Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Suzuki V Strom 1000 Terbaru 2023

Harga Suzuki V Strom 1000 - Banyaknya minat para rider yang tak hanya suka berkendara di jalan mulus seperti perkotaan tapi juga di jalan kasar seperti tanah dan bebatuan membuat para pabrikan sepeda motor berlomba untuk membuat motor yang cocok untuk hal tersebut. Dan terciptalah motor petualang / adventure. Nah diantara banyak pabrikan, pabrikan suzuki adalah satu diantaranya.

Pabrikan suzuki telah berhasil menciptakan motor tipe adventure yang mana mereka namakan V Stroom. V Stroom ini sudah sangat terkenal di dunia dan performanya pun telah diakui serta sudah banyak yang menjadikan motor ini sebagai kendaraan pribadi mereka. Dalam keluarga V strom ada yang paling hebat dibandingkan anggota lainnya yakni V Strom 1000.

Sedikit informasi untuk kalian, dilansir dari wikipedia, V Strom 1000 atau dikenal juga dengan DL1000 merupakan sepeda motor adventure suzuki yang pertama kali diperkenalkan tahun 2002. Dan mulai dijual di kawasan eropa tahun 2009 silam . Motor dual sport ini merupakan kakak dari V Strom 650 yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil.

Desain

Suzuki V Strom memiliki desain yang sporty dan menggambarkan kendaraan petualang sejati.. Ukuran tubuhnya terbilang panjang sekali yakni mencapai 2 meter lebih, tepatnya sih 2285 mm. Lebarnya 865 mm dan juga tingginya 1140 mm.

Tinggi tempat duduk Suzuki V Strom 1000 sendiri adalah 850 mm. Tinggi juga memang, tapi ya ini sudah standarnya mengingat memang aslinya motor seperti ini distandarkan untuk ukuran postur orang luar negeri yang kebanyakan tinggi tinggi.  Lalu jarak terendah ke tanah 165 mm cukup untuk menghindari resiko terkena material atau batu saat berkendara di alam bebas.

Penerangan V stroom 1000 menggunakan single headlamp halogen dengan desain yang mengadopsi lampu Suzuki Hayabusa serta Klan GSX-R Supersport.  Kemudian dibagian bawahnya terdapat semacam paruh burung dengan kisi udara, lalu hiasan terakhir terdapat mahkota berupa wind screen cukup besar dan tinggi.

Harga Suzuki V Strom 1000
Suzuki V Strom 1000
Untuk mengendalikan motor Suzuki V Strom 1000 ini, ada stang fatbar dengan ukuran cukup panjang yang memungkinkan pengendara lebih santai saat berkendara. Tangki bahan bakarnya panjang dengan bentuk muscular dan padat yang kapasitasnya bisa menampung 20 liter bahan bakar. Jok nya tipe split seat dengan busa padat dan empuk. Ergonomi nyaman dengan posisi pengendara yang tegak, tak mudah pegal saat berkendara.

Dibagian belakang terdapat pegangan untuk pembonceng dan ini bisa juga untuk mengikat barang bawaan selama melakukan perjalanan serta untuk penempatan aksesoris box ( kotak penyimpanan ).  Dibawah jok da juga semacam pengaitlah yang juga dimaksudkan untuk meletakkan aksesoris kotak penyimpanan yang sering dibutuhkan saat melakukan perjalanan jauh (touring) atau menjelajah di alam bebas. Spakbor belakang cukup sporty dengan stop lamp yang sudah pakai LED.

Mesin

Beralih ke bagian dapur pacu, Mesin yang dipakai oleh V-Strom 1000 keluaran tahun 2016 sebenarnya telah mengalami beberapa pembenahan lho dibandingkan sama engine dari generasi sebelumnya. Model 2016 ini menggunakan mesin berkubikasi besar yakni 1037cc, 2 silinder, DOHC, 90 degree V-twin dengan sistem pendinginan yang digunakan adalah cairan (liquid cooled).

Dengan bore x stroke : 100 mm x 66 mm dan perbandingan rasio kompresi 11,3 : 1 serta punya transmisi 6 kecepatan. Mesin berkapasitas besar ini tentunya sangat cocok sekali mengingat motor adventure Suzuki V Strom 1000 ini tujuannya memanglah untuk melaju di berbagai kondisi medan baik itu yang mendukung ataupun tidak.

Jika kalian menggunakan Suzuki V Strom 1000 ini, kalian tak perlu khawatir mesin mengalami kepanasan berlebih ( over heat ), seperti diatas tadi dijelaskan mesinnya itu memakai pendinginan cairan. Tapi yang menarik adalah kapasitas cairannya itu lebih besar dibandingkan model sebelumnya, ini karena pendinginan minyak yang dulu ada kini sudah dihilangkan.

Harga Suzuki V Strom 1000
Suzuki V Strom 1000

Mesin Suzuki V Strom 1000 memakai piston terbaru yang diciptakan dengan analisis FEM, ring piston baru yang lebih tipis dan 15% berkurang kerapatannya untuk gesekan yang lebih rendah. Tak lupa juga plat silindernya berteknologikan SCEM ( Suzuki Composite Electrochemical Material ), mengurangi gesekan serta lebih tahan panas.

Teknologi Fuel Injection Suzuki Dual Throttle Valve ( SDTV ) dengan 10 lubang injektor juga terpasang di mesin Suzuki V Strom 1000 yang mana berpengaruh besar pada pengiriman power yang lebih merata dan pembakaran yang lebih optimal. Teknologi Fuel injection ini juga berpadu dengan Idle Speed Control ( ISC ) yang berkontribusi besar pada kemudahan dalam menghidupkan mesin saat kondisi dingin serta berkontribusi emisi yang lebih rendah.

Chasis

V Strom 1000 dibangun dengan chassis yang telah dirancang begitu baik dan sedemikian rupa oleh Suzuki guna performa optimal disegala kondisi medan jalan. Main frame dan sub frame telah didesain ulang dengan rigid balace yang lebih baik untuk handling serta kestabilan yang lebih mumpuni.

V-Strom 1000 menggunakan Suspensi depan Inverted Fork ( Upside Down ) 43 mm dari Kayaba untuk berkendara yang sporty nan mewah. Kemudian untuk suspensi belakangnya menggunakan monoshock yang bisa diadjust sesuai kebutuhan. Membantu berkendara mulus dan nyaman bahkan dengan penumpang ataupun bagasi dengan kondisi penuh.

Untuk rasa aman dalam berkendara V Strom 1000 dilengkapi dengan cakram ganda 4 kaliper piston 310 mm dari Tokico di depan dan cakram tunggal 1 kaliper piston 260 mm dari pabrikan Nissin di sektor belakang. Yang mana melekat pada velg Enkei 10 jari yang membungkus ban depan berukuran 110/80R19M/C 59V (tubeless) dan ban belakang berukuran 150/70R17M/C 69V (tubeless).

Fitur Unggulan

Sebagai motor adventure tertinggi milik suzuki saat ini apa saja ya fitur unggulan yang dimiliki oleh V-strom 1000 ini dibandingkan sama rival-rivalnya? seperti sebut saja ducati multistrada 1200, kawasaki verys 1000 dan juga ktm 1190? baiklah fitur unggulan V strom 1000 ini di mulai dari adanya lampu depan yang mirip dengan miliknya hayabusa dan klan GSX-R, lampu belakang LED untuk pencahayaan yang lebih baik serta ada wind screen yang bisa diatur hingga 9 pengaturan.

Lalu ada fitur 3 mode ( 1, 2 dan off ). Dengan ini pengendara bisa memilih sensasi berkendara yang disukai. Mode 1 dan 2 berbeda dalam hal sensitivitasnya. Mode 1 lebih rendah sensitivitasnya, sedangkan mode 2 lebih tinggi sensitivitasnya. Ada Suzuki Cluth Assist System ( SCAS ) untuk perpindahan gigi yang lebih smooth dan lancar.

Lalu ada pula "Suzuki Traction Control System". Sistem ini secara continyu memonitor kecepatan roda depan dan belakang, sensor posisi throttle, crank, serta posisi gear. Sistem ini dengan cepat mengurangi power yang dikeluarkan mesin saat ban terdeteksi mengalami spin. STCS mengurangi power dengan cara memanage waktu pengapian dan pendistribusian udara setiap 4 mili detik.

Suzuki V Strom 1000
Sumber gambar : ( www.suzukicycles.com )

Kemudian di Suzuki V Strom 1000 ada mesin V-Twin 1037cc yang tangguh untuk dipakai menjelajahi jalan perkotaan ataupun jalan off road seperti di hutan maupun pegunungan. Ada juga Instrumen modern kombinasi antara tachometer analog dan speedometer LCD dengan kecerahan yang bisa disesuaikan. LCD sendiri menampilkan odometer, dual trip meter, posisi gear, pendingin dan suhu, tegangan, kisaran berkendara, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar seketika, traction control mode, indikator bahan bakar dan jam.

Di bawah panel instrumen milik Suzuki V Strom 1000 terdapat pula outlet A 12V DC ( colokan ) yang berfungsi untuk mencharger gadget maupun ponsel saat berkendara. Terus ada jok empuk dengan ketinggian yang lebih rendah dari model sebelumnya jadi penendara lebih mudah menaikinya. Lalu yang terakhir ada sistem pengereman dengan teknologi ABS ( Anti lock Braking System ) canggih yang mana bisa memonitor putaran roda sebanyak 50x per rotasi roda.

Spesifikasi Suzuki V Strom 1000 :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2285 mm.
  • Lebar keseluruhan 865 mm.
  • Tinggi mencapai 1410 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda 1555 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 165 mm.
  • Tinggi jok / tempat duduk 850 mm.
  • Berat kering 228 kg.
  • Kapasitas bahan bakar mencapai 20 liter.
      2. RANGKA
  • Suspensi depan memakai  43 mm Kayaba Inverted Fully Adjustable Front Forks.
  • Suspensi belakang pakai monoschok link type, Adjustable Spring Preload.
  • Rem depan pakai cakram ganda 4 piston monobloc caliper 310 mm + ABS dari Tokico.
  • Rem belakang cakram tunggal 1 piston caliper 260 mm + ABS dari Nissin.
  • Ban depan berukuran 110/80R19M/C 59V (tubeless).
  • Ban belakang berukuran 150/70R17M/C 69V (tubeless).
  • Kapasitas tangki bahan bakar 20 liter.
      3. MESIN
  • Diplacement 1037 cc.
  • Tipe 4 Tak, 2 Silinder, DOHC , 90 degree V-twin , berpendingin cairan (liquid cooled).
  • Bore x stroke : 100 mm x 66 mm.
  • Perbandingan rasio kompresi 11,3 : 1.
  • Transmisi 6 kecepatan, constant mesh.

Harga Suzuki V Strom 1000 2023:

  • Harga Baru  $ 12,699 atau jika dirupiahkan sekitar 166 juta rupiah.
Demikian artikel tentang harga suzuki v strom 1000 dan juga ada spesifikasinya pula. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke motorcomcom.blogspot.com.