Harga Yamaha Aerox 155 dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement
Harga Yamaha Aerox 155 - Gelaran Indonesia Motor Show atau lebih akrab dikenal dengan IMOS memang kerap dimanfaatkan oleh para pabrikan otomotif untuk memamerkan ataupun meluncurkan produk teranyar mereka kehadapan publik indonesia. Termasuk juga Yamaha, pabrikan berlambang garputala asal jepang tersebut juga memanfaatkan ajang 2 tahunan tersebut untuk meemperkenalkan produk baru.

Ada beberapa produk sepeda motor terbaru yang di bawa oleh pabrikan Yamaha lewat PT YIMM di IMOS 2016. Salah satu diantaranya adalah Yamaha Aerox 155. Motor baru bergenre matik ini semakin melengkapi jajaran motor matik Yamaha yang ada di indonesia. Hadir sebagai kakak dari Aerox 125 LC, matic ini mengusung penampilan yang futuristik serta mengusung teknologi terdepan Yamaha.

Layaknya motor Yamaha Nmax, Aerox 155 masuk sebagai produk global kepunyaan Yamaha. Artinya ini matik tak cuma dijual di negara indonesia saja kawan, melainkan juga di jual ke beberapa negara di dunia, termasuk salah satunya negeri tetangga kita, Malaysia. Nah, bagi yang belum pada tahu, aslinya Aerox 155 tidak diluncurkan premiere ( pertama kali ) di indonesia melainkan di Malaysia. Dan disana namanya bukan Aerox 155 melainkan NVX 150.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha Aerox 125 LC Terbaru

Acaranya sendiri bertepatan dengan gelaran Motogp 2016 yang berlangsung di sirkuit Sepang Malaysia. Dan yang menarik & tak ketinggalan si sang legenda Motogp valentino rossi turut hadir disana dan malahan dipercaya menjadi brand ambasador dari skuter matik Aerox 155 ini. Momen ini terjadi di tanggal 30 oktober 2016. Baiklah untuk selengkapnya berikut review mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha Aerox 155 terbaru dari situs motorcomcom.

Desain & Dimensi

Desain Yamaha Aerox 155, jelas kental dan juga menggambarkan sekali cita rasa klan Aerox yang sudah sangat melegenda di dunia. Kalau di bandingkan sama Aerox 125 LC yang bisa dikatakan sebagai adiknya di indonesia. Ternyata terkesan agak-agak mirip. Namun yang pasti kalau sama sang adik, Aerox 155 ini jelas lebih keren dan juga sporty. Dan yang unik yakni sekilas wujud matic ini menyerupai motor moped Yamaha MX King 150.

Bagian depan, skuter matik Yamaha Aerox 155 ini desain apik dengan model headlamp ganda yang tajam. Lampunya sendiri sudah pakai LED jadi terang dan terkesan mewah. Beda sama Aerox 125 LC, lampu sein tak terpasang di bagian atas namun ada di bagian samping tepatnya di dekat headlamp dan posisinya sudah terpisah.



Beralih agak belakang, ada pijakan kaki yang lebar dan nyaman dengan tutup tangki yang terpasang diantaranya. Bentuk belakang terbilang besar, ya disesuaikan dengan kapasitas bagasinya juga. Joknya itu besar dengan busa yang tebal dan empuk. Pijakan kaki pembonceng sporty dengan model lipat.

Buritan desainnya tajam dengan stoplamp yang sudah pakai lampu LED. Ada pegangan belakang yang tersembunyi di bagian bawah sehingga nampak modern.Spakbor belakang ukurannya besar dan terpasang lampu sein dengan bentuk meruncing. Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ( YIMM ) melepas skuter matik Yamaha Aerox 155 ini dengan 3 model yakni Standart version, S version dan terakhir R version.

Untuk Standar version ada 3 pilihan warna yakni kuning ( Yellow ), hitam ( Black ) dan merah ( Matte Red ).

Harga Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155 VVA Yellow
Harga Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155 VVA Black
Harga Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155 VVA Matte Red

Kemudian R version ada 1 pilihan warna yakni biru ( Racing Blue )

Harga Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155 VVA R Racing Blue

Sementara untuk Untuk S version ada 2 pilihan warna yakni hitam ( Matte Blue ) dan putih ( Matte White ).

Harga Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155 VVA S Matte Blue

Harga Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155 VVA S White

( Sumber gambar : http://www.yamaha-motor.co.id/aerox-155-vva/ )

Untuk sekedar informasi motor matik Yamaha Aerox 155 ini memiliki ukuran dimensi panjang 1990 mm, lebar 700 mm serta tinggi 1125 mm. Jok motor matik ini terbilang mudah untuk diraih yakni dengan tinggi 790 mm. Memiliki jarak sumbu roda 1350 mm, cukup panajng sehingga membuat matik ini stabil serta mudah dalam melewati tikungan.

Mesin 155.1 cc VVA & Blue Core

Yamaha Aerox 155 semua tipe mengusung mesin generasi baru yang menggunakan teknologi Variable Valve Actuation ( VVA ) kaya Yamaha Nmax. Teknologi VVA ini berfungsi untuk membuat performa mesin jadi lebih bertenaga dan juga tarikannya makin mantap. Tak cuma VVA saja, mesin matik ini juga sudah mengusung teknologi Blue Core yang membuat performa maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Mesinnya sendiri berkapasitas 155.1 cc, 1 silinder, SOHC dengan sistem pendinginan cairan ( Liquid Cooled ). Mesinnya berkarakter Square Engine yang mana terlihat dari ukuran bore dan stroke masing-masing 58 mm x 58,7 mm yang beda tipis. Di tas kertas Yamaha Aerox 155 ini memiliki Power maksimum sebesar 11.0 kW / 8000 rpm dengan torsi maksimum di 13.8 Nm / 6250 rpm.



Di kelas 150cc, matik baru yamaha ini terbilang irit dalam konsumsi bahan bakar. Ini semua karena diaplikasikannya teknologi injeksi dari yamaha. Tak cuma itu saja ada pula teknologi Stop & Start System ( SSS ) yang berguna untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor dalam keadaan berhenti. Ada pula teknologi Smart Motor Generator ( SMG ) yang fungsinya supaya suara mesin jadi halus saat mesin dinyalakan.

Rangka dan Suspensi

Terlahir sebagai motor matik, Yamaha Aerox 155 ini mengusung rangka model underbone. Ya serupa dengan motor matik umumnya. Rangka model ini memang pas untuk motor kuat, kokoh dan juga ringan. Terhubung dengan rangka utama, suspensi depan menggunakan suspensi model teleskopik dan untuk suspensi yang belakang pakai dual shock.

Oh ya, yang cukup menarik adalah karena terbagi kedalam 3 model ternyata pihak yamaha memberikan suspensi yang berbeda di tiap modelnya. Untuk model Standart dan S version menggunakan suspensi yang bisa dikatakan biasa. Sedangkan untuk model R Version, bagian depan suspensi teleskopik biasa namun yang belakang pakai suspensi dual shock yang pakai tabung serta dilabur dengan warna emas.

Lanjut dibagian kaki, semua model Yamaha Aerox 155 pelek 14 inci 6 jari depan dan belakang. Kemudian ban yang digunakan adalah ban tubeless ukuran 110/80 - 14 M/C 53P di depan dan ukuran 140/70 - 14 M/C 62P di bagian belakang.

Untuk sektor pengereman bagian depan pakai rem cakram ukuran 230 mm sedangkan bagian belakang pakai rem drum. Untuk versi standar dan S version pakai cakram depan model bulat sedangkan untuk tipe R version pakai cakram model gelombang ( Wave-type disc brake ).

Fitur Unggulan

Yamaha Aerox 155 terbagi menjadi 3 model Standar, S sama R. Nah bicara mengenai fitur unggulannya alias kelebihan ternyata di motor matik yamaha ada yang sama dan ada juga yang beda. Kita mulai dari yang sama dulu ya yang mana ini merupakan fitur dari model standart yang dimiliki pula di S version dan R version. Baiklah kalau yang sama itu meliputi Lampu depan yang sudah LED. Membuat tampilan makin futuristik dan modern serta pencahayaan jadi makin terang. Lalu ada tangki bahan bakar yang terletak di bawah jadi tak perlu repot turun dari motor saat mau isi bensin.

Selanjutnya ada Speedometer Full Digital dengan layar LCD ukuran 5,8 inch yang mengusung teknologi Multi Information Display ( MID ) untuk tampilan informasi yang lebih jelas. Yang tertulis di speedometer ukuran besar tersebut antara lain ada Odometer, Fuel meter, Trip meter, average Fuel Consumption, VVA indicator, batteray Indicator, real time consumption, rpm meter dan jam digital. Warna latarnya berwarna biru.

Fitur yang sama selanjutnya, adanya kapasitas bagasi ekstra luas yang ada di bawah jok. Kapasitasnya sendiri mencapai 25 liter. Bisa buat menampung helm full face, jas hujan, jaket dan barang keperluan lainnya. Ada pula fitur Electric Power Socket yakni semacam lubang colokan yang bisa dipakai untuk mencharge gadget atau smartphone selama perjalanan.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Honda Vario 150 Terbaru di Indonesia

Itu semua tadi yang ada di standar version, S version dan juga R version tadi. Nah bagaimana dengan yang hanya di S dan R version? baiklah berikut informasinya. Di S version ada tambahan fitur yang khusus yakni Stop & Start System. Lalu ada teknologi ABS serta ada teknologi Smart Key System, sistem canggih yang tak perlu lagi pakai lubang kunci kontak. Mesin bisa menyala cukup dengan mengantongi kuncinya saja.

Kemudian untuk R version, model satu ini mengusung suspensi belakang istimewa dengan dilabur emas serta memiliki tabung. Tak cuma itu ada juga model cakram depan yang beda dengan lainnya yakni berbentuk gelombang. Semua itu tadi merupakan keunggulan dan kelebihan dari motor matik yamaha ini.

Nah bagaimana dengan kelemahan Yamaha Aerox 155 ini? mungkin diantaranya adalah mesinnya masih SOHC, belum DOHC. Lalu desain belakang mirip dengan Yamaha New Vixion Advance dan terkesan sporty, namun mungkin akan jadi sporty lagi jika lampu seinnya dijadikan satu dengan stoplamp.

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 VVA :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 1990 mm.
  • Lebar 700 mm.
  • Tinggi mencapai 1125 mm.
  • Jarak sumbu roda 1350 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 142 mm.
  • Tinggi tempat duduk 790 mm.
  • Berat isi : 116 kg ( S version ) , 117 kg ( R version ) dan 118 kg ( Standar ).
  • Kapasitas tangki bahan bakar 4,6 liter.
     2. RANGKA
  • Tipe rangka Underbone 
  • Suspensi depan Teleskopik
  • Suspensi belakang Unit Swing
  • Tipe ban : Tubeless
  • Ban depan : 110/80 - 14 M/C 53P
  • Ban belakang : 140/70 - 14 M/C 62P
  • Rem depan disc brake
  • Rem belakang drum brake ( tromol )
      3. MESIN
  • Tipe mesin : liquid cooled 4 stroke, SOHC
  • Susunan silinder : 1 silinder.
  • Diameter x langkah : 58 mm x 58,7 mm.
  • Perbandingan kompresi 10,5 ± 0,4 : 1.
  • Volume silinder mesin 155.1 cc.
  • Power maksimum 11.0 kW / 8000 rpm.
  • Torsi maksimum 13.8 Nm / 6250 rpm.
  • Sistem starter : Elektrik starter.
  • Sistem pelumasan Wet Sump ( basah )
  • Kapasitas oli mesin : 1 liter ( total ) dan 0,9 liter ( periodik ).
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection ( FI )
  • Tipe kopling : Dry, Centrifugal Automatic.
  • Tipe transmisi : V-belt Automatic.
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian TCI ( Transistor Control Ignition )
  • Tipe baterai : YTZ7V
  • Tipe busi : NGK / CPR8EA9

Harga Yamaha Aerox 155 VVA - Bulan Desember 2016:

  •  Harga Yamaha Aerox 155 Standar                           Rp. 20.000.000
  • Harga Yamaha Aerox 155 S version                         Rp. 25.000.000
  • Harga Yamaha Aerox 155 R version                         Rp. 22.000.000
 
Demikianlah itu tadi informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha Aerox 155 terbaru yang baru diluncurkan oleh PT YIMM di indonesia. Seperti yang sudah kalian lihat di atas, untuk harga Yamaha Aerox 155 ini sekitar 20 jutaan. Hal ini karena memang PT YIMM menargetkan jagoan anyarnya ini untuk bisa bersaing dengan rivalnya Honda Vario 150 yang juga dijual dengan rentang harga segitu.
Terima kasih sudah berkunjung ke blog motorcomcom.blogspot.com ini dan semoga bisa bermanfaat buat kalian.
Advertisement
Harga Yamaha Aerox 155 dan Spesifikasi Desember 2016 | Motor comcom | 5