Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha YZF R6 2023

Harga Yamaha YZF R6 - Setelah sebelumnya agak membuat kecewa karena tak jadi dirilis di ajang INTERMOT 2016 di Cologne German. Akhirnya kini para pecinta otomotif semuanya bolehlah berbahagia, khususnya buat para fans motor yamaha. Hal ini karena pabrikan dengan lambang khas garputala tersebut kini telah resmi merilis generasi terbaru dari motor supersport andalannya di kelas 600cc yakni Yamaha YZF-R6 2017.

Motor supersport terbaru ini dirilis hari ini di gelaran AIMExpo di Orlando Florida. Hadir dengan beragam inovasi dan teknologi terbaru, New Yamaha YZF R6 2017 ini dipastikan akan membuat persaingan di kelas 600cc akan semakin memanas dan juga menarik. Apalagi memang pabrikan lainnya selain Yamaha juga telah melakukan pembaharuan bagi para jagoanya di kelas ini.

Pertama kali lahir di tahun 1998, Yamaha YZF-R6 memang langsung menarik perhatian para pecinta otomotif. Apalagi motor ini sejak awal memang memiliki desain yang sporty dan juga performa yang tangguh. Ditambah seiring perjalanannya, ketangguhan supersport ini sudah beberapa kali terbukti dengan kemenangannya di ajang balap dunia kelas 600cc.


New Yamaha YZF-R6 keluaran terbaru jika di hitung-hitung menjadi generasi ke-8 dari motor supersport ini semenjak pertama dilahirkan. Hadir dengan inovasi dan teknologi yang jauh lebih canggih serta memiliki tampang yang lebih mewah sesuai dengan kondisi zaman sekarang. Siap menaklukkan lawan-lawan sekelasnya seperti Kawasaki Ninja ZX-6R, Suzuki GSX-R600, Triumph Daytona 675, Honda CBR600RR dan lain-lain.

Teknologi yang dibenamkan kedalam motor supersport  New Yamaha YZF-R6 sendiri diadopsi dari teknologi Motogp serta dari WSBK. Jadi memang benar-benar sangat canggih. Supersport ini dilepas dipasaran dengan 3 pilihan warna  menarik yakni Team Yamaha Blue, Intensity White/Matte Silver dan Matte Raven Black. Untuk selengkapnya berikut informasi Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF-R6 2017 buat kalian semua.

Harga Yamaha YZF-R6
Yamaha YZF-R6

Desain

New Yamaha YZF-R6 2017 hadir dengan desain baru yang lebih sporty dan agresive dari sebelumnya. Dan menariknya ternyata desainnya itu mirip sekali sama motor supersport Yamaha YZF-R1 dan juga ada beberapa bagian yang di adopsi dari motor balap yamaha di ajang Motogp yaitu Yamaha YZR-M1.

Bagian depan mendapatkan revisi yang cukup signifikan. Bentuk headlamp berubah drastis yak sama seperti dulu sekarang menjadi kian tajam. Menariknya headlamp New YZF-R6 terbaru memiliki tampilan yang menyerupai dengan Yamaha YZF-R1. Secara sekilas terlihat persis, lampu utamanya menyimpit dan dibawah terdapat 2 buah lampu bulat.

Namun bedanya jika Yamaha YZF R1 lampu yang tampak seperti mata itu lebih menyipit, sedangkan untuk yamaha YZF-R6 terbaru itu lebih besar, malahan di R6 mirip dengan mata sungguhan. Untuk lampunya sendiri memakai lampu LED. Kemudian beda selanjutnya ialah pada kisi udara, milik R6 lebih besar sedangkan R1 lebih kecil. Punyanya R6 jika dilihat mirip dengan yang ada di YZR-M1 sang kuda besi Motogp Yamaha.

Spesifikasi Yamaha YZF-R6
Yamaha YZF-R6

Lanjut, Desain fairing telah berubah dibandingkan dengan model sebelumnya. Lebih keren dan juga makin ramping. Stang masih model underyoke ala moge supersport. Desain tangki berubah, bahannya pun sudah pakai alumunium tak lagi baja namun tetap kokoh dan kuat. Pergantian bahan menjadi alumunium mampu menurunkan sekitar 1 kg lebih.

Lanjut desain jok menjadi ramping dan tipis dan juga buritan berubah makin tajam, yang sekarang mirip sekali dengan Yamaha YZF-R1. Kalau untuk ergonominya tampaknya tak usah ditanyakan lagi jelas sekali menunduk dan racy layaknya motor balap. Apalagi memang motor ini tercipta untuk cepat dilintasan. Bagian knalpot bentuknya masih sama dengan yang lawas, namun sudah direvisi lebih baik mengingat harus sesuai dengan standar EURO 4.

Untuk informasi tambahan, Yamaha YZF-R6 memiliki ukuran dimensi panjang 2040, lebar 695 mm dan tinggi 1,150 mm. Jok rider punya tinggi 850 mm dengan jarak sumbu roda 1375 mm. Motor supersport ini memiliki jarak terendah ke permukaan tanah 130 mm. Beratnya sendiri di angka 190 kg.

Rangka

Alumunium Deltabox masih menjadi pilihan untuk membangun supersport New Yamaha YZF-R6. Namun beda dengan sebelumnya rangka kali ini benar-benar baru dan dirancang khusus dengan teknologi Motogp. Rangka baru ini diklaim membuat R6 ini memiliki handling yang sangat baik dikelasnya. Tak cuma itu saja R6 terbaru juga sangat lincah dan bisa bermanuver dengan stabil.


Rangka terbaru yang dimiliki juga telah dirancang khusus demi sentralisasi masa. Membuat tenaga bisa keluar maksimal dan hasilnya bisa lari dengan cepat. Kemudian tempat duduk rider juga dirancang ulang dimana bagian depan ( dekat tangki ) dibuat lebih sempit sekitar 20 mm. Berguna supaya kaki pengendara bisa menapak ke tanah dengan baik serta yang lebih hebat supaya ada ruang buat pengendara biar bisa bermanuver lebih agresive.

Tak cuma rangka, New Yamaha YZF-R6 juga mendapatkan pembaharuan di sektor suspensi. Menariknya perubahan itu berbasis pada Yamaha YZF R1. Suspensi depan masih pakai KYB Inverted Fork namun yang dulunya itu Ø 41 mm, kini jadi lebih besar yakni Ø 43 mm.

Review Yamaha YZF-R6
Yamaha YZF-R6

Suspensi depannya sendiri memiliki 3 pengaturan yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian untu suspensi belakang juga berubah yakni jadi pakai KYB piggyback shock dengan 4 pengaturan yang bisa disesuaikan. Kedua suspensi ini sangat identik dengan suspensi milik Yamaha YZF R1.

New Yamaha YZF-R6 memakai rem baru dan ini pun juga diadopsi dari Yamaha YZF R1. Rem depan pakai cakram ganda namun ukurannya berubah dari yang dulunya berdiameter 310 mm menjadi 320 mm dengan 4 piston kaliper besutan Pabrikan Nissin. Lalu untuk rem belakang juga baru pakai cakram tunggal 1 kaliper piston dengan diameter 220 mm. Sistem pengeremannya sendiri sudah mengusung teknologi ABS terbaru sebagai standar.

Supersport baru ini menggunakan ban tubeless ukuran 120/70 ZR17M/C ( 58W ) di depan dan ukuran 180/55 ZR17M/C ( 73W ) dibelakang.

Performa Mesin

New Yamaha YZF-R6 2017 menggunakan mesin berkapasitas 599cc liquid cooled DOHC inline 4-cylinder, 16 titanium valves dengan teknologi terbaru yamaha. Ukuran bore dan stroke nya 67 mm x 42,5 mm dengan berat yang ringan memungkinkan suplay power yang optimal serta lebih minim gesekan.  Rasio kompresinya sendiri adalah 13,1 : 1.

Mesinnya dilengkapi dengan Yamaha's Chip Controlled Intake ( YCCI ), sistem canggih yang fungsinya untuk menambah asupan udara ke ruang bakar pada putaran mesin yang tinggi.  Sistem ini mengatur intake funnel untuk turun / pendek saat putaran mesin rendah dan sebaliknya membuat intake funnel naik / terangkat saat putaran mesin tinggi. Supaya kerja YCCI maksimal, mesin Yamaha YZF-R6 2017 ini juga dibekali dengan twin injektor yang akan langsung menyemprotkan bahan bakar secara optimal saat di rpm yang tinggi.

Yamaha YZF-R6

Untuk saat ini power dari Yamaha YZF-R6 masih belum diumumkan pihak Yamaha. Namun kemungkinan akan sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan model sebelumnya. Namun untuk torsi maksimum R6 sudah diungkapkan yakni 6.6 kg-m ( 47,7 ft-lb ) / 11500 rpm. Kemudian untuk emisi yang dikeluarkan generasi baru ini sudah makin bersih dengan standar EURO 4. Apalagi memang menggunakan 41 mikuni throttle body Fuel Injection with YCC-T and YCC-I dengan konsumsi bahan bakar sekitar 16,9 km/liter.

Fitur

Untuk model 2017, Yamaha memberikan YZF-R6 panel instrumen kombinasi analog dan digital LCD terbaru yang lebih modern dan canggih. Yang disuguhkan pun jadi semakin lengkap dan kaya akan informasi yang dibutuhkan oleh para rider. Informasi yang didapatkan diantaranya adalah adanya tachometer analog, lalu di bagian LCD ada indikator gigi, speedometer, indikator bahan bakar, dual trip meter dan lain-lain. Oh ya instrumen ini juga menampilkan fitur terbaru yakni TCS dan D-Mode.

New Yamaha YZf R6 juga dibekali dengan perangkat elektronik canggih seperti Selectable Drive Mode ( D-Mode ). Sistem Yamaha D-Mode memungkinkan rider untuk bisa memilih karakter mesin sesuai keinginan berdasarkan pada kondisi medan yang dilalui. Mau standar atau cepat layaknya motor balap bisa dengan pakai D-Mode ini. Roder bisa memilih 3 Mode yakni Standar, Mode A dan Mode B yang untuk memakainya cukup menekan tombol di stang kemudi.


Fitur Yamaha YZF-R6
Sumber gambar : Yamaha

Perangkat canggih lainnya di New Yamaha YZF-R6 terbaru adalah Adjustable Control Traction System. Sistem canggih ini membantuk pengendara dalam mengontrol traksi pada berbagai kondisi jalan yang dilalui dengan cara mengubah bukaan throttle, waktu pengapian serta volume bahan bakar. di R6 ada 6 pilihan + Off yang bisa dilipih rider sesuai kondisi jalan.

Perangkat canggih berikutnya di supersport ini adalah teknologi Ride by Wire Yamaha Chip Controlled Throttle ( YCC-T ). Pengendalian throttle atau bukaan gas tak lagi dilakukan pakai kabel melainkan dengan sinyal elektronik yang dikirimkan ke sistem ECU. Dengan sistem ini akselerasi jadi lebih stabil serta bahan bakar menjadi lebih efisien.

Spesifikasi Yamaha YZF-R6 :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2040 mm.
  • Lebar 695 mm.
  • Tinggi mencapai 1,150 mm.
  • Tinggi tempat duduk 850 mm.
  • Jarak sumbu roda 1375 mm.
  • Jarak terendah ketanah 130 mm.
  • Berat basah 190 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar penuh 17 liter.
  • Kapasitas oli mesin 3,4 liter.
      2. RANGKA
  • Tipe rangka Alumunium Deltabox
  • Suspensi depan : Ø 43 mm, KYB Inverted Fork, 3-ways adjustable;
  • Travel depan     : 120 mm.
  • Sudut kemudi    : 24º.
  • Trail                   : 97 mm.
  • Suspensi belakang : KYB piggyback shock , 4-ways adjustable
  • Travel belakang : 120 mm.
  • Rem depan         : Hydraulic dual disc , Ø 320 mm, ABS
  • Rem belakang    : Hydraulic dual disc , Ø 220 mm, ABS
  • Ban depan          : 120/70 ZR17M/C ( 58W ) Tubeless
  • Ban belakang     : 180/55 ZR17M/C ( 73W ) Tubeless
     3. MESIN
  • Tipe mesin : 599cc liquid cooled DOHC inline 4-cylinder, 16 titanium valves
  • Bore x stroke : 67 mm x 42,5 mm.
  • Rasio kompresi : 13,1 : 1
  • Torsi maksimum : 6.6 kg-m ( 47,7 ft-lb ) / 11500 rpm.
  • Fuel delivery    : 41 mikuni throttle body Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
  • Pengapian         : TCI : Transistor Controlled Ignition
  • Transmisi          : 6 - speed w / multiplate slipper clutch
  • Final drive         : O-ring chain
  • Power maksimum : N/A
  • Torsi maksimum   : N/A

Harga Yamaha YZF R6 2023:

  • Harga Baru  di eropa                -  $12,199 ( Sekitar 182 juta rupiah )

Generasi terbaru New Yamaha YZF R6 memang jauh lebih baik ketimbang model sebelumnya. Memiliki tampang yang lebih rupawan serta memiliki teknologi canggih layaknya motor balap. Untuk sekarang motor supersport ini masih dijual di luar negeri sana. Tapi besar kemungkinan motor supersport ini bakal dihadirkan ke tanah air.

Apalagi seperti yang kita ketahui jika di indonesia sendiri motor supersport Yamaha YZF R6 aslinya sudah masuk dan menjadi salah satu line up PT. Yamaha Motor Manufacturing Indonesia. Namun itu adalah model yang lawas, belum yang baru ini. Nah dengan sudah munculnya model teranyar keluaran 2017 terbaru ini, semoga saja nantinya R6 yang sekarang diganti dengan keluaran yang baru.

Jadi nya para pecinta otomotif tanah air bisa mencicipi bagaimana performa sang kuda besi 600cc ini. Untuk sekedar informasi yamaha yzf r6 model yang lama yang ada di tanah air sendiri dibanderol dengan harga 220 juta rupiah. Ya semoga nanti jika benar-benar hadir di indonesia, harga jualnya tak akan terlalu jauh dari itu. 

Baiklah demikian informasi singkat mengenai spesifikasi dan harga yamaha yzf r6 2017 terbaru. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya, salam motorcomcom. Jangan lupa baca juga artikel lainnya seperti :