Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Mutasi Motor Terbaru 2017

Biaya Mutasi Motor - Bagi yang sudah akrab dengan dunia otomotif khusunya roda dua yakni sepeda motor tentu sudah kenal dengan yang namanya mutasi. Mutasi motor bagi sobat yang belum pada tahu ialah proses perpindahan administrasi kendaraan roda dua dari suatu lokasi ke lokasi lainnya disesuiakan dengan alamat perpindahan yang baru.

Yang pindah bukan cuma fisik motor nya saja, namun juga untuk pembayaran pajak motor pun berpindah ke yang baru. Mutasi ini bisa beda daerah atau bahkan beda provinis. Biar sobat otomotif lebih mengerti biar motorcomcom kasih contohnya deh. Misalkan saja A katakanlah memiliki sepeda motor dengan namanya sendiri dan si dianya ini tinggal di Jakarta.

Kemudian A lantas pindah ke Surabaya yang otomatis pindah KTP. Nah dalam hal ini A perlu melakukan perpindahan administrasi sepeda motornya dengan alamat barunya sesuai KTP baru dan motornya pun perlu diregistrasi ulang dengan alamat baru yang dinamakan mutasi motor. Dan nantinya kalau ada apa apa seperti bayar pajak motor yang di daerah yang baru.

Untuk melakukan mutasi ini sebenarnya gampang saja, asalkan semua berkas untuk persyaratan semuanya lengkap dan mau sabar dalam melakukannya. Kemudian perlu juga untuk menyiapkan dana yang cukup karena memang perlu biaya untuk melakukan mutasi ini. Biaya mutasi motor sendiri lumayanlah biayanya.

Meskipun biaya mutasi motor lumayan biayanya, namun banyak masyarakat indonesia yang melakukan mutasi. Hal ini karena memang mutasi motor merupakan sebuah kebutuhan. Jika tidak dilakukan sekarang tentu nanti dimasa mendatang kita akan yang mengalami kesulitan. Apalagi saat sudah mau bayar pajak motor.


Informasi buat sobat otomotif semuanya, di tahun 2017 ini biaya mutasi motor menjadi sangat mahal. Beneran sobat otomotif, per tahun 2017 biaya mutasi motor serta biaya lainnya yang bersangkutan dalam kendaraan semuanya mengalami kenaikan yang bisa dikatakan sangat signifikan. Bahkan mungkin bisa dikatakan sangat besar kenaikan yang terjadi.

Kenaikan biaya mutasi motor di tetapkan per tanggal 6 januari 2017 semenjak di berlakukannya PP No. 60 Tahun 2016. Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang menggantikan PP sebelumnya yakni PP No. 50 Tahun 2010. Dan kenaikan biaya mutasi motor ini berlaku untuk seluruh wilayah yang ada di indonesia. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat sebagian isi PP No.60 Tahun 2016 di gambar berikut ini.

Biaya Mutasi Motor
Biaya Mutasi Motor
Via Blogspot.com
Seperti yang bisa sobat semuanya pada lihat, di bagian Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Bermotor Ke Luar Daerah. Biaya mutasi motor roda dua ( motor ) atau roda tiga dari awalnya itu cuma Rp. 75.000 rupiah kini naik menjadi Rp. 150.000 rupiah. Kenaikannya sendiri bahkan sudah mencapai 100 persen. Wow..naiknya memang tinggi sekali.

Kalau sudah begini tentunya bagi yang mau melakukan mutasi motor harus merogoh koceknya lebih dalam lagi. Ya biaya sampai seperti itu sobat. Untuk informasi tambahan ternyata bukan cuma biaya mutasi motor saja yang naik, biaya mutasi untuk mobil juga naik drastis sekali. Bisa dilihat dari yang awalnya cuma Rp 75.000 rupiah. Kini semakin mahal hingga mencapai Rp. 250.000 rupiah. Naiknya malahan sampai 300 persen.


Tak cuma biaya mutasi saja kok sobat otomotif, biaya lainnya juga semuanya mengalami kenaikan. Mulai dari STNK, BPKB, TNKB dan lain lainnya. Kenaikan dari biaya ini khusus nya biaya mutasi motor sebenarnya wajar saja dilakukan. Hal ini karena memang pemerintah berencana menaikkan pendapatan negara semakin tinggi lagi. Ya imbasnya salah satu di sektor ini.

Namun meski biaya mutasi motor itu naik dan mahal sebagai warga negara indonesia yang baik kita mesti mengikuti aturan yang ada. Memang cukup berat bahkan sangat berat sekali untuk sebagain orang. Namun jika dilakukan dengan semestinya lambat laun akan jadi terbiasa. Apalagi nantinya juga kembali ke kita sendiri kan masuk pendapatan negara. Namun kalau memang dilakukan itu dijalankan sebagaimana mestinya.

Baiklah demikian sobat otomotif informasi mengenai biaya mutasi motor terbaru 2017 dari motorcomcom. Semoga saja bermanfaat dan berguna buat sobat otomotif semuanya. Dan jangan lupa untuk terus simak informasi dan artikel lainnya seputar otomotif roda dua hanya di http://motorcomcom.blogspot.com. Baca Juga: