Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha MT 09 Tracer Terbaru 2023

Harga Yamaha MT 09 Tracer - Tahukah kalian jika Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kedatangan anak asuh baru. Dan istimewanya si dianya memiliki status CBU alias Completely Build UP langsung dari Jepang. Siapakah dia? ya inilah motor terbaru MT 09 Tracer yang kemarin, pada hari jumat tanggal 8 april 2016 baru saja diluncurkan digelaran akbar otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan di jakarta.

Tapi dari namanya rasanya ada yang tidak asing? MT 09? bukannya itu motor streetfighter yang sudah lama diluncurkan dan sudah ada di indonesia ya? Ya hal itu memang benar, tak salah jika kalian semua berpikiran seperti itu. Tapi yang baru saja mengaspal ke tanah air ini benar-benar produk baru. Dan kenapa ada embel-embel nama MT 09 pada namanya, itu karena motor ini memang tercipta dengan basis motor tersebut namun beda genre yakni lebih ke Sporty Multi-use Bike yang cocok buat touring.

Kemudian yang perlu kalian semua ketahui, MT 09 Tracer pertama kali diperkenalkan di dunia tahun 2015 yang lalu, namun yang kali ini didatangkan ke indonesia adalah model tahun 2016. Jadi ya motor ini memang hadir dalam kondisi yang benar-benar baru serta berbekal teknologi teranyar dari pabrikan Yamaha. Selang 1 tahun perjalanannya di dunia otomotif, motor ini telah mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat dunia. Di eropa sendiri, kabarnya MT 09 Tracer ini termasuk big bike yang populer dan sangat diminati disana. Hmmm...hebat juga ya si kuda besi ini?.

Kemudian, di indonesia sendiri, MT 09 Tracer ini ditujukan bagi orang-orang yang memang sukanya pergi jalan-jalan alias touring. Jadi kalau kalian mengaku sebagai orang yang hobi touring, tak ada salahnya jika kalian memasukkan motor ini dalam list sebagai teman touring pilihan. Apalagi ya, kuda besi ini memang hadir dengan performance serta handling yang mumpuni yang memberikan kenyamanan saat berkendara.

Wujud Yamaha MT-09 Tracer ini memang sangat sporty dan kental sekali lah dengan nuansa motor yang kerap dipakai untuk touring. Namun mengingat asal muasalnya dari MT 09, jadi ya memang sosok dari streetfighter tersebut tetap bisa terpancar dari Tracer ini. Contohnya saja dari model knalpot, swingarm dan lain-lain.

Ok, untuk indonesia sendiri, motor ini dihadirkan dengan 3 pilihan warna menarik kawan yakni Lava Red (merah), Mistral Grey (abu-abu) dan terakhir Race Blue (biru). Dan kemungkinan motor ini akan bersaing sama versys 650 atau 1000 milik Kawasaki serta V Strom 650 milik Suzuki.
Harga Yamaha MT-09 Tracer
Yamaha MT-09 Tracer Lava Red

Harga Yamaha MT-09 Tracer
Yamaha MT-09 Tracer Mistral Grey

Yamaha MT-09 Tracer
Yamaha MT-09 Tracer Race Blue
Sumber gambar : http://www.yamaha-motor.eu/uk/products/motorcycles/mt/mt-09-tracer.aspx

Berbasis Yamaha MT 09, MT 09 Tracer tak serta merta cuma mengandalkan fitur-fitur yang tertanam pada motor street fighter Yamaha tersebut. Motor touring ini juga hadir dengan beragam fitur ataupun kelebihan tersendiri. Dan hal ini tentu saja untuk membedakannya dengan motor-motor touring lainnya yang sudah ada dipasaran. Apa sajakah itu? inilah diantaranya.

Dual Headlamp LED + Windscreen Adjustable

Baiklah, pertama Yamaha MT 09 Tracer ini hadir dengan dual headlamp alias 2 buah lampu ganda tipe LED sebagai penerangan. Beda sekali sama MT 09 yang pakainya cuma 1 headlamp saja. Terus bicara soal bentuknya, bentuknya menarik dan agak mirip sama punyanya Yamaha MT 10, ya walaupun lebih keren milik master of torque tersebut sih.

Kemudian, bukan motor touring namanya kalau tidak punya apa itu yang namanya windscreen alias kaca pelindung. Bentuknya sih biasa saja, namun windscreen ini punya kemampuan "adjustable" sehingga bisa diatur tinggi rendahnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk jarak pengaturannya sekitar 30 mm.

Mesin CP3 (Crossplane Concept)


Yamaha MT 09 Tracer memakai basis mesin CP3 (Crossplane Concept) yang hampir serupa dengan milik MT 09. Namun tentunya dengan sedikit perubahan untuk menunjang sensasi yang pas sebagai motor touring. Mesinnya 3 silinder berkapasitas 847cm3, DOHC, 4 Stroke dengan sistem pendinginan cairan (liquid Cooled).

Mesin tersebut telah menerapkan teknologi Forged Piston & Offset Cylinders. Serta di sempurnakan dengan adanya teknologi canggih Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT) dan Traction Control System (TCS). Power yang dihasilkan mencapai 84,6 kW (115PS) / 10000 rpm dengan torsi maksimum 87,5 Nm (8.9 kg-m) / 8500 rpm.

Sebagai motor touring, MT 09 Tracer ini punya performa yang termasuk mumpuni dikelasnya. Dengan transmisi 6 kecepatan manual, motor ini bisa diajak berlari hingga top speed atau kecepatan maksimal dikisaran 229 km/jam.

Untuk keiritan dalam bahan bakar tentu menjadi pertanyaan bagi kalian mengingat ini motor touring yang kerap diajak bepergian melintasi jarak yang jauh. Nah untuk Yamaha MT 09 Tracer ini punya konsumsi bahan bakar dikisaran 4,6 liter/100 km nya. Jadi jika kondisi penuh (18 liter) bisa menempuh jarak lebih dari 300 km.

Panel Instrumen Full Digital

Untuk kenyamanan pengendara selama touring sama motor ini, MT 09 Tracer di bekali sama Yamaha dengan Panel Instrumen Canggih model full digital. Bentuk persegi panjang dan terbagi dalam 2 bagian. Bagian kanan menampilkan informasi seperti indikator gigi, indikator bahan bakar rata-rata , trip meter. Sedangkan untuk kiri ada indikator kecepatan, rpm meter, jam, indikator D mode dan indikator bahan bakar.

Dan menariknya, disebelah kiri panel instrumen ini juga tersedia fitur unik semacam lubang colokan (ada penutupnya) yang bisa buat mencharger handphone atau perangkat elektronik lainnya selama dalam perjalanan. Untuk dayanya sih sekitar 12 Volt.

Ergonomi Nyaman Khas Motor Touring

Hal penting dan wajib yang mesti ada serta dirasakan di setiap motor touring adalah ergonominya yang nyaman. Nah untuk Yamaha MT 09 Tracer ini tak perlu diragukan lagi soalnya memang mengutamakan kenyamanan.

Ketika mengendarai motor ini, posisi pengendara tegak sehingga tidak cepat pegal serta pandangan pun jauh. Semua ini bisa terjadi karena Handlebar (stang) yang digunakan lebar dan terletak lebih tinggi dengan tangki, sedangkan posisi tempat duduk berada di bawah tangki. Jarak antara jok dengan stangpun juga cukup jauh sehingga membuat tangan pengendara lurus saat berkendara.

Handlebar Adjustable

Sektor kemudi Yamaha MT 09 Tracer ditunjang dengan stang / handlebar seperti motor touring lainnya. Namun menariknya, handlebar tersebut bisa dikatakan istimewa karena ternyata bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Posisi handlebar tersebut bisa dipindahkan 1 cm kedepan, kebelakang bahkan diputar untuk menemukan sensasi yang pas. Dan di handlebar ini juga terpasang banyak tombol yang tentunya yang berguna saat berkendara.

Frame Berbasis MT 09

Yamaha MT 09 dibangun dari rangka CF- alumunium die cast yang mana berbasis pada rangka milik MT 09. Memiliki bobot yang ringan serta kelenturan yang tinggi (fleksibel) dan mampu memberikan performa handling yang mantap sebagai motor touring.

Sektor depan di isi dengan supensi teleskopik 41 mm dan belakang menggunakan monoshok. Kedua suspensi tersebut pun bisa diatur tingkat peredamannya sesuai kebutuhan sesuai dengan kondisi jalanan yang dilalui.

Seat Adjustable

Berbeda dengan saudara kandungnya MT 09 yang memiliki seat atau jok tipe single seat, Tracer menggunakan jok model double seat (antara pengemudi & pembonceng terpisah). Lalu  jok yang dipakai juga lebih tinggi sekitar 30 - 45 mm dari si streetfighter tersebut.

Tapi tak cuma itu saja, ternyata jok milik MT 09 Tracer ini juga punya keistimewaan. Tepatnya terletak pada jok pengendara/pengemudi. Jok pengendara bisa diatur ketinggiannya dari posisi minimum 845 mm hingga maksimum 860 mm.

Perangkat Elektronik Canggih

Demi upaya memberikan sensasi berkendara yang sangat nyaman bagi para penggunanya. Yamaha MT 09 Tracer dilengkapi perangkat elektronik yang canggih. Diantaranya ada Traction Control System (TCS) yang berguna untuk mengontrol seberapa besar tenaga yang disalurkan ke roda belakang guna kestabilan & kenyamanan saat berkendara.

Kemudian ada juga fitur wajib motor big bike yakni D Mode. Dengan D Mode ini pengendara bisa mengatur performa motor sesuai dengan situasi dan kondisi jalanan. Ada 3 pilihan yakni Standart (STD), A Mode dan B Mode.

Keamanan Khas Motor Touring

Yamaha MT 09 Tracer dipersenjatai dengan perangkat yang khas alias biasa ada di motor touring zaman sekarang. Yakni cakram di kedua roda serta adanya teknologi ABS. Untuk remnya sendiri di depan pakai cakram ganda 298 mm & belakang cakram tunggal 245 mm.

Tak cuma itu saja roda yang digunakan juga mumpuni yakni berukuran 120/70 ZR17M/C (58W) (tubeless) didepan dan ukuran180/55 ZR17M/C (73W) (tubeless) di belakang.

Spesifikasi Yamaha MT 09 Tracer:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan adalah 2,160 mm.
  • Lebar keseluruhan : 950 mm.
  • Tinggi mencapai 1,345 mm ( max 1,375 mm).
  • Tinggi tempat duduk adalah 845 mm ( 860 mm).
  • Jarak sumbu antar roda : 1440 mm.
  • Jarak terendah ke tanah adalah 135 mm.
  • Berat 210 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar penuh 18 liter.
  • Kapasitas oli pelumas mesin 2,40 liter ( berkala) dan 2,70 (full).
      2. FRAME
  • Dibuat dengan memakai frame CF- alumunium die cast.
  • Suspensi depan : Teleskopik forks 41 mm dan suspensi belakang Monoshock. Dan keduanya punya kemampuan pengaturan "adjustable".
  • Sudut kemudi 24 derajat.
  • Trail : 100 mm.
  • Rem depan: Cakram hidrolik ganda berdiameter 298 mm (ABS)
  • Rem belakang : Cakram hidrolik tunggal berdiameter 245 mm (ABS)
  • Ban depan berukuran 120/70 ZR17M/C (58W) (tubeless).
  • Ban belakang ukurannya 180/55 ZR17M/C (73W) (tubeless).
      3. MESIN
  • Tipe mesin : 3 Silinder, 4 Stroke, DOHC, 847cm3 dengan sistem pendinginan cairan.
  • Bore x stroke : 78 mm x 59,1 mm.
  • Perbandingan kompresi rasionya : 11,5 : 1.
  • Power maksimum mencapai : 84,6 kW (115PS) / 10000 rpm.
  • Torsi maksimum 87,5 Nm (8.9 kg-m) / 8500 rpm.
  • Sistem starter : Electric starter.
  • Sistem pelumasan : Basah.
  • Sistem pengapian : TCI.
  • Tipe transmisi : constant mesh, 6 kecepatan.
  • Final transmision : chain.

Harga Yamaha MT 09 Tracer 2023:

  • Harga Baru                               Rp. 325.000.000 (OTR JAKARTA)
  • Harga Bekas                             Rp.  -                
Yamaha MT 09 Tracer ini kabarnya dijual oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam unit / stok yang terbatas. Jadi jika kalian berminat sama motor touring ini segeralah untuk menghubungi delaer yamaha terdekat.

Baca juga artikel menarik lainnya seperti tentang: