Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kymco Xciting 400i 2023

Harga Kymco Xciting 400i - Bagi masyarakat indonesia, brand "Kymco" mungkin belum terlalu populer seperti brand yamaha, honda dan sekawannya. Apalagi memang pabrikan Kymco sendiri bukanlah pabrikan asal negeri sakura jepang melainkan pabrikan yang asalnya Taiwan.

Tapi tahukah kalian jika pabrikan ini aslinya sudah lama di indonesia dan menariknya, pabrikan inilah yang pertama kali memperkenalkan motor matic di indonesia. Ya meskipun pada akhirnya karena dirasa tak mampu bersaing, pabrikan ini lama kelamaan hilang tak terdengar kabarnya di indonesia.

Namun meski demikian, pabrikan asal taiwan ini ternyata tak menyerah untuk berkompetisi di pasar indonesia. Di tahun 2016 ini kabar membahagiakan pun datang, Kymco telah kembali lagi masuk kepasar otomotif indonesia. Melalui PT Smart Motor Indonesia ( SMI ), pabrikan taiwan sekali lagi mencoba meramaikan persaingan roda dua di tanah air. Dan kali ini mereka membawa persenjataan terbaru, ada beberapa sih namun salah satunya adalah Kymco Xciting 400i.

Kymco Xciting 400i merupakan big scooter buatan Kymco yang punya status sebagai motor global. Yang mana artinya, motor ini telah dijual ke berbagai negara di dunia. Termasuk di negara - negara eropa, amerika serta juga di negara asia termasuk indonesia. Sebagai motor global tentu saja matic ini tak main-main dalam hal performa serta kualitasnya dan sudah teruji sebagai kendaraan roda dua yang mumpuni.

Maxi scooter ini pertama kali muncul perdana saat ditampilkan di gelaran EICMA Show 2013 silam. Dan menjadi pesaing bagi beberapa motor matic yang ada di pasar otomotif dunia, seperti dengan Sym Maxsym 400i, Yamaha Xmax 400, Piaggio X10 350 ie dan Suzuki Burgman 400. Untuk lebih lengkapnya tentang maxi scooter buatan taiwan ini , silahkan simak spesifikasi dan harga Kymco Xciting 400i berikut ini.

Desain

Kymco Xciting 400i sejatinya memanglah buatan pabrikan Taiwan, tapi meski demikian dalam segi desain, matic satu ini tak kalah dengan matic buatan jepang ataupun dari pabrikan asal eropa. Apalagi memang statusnya itu produk global yang tentu saja harus sesuai dengan standar dan punya kualitas yang tinggi. Sekilas wujudnya mirip dengan Kawasaki J125 dan J300.

Harga Kymco Xciting 400i
Kymco Xciting 400i

Matic ini memang punya bodi yang besar namun untuk tampilan benar-benar sporty , elegan dan kaya dengan cita rasa eropa. Tubuhnya padat sekali dan banyak guratan dan lekukan, futuristik dan elegan itulah kata yang mungkin bisa menggambarkan sosok maxi scooter Kymco Xciting 400i ini. Andai matic ini disandingkan dengan matic kelas eropa tentu tak akan kalah.

Wajah Kymco Xciting 400i tampak tajam, apalagi dengan adanya lampu ganda yang mirip dengan mata elang. Sektor penerangannya memakai Lampu LED DRL dengan lampu sein yang sudah terpisah agak kebawah. Terpasang juga visor dengan ukuran besar yang tebal dan bergaya sporty serta bisa disetel sesuai kebutuhan.

Ergonomi maxi scooter Kymco Xciting 400i nyaman dan tegak. Stang kemudi, pijakan kaki serta jok punya jarak yang tidak terlalu jauh sehingga pengendara tidak cepat pegal. Joknya sendiri terpisah antara pengemudi dan pembonceng. Untuk pengemudi lebih kebawah dengan adanya sebuah sandaran. Bagian buritan memiliki desain yang meruncing dan tajam dengan stoplamp penuh warna dengan tambahan lampu LED.

Spesifikasi Kymco Xciting 400i
Kymco Xciting 400i

Untuk dimensinya sendiri, Kymco Xciting 400i memiliki P x L x T masing-masing 2220 mm x 795 mm x 1285 mm. Lebar dan besar kan? dan memang layak disebut sebagai maxi scooter. Karena posturnya yang besar jarak sumbu antar kedua roda 1565 mm untuk memudahkan dalam berbelok dan bermanuver.

Kapasitas tangki bahan bakarnya lumayan banyak yakni 12,5 liter, sehingga jika kondisi full bisa menempuh jarak yang cukup jauh. Tinggi jok sesuai dengan standart orang eropa yakni 810 mm, namun orang indonesia masih bisa kok mengendarai Kymco Xciting ini. Untuk beratnya sendiri 193 kg.

Performa Mesin

Punya tubuh yang besar, tentu saja harus di imbangi dengan tenaga yang besar pula. Kymco Xciting 400i dibekali dengan mesin 1 silinder berkapasitas 399 cc. Mesin tersebut menggunakan teknologi SOHC ( Single Over Head Camshaft ) dengan sistem pendinginan cairan / liquid cooled. Perbandingan kompresinya 10,8 : 1 dengan bahan bakar minimal yang harus digunakan adalah beroktan 92 atau setara dengan pertamax jika di indonesia.

Untuk distribusi tenaga yang dihasilkan, matic Kymco Xciting 400i menggunakan smooth shifthing transmisi CVT otomatis yang dikenal sangat halus dan lembut serta membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit. Power maksimal maxi scooter ini diatas kertas mencapai 36 PS / 7000 rpm dengan torsi puncak mencapai 37 Nm / 6000 rpm. Dalam sebuah test ride yang dilakukan, maxi scooter ini bisa berlari hingga kecepatan maksimal / top speed 192 km/jam.

Untuk menekan pemakaian bahan bakar yang berlebihan, maxi scooter Kymco Xciting 400i mengandalkan teknologi Fuel Injection ( FI ) serta ditunjang juga dengan sistem pembuangan yang canggih dan ramah lingkungan. Untuk konsumsi bahan bakar motor buatan pabrikan asal taiwan ini ada di 27 km/liter.

Suspensi dan kaki kaki

Kymco Xciting 400i memiliki ukuran bodi yang lumayan besar. Untuk memberikan kenyamanan saat digunakan, suspensi tipe teleskopik terpasang di bagian depan serta suspensi double shock di bagian belakang. Untuk suspensi belakangnya sendiri bisa diatur kenyamanannya hingga 5 settingan sesuai kebutuhan.

Di bagian kaki, maxi scooter ini menggunakan cast wheel yang dibungkus dengan ban tubeless. Untuk ban yang depan menggunakan ban ukuran 120/70 - 15, sedangkan ban belakang ukurannya itu 150/70 - 14. Sebagai keamanan, Kymco Xciting 400i menggunakan rem cakram di kedua rodanya.

Review Kymco Xciting 400i
Kymco Xciting 400i

Bagian depan pakainya double cakram dengan diameter 280 mm, sedangkan yang belakang pakainya cakram tunggal dengan diameter yang lebih kecil yakni 240 mm. Untuk kemaksimalan pengereman motor big scooter ini juga dilengkapi dengan teknologi ABS dari Bosh.

Fitur unggulan

Hadir sebagai motor big scooter serta berstatus motor global, Kymco Xciting 400i menawarkan berbagai perangkat dan fitur unggulan kelas dunia. Diantaranya adalah adanya bagasi ekstra luas di bawah tempat duduk. Kapasitas bagasinya mencapai 42,7 liter dan sanggup menampung barang bawaan misalkan jaket, sarung tangan bahkan sampai helm. Ada pula kotak untuk menyimpan barang keperluan di dashboard.

Kemudian ada juga soket 12 V yang letaknya berada di bagian perisai kakinya yang berguna untuk mencharger handphone atau gadget selama perjalanan. Ada pula pijakan kaki pembonceng yang bisa dilipat kedalam saat tidak diperlukan. Lampu LED DRL ( Daytime Running Lights ) di bagian depan serta Stoplamp LED di belakang.

Fitur Kymco Xciting 400i
Kymco Xciting 400i
Sumber gambar : smartmotor.co.id

Selanjutnya, motor ini memiliki fitur park off, panel isntrumen khas Kymco dengan indikator kombinasi analog dan digital yang cukup lengkap meliputi speedometer, tachometer, odometer, trip meter multi fungsi dengan bahan bakar serta pengukur temperatur ( suhu ).

Knalpot stylish dengan cover warna perak. Kemudian Pengereman handal, dimana ada cakram ganda di depan dengan ukuran 280 mm dan cakram tunggal dibelakang ukuran 240 mm serta menerapkan teknologi Anti-lock Braking System ( ABS ) besutan BOSCH.

Spesifikasi Kymco Xciting 400i:

  1. DIMENSI
  • Panjang x lebar x tinggi : 2220 mm x 795 mm x 1285 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda adalah : 1565 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 140 mm.
  • Tinggi jok motor 810 mm.
  • Berat bersih 193 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar 12,5 liter. 
  • Jenis bahan bakar : bensin, oktan 92
      2. RANGKA
  • Suspensi depan menggunakan teleskopik
  • Suspensi belakang memakai Double swing with 5 steps preload adjustment
  • Rem depan cakram ganda berdiameter 280 mm.
  • Rem belakang pakai cakram tunggal berdiameter 240 mm.
  • Ban depan pakai ban tubeless ukuran 120/70 - 15
  • Ban belakang pakai ban tubelss ukuran 150/70 - 14
  • Material ban:  Nilon
      3. MESIN
  • Tipe mesin 4 Langkah, SOHC, Fuel Injection
  • Kapasitas silinder 399cc
  • Jumlah silinder : tunggal
  • Sistem pendingin : pendingin cairan ( liquid cooled )
  • Perbandingan rasio kompresi 10,8 : 1
  • Tenaga maksimal mencapai 36 PS / 7000 rpm.
  • Torsi maksimal mencapai 37 Nm / 6000 rpm.
  • Kapasitas oli mesin 1,5 liter.
  • Kapasitas oli transmisi / tipe : 0, 23 liter
  • Sistem starter : Electric starter
  • Transmisi CVT otomatis
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian : ECU Ignition

Harga Kymco Xciting 400i 2023:

  • Harga Baru                                -  Rp. 108.000.000 ( perkiraan )
  • Harga Bekas                              -  Rp.

Demikian informasi singkat mengenai spesifikasi dan harga Kymco Xciting 400i terbaru di indonesia saat ini. Maxi scooter ini bisa dijadikan sebagai kendaraan harian untuk kita pergi ke berbagai tempat yang kita sukai. Untuk harganya sendiri memang cukup mahal mengingat motor matic ini tidak diproduksi ditanah air.

Namun kabarnya, Kymco melalui PT SMI bakalan membuat pabrik di indonesia untuk merakit di motor-motor kymco termasuk Kymco Xciting 400i di tanah air. Atau istilah kerennya adalah CKD ( Completely Knock Down ). Nah dalam hal ini bisa dikatakan sebagai kabar yang menggembirakan karena ada kemungkinan komponen lokal juga bakal mengisi setiap kendaraan roda dua Kymco. Dan hasilnya harganya tentu bisa sedikit dipangkas jadi lebih murah dan terjangkau.

Ya strategi yang dilakukan oleh PT SMI ini kurang lebihnya hampir sama dengan yang digunakan oleh KTM yang beberapa waktu banyak dibicarakan karena mengebrak pasar tanah air dengan harga jual produknya yang banyak turun ( dipangkas ) hingga beberapa persen. Itulah informasi tentang maxi scooter Kymco Xciting 400i dari motorcomcom. Baca juga artikel lainnya seperti: