Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Suzuki Thunder 125 2023

Harga Suzuki Thunder 125 - Jika anda mengaku sebagai seorang bikers sejati, tentu anda pasti tahu tentang motor suzuki yang satu ini?. Pasalnya, motor sport yang bergaya classic ini pernah menyandang sebagai motor paling populer di indonesia. Bahkan saking populernya, motor ini juga pernah masuk dalam museum rekor indonesia ( MURI ) dalam rekor parkiran sepeda motor sejenis terpanjang di indonesia pada tahun 2007 lalu. Biar tak penasaran lagi, ini lah dia motor suzuki thunder 125.

Suzuki thunder 125 merupakan salah satu motor 2 tak andalan suzuki yang pertama kali diluncurkan di indonesia pada tahun 1999. Disaat kemunculannya motor ini langsung berhadapan dengan para pesaing tangguh yang terlebih dahulu mengaspal di indonesia yakni honda tiger, honda megapro. Namun dengan ketangguhan serta keunggulan yang dimiliki, motor ini mampu bersaing & bahkan menjadi salah satu motor nomor satu di indonesia.

Setelah beberapa tahun merasakan kejayaan, motor ini pun mulai merasakan keterpurukan setelah pihak pesaing mulai meluncurkan motor-motor terbaru mereka yang telah menggunakan teknologi yang baru yang canggih. Sebenarnya, pihak suzuki telah melakukan berbagai upaya seperti melakukan berbagai perubahan pada si petir ini. Namun ternyata konsumen lebih memilih produk lainnya, karena merasa jikalau perubahan yang dilakukan pada motor ini kurang baik & maksimal.

Seakan ingin mengembalikan lagi kejayaan yang pernah dirasakan di masa lalu, pihak suzuki menghadirkan kembali motor ini dengan nama new suzuki thunder 125. Lalu apa saja hal serta keunggulan yang coba ditawarkan oleh pihak suzuki dalam motor sport legendaris versi baru ini?.

Desain Bergaya Modern-Classic

New suzuki thunder 125 di buat dengan desain baru yang modern dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini mungkin dimaksudkan agar motor ini mudah diterima dan bisa berbaur dengan motor zaman sekarang yang kebanyakan / secara keseluruhan telah memakai desain yang modern. Bagian-bagian yang terlihat telah mendapatkan sentuhan perubahan diantaranya adalah tangki yang telah dibuat lebih besar dan tutup tangki telah dibuat keren ala sport bike. Kemudian spion telah di balut dengan lapisan krom sehingga terlihat  mewah.

Lalu pada bagian kaki telah menggunakan velg 5 jari berbahan alumunium kuat dan terlihat sporty. Knalpot yang digunakan telah menggunakan bahan berupa krom sehingga terlihat elegan dan juga mewah. Yang bikin unik, meskipun semuanya telah hampir menganut gaya modern namun ternyata motor ini tidak serta merta membuang gaya aslinya yakni classic. Ini jelas terlihat dari beberapa bentuk bagian motor yang masih bulat ala motor-motor sport jadul/ classic.

Handling Yang Lebih Nyaman

New suzuki thunder 125 yang dibangun dengan ranga jenis tulang punggung ( backbone ) memiliki handling yang cukup nyaman saat digunakan ketimbang dengan versi sebelumnya. Suspensi teleskopik yang terpasang di depan serta suspensi dual shock yang terpasang dibelakang mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara baik saat berekdnara biasa maupun saat melakukan manuver-manuver yang cukup tajam.

Harga Suzuki Thunder 125
Suzuki Thunder 125
Sumber Gambar : http://www.suzuki.co.id/motorcycle_type/thunder-125

Mesin Sama Tapi Lebih Handal

Meski model baru, tapi new Suzuki thunder 2014 ini masih menggunakan mesin dengan kapasitas yang sama yakni 125 cc. Tapi tidak sama seperti dahulu yang memakai 2 tak, versi sekarang telah menggunakan mesin 4 tak, 1 silinder, SOHC ( Single Overhead Camshaft ). Mesin tersebut memakai sistem bahan bakar karburator konvensional dengan pengapian CDI.  Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan mesinnya mencapai 11,28 Ps / 9000 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 9,4 Nm / 7500 rpm.

Meski hanya 125 cc, namun si petir ini ternyata lumayan cepat. Dalam sebuah test ride yang dilakukan, untuk gear 1 mencapai kecepatan 50 km/jam, gear 2 = 75 km/jam, gear 3 = 95 km/jam, gear 4 = 110 km/jam dan untuk gear 5 mencapai 130 km/jam ( top speed / kecepatan maksimal ).

Selain handal, mesin suzuki thunder 125 ini juga terbilang irit lho. Ini berkat sebuah teknologi yang disebut PAIR ( Pulsed Secondary Air Injection ) yang diterapkan dalam mesinnya. Teknologi tersebut mampu membuat konerja mesin menjadi lebih optimal serta membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat dan gas buang / emisi menjadi  ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 60 km/liter dalam berkendara santai dan 43 km/liter untuk berkendara  biasa.

Tangki Bahan Bakar Extra Besar

New suzuki thunder 125 ini telah dibekali oleh suzuki dengan berbagai fitur yang unggulan yang mumpuni Saah satunya adalah tangki bahan bakar besar yang sanggup menampung hingga 15 liter bahan bakar. Dengan kapasitas sebanyak itu, tangki motor ini mampu mengalahkan tangki bahan bakar milik motor 150 cc yang notabennya adalah motor yang berada diatasnya.

Panel Indikator Bergaya Classic + Modern

Meskipun masih sama dengan model lawas yakni masih menggunakan panel indikator berjumlah 2 buah, namun new thunder 125 ini bisa dibilang lebih baik karena tidak hanya mengusung panel indikator jenis analog saja, tapi telah menggunakan indikator digital meskipun dalam intensitas yang terbilang kecil. Indikator digital itu terpasang di salah satu panel indikator, tepatnya pada bagian kiri.

Untuk yang analog menampilkan informasi seperti indikator bahan bakar, rotation per menit ( RPM ) dan indikator kecepatan. Sedangkan untuk bagian digital menampikan posisi gigi ( gear ) dan trip meter.

Sektor Pengereman Lebih Optimal

Meskipun hanya menggunakan sistem pengereman yang cukup sederhana yakni rem cakram di depan dan rem tromol dibagian belakang. Namun untuk keselamatan bagi pengendara terasa sudah optimal mengingat kecepatan motor yang tidak terlalu tinggi. Kedua rem yang terpasang tersebut mampu menahan laju motor dengan baik, baik itu saat kondisi jalan kering maupun basah.

Untuk memikat konsumennya, pihak suzuki menawarkan 3 pilihan warna untuk motor suzuki thunder 125 nya ini yakni hitam, merah dan juga biru.

Spesifikasi Suzuki Thunder 125 :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 1970 mm.
  • Lebarnya sekiar 745 mm.
  • Tinggi hingga 1045 mm.
  • Jarak antara kedua as roda adalah 1270 mm.
  • Jarak terendah motor kepermukaan tanah adalah 165 mm.
  • Berat kosong dari motor ini yaitu 130 kg.
      2. MESIN
  • Mesin 125 cc, 4 Langkah, SOHC, 5 kecepatan dengan 1 buah katup.
  • Diameter  silinder x Langkah piston adalah 57 mm x 48,8 mm.
  • Daya / power maksimum yang dihasilkan adalah 11,28 Ps / 9000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 9,4 Nm / 7500 rpm.
  • Kapasitas tangki penampung bahan bakar adalah 15 liter.
      3. RANGKA
  • Suspensi di bagian depan memakai jenis teelskopik, sedangkan suspensi belakang memakai jenis dualshock.
  • Rem depan memakai cakram jenis hidraulik, sedangkan bagian belakang memakai rem jenis tromol.
  • Roda depan memiliki ukuran 80/90 - 18 M/C 45P, sedang roda belakang berukuran 90/90 - 18 M/C 51P.

Harga Suzuki Thunder 125 2023 :

  1. Harga Suzuki Thunder 125 New
  • Harga Suzuki Thunder 125 Baru                 Rp -
      2. Harga Suzuki Thunder 125 Bekas
  • Harga Suzuki Thunder 125 Bekas        mulai 3 jutaan rupiah

Untuk informasi motor suzuki thunder 125 sudah tidak diproduksi lagi di indonesia. Kalian bisa mendapatkannya secara econd / bekas.
Demikianlah ulasan mengenai salah satu motor sport legenda milik suzuki di indonesia. Jangan lupa bacalah artikel menarik lainnya seperti: