Harga Honda CB500X dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement
Harga Honda CB500X - merupakan salah satu dari 6 moge honda yang diluncurkan ke indonesia pada hari kamis 11 juni 2015 lalu yang bertempat di kota dewata, bali. Motor ini bisa dibilang cukup berbeda dibandingkan dengan ke lima moge lainnya. Mengapa? pasalnya motor ini adalah satu-satu nya motor tipe penjelajah diantara kawanan moge kenamaan honda tersebut.

Honda CB500X, sekilas namanya mirip dengan moge honda lainnya yakni CB500F. Ya, mau bagaimana lagi, kedua motor ini sejatinya adalah saudara hanya berbeda  tipe nya saja. Jika CB500X tipe penjelajah (adventure), maka untuk yang satunya yakni CB500F ber tipe motor sport. Namun meski begitu, kedua nya bisa dibilang sama-sama tangguh di dalam kelas nya masing-masing.

Di indonesia sendiri, nantinya honda CB500X ini akan bertarung menghadapi pesaingnya yang sama-sama motor penjelajah yakni dengan versys 650 dari pabrikan kawasaki serta V-Strom 650 dari pabrikan suzuki. Kemudian untuk pilihan warna nya sendiri, motor honda ini ditawarkan hanya dalam 3 varian warna saja yaitu Millenium Red, Matt Gunpowder Black Metallic dan Pearl Horizon White.
Harga Honda CB500X
Honda CB500X
Sumber gambar : http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/cb500x/
Guna menghadapi para kompetitornya, pihak honda telah menyematkan berbagai fitur andalan pada motor honda CB500X ini. Mau tau apa saja itu? ini dia jawabannya.

Adjustable WindScreen

Layaknya motor petualang sejati, honda CB500X ini dilengkapi dengan kaca pelindung yang berada di area depan motor. Dan yang menarik, kaca pelindung dengan desain yang bagus dan sporty ini ternyata bisa disesuaikan atau diatur hingga 40 mm guna perlindungan terhadap angin yang lebih optimal. Hal ini pastinya sangat berguna sekali, apalagi saat angin lagi kencang.

LED Headlight & Stoplamp

Ya, serupa dengan saudaranya yakni CB500F, motor penjelajah Honda CB500X ini mempunyai lampu dengan model "V" yang agrresive. Lampu nya tunggal dengan memakai multi reflektor serta menerapkan lampu Light Emitting Diode alias LED. Jadi dalam hal pencahayaan tak perlu diragukan lagi. Cukup baik dan menunjang bahkan ketika berkendara di malam hari. Dan hebatnya tak hanya didepan saja, sektor belakang (stoplamp) pun juga menggunakan lampu nyala putih yang disinyalir hemat dan tahan lama tersebut.



Long-Travel Long Suspension

Dari namanya, pastinya temen-temen sudah tahu apa ini. Ya, fitur berikutnya adalah penerapan suspensi dengan ukuran yang panjang pada honda CB500X yakni berdiameter 41 mm. Namun jangan salah ya, yang dimaksud disini adalah suspensi bagian depan, bukan suspensi belakang. Kalau suspensi belakangnya panjangnya ya masih umum / standar lah.

Pengaplikasian suspensi depan yang panjang, bukanlah tanpa alasan. Hal ini dimaksudkan supaya motor bisa lebih leluasa dan mudah melibas berbagai medan yang dihadapi. Tak hanya itu, long travel ini juga dimaksudkan agar sang pengemudi itu bisa lebih mudah dalam mengendalikan stang kemudi ketika berkendara dengan motor Honda CB500X ini.

Diamond Steel Frame

Motor penjelajah Honda CB500X ini dibangun dengan menggunakan rangka baja tipe Diamond. Rangka model ini juga telah diaplikasikan pada motor honda lainnya seperti honda CB500F. Rangka model ini dipilih karena bisa mereduksi getaran yang terjadi sehingga bisa membuat motor menjadi stabil dan kokoh. Kemudian, rangka ini juga terbilang ringan sehingga berat motor juga lebih bisa dikurangi. Berat motor ini sendiri mencapai 196 kg.

Mesin DOHC 2 Silinder

Honda CB500X ini ditunjang dengan mesin berkapasitas 470,1 cc, DOHC parallel twin cylinders, 8 Katup, 4 Langkah dengan sistem pendinginan berupa cairan. Memiliki transmisi 6 kecepatan dengan perbandingan komprehensi rasio mesin 10,7 : 1 serta mempunyai diameter x langkah : 67 mm x 66,8 mm. Mesin motor penjelajah ini mampu menghasilkan power maksimal sebesar 35 kW / 8500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 43 Nm / 7000 rpm. Dan motor honda satu ini disiyalir mampu berlari hingga top speed / kecepatan maksimal sekitar 176 km/jam.

Kemudian mesin honda CB500X ini juga telah mengaplikasikan sistem pembakaran PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan 34 mm throttle bodies. Sehingga dalam hal konsumsi bahan bakar terbilang cukup irit di kelasnya yakni sekitar 27 km/liternya.

Lower Protector Cower

Motor honda CB500X ini juga dilengkapi dengan penutup di area bawah, tepatnya di area mesin dan pipa knalpot. Penutup ini  warnya hitam dan fungsinya bisa dibilang sangat penting sekali yakni untuk melindungi mesin dan pipa knalpot dari material-material yang kasar yang kerap ada saat melaju di jalanan yang tidak rata. Dengan penutup ini pastinya mesin dan pipa knalpot pun menjadi lebih awet dan tahan lama.

Digital Instrumental 

Sebagai penyedia informasi pada pengendara, honda CB500X ini pun di lengkapi instrumen digital dengan layar tipe LCD. Kalau untuk bentuk keseluruhan hampir mirip dengan yang dimiliki oleh honda CB500F. Dan isinya sendiri meliputi informasi tentang speedometer, tachometer, jam, odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata, indikator bahan bakar dan indikator mesin.

Pro-Link Rear Suspension

Seperti motor honda kebanyakan, Honda CB500X ini dilengkapi juga dengan suspensi belakang tunggal tipe pro-link. Suspensi jenis ini memang disinyalir lebih nyaman dibandingkan dengan suspensi biasa. Dan rasanya sudah sewajarnya jika motor penjelajah ini mengaplikasikan suspensi pro-link.

Namun ada yang menarik lho pada suspensi pro-link milik Honda CB500X ini jika dibandingkan dengan suspensi pada motor honda lainnya. Yakni suspensi tersebut bisa di atur posisi nya hingga 9 pengaturan, sesuai dengan yang diinginkan oleh pengendaranya. Menarik sekali bukan?.

Lalu ditambah dengan model jok menyatu / step seat yang nyaman dengan tingginya dari tanah cuma 810 mm. Pastinya bisa membuat pengendara lebih betah saat berkendara dengan motor penjelajah honda ini.

Dual Purpose Tire

Di sektor kaki-kaki, honda CB500X di persenjatai dengan ban tipe tubeless dengan ukuran depan 120/70ZR - 17 MC dan  belakang berukuran 160/60ZR - 17 MC. Namun ban yang dipakai terbilang cukup menarik yakni memiliki 2 pola atau alur yang berbeda. Hal ini disiyalir bertujuan agar daya cengkram ban ke jalan menjadi lebih kuat sehingga motor menjadi lebih stabil ketika dikendarai. Kemudian ban tersebut terpasang kuat pada velg hitam nan sporty dengan 12 jari.



Disc Brake

Untuk penghenti laju, honda CB500X dilengkapi dengan rem cakram tunggal 2 kaliber piston tipe gelombang yang berukuran 320 mm di area depan dan rem cakram tunggal 1 kaliber piston yang juga tipe gelombang berukuran 240 mm di area belakang. Kedua rem berasal dari pabrikan besar yaitu NISSIN. Kemudian guna pengereman yang lebih optimal rem tersebut juga diaplikasikan dengan teknologi Anti-Lock Breaking System (ABS).

H.I.S.S (Honda Ignition Security System)

Honda CB500X juga dilengkapi dengan sistem keamanan kelas dunia dari honda yakni H.I.S.S (Honda Ignition Security System). Yang mana sistem canggih ini bisa mengurangi resiko kehilangan karena pencurian dengan pengaplikasian kunci kontak canggih yang terhubung dengan sistem elektronik.

Spesifikasi Honda CB500X:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan body 2095 mm.
  • Lebar 830 mm.
  • Tinggi mencapai 1290 mm.
  • Jarak sumbu antar roda 1421 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 170 mm.
  • Tinggi jok alias tempat duduk 810 mm.
  • Berat kosong 196 kg.
  • Sudut kemudi / trail : 26,5 derajat / 108 mm.
  • Kapasitas bahan bakar pada kondisi penuh adalah 17 liter.
      2. MESIN
  • Mesin berkapasitas 470,1 cc, DOHC parallel twin cylinders, 8 Katup, 4 Langkah dengan sistem pendinginan berupa cairan.
  • Diameter x langkah : 67 mm x 66,8 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesin 10,7 : 1.
  • Kapasitas oli minyak pelumas sebanyak 3,2 liter.
  • Sistem pembakaran mengaplikasikan PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
  • Power maksimal yang dihasilkan mencapai 35 kW / 8500 rpm & torsi maksimal nya mencapai 43 Nm / 7000 rpm.
  • Tipe transmisi 6 kecepatan.
  • Tipe starter / penyala mesin adalah Electric starter.
      3. RANGKA
  • Di bangun dengan menggunakan rangka Diamond Steel.
  • Suspensi depan tipe Teleskopik 41 mm, sedangkan suspensi belakang menggunakan swing arm baja dengan sistem pro link dan shock tunggal dengan 9 pengaturan posisi kenyamanan.
  • Rem depan memakai cakram tunggal 2 kaliber piston tipe gelombang yang berukuran 320 mm (ABS) dan belakang menggunakan rem cakram tunggal 1 kaliber piston yang juga tipe gelombang berukuran 240 mm (ABS).
  • Ukuran roda depan 120/70ZR - 17 MC, sedangkan belakang berukuran 160/60ZR - 17 MC.
      4. KELISTRIKAN
  • Lampu utama memakai  60/55W x 1 light.
  • Kapasitas bateray 12 V/8.6 AH.
  • Sistem keamanan HISS (Honda Ignition Security System).

Harga Honda CB500X -  Bulan November 2016:

  • Harga baru - Rp. 147.000.000
Itulah informasi lengkap yang membahas mengenai spesifikasi dan harga honda cb500x terbaru di indonesia. Bacalah juga artikel menarik lainnya yang ada di situs motorcomcom ini seperti contohnya adalah :
Advertisement
Harga Honda CB500X dan Spesifikasi Desember 2016 | Motor comcom | 5