Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Helm Full Face Yang Benar

Cara Merawat Helm - Helm merupakan perangkat yang wajib bagi seorang biker. Helm ini fungsinya penting sekali. Tak cuma buat gaya gayaan saja dan terlihat keren. Helm berfungsi untuk melindungi kepala rider ketika menaiki sepeda motor kesukaannya. Baik dari terpaan panas, hujan ataupun yang paling utama saat kecelakaan.

Ya benar sobat, kecelakaan. Inilah hal paling penting kenapa helm diciptakan. Sepeda motor memang seakan menjadi sebuah hal yang bisa memikat banyak orang untuk mengendarainya. Dan bukan cuma berkendara biasa, bahkan sepeda motor sering di pacu dalam kecepatan yang tinggi. Dan pastinya akan semakin meningkatkan resiko kecelakaan.

Banyak orang sering mengalami kecelakaan. Dan yang sangat dikhawatirkan saat kecelakaan kepalanya mengalami cedera yang parah. Berbeda dengan anggota lainnya, kepala adalah bagian yang sangat rawan sobat. Jika cederanya parah kemungkinan rider tak bisa tertolong. Bahkan ini sering kali terjadi.

Untuk meminimalisir hal tersebut, muncullah helm yang sudah kita ketahui bersama & sampai detik ini masih ada. Dan bahkan terus dikembangkan supaya nantinya semakin berguna bagi banyak orang terutama untuk para biker. Helm sendiri di saat ini banyak sekali model dan jenisnya. Salah satunya adalah helm full face.

Sesuai dengan namanya, Helm Full Face merupakan tipe helm yang menutupi seluruh muka. Helm inilah yang bisa dikatakan paling aman dibandingkan dengan tipe helm yang lainnya. Baik bagian belakang maupun depan semuanya tertutupi. Karena keamananya helm full face bahkan menjadi helm utama yang sering digunakan oleh para pembalap termasuk pembalap Motogp yang mengendarai motornya dengan sangat cepat.


Tak cuma pembalap, helm full face biasanya juga dipakai masyarakat untuk harian. Ya karena tingkat keamananya yang lebih maksimal yang membuat masyarakat jadi menaruh pilihan pada helm full face. Namun sobat otomotif, yang namanya produk, apalagi buatan manusia tentu tak selamanya memberikan kinerjanya dengan baik.

Semakin sering digunakan, helm full face tentu akan mengalami kerusakan juga dan kinerjanya jadi tak optimal. Hal ini memang tak bisa dihindari, namun masih di tanggulangi yakni dengan cara merawatnya dengan baik. Dengan merawat helm secara baik dan benar tentunya, kinerja helm akan selalu baik sehingga berkendara pun akan selalu aman dan nyaman.

Cara Merawat Helm
Cara Merawat Helm
Cara merawat helm sebenarnya mudah saja sobat otomotif. Khususnya untuk helm full face. Asalkan memang mau berusaha dalam artian mau melakukannya meskipun kadang malas juga. Baiklah jika sobat otomotif saat ini sedang mengalami masalah tersebut dan memang lagi nyari, berikut informasi tips cara merawat helm full face yang dirangkum motorcomcom.

Cara Merawat Helm

Baiklah sobat otomotif semuanya cara merawat helm contohnya cara merawat helm full face diantaranya adalah seperti:
  1. Bagi para biker sebaiknya ketika menaruh helm jangan ditempat sembarangan. Usahakan meletakkan helm tak terlalu berdekatan sama barang lainnya. Hal ini supaya menghindarkan benturan agar helm tak mengalami lecet.
  2. Berikutnya biar helm cenderung awet sebaiknya saat dirumah atau pun ditempat lain. Helm di letakkan di tempat yang bersih dan bebas debu. Bayangkan saja debu itu sangat halus, dan apabila masuk ke bagian dalam helm ( busanya khususnya ) tentu akan membuat kotor. Kotornya pun itu samar. Bisa saja ketika dipakai bukannya terasa nyaman, malah terasa terganggu karena debu.
  3. Cara merawat helm berikutnya adalah rutin membersihkan / mengelap helm. Bisa ketika selesai di pakai atau saat mau dipakai. Tapi kalau setelah dipakai rasanya susah ya, pas mau dipakai juga tak apa apa. Gunanya supaya helm tetap terlihat bersih.
  4. Dan cara merawat helm lainnya adalah dengan mencuci helm. Memang agak ribet dan butuh kesabaran namun hasilnya nanti akan mantap. Dan hal ini tak mesti sobat lakukan terus kok sobat. Setidaknya 1 atau 2 minggu sekali. Dan jika tak bisa ya maksimal 1 bulan sekali. Untuk mencuci helm ada tahap tahapnya sobat, seperti:
  • Yang pertama sobat lakukan adalah dengan melepas bagian bagian helm full face. Misalkan visornya dilepas bautnya pakai obeng. Kemudian lepas bagian lain yang sekiranya memang bisa dilepas. Jangan yang tak bisa dilepas kamu lepas, bisa bisa malah rusak helmnya.
  • Setelah selesai, rendam tiap bagian helm tersebut di dalam air sabun. Jangan pakai deterjen, bisa pakai sampo yang lebih halus. Rendam kurang setidaknya 30 menit sampai 1 jam.
  • Jika sudah, tiap bagian dibersihkan. Contohnya batok helm diusap dengan busa + air sabun sampai bersih. Bagian lain seperti busa diucek ucek pakai tangan dll.
  • Setelah semuanya dicuci kini tinggal dibilas dengan air bersih. Bilas sampai benar benar bersih dan tak menyisakan sabun.
  • Setelah itu jemur diterik matahari sampai kering. Menjemurnya jangan dibiarkan saja, namun sesekali di lihat dan dibalik supaya bagian lainnya kering juga.
  • Jika semua sudah kering tinggal dipasang kembali tiap bagian.
  • Sobat bisa menyemprotkan minyak, khususnya ke bagian dalam yang penuh busa supaya baunya lebih wangi. Dan juga kasih bagian luar dengan pengkilap misalnya kit agar tetap mengkilap.
  • Dan helm full face pun siap untuk dipakai kembali.
Demikian itulah sobat setidaknya informasi tips cara merawat helm full face agar tidak bau dan tetap wangi serta agar tetap mengkilap dari motorcomom. Tips tersebut bisa juga diaplikasikan pada helm model lain. Misalnya model helm cakil atau model helm lainnya. Cenderung sama saja kok cara merawat helm nya. Baiklah sampai disini dulu dan semoga saja informasi singkat ini bisa berguna bagi sobat otomotif yang membutuhkan. Sampai ketemu di artikel berikutnya, dan jangan lupa simak terus informasi terbaru dari motorcomcom.