Harga Honda CBR1000RR SP dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement
Harga Honda CBR1000RR SP - Bagi temen-temen yang suka dengan motor-motor keluaran pabrikan honda, pastinya akan senang dengan kabar ini? mengapa pasalnya pada hari rabu tanggal 10 juni 2015 kemarin, bertempat di pulau dewata bali. PT AHM Indonesia selaku pemegang merek honda di indonesia meluncurkan beberapa produk baru. Dan tidak tanggung-tanggung , ada sampai 6 produk baru lho yang diluncurkan. Produk tersebut antara lain Honda CBR1000RR SP, CBR650F ABS, CB650F ABS, CB500F ABS, CB500X ABS dan NM4 atau VULTUS.

Diantara ke 6 produk tersebut ada yang bisa dianggap paling istimewa dan ditunggu-tunggu. Selain karena  motor tersebut merupakan model yang paling tinggi juga karena motor tersebut termasuk motor legendaris yang sering kali di jadikan andalan oleh honda dalam berbagai ajang balap bergengsi.

Motor tersebut tak lain dan tak bukan adalah Honda CBR1000RR SP. Motor ini sendiri merupakan generasi ke-12 sejak lahirnya Honda CBR1000RR yang pertama tahun 2004. Motor ini telah memiliki spesifikasi dan juga teknologi canggih khas motor balap hasil pengembangan langsung oleh para ahli riset honda yang berada dijepang.

Kehadiran Honda CBR1000RR SP di indonesia sendiri seakan menjadi bukti akan komitmen honda yang ingin menghadirkan produk-produk unggulan khususnya buat para konsumen setianya. Namun pastinya, langkah supersport ini yang nantinya akan bermain dikelas motor sport premium ini tidak akan bisa langsung mulus begitu saja, mengingat sebelum motor ini hadir di indonesia, telah ada motor-motor dari pabrikan besar yang sebelumnya telah bermain bahkan sudah menguasai di kelas motor sport kelas premium.

Siapa lagi kalau bukan kawasaki. Pabrikan yang identik dengan warna hjau itu, sudah tidak bisa dipungkiri lagi menjadi leader motor sport kelas premium utamanya dengan produk-produk Ninja nya. Namun meski begitu, pastinya pihak honda sendiri sudah mempersiapkan strategi yang jitu untuk bisa menandingi kedigdayaan dari produk-produk kawasaki tersebut.

Baiklah, motor super sport honda cbr1000rr sp ini membawa beberapa fitur unggulan (utama) yang patut untuk anda semua ketahui. Lantas apa saja kah fitur-fitur tersebut, mari kita ulas bersama-sama:


Desain Sporty Ala Big Bike Honda

Motor supersport Honda CBR1000RR SP membawa desain yang sporty dan aggressive ala motor-motor besar buatan honda. Di bagian depan, motor ini mengusung desain lampu ganda (Dual Keen Eyes) pada headlightnya dengan menggunakan 4 buah lampu sebagai penerangannya. Kemudian tampak juga lampu sein yang telah diintegrasikan dengan spion kanan-kiri sehingga membuat motor ini tampak lebih stylish.



Motor ini mengandalkan piranti kemudi dengan memakai stang model clip on berjenis under yoke yang posisinya berada sedikit dibawah tangki motor yang berkapasitas 17,5 liter. Motor ini memakai jok model single seat ala motor-motor balap dengan jarak 130 mm dari permukaan tanah. Di bagian belakang nampak "Tail" model runcing dengan stoplamp bawaan jenis LED yang digunakan sebagai penerangan utama disektor belakang.

Kesan motorgede pun sangat terasa sekali dari motor ini dengan diusungnya knalpot sporty berdesain mid-shape yang bisa mengeluarkan raungan suara yang bertenaga dan juga menggelegar. Menariknya tak hanya tampilan dan suara yang dihasilkan saja yang bagus, knalpot tersebut juga mutakhir dikarenakan telah mampu lulus dalam uji emisi EURO3. Di negara indonesia sendiri, motor supersport ini ditawarkan dengan hanya 1 pilihan warna saja yaitu HRC Tricolor.

Harga Honda CBR1000RR SP
Ilustrasi Honda CBR1000RR SP
Lightweight Alumunium Frame

Fitur pertama, ialah pada jenis rangka yang dipakai untuk membangun motor supersport ini. Honda CBR1000RR SP dibuat dengan menggunakan rangka tipe Diamond, Alumunium Composite Twin Spar (alumunium kembar komposit) dengan 4 bagian yang sangat kuat dan memiliki bobot yang ringan. Menariknya rangka jenis ini serupa dengan yang dipakai oleh motor balap honda diajang MotoGP yaitu RC213V.

Pengaplikasian rangka tersebut memang bukan tanpa alasan. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan mengaplikasikan rangka alumunium tersebut. Diantaranya ialah bobot yang dimiliki oleh supersport ini menjadi jauh lebih ringan ketimbang model sebelumnya yakni 199 kg versi standart dan 210 kg untuk versi ABS. Selain itu, motor ini pun menjadi jauh lebih stabil saat berlari dalam kecepatan yang tinggi. tidak hanya sampai disitu saja, penggunaan rangka ini juga pun mampu membuat motor ini menjadi lebih lincah saat melakukan manuver ditikungan yang tajam meskipun dalam kecepatan yang tinggi.



Mesin 999.8 cc, DOHC inline, 4-Tak, 16 Katup

Sebagai penerus dari generasi sebelumnya yaitu CBR1000RR, Honda CBR1000RR SP ini mengandalkan mesin baru yang telah mengalami perubahan di sektor silinder head, intake dan juga lubang exhaust nya. Dinding silindernya sendiri telah dilapisi dengan Nickel-Silicon Carbide (Ni-Sic) yang membuatnya menjadi kuat, awet serta minim getaran. Berbagai perubahan ini terbukti mampu meningkatkan performa mesin moor ini baik itu dari segi tenaga maupun torsinya.

Mesin yang yang dipakai sendiri berkapasitas 999.8 cc, DOHC inline, 4-Tak, 16 Katup, 4 Silinder, 6 transmisi kecepatan dengan sistem pendinginan cairan (liquid cooled). Memiliki diameter x langkah : 76 mm x 55,1 mm serta punya Perbandingan komprehensi rasio 12,3 : 1.  Untuk sektor pembakarannya, honda membenamkan teknologi canggih PGM-DSFI (Programmed Dual Stage Fuel Injection). Teknologi canggih ini mengandalkan 2 buah injektor pada setiap saluran ruang bahan bakar yang berguna untuk menyuplai bahan bakar ke sektor mesin. Teknologi ini mampu membuat pembakaran dalam mesin menjadi lebih sempurna, sehingga membuat performa yang dihasilkan lebih optimal. Konsumsi bahan bakar rata-rata motor gede ini ialah 17,85 km/liter.

Mesin Honda CBR1000RR SP Fireblade ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 133 kW / 12250 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 114 Nm / 10500 rpm. Dengan komparansi mesin seperti ini, moge ini punya akselerasi yang sangat cepat lho temen-temen. Untk mencapai kecepatan dari 0 hingga 48 km/jam hanya dibutuhkan waktu 1,2 detik saja, kemudian untuk menempuh kecepatan dari 0 hingga 160 km/jam cuman dibutuhkan waktu 4,8 detik saja. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya, motor ini bisa digeber hingga kecepatan diangka 299 km/jam.

LCD Instruments

Honda CBR1000RR SP dibekali dengan panel instrumen yang canggih dan juga modern full digital dengan layar jenis LCD. Menariknya jika dilihat panel tersebut mirip dengan yang ada pada motor-motor balap. Panel tersebut menyajikan berbagai informasi yang penting bagi pengendara. Informasi tersebut diantaranya pengukur kecepatan putaran, penghitung perjalanan (trip meter), penghitung konsumsi bahan bakar, indikator posisi gigi, indikator perpindahan 5 tingkat yang bisa disesuaikan, fungsi memori peak-rpm dan ada juga indikator suhu.

Honda Electronic Steering Damper (H.E.S.D)

Motor supersport honda ini dilengkapi dengan sebuah teknologi canggih yang namanya ialah Honda Electronic Steering Damper (H.E.S.D). Teknologi ini merupakan yang pertama kalinya di dunia, dan honda lah yang menjadi pencetus pertamanya. H.E.S.D adalah sebuah teknologi canggih yang secara otomatis mengontrol kekuatan redaman berdasarkan pada kecepatan serta akselerasi motor. Menggunakan sensor untuk mendeteksi kecepatan dan akselerasi , lalu diteruskan kepada sistem ECU yang kemudian mengontrol redaman yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.

H.E.S.D ini memungkinkan handling yang mudah, baik pada kecepatan yang rendah maupun kecepatan yang tinggi. Selain itu, H.E.S.D ini juga memungkinkan penanganan yang baik pada semua kondisi berkendara baik itu sporty riding, urban riding ataupun yang lainnya. Lalu teknologi ini juga sangat berkontribusi dalam mengurangi rasa lelah, baik itu saat berkendara dengan kecepatan tinggi maupun saat berkendara menempuh jarak yang jauh.

Suspensi OHLINS

Supersport ini dibekali oleh honda dengan suspensi canggih asal negara swedia yaitu OHLINS. Suspensi ohlins sendiri ini merupakan salah satu suspensi terbaik yang ada didunia. Suspensi jenis ini memiliki performa yang tinggi, teknologi terdepan, safety dan bisa memberikan tingkat kenyamanan yang maksimal. Untuk di Honda CBR1000RR SP suspensi ohlins yang digunakan ialah Upside down OHLINS NIX30 untuk sektor depan dan Unit Pro-Link with Gas-Charged OHLINS TTX36 yang berkolaborasi dengan swing arm Gull-Wing yang berbahan alumunium.

Honda Ignition Security System (H.I.S.S)

Mengingat jika CBR1000RR SP merupakan motor supersport kelas premium, maka dari segi keamananpun juga tidak biasa-biasa saja melainkan menerapkan teknologi yang premium pula. Motor ini dilengkapi dengan sebuah teknologi keamanan canggih buatan honda yang disebut dengan Honda Ignition Security System (H.I.S.S). H.I.S.S merupakan sebuah perangkat anti pencurian sangat efektif yang dikembangkan secara eklussif oleh honda.

Lantas bagimana cara kerja dari H.I.S.S ini dalam mengatasi pencuri? Sebuah Chip canggih dimasukkan kedalam kunci kontak, kemudian diprogram dengan sebuah kode / password rahasia, yang mana kemudian diperiksa oleh sistem ECU kendaraan setiap kali kunci kontak dimasukkan kelubangnya. Mesin hanya akan menyala jika kunci yang dimasukkan kelubang kunci memiliki kode/password  yang sesuai (cocok) dengan setelah dibaca oleh sistem ECU. Kemudian, jika kunci asli di palsu dengan cara di duplikat alias dibuat sama persis, mesin tak akan bisa menyala mengingat kode yang ada di kunci tidak cocok dengan sistem ECU.

Teknologi Assisted Slipper Clutch

Mengingat motor ini kental sekali aura balapnya, maka tak heran jika motor ini dibekali juga dengan teknologi yang khas motor balap. Teknologi tersebut ialah Assisted Slipper Clutch. Teknologi ini punya fungsi utama yakni untuk memperingan kinerja kopling. Teknologi ini berguna sekali untuk menghindari terjadinya efek engine break ketika dilakukan penurunan perseneling (penurunan gear gigi) & melepaskan tuas koplingnya secara mendadak, dimana hal ini sering sekali dilakukan untuk mengurangi kecepatan terutama saat hendak melewati tikungan yang tajam. Dengan teknologi ini, resiko yang kerap terjadi yakni roda belakang terkunci yang menyebabkan motor menjadi sulit dikendalikan pun menjadi lenyap. Alhasil, pengendara pun bisa tetap melaju dengan aman dan nyaman.

Pengereman Optimal Kelas Dunia

Honda CBR1000RR SP dibekali dengan sektor pengereman optimal kelas dunia. Di sektor depan dilengkapi dengan rem cakram hidrolik ganda dengan 4 kaliper piston yang berasal dari BREMBO dengan diameter 320 mm x 4.5 mm di bagian depan &  cakram hidrolik tunggal 1 kaliper piston dengan diameter 220 x 5 mm di bagian belakang. Guna memaksimalkan pengereman, motor ini juga dilengkapi dengan teknologi revolusioner eC-ABS (khusus untuk versi ABS). Fitur ini merupakan kombinasi teknologi ABS (Anti-Locking Brake System) yang dikontrol secara elektronis sehingga mampu mendistribusi dan menyesuaikan hentakan pengereman pada ban motor. Alhasil dengan berbagai perangkat canggih ini, tingkat keamanan pengendara menjadi lebih terjamin.

Ban Special

Motor supersport honda ini dibekali dengan ban yang bisa dibilang spesial lho temen-temen. Ban tersebut tipe Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium. Ban jenis ini sudah sangat terkenal lho akan daya cengkram nya yang tinggi, ketahanannya serta ketangguhannya. Bahkan saking hebatnya, ban jenis ini sering sekali dijadikan sebagai pilihan untuk digunakan diajang balap motor, termasuk motogp. Untuk di motor CBR1000RR SP ini ban Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium yang digunakan berukuran 120/70 - ZR17M/C (depan) & ukuran 190/70 - ZR17M/C (belakang). Kedua ban tersebut melekat pada velg alumunium 12 jari yang sporty dan juga futuristik

Spesifikasi Honda CBR1000RR SP:

  1. DIMENSI
  • Panjangnya 2080 mm.
  • Memiliki lebar 720 mm.
  • Tingginya mencapai 1141 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda 1410 mm.
  • Jarak terendah ke tanah ialah 130 mm.
  • Tinggi tempat duduk / jok mencapai 820 mm.
  • Berat kosong motor 199 kg & 210 kg (versi ABS).
  • Sudut kemudi / trail 23 derajat 3' / 96 mm.
  • Kapasitas bahan bakar penuh (full) adalah 17, 5 liter.
      2. MESIN
  • Mesin berkapasitas 999.8 cc, DOHC inline, 4-Tak, 16 Katup, 4 Silinder, 6 transmisi kecepatan dengan sistem pendinginan cairan (liquid cooled).
  • Diameter x langkah : 76 mm x 55,1 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio nya ialah : 12,3 : 1.
  • Carburation : PGM-DSFI (Programmed Dual Stage Fuel Injection).
  • Menghidupkan mesin dengan 1 cara yaitu Electric Starter.
  • Daya maksimum yang dihasilkan mencapai 133 kW / 12250 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 114 Nm / 10500 rpm.
  • Kapasitas oli pelumas mesin sekitar 3,7 liter.
  • Tipe kopling yang digunakan ialah Multiplate Basah dengan Diaphragm Spring.
      3. RANGKA
  • Dibangun dengan rangka tipe Diamond, Alumunium Composite Twin Spar.
  • Suspensi depan memakai Garpu Terbalik Teleskopik dengan diameter pipa 43 mm NIX30 (OHLINS) dengan preload, kompresi dan penyesuaian kenyamanan, 120 mm stroke.
  • Suspensi belakang memakai Unit Pro-Link dengan Gas-Charged TTX36 (OHLINS) yang memiliki preload 8 mm, 22 pilihan kompresi, 22 pilihan penyesuaian , 60 mm stroke.
  • Rem depan menggunakan cakram hidrolik ganda dengan 4 kaliper piston yang berasal dari BREMBO dengan diameter 320 mm x 4.5 mm.
  • Rem belakang menggunakan cakram hidrolik tunggal 1 kaliper piston dengan diameter 220 x 5 mm.
  • Memakai ban tipe Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium, dimana untuk ban depan berukuran 120/70 - ZR17M/C , sedangkan ban belakang berukuran 190/70 - ZR17M/C.
      4. KELISTRIKAN
  • Lampu : 12 V / 55 W x 1 (rendah) / 55 W x 2 (tinggi).
  • Kapasitas batteray yang digunakan 12 V / 6 AH.
  • Keamanannya menggunakan HISS (Honda Ignition Security System).

Harga Honda CBR1000RR SP - Bulan Desember 2016:

  • Harga Baru - Rp 575.000.000
Demikian artikel singkat seputar motor super sport kenamaan milik honda yakni cbr1000rr sp. Baca juga artikel lainnya yang juga sangat menarik di blog motorcomcom ini seperti contohnya saja :
Advertisement
Harga Honda CBR1000RR SP dan Spesifikasi Desember 2016 | Motor comcom | 5