Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga KTM Duke 250 Terbaru 2023

Harga KTM Duke 250 - Setelah world premierenya berlangsung di negara jepang, sepeda motor KTM Duke akhirnya sampai juga ke tanah air. Bersama dengan saudaranya yang turut di perkenalkan yakni KTM RC 250, motor sport ini resmi mengaspal di indonesia di tahun 2015 silam. Dimana gelaran otomotif IIMS atau Indonesia International Motor Show 2015 sebagai panggung perhelatannya.

Berbeda dengan saudaranya, KTM Duke 250 ini lebih menyasar ke pasar motor streetfighter tanah air. Menjadi pilihan terbaru di kelas 250cc bagi para pecinta otomotif indonesia, motor sport ini menawarkan sensasi berkendara yang baru dengan cita rasa sepeda motor standar eropa. Memiliki kualitas serta performa yang sudah diakui dunia.

KTM Duke 250 memiliki tingkat pengendalian yang lebih mudah dan ringan tak seperti KTM RC250. Hal ini karena motor sport ini tak menggunakan fairing. Beda bobot antara keduanya bahkan mencapai 8 kilogram.

Selain dari segi pengendalian, motor sport KTM Duke 250 ini juga lebih baik kalau bicara soal kenyamanannya. Sektor ergonominya lebih nyaman dan menyenangkan karena cenderung membuat pengendara tegak saat berkendara. Beda sama RC 250 yang cenderung menundung layaknya balapan. Baiklah langsung saja berikut Spesifikasi dan Harga KTM Duke 250 terbaru untuk kalian.

Desain

Dari segi desain, KTM Duke 250 ini jelas sporty. Bagi teman-teman yang mungkin pernah melihat KTM Duke 390, pastinya kalian akan sedikit heran saat melihat Duke 250 karena penampilannya cenderung mirip sama motor dikelas 390cc tersebut. Bahkan jika tidak jeli kalian akan bingung kesulitan untuk membedakan kedua motor sport ini.

Tampilan yang mirip ini bukannya para desainer KTM tak bisa mendesain, tapi sebenarnya hal ini memang sengaja dilakukan oleh Pabrikan yang bermarkas di Austria tersebut dengan alasan yang sederhana saja yakni supaya para user sepeda motor KTM tidak merasa kurang dalam sensasi berkendara dengan performa yang dimiliki motor-motor KTM. Namun rasanya ini bisa dikatakn sebagai kelemahan deh, soalnya rasanya jadi kurang kreatif.

Di bagian depan, KTM Duke 250 dibekali dengan headlamp besar dengan lampu Halogen sebagai penerangan. Diatasnya ada panel instrumen digital dan disamping kanan & kiri ada lampu sein dengan bentuk mini. Spakbor depan sporty dan unik khas dari KTM. Ada pelek 10 jari dengan warna kuning serta rem cakram besutan Bybre yang melekat di ban tubeless. Dan ini juga tampak juga di kaki bagian belakang.

KTM Duke 250 memiliki tangki proporsional yang bisa menampung bahan bakar 11 liter. Tangkinya juga memiliki lekukan yang pas di lutut. Dan jika dikombinasikan dengan jok split seatnya menciptakan ergonomi yang tegak dan nyaman, tak mudah membuat pengendara cepat pegal. Ditambah dengan tinggi jok yang hanya 800 menjadi motor sport ini mudah digapai.

Rangka teralis begitu kentara membungkus engine serta ada undercowl sporty nan tajam dibawah untuk melindungi dari material kasar. Knalpot pendek di bawah engine membuat KTM Duke 250 bak motor moge.  Disektor belakang ada spakbor panjang dengan stoplamp LED.

KTM Duke 250 punya ukuran dimensi panjang 2029 mm, Lebar 836 mm dan tinggi mencapai 1267 mm. Memiliki jarak terendah ke tanah 170 mm sehingga lebih aman apalagi dari gangguan di jalan macam polisi tidur bahkan juga banjir. Lalu juga punya sudut kemudi 65 derajat + wheel base membuat motor ini punya handling yang baik dan gesit saat berbelok.
Harga KTM Duke 250
KTM Duke 250
Rangka dan Suspensi

KTM Duke 250 di rakit dan dibangun dengan rangka model teralis ( steel trellis frame ) ringan nan kuat yang mana diciptakan melalui proses powder coated. Rangka ini dirancang secara khusus untuk menunjang performa serta kestabilan dari motor 139 kg ini saat digunakan dijalanan.

Kemudian rangkanya sendiri dilebur dengan cat berwarna orange mencolok khas KTM. Tak cuman biar indah dan good looking saja, tapi warna tersebut juga secara tidak langsung menunjukkan aura streetfighter yang ada di KTM Duke 250 ini. Apalagi memang motor ini tak memakai fairing, jadi saat menatap ini motor, langsung jelas banget rangkanya.

Tak cuma rangka yang mumpuni, KTM Duke 250 juga dibekali dengan suspensi serta kaki-kaki yang juga ok punya. Di sektor depan, saudara dari KTM RC250 ini menggunakan suspensi WP Upside Down dengan diameter 43 mm yang punya kestabilan serta presisi yang tinggi. Dan menariknya suspensi tersebut punya kesamaan dengan milik KTM RC8 R.

Lalu untuk sektor belakang KTM Duke 250, ada suspensi WP Shock Absorber dengan peredaman serta kestabilan  tinggi yang tertegrasi dengan die-cast swingarm rigid nan ringan yang serupa dengan KTM Duke 650.

Lanjut ke kaki-kakinya, KTM Duke 250 menggunakan ukuran pelek 3,00 x 17" di depan dan 4,00 x 17 di belakang yang kesemuanya dicat dengan fnishing warna orange. Kemudian untuk bannya, motor sport ini menggunakan ban depan ukuran 110/70ZR - 17 dan ban belakang ukuran 150/60ZR - 17. Bannya sendiri punya cengkeraman yang cukup mantap baik saat kondisi medan basah ataupun kering serta punya durability tinggi sehingga lebih awet.

Untuk sektor pengeremannya, kuda besi ini bisa dikatakan termasuk mumpuni sekali untuk kelasnya. KTM Duke 250 ini memakai cakram tunggal 4 kaliper piston 300 mm dari Bybre (By Brembo ) di depan serta cakram tunggal 1 kaliper piston 230 mm di belakang yang juga dari Bybre (By Brembo ). Dan kedua rem cakram tersebut sudah terhubung dengan teknologi ABS besutan Bosch.
Harga KTM Duke 250
KTM Duke 250
Performa Mesin

Lanjut ke sektor dapur pacu alias mesin, KTM Duke 250 memakai spesifikasi mesin yang sama dengan saudaranya KTM RC250. Motor sport ini menggunakan mesin dengan kapasitas 248,8 cc, DOHC, 4 Stroke, 4 Katup dengan sistem pendinginan cairan. Menggunakan bore dan stroke dengan ukuran masing-masing 72 mm x 61,1 mm, mampu membuat mesin ini menghasilkan power dan torsi yang cukup powerfull.

Dengan Engine Management System besutan Bosch, diatas kertas KTM Duke 250 ini memiliki power maksimum sebesar 23 KW (31.3 HP) / 9000 rpm serta torsi maksimum 24 Nm / 7, 250 rpm. Dengan transmisi 6 kecepatan yang berpadu dengan kopling berteknologi PASC™ antihopping ( mirip slipper clucth ) membuat motor sport ini punya akselerasi yang cukup tinggi yakni dari 0 - 60 km butuh waktu 3,5 detik. Dan kuda besi ini bisa dipacu hingga top speed atau kecepatan maksimal diangka 180 km/jam.

Tak hanya punya performa yang bagus, KTM Duke 250 ini juga terbilang cukup hemat dalam pemakaian bahan bakar. Motorsport  dengan kapasitas penampungan bahan bakar sebanyak 11 liter ini bisa demikian karena mengusung teknlogi  injeksi canggih dengan sistem elektronik dari Bosch. Oh ya, motor sport ini juga punya emisi yang bersih dan juga ramah lingkungan mengingat knalpotnya memakai catalyc converter.

Harga KTM Duke 250
KTM Duke 250
Sumber gambar : KTM

Fitur Unggulan

Beranjak ke fitur unggulan alias kelebihan yang dimiliki motor streetfighter KTM Duke 250 ini. Mengingat statusnya sebagai sepeda motor global maka saudara dari KTM RC 250 punya fitur yang tak kalah mumpuni dengan motor sekelasnya.

Diantaranya motor ini punya tampilan mirip dengan KTM Duke tipe atasnya contohnya saja Duke 390. Nah dengan harga yang lebih murah kita itu bisa dapat motor yang sosoknya hampir serupa dengan varian yang lebih tinggi.

Kemudian ada juga panel instrumen Digital yang modern nan canggih. Menggunakan background warna orange yang ditampilkan diantaranya ada speedometer, tachometer, trip meter, odometer, indikator gear, jam,  indikator bahan bakar dan indikator temperatur mesin.

Kemudian ada suspensi Upside Down di depan, ada cakram Bybre besutan pabrikan besar Brembo, Lampu belakang tipe LED kemudian ada juga teknologi canggih ABS dari pabrikan Bosch.

Kompetitor

Melakukan petualangan di kelas 250cc, mau tak mau KTM Duke 250 harus bersaing dengan sepeda motor lain yang juga dikelas yang sama. Kompetitor dari motor sport ini diantaranya adalah dengan Kawasaki Z250, Kawasaki Z250SL, Yamaha MT 25 serta Benelli TNT 25.

Spesifikasi KTM Duke 250:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2029 mm.
  • Lebar 836 mm.
  • Tinggi mencapai 1267 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 170 mm.
  • Tinggi tempat duduk nya 800 mm.
  • Berat kering 139 kg.
  • Jarak sumbu antar kedua roda  ( wheelbase) 1340 _+ 15 mm.
  • Kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 11 liter.
  • Sudut kemudi 65 derajat.
      2. RANGKA
  • Desain rangka, Steel Trellis Frame, powder coated.
  • Suspensi depan memakai WP Upside Down berdiameter 43 mm, travel 150 mm.
  • Suspensi belakang Shock Absorber, travel 150 mm.
  • Rem depan cakram tunggal 4 piston kaliber berdiameter 300 mm Bybre (By Brembo)
  • Rem belakang cakram tunggal 1 piston kaliber berdiameter 230 mm Bybre (By Brembo)
  • Teknologi ABS : Bosch 9MB two-channel ABS.
  • Ukuran roda depan 3,00 x 17".
  • Ukuran roda belakang 4,00 x 17".
  • Ukuran ban depan 110/70ZR - 17.
  • Ukuran ban belakang 150/60ZR - 17.
  • Material knalpot : stainless steel.
      3. MESIN
  • Tipe mesin DOHC, 4 Stroke, 4 Katup 1 Silinder. Liquid Cooled
  • Jumlah kapasitas mesin 248,8 cc.
  • Ukuran bore x stroke : 72 mm x 61,1 mm.
  • Power maksimum 23 KW (31.3 HP) / 9000 rpm.
  • Torsi maksimum 24 Nm / 7, 250 rpm.
  • Perbandingan rasio kompresi 12 : 1.
  • Starter : Electric Starter.
  • Transmisi 6 kecepatan.
  • Primary drive 30 : 80.
  • Secondary gear ratio : 15 : 45.
  • Sistem pelumasan : pelumasan minyak dengan 2 pompa
  • Sistem bahan bakar injeksi elektronik dari Bosch.
  • Sistem manajemen mesin : Bosch EMS.
  • Tipe kopling : PASC™ antihopping clutch, mechanically operated.

Harga KTM Duke 250 2023:

  1. Harga KTM Duke 250 Baru
  • Harga KTM Duke 250 Baru                                              Rp. 44.000.000
      2. Harga KTM Duke 250 Bekas
  • Harga KTM Duke 250 Bekas                                            Rp.   -

Demikian informasi singkat mengenai KTM Duke 250, baik untuk spesifikasi dan juga harganya di pasar indonesia. Jika kalian berminat sama motor ini langsung saja meminangnya di dealer KTM terdekat di kota kalian. Meski kalian dari Jakarta, Bali, Surabaya, Bandung, Jogja serta kota lainnya masih bisa membeli motor ini kok. Apalagi memang ada layanan online dari KTM.

Semoga artikel KTM Duke 250 kali ini bisa membantu kalian dalam menambah informasi seputar dunia otomotif roda dua. Yang terakhir, jangan lewatkan artikel menarik lainnya juga di motorcomcom seperti diantaranya mengenai :