-benar ringan kawan, beratnya sendiri cuma 15 kg. Secara otomatis ini berperan penting dalam bobot akhir motor streetfighter ini yang mana sekarang jadi 187 kg. Lalu juga membuat handling jadi mudah serta ringan. Rangkanya sendiri mencolok sekali dengan leburan warna hijau khas kawasaki.

Harga Kawasaki Z650
Kawasaki Z650
Lanjut ke bagian suspensi, di sektor depan Kawasaki Z650 menggunakan suspensi tipe Telescopic Fork 41 mm di sektor depan. Dan untuk bagian belakang pakai suspensi Horizontal Back-link dengan sistem redaman yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Suspensi belakang terintegrasi dengan swingarm alumunium dengan desain sporty.

Melihat suspensi dan juga swingarm yang digunakan motor baru ini jadi teringat dengan sosok kawasaki er6n. Ternyata kawan, meskipun didapuk sebagai pengganti, namun Kawasaki Z650 masih memiliki aura dan juga cita rasa dari kawasaki er6n. Motor streetfighter ini menggunakan pelek 6 jari yang dibungkus dengan ban tubeless ukuran 120/70ZR17M/C (58W ) di depan dan ukuran 160/60ZR17M/C (69W) di belakang.

Di sektor pengereman, Kawasaki Z650 menggunakan cakram ganda 2 kaliper piston Ø 300 mm petal disektor depan dan cakram tunggal 1 kaliper piston Ø 220 mm di sektor belakang. Yang kesemuanya berasal dari pabrikan Nissin. Untuk melengkapinya tersedia juga teknologi pengereman Bosch 9.1 M ABS Unit.

Mesin 649 cm3 Parallel Twin

Harga Kawasaki Z650
Kawasaki Z650
Sebagai pengganti Kawasaki Er6N, Z650 dipersenjatai dengan mesin 649 cm3, Parallel Twin generasi terbaru. Dan yang menarik kawan adalah layaknya frame tadi, mesin yang digunakan oleh streetfighter ini juga mengadopsi mesin dari supersport Kawasaki Ninja 650 2017. Mesinnya sendiri telah menggunakan kepala pipa baru yang lebih panjang, throttle bodies 36 mm, air-box, intake dan exhaust cams baru.

Pihak Kawasaki sendiri merancang mesin ini untuk menghasilkan torsi putaran mesin yang low dan mid range. Sehingga motor streetfighter Kawasaki Z650 baru ini sangat cocok untuk digunakan di area perkotaan.

Diatas kertas power maksimum yang dihasilkan oleh motor streetfighter ini mencapai 50,2 kW ( 68 PS ) / 8000 rpm dengan torsi puncak di 65,7 Nm ( 6.7 kgfm ) / 6500 rpm. Motor ini punya performa serta akselerasi yang terbilang cepat mengingat menggunakan transmisi 6 kecepatan manual yang dipadukan dengan assist sliper clutch.
e>
Selain memiliki punya performa yang mumpuni, mesin Kawasaki Z650 juga terbilang hemat bahan bakar. Konsumsi bahan bakar dari motor streetfighter ini mencapai 4,3 liter / 100 km. Kemudian mesinya juga memiliki emisi yang bersih dan sudah memenuhi standar Emisi EURO 4. Emisi karbondioksidanya sendiri terhitung 103 g/km.

Fitur Unggulan Z650

Sebagai motor terbaru sekaligus menjadi pengganti pengganti Kawasaki ERN, Kawasaki Z650 dibekali dengan beragam fitur unggulan dari pihak Kawasaki. Diantaranya adalah ada panel instrumen canggih nan modern yang memadukan antara layar analog-digital. Informasi yang disuguhkan termasuk lengkap ada tachomer analog dengan ukuran besar. Lalu ada layar LCD dengan indikator gigi, kecepatan dan lain-lain. Pokoknya tampilannya keren dan jelas saat dilihat.
Harga Kawasaki Z650
Fitur Kawasaki Z650

Sumber gambar : Kawasaki

Selanjutnya ada Stoplamp sporty dengan desain "Z" dan sudah menggunakan penerangan lampu LED. Tak cuma membuat pencahayaan belakang jadi terlihat jelas, pemakainan desain serta lampu LED juga secara tidak langsung menambah tampilan Kawasaki Z650 tampak begitu keren dan dan juga modern.

Kemudian ada knalpot underbelly layaknya Kawasaki ER6N. Membuat suara yang dihasilkan mesin jadi lebih menggelegar serta membuat tampilan ala moge tulen. Lalu di motor Kawasaki Z650 ini kopling dan tuas rem nya bisa diatur hingga 5 cara pengaturan. Ada teknologi pengereman Anti Lock Braking System ( ABS ) dari Bosch, teknologi Assist & Slipper Clutch serta ada pula ECO Indicator yang bisa dipantau di panel instrumen.

Spesifikasi Kawasaki Z650:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2055 mm.
  • Lebar 775 mm.
  • Tinggi 1080 mm.
  • Jarak sumbu roda 1410 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 130 mm.
  • Kapasitas bahan bakar 15 liter.
  • Tinggi tempat duduk 790 mm.
  • Berat kering 187 kg.
      2. CHASSIS
  • Tipe frame : Trellis, high-tensile steel.
  • Trail : 100 mm.
  • Travel roda depan 125 mm.
  • Travel roda belakang 130 mm.
  • Ban depan ukuran 120/70ZR17M/C (58W ).
  • Ban belakang ukuran 160/60ZR17M/C (69W).
  • Suspensi depan : Telescopic Fork 41 mm.
  • Suspensi belakang : Horizontal Back-link with preload adjustment
  • Rem depan : Dual-semi floating Ø 300 mm petal disc. Caliper dual piston.
  • Rem belakang : single Ø 220 mm petal disc, single-piston.
      3. MESIN
  • Tipe mesin : Liquid-cooled, Parallel Twin, 4-Stroke.
  • Rasio kompresi 10,8 : 1.
  • Valve system : DOHC, 8 valves
  • Bore x stroke : 83 mm x 60 mm.
  • Kapasitas : 649 cm3.
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection : Ø 36 mm x 2 with dual throttle valves.
  • Sistem starter : Elektrik.
  • Pelumasan : Forced lubrication, semi-dry sump.
  • Torsi maksimum 65,7 Nm ( 6.7 kgfm ) / 6500 rpm.
  • Power maksimum 50,2 kW ( 68 PS ) / 8000 rpm.
  • Konsumsi bahan bakar : 4,3 liter / 100 km.
  • Emisi karbondioksida 103 g/km
  • Transmisi 6 kecepatan manual.
  • Clutch : Wet multi-disc, manual
  • Primary reduction ratio        2095 ( 88/42 )
  • Gear Ratios 1st                     2.438 ( 39/16 )
  • Gear Ratios 2nd                    1.714 ( 36/21 )
  • Gear Ratios 3rd                     1.333 ( 32/24 )
  • Gear Ratios 4th                     1.111 ( 30/27 )
  • Gear Ratios 5th                     0.966 ( 28/29 )
  • Gear Ratios 6th                     0.852 ( 23/27 )
  • Final Drive        sealed chain

Harga Kawasaki Z650 2023:

  • Harga Kawasaki Z650 Baru                       Rp. 163.000.000

Demikian sobat informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Kawasaki Z650 terbaru yang ada di indonesia. Kalau menelisik harganya, ternyata kalau kita bandingkan sama harga kawasaki er6n , harga motor baru ini cenderung lebih mahal. Namun semua itu wajar saja kawan. Mengingat motor ini bisa dikatakan lebih fresh dan juga menggunakan fitur dan teknologi terbaru kawasaki saat ini.

Dengan Harga Kawasaki Z650 yang mencapai 150 jutaan, tentu motor ini bisa dikategorikan sebagai motor premium. Dan tak semua bisa memilikinya kecuali buat mereka yang memang mempunyai budget yang cukup. Namun jangan khawatir untuk mempermudah memilikinya biasa delaer kawasaki memberikan pilihan tuh kaya beli motor motor lainnya yakni mau sistem cash ataupun kredit.

PT Kawasaki Motor Indonesia membanderol Harga Kawasaki Z650 terbilang mahal, memang sepadan dengan apa yang nantinya di dapatkan oleh sang ridernya. Baiklah, mungkin sampai disini artikel dari motorcomcom mengenai motor streetfighter terbaru kawasaki ini. Semoga bisa membantu dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya seputar sepeda motor hanya disini seperti tentang :