Harga Suzuki GSX-S1000 dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement
Harga Suzuki GSX-S1000 - Halo temen-temen semua, langsung aja kali ya di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu kuda besi andalan milik pabrikan otomotif asal jepang yaitu suzuki, namanya ialah GSX-S1000. Motor ini terlahir untuk semakin memuaskan para pecinta otomotif dunia, khususnya  buat para pecinta produk-produk suzuki. Oh ya, si kuda besi ini sendiri sejatinya merupakan versi street fighter dari motor full fairing andalan suzuki yakni GSX-R1000.

Sedikit informasi, GSX-R1000 sendiri sebenarnya merupakan salah satu motor legendaris milik suzuki yang sudah terkenal akan ketangguhan serta performanya. Selain itu, motor yang berkapasitas 1000 cc ini juga terkenal akan akselerasi serta kecepatannya yang tinggi. Untuk kecepatan maksimalnya disinyalir mampu mencapai di kisaran angka 288 km/jam. wow...cepat bukan?.

Ok, balik ke GSX-S1000. Motor ini pertama kali terlihat penampakannya saat ikut memeriahkan ajang Intermot Show 2014 yang di gelar di Cologne, Jerman. Moge suzuki GSX-S1000 ini memiliki desain yang sporty dan juga agressive. Bentuk body nya secara keseluruhan terinspirasi dari bentuk tubuh seekor binatang buas yakni berukuran besar dan gagah.

Hal itu pun terasa semakin benar setelah adanya sepasang lampu LED di headlamp depan yang kalau diperhatikan mirip dengan sebuah taring. Motor street fighter ini memiliki 3 warna pilihan yang atraktif yakni Metallic Triton Blue, Glass Sparkle Black / Candy Daring Red dan terakhir Metallic Mat Fibroin Gray.
Harga Suzuki GSX-S1000
Suzuki GSX-S1000 Red

Harga Suzuki GSX-S1000
Suzuki GSX-S1000 Gray

Harga Suzuki GSX-S1000
Suzuki GSX-S1000 Blue

Sumber Gambar :http://www.globalsuzuki.com/motorcycle/products/gsxs1000/#photos

Si kuda besi street fighter GSX-S1000 ini dibekali oleh pihak suzuki dengan beberapa fitur unggulan yang membuatnya berbeda dengan motor-motor lainnya. Mau tahu, ini dia:

Mesin Mengadopsi Milik GSX-R1000

Suzuki mempersenjatai moge nya ini dengan mesin baru berkapasitas 999 cc, 4-Tak, 4 Silinder, DOHC, berpendingin cairan yang serupa dengan mesin milik GSX-R1000 yang melegenda di tahun 2005-2008. Mesin tersebut memiliki ukuran piston serta stroke yang panjang yakni memiliki diameter 73,4 mm x 59 mm. Hal ini memungkinkan ruang pembakaran pada mesin menjadi lebih kompak dan berujung pada meratanya power yang yang dikeluarkan pada semua rentang putaran mesin.

Yang bikin menarik ialah piston yang digunakan ternyata telah dirancang secara khusus oleh pihak suzuki agar memiliki kinerja yang lebih ringan (baik) tanpa mengorbankan kekakuannya. Alhasil, mesin ini bisa menghasilkan torsi yang lebih luas serta akselerasi yang jadi lebih cepat.



Mesin itu sendiri mempunyai perbandingan komprehensi rasio di rentang 12,2 : 1 dan memiliki sistem pengapian berjenis digital / Electronic Ignition (Transistorized). Pengapiannya dibantu dengan penggunaan busi Iridium Spark yang mampu menghasilkan bunga api yang kuat guna pembakaran yang lebih efisisen. Sehingga power yang dihasilkan menjadi lebih tinggi, respon throttle linier dan startup mesin menjadi lebih mudah.

Masing-masing bagian mesin dilapisi dengan yang namanya Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM). Yakni sebuah lapisan yang terbuat dari bahan nikel-fosfor-silikon-karbida yang disinyalir mampu mengurangi gesekan, menyalurkan perpindahan panas secara merata / sempurna serta bisa memberikan daya tahan yang tinggi. Kemudian mesin ini semakin disempurnakan dengan sebuah radiator baru dengan bentuk bulat untuk membantu suhu mesin konsisten.

Mesinnya sendiri mampu mengeluarkan tenaga hingga 143.49 Hp / 10000 rpm dengan torsi maksimal 78lb-ft / 9500 rpm. Dan hal ini membuat si GSX-S1000 ini bisa di pacu hingga kecepatan maksimal dikisaran angka 241.4 km/jam. Oh ya, untuk urusan emisi atau gas buang, motor ini telah lulus uji emisi EURO3.

Rangka Baru Yang Lebih Ringan Dari Milik GSX-R1000

Pihak suzuki sendiri membangun GSX-S1000 ini dengan paket rangka baru yang disinyalir lebih ringan dan kuat ketimbang milik GSX-R1000 maupun GSX-R750. Dan ini diklaim mampu membuat motor moge street fighter ini tampil lincah dan juga agressive di jalanan. Motor ini menggunakan swing arm yang serupa dengan milik GSX-R1000 yang membuat kestabilan motor street fighter ini semakin tinggi

Suzuki mengoptimalkan posisi berkendara pada street fighter nya ini agar bisa memberikan kenyamanan buat pengendaranya. Bentuk tubuh yang ramping dikombinasikan dengan tinggi tempat duduk yang hanya setinggi 815 mm memungkinkan pengendara untuk bisa naik ataupun turun dari motor ini dengan sangat mudah, mengingat kaki pengendara bisa menginjak tanah dengan sangat baik.

GSX -S1000 ini dilengkapi dengan suspensi terbaru bertipe Inverted Fork dari KYB berdiameter 43 mm di bagian depan guna memberikan handling serta kestabilan yang tinggi saat berakselerasi. Dan kesempurnaan pun semakin terasa dengan digunakannya suspensi jenis Monoshock yang terpasang kuat disektor belakang.
Dan menariknya, kedua suspensi tersebut memiliki kemampuan peredaman getaran yang tinggi dan sesuai untuk kondisi jalanan perkotaan.

Stang Rethal Fatbar

Moge street fighter suzuki ini dipersenjatai dengan stang tipe Rethal Fatbar berbahan alumunium untuk sektor kemudi nya. Stang tipe ini memiliki ketahanan serta kekakuan yang tinggi sehingga memungkinkan untuk bisa meredam getaran yang terjadi. Dengan ini tentu saja akan berdampak pada control & hadling motor yang cenderung mudah dan mantap.

LED Tail Light

GSX-S1000 ini memilki desain buritan yang terkesan sporty lho teman-teman. Dan menariknya, lampu yang digunakan bukanlah lampu yang biasanya melainkan telah mengusung lampu jenis LED. Wuih, canggih bukan. Nah kalau begini tentunya kesan modern dan futuristik tak salah lah jika melekat pada motor gede ini.

Jok Step-up Seat / Split-Seat

Motor street fighter suzuki ini dibekali dengan tempat duduk tipe Step-up Seat / Split-Seat yang berarti bahwa jok pengendara & pembonceng telah dibuat terpisah. Selain buat kenyamanan si pengendara serta si pembonceng, pemilihan jok model ini juga berguna agar aura sporty bisa semakin terasa pada moge ini.

Instrumen Canggih

GSX-S1000 dibekali oleh pihak suzuki dengan sebuah instrumen canggih guna memberikan informasi yang penting bagi pengendara. Instrumen tersebut menggunakan layar LCD dengan dasar warna putih dengan kecerahan yang baik. Layar tersebut menampilkan informasi seperti speedometer, tachometer, odometer, dual tripmeter, indikator, pengukur suhu, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar seketika, kontrol traksi dan jam.



Pengereman dengan Teknologi Canggih

Sebagai keamanan buat pengendaranya, pihak suzuki telah membekali motor ini dengan sektor pengereman dengan teknologi canggih. Menariknya, pengereman tersebut sama persis dengan milik GSX-R1000 model 2014. Pengereman di lakukan dengan menggunakan rem cakram ganda 310 mm di bagian depan dan rem cakram tunggal di bagian belakang yang berasal dari pabrikan terkemuka Brembo.

Tidak sampai disitu saja, untuk memaksimalkan pengereman, motor ini juga telah dijejali dengan teknologi canggih Anti-Lock Braking System (ABS). ABS berguna untuk mencegah agar roda tidak terkunci saat terjadi pengereman yang tidak terduga / mendadak. Dengan teknologi ini , pengendara akan bisa terhindar dari resiko jatuh dari motor atau bahkan kecelakaan. Oh ya, fitur ini hanya tersedia pada GSX-S1000 ABS saja.

Velg Alumunium

Pihak suzuki mempersenjatai GSX-S1000 dengan velg yang berbahan alumunium untuk sektor kaki-kakinya.. Velg tersebut memiliki berat yang ringan memiliki desain sporty dengan 6-jari. Velg tersebut terlihat sangat cocok sekali dengan paduan roda Dunlop ukuran 120/70 ZR17 M/C (58W) di depan & ukuran 190/50 ZR17 M/C (73W) di belakang.

Sistem Kontrol Traksi dengan 3-Mode

Suzuki memberikan sebuah fitur khusus yang memungkinkan pengendara untuk bisa mengontrol sendiri throttle dengan lebih baik sesuai dengan kondisi jalanan yang sedang di hadapi, sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan tidak terlalu melelahkan. Sistem ini akan menganalisa kecepatan roda depan dan belakang, sensor posisi throttle, sensor posisi crank dan sensor posisi gigi 250 kali per detiknya. Sistem ini akan dengan cepat mengurangi tenaga yang dikeluarkan oleh mesin ketika roda mengalami spin.

Untuk menggunakan sistem ini sangatlah mudah karena terdapat tombol dan juga ada indikatornya ada dalam panel instrumen motor. Ada 3 - mode yang bisa dipilih pada sistem ini. Mode 1 memiliki sensitivitas rendah dan ini cocok untuk gaya berkendara sporty (Sport Riding) dengan kondisi jalanan yang bagus. Mode 2 memiliki sensitivitas menengah dan ini cocok digunakan untuk berkendara di perkotaan (City Riding) dengan kondisi jalan yang terkadang lancar dan terkadang lambat. Mode 3 memiliki sensitivitas tinggi dan ini sesuai untuk kondisi jalanan yang basah atau licin.

Spesifikasi Suzuki GSX-S1000 :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan body nya 2115 mm.
  • Lebar keseluruhannya 795 mm.
  • Tingginya mencapai 1080 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda ialah 1460 mm.
  • Jarak terendah mesin kepermukaan tanah 140 mm.
  • Tinggi jok atau tempat duduk yaitu 810 mm.
  • Berat kosong motor 207 kg / 209 kg ABS.
  • Kapasitas bahan bakar tangki penuh (full) 17 liter.
  • Kapasitas oli pelumas mesin 3,4 liter.
      2. MESIN
  • Mesin berkapasitas 999 cc, 4 silinder, 4 -Tak, DOHC (Double Over Head Camshaft)  dengan sistem pendinginan berupa cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter piston x stroke masing-masing 73,4 mm x 59 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasionya 12,2 : 1.
  • Rake / trail : 25 derajat / 100 mm.
  • Transmisi 6 kecepatan constant mash dengan sistem pelumasan jenis basah.
  • Untuk menyalakan mesin menggunakan 1 cara yakni Electric starter.
  • Sistem bahan bakar memakai Fuel Injection System.
  • Sistem pengapian memakai Electronic Ignition (Transistorized).
      3. RANGKA
  • Suspensi depan menggunakan Inverted Telescopic & suspensi belakang Monocross (Link Type Suspension).
  • Kedua ban memakai tipe Tubeless dimana untuk ukuran ban depan adalah 120/70 ZR17 M/C (58W) & ukuran ban belakang 190/50 ZR17 M/C (73W).
  • Bagian depan bersenjatakan rem cakram ganda berdiameter 310 mm, sedangkan belakang bersenjatakan rem cakram tunggal. Dimana kedua rem tersebut keluaran dari pabrikan ternama BREMBO.

Harga Suzuki GSX-S1000 - Bulan Desember 2016:

  •  Harga Suzuki GSX-S1000                               Rp. £8.999 ( 177 juta rupiah)
  • Harga Suzuki GSX-S1000 ABS                        Rp. £9.499 ( 187 juta rupiah)

Jelajahi lagi beragam artikel yang telah tersedia pada blog motorcomcom ini. Misalkan saja artikel yang mengulas tentang:
Advertisement
Harga Suzuki GSX-S1000 dan Spesifikasi Desember 2016 | Motor comcom | 5