Perhitungan Poin Motogp Pembalap, Tim dan Konstruktor

Advertisement
Perhitungan Poin Motogp - Siapa sih yang tak kenal dengan Motogp, pastinya sobat semuanya itu sudah pada tahu mengenai balap roda dua yang satu ini. Apalagi balapan ini kerap diselenggarakan dan di indonesia sendiri juga kerap ditayangkan di televisi. Balapan satu ini terkesan beda dengan yang lainnya.

Entah mengapa menjadi yang paling seru dan menarik untuk di ikuti. Hal ini mungkin karena memang balapan Motogp diikuti oleh para pembalap profesional dari seluruh dunia. Tak cuma itu saja , juga balapan Motogp menggunakan sepeda motor balap yang sangat canggih, keren dan juga sangat cepat.

Balapan Motogp banyak menyuguhkan tontonan yang seru yakni persaingan para rider yang saling berebut untuk menjadi juara. Balapan ini terasa sangat menarik karena dilakukan tak cuma di satu negara saja. Namun di beberapa negara yang tentu saja sirkuit untuk balapan beda beda sehingga memberikan banyak kemungkinan yang berbeda beda siapa yang akan jadi juaranya.

Bicara soal balap Motogp, pembalap dianggap menang jika mampu menempati posisi paling atas dengan poin yang paling besar dan tinggi dibandingkan dengan pembalap yang lainnya. Poin tersebut haruslah poin akhir yang didapatkan sampai semua ajang balapan selesai. Dan poin ini sangat penting bagi seorang pembalap moto gp.


Namun pertanyaannya sebenarnya, bagaimana perhitungan poin motogp tersebut. Pastinya banyak juga sobat semuanya, khususnya penggemar ajang balap motogp yang belum tahu dan penasaran akan hal ini. Misalnya berapa poin juara 1 motogp? poin juara 1 2 3 motogp? dsb. Nah untuk hal tersebut kebetulan kali ini motorcomcom akan mengajak kalian lebih tahu akan hal tersebut.

Perhitungan poin motogp sebenarnya cukup mudah sekali kok sobat otomotif. Pasalnya memang sudah ditentukan dari pihak penyelenggaranya sendiri dan semuanya itu ditentukan dari posisi berapa saat sang pembalap tersebut finish di akhir balapan. Baiklah berikut informasinya buat kamu semuanya.

Perhitungan Poin Motogp
Perhitungan Poin Motogp

Perhitungan Poin Motogp

  • Finish posisi 1, mendapatkan point +25
  • Finish posisi 2, mendapatkan point +20
  • Finish posisi 3, mendapatkan point +16
  • Finish posisi 4, mendapatkan point +13
  • Finish posisi 5, mendapatkan point +11
  • Finish posisi 6, mendapatkan point +10
  • Finish posisi 7, mendapatkan point +9
  • Finish posisi 8, mendapatkan point +8
  • Finish posisi 9, mendapatkan point +7
  • Finish posisi 10, mendapatkan point +6
  • Finish posisi 11, mendapatkan point +5
  • Finish posisi 12, mendapatkan point +4
  • Finish posisi 13, mendapatkan point +3
  • Finish posisi 14, mendapatkan point +2
  • Finish posisi 15, mendapatkan point +1
  • Finish posisi 16, tak mendapatkan point alias 0
Jika seorang pembalap menempati posisi 1 maka ia akan mendapatkan poin 25, karena memang jumlah poin motogp juara 1 adalah 25. posisi kedua 20 poin dan seterusnya sampai posisi 15 mendapatkan tambahanya 1 poin. Ya sesuai dengan tabel urutan poin motogp diatas saja sobat dengan selisih poin motogp yang memang sudah ditetapkan.

Diatas tadi adalah perhitungan poin dengan urutan poin moto gp untuk pembalapnya sendiri, lantas bagaimana dengan poin untuk tim sama konstrukstor. Soalnya biasaya kalau kita nonton balap Motogp sampai selesai tak cuma poin pembalap saja yang ditampilkan, namun poin tim dan konstruktor juga ada. berikut cara menghitungnya.

Cara menghitung Poin Untuk Tim

Untuk menghitung poin tim itu sendiri disesuikan atau tergantung dari berapa pembalap sobat otomotif. Misalkan 1 pembalap saja yang ikutan, maka poin akhir pembalap itulah yang dimasukkan pada poin tim. Jika seandainya 2 pembalap yang masuk maka poin kedua pembalap itu dijumlahkan dan baru ditambahkan pada poin tim. Namun tetap yang mendapatkan poin adalah pembalap yang finish sampai akhir, kalau tidak ya tak dapat poin.

Cara Menghitung poin konstruktor

Untuk menghitung poin konstruktor itu diambil dari poin pembalap yang mendapatkan poin terbaik dari Brand Pabrikan ( Yamaha, Honda, Suzuki, Ducati, Aprilia dll ) di tiap seri balapan. Baik itu mau tim utama ataupun tim satelit. Yang mana yang poinnya paling baik itulah yang akan diambil.

Demikian sobat otomotif artikel soal perhitungan poin motogp. Semoga saja bisa membantu sobat semuanya, khususnya penggemar motogp. Dengan ini kalian setidaknya bisa tahu bagaimana menambahkan poin kepada para pembalap setelah balapan motogp selesai. Bisa tahu klasemen poin motogp terbaru dan poin motogp sekarang.  Dan juga bisa tahu poin bagi tim maupun konstruktor. Baiklah terima kasih dan sampai ketemu lagi diartikel motorcomcom berikutnya. Baca Juga: