Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha Mio Z Terbaru 2023

Harga Yamaha Mio Z - Kabar bahagia datang dari pabrikan Yamaha, karena eh karena pabrikan yang berlambang garputala tersebut telah resmi merilis produk barunya di tanah air. Dan untuk jagoan barunya kali ini hadir dalam keluarga matic yang tentu saja bakal menemani matic-matic lainnya yang sudah rilis terlebih dahulu.

Matic baru tersebut lahir dalam klan Mio Series dan menyandang nama Yamaha Mio Z serta sudah mengaplikasikan teknologi Blue Core. Matic ini sudah resmi jadi pilihan motor entry level yamaha setelah dilaunching tepat pada tanggal 30 maret 2016 kemarin bertempat di sirkuit sentul, bogor.

Dan jika kita hitung-hitung, motor Yamaha Mio Z 2016 ini menjadi motor ke-4 yang diluncurkan di indonesia sepanjang tahun 2016 ini yakni setelah Yamaha Fino 125 Blue Core, Yamaha Aerox serta motor sport Yamaha Xabre. Kemudian, kehadiran Mio Z ini tentu saja bakalan semakin memperkaya koleksi varian motor Yamaha yang berteknologikan Blue Core di tanah air.

Terlahir dalam keluarga Mio Series, Yamaha Mio Z membawa tagline "Sobat Pas LibaZ Jalanan". Cukup unik dan menarik memang dan motor ini sendiri ditujukan untuk para pemuda yang ingin berkendara dengan nyaman sambil bergaya. Namun bukan berarti para kaum hawa tak cocok untuk motor ini. Ya mau bagaimana pun motor ini adalah matic yang tentu saja cocok juga buat dipakai oleh para wanita.

Yamaha Mio Z menjadi pilihan baru buat masyarakat indonesia. Sebuah kendaraan yang ramping sehingga mudah untuk digunakan serta punya kenyamanan yang baik serta ditambah dengan tampilan yang menarik dan membuat percaya diri bagi siapapun yang memakainya. Dan Matic ini ditargetkan oleh pihak yamaha terjual sebanyak 50.000 unit per bulannya.

Warna Pilihan

Matic baru Yamaha Mio Z ini terlahir dengan 3 buah warna pilihan di indonesia. Dan yang menarik, nama-namanya terdengar unik sobat. Warna mio z sendiri yakni Merah Zuper, Hitam Zagoan dan Putih Zuara. Dan tak cuma itu saja striping mio z  juga terkesan tegas, keren dan sporty. Pihak Yamaha Motor Indonesia sendiri menjual motor ini dengan harga yang terjangkau.

Harga Yamaha Mio Z
Yamaha Mio Z Putih Zuara

Harga Yamaha Mio Z
Yamaha Mio Z Hitam Zagoan

Harga Yamaha Mio Z
Yamaha Mio Z Merah Zuper
Sumber gambar : ( www.yamaha-motor.co.id )

Desain & Dimensi

Untuk sosok Yamaha Mio Z ini sendiri, kalau boleh jujur rasanya tidak terlalu istimewa walaupun notabennya adalah motor baru. Mengapa? karena tampilannya itu cenderung sangat mirip alias sebelas, duabelas sama saudaranya yang sesama keluarga Mio yakni Yamaha Mio M3. Bagian-bagiannya dari depan, samping hingga belakang semuanya cenderung mirip sekali. Dan pastinya tubuhnya kecil dan ramping.

Motor Yamaha Mio Z memang memiliki wujud & bentuk yang cenderung sebelas, dua belas sama Yamaha Mio M3 2016. Stripingnya pun aslinya agak mirip yakni fresh dan modern. Namun matic baru ini mengusung logo yang berbeda dengan saudaranya tersebut sebagai identitas dirinya yakni huruf "Z". Bedakan sama Mio M3 yang logonya "M3"?.

Untuk ukuran dimensi Yamaha Mio Z ini yakni panjang 1870 mm, lebar 685 mm dan tingginya mencapai 1035 mm. Jarak sumbu antar kedua roda : 1260 mm dengan jarak terendah ke tanah 135 mm. Kemudian untuk tinggi jok 750 mm sehingga mudah untuk diraih. Lalu bobot motor ini cederung ringan yakni 94 kg jadi mudah untuk dikendalikan.

Rangka & Suspensi 

Matic Yamaha Mio Z dibangun dengan rangka tipe underbone dengan mengandalkan Suspensi depan Teleskopik & suspensi belakang monoshock.Kemudian yang menarik adalah suspensi belakang yang dibalur dengan warna merah. Tak seperti suspensi belakang miliki mio m3 yang berwarna hitam.

Kemudian sobat seperti yang sudah kita ketahui bersama, Yamaha Mio M3 mendapat beberapa keluhan dari para pemakainya termasuk dalam urusan ban yang dirasa kurang pas karena ukurannya terasa kekecilan. Nah, untuk itulah maka motor matik Yamaha Mio Z menawarkan solusi untuk masalah tersebut. Motor matic baru ini mengusung ban yang lebih lebar dibandingakan saudaranya tersebut.

Jika Yamaha Mio M3 mengusung ukuran ban depan 70/90 - 14 M/C (34P) & belakang 80/90 - 14 M/C (40P). Maka untuk Yamaha Mio Z memakai ukuran ban depan 80/90 - 14 M/C (43P) dan belakang 100/70 - 14 M/C (51P). Ukuran ban yang lebih lebar ini tentu saja bakal membuat matic baru ini lebih kokoh dan stabil saat di pakai dijalanan.


Untuk pengeremannya sendiri Yamaha Mio Z mengandalkan rem cakram tunggal di bagian depan dan rem drum alias tromol dibelakang. Kalau dilihat meski masih menggunakan rem tromol namun untuk penghenti laju terbilang mumpuni apalagi memang kelas nya itu di 125cc.

Mesin 125 cc Blue Core + Eco Indicator

Matic anyar Yamaha Mio Z ini dipersenjatai dengan mesin 125cc, SOHC, dengan sistem pendinginan udara (Air Cooled). Mesin tersebut memiliki rasio kompresi 9,5 : 1 dengan Daya maksimum sebesar 7,0 kW / 8000 rpm & torsi maksimum 9,6 Nm / 5500 rpm. Performanya cukup tangguh & mantaplah sebagai motor matic.

Tak cuma tangguh saja, mesin tersebut juga irit. Ya mau bagaimana lagi soalnya mengingat ini adalah motor matic yamaha zaman sekarang kawan, teknologi Fuel injeksi serta teknologi canggih Blue Core kebanggaan pabrikan garputala tersebut dipastikan sudah disematkan pada motor Yamaha Mio Z ini. Dan teknologi tersebutpun semakin disempurnakan dengan adanya Eco Indicator.

Keiritan New Yamaha Mio Z ini di klaim oleh pihak yamaha 50% lebih irit dibandingkan matic-matic yamaha keluaran tahun 2008. Pihak yamaha pun juga mengkalim jika matic barunya ini bisa dipakai untuk menempuh jarak sejauh 200 km dalam kondisi tangki full alias penuh. Keiritannya sendiri kurang lebihnya sebanding sama Mio M3.

Fitur Unggulan

Yamaha Mio Z mengusung desain panel instrumen yang fresh dan modern ala motor zaman sekarang. Dan jika boleh jujur panel instrumen yang digunakan cenderung sama dengan milik Yamaha Mio M3.  Panel tersebut terbagi dalam beberapa bagian kawan. Yang di bagian kanan menampilkan informasi indikator lampu sein sama indikator injeksi. Untuk tengah indikator kecepatan (speedometer) dan indikator bahan bakar. Dan untuk yang kiri indikator lampu jauh serta Eco indikator.
Harga Yamaha Mio Z
Bagasi Yamaha Mio Z

Yamaha Mio Z mengusung teknologi pintar yang sering melekat pada motor matic yamaha. Teknologi tersebut ialah Multifunction Key.  Teknologi ini mengintegrasikan berbagai macam fungsi ( lebih tepatnya 3 fungsi) kedalam 1 fitur yakni lubang kunci kontak. Multifunction key ini bisa digunakan untuk membuka bagasi / tempat penyimpanan, mengunci motor serta menyalakan motor.

Kemudian meski rupa sama, namun ternyata Yamaha Mio Z memiliki kapasitas penyimpanan atau bagasi yang lebih luas nan lega dibandingkan sama Mio M3. Bagasi mio Z yang luas ini pastinya bisa membuat matic baru ini bisa lebih mampu alias lebih banyak membawa ataupun mengangkut barang bawaan kita selama menggunakan motor ini. Lalu menariknya, meski lebih luas namun untuk kapasitas bahan bakarnya masih sama yakni 4,2 liter.

Aksesoris Yamaha Mio Z

Untuk mendongrak penampilan motor matic ini, Yamaha Motor Indonesia menyediakan berbagai macam aksesoris menarik. Aksesoris Mio Z meliputi Fog Lamp LED, Shock Breaker RTX model tabung, Dudukan GPS, Socket USB serta Handle / Grip RTX. Dan semuanya dijual dengan harga yang relatif murah yakni 1 paket berisi semuanya di banderol 2 juta rupiah.

Harga Yamaha Mio Z
Aksesoris Yamaha Mio Z

Namun sobat kalau kalian tak mau kesusahan, kalian bisa beli Yamaha Mio Z yang sudah pakai Aksesoris ini lengkap di delaer yamaha. Pasalnya pihak Yamaha menyediakan menyediakanya dengan memasukkannya dalam varian Spesial edition dengan nama Yamaha Mio Z RTX.

Perbedaan Yamaha Mio Z dan Mio M3

Di atas tadi, sudah dikatakan bahwa motor baru Mio Z ini punya perawakan yang cenderung sama sama Mio M3. Namun yang namanya model baru tentu saja ada perbedaan yang dimiliki dibandingkan motor yang sudah dirilis duluan. Nah dari review Yamaha Mio Z diatas yang cenderung mengulas keunggulan serta kelebihan motor matic baru yamaha ini, secara garis besar bisa diketahui perbedaan antara Mio Z dan Mio 3. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Ban Yamaha Mio Z lebih lebar dari Mio 3
  • Bagasi lebih luas
  • Warna dan Striping
  • Warna suspensi belakang, Mio Z merah sedangkan Mio M3 hitam

Spesifikasi Yamaha Mio Z :

  1. DIMENSI
  • Panjang body : 1870 mm.
  • Lebarnya 685 mm.
  • Tinggi mencapai 1035 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda : 1260 mm.
  • Jarak terendah ke tanah ialah 135 mm.
  • Tinggi tempat duduk (jok) : 750 mm.
  • Berat isi 94 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.
      2. MESIN
  • Tipe mesin 4 Stroke, SOHC, Single Cylinder 125cc dengan sistem pendingin udara (Air Cooled).
  • Diameter x Langkah : 52,4 mm x 57,9 mm.
  • Perbandingan rasio kompresi 9,5 : 1.
  • Daya maksimum 7,0 kW / 8000 rpm & torsi maksimum 9,6 Nm / 5500 rpm.
  • Sistem starter : Electric & Kick Starter.
  • Sistem pelumasan : Wet Sump.
  • Kapasitas oli mesin : Total 0,84 liter ; berkala 0,80 liter & ganti filter oli 0,80 liter.
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection.
  • Tipe kopling : dry, Centrifugal Automatic.
  • Tipe transmisi : V-belt Automatic.
      3. RANGKA
  • Tipe rangka : Underbone.
  • Suspensi depan : Teleskopik & suspensi belakang : Unit swing.
  • Ban depan ukuran 80/90 - 14 M/C (43P) & ban belakang 100/70 - 14 M/C (51P)
  • Rem depan single disc brake dan belakang drum brake (tromol)
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian TCI.
  • Batteray : YTZ4V / GTZ4V.
  • Tipe busi : NGK / CR6HSA.

Harga Yamaha Mio Z 2023:

  • Harga Yamaha Mio Z Baru                                  Rp.-
  • Harga Yamaha Mio Z Bekas                     mulai Rp. 6.000.000

Itulah ulasan singkat dan sederhana mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z Terbaru yang ada di indonesia. Seperti yang bisa dilihat kawan, harga motor ini berada di 15 juta rupiah. Dan tentunya hal ini membuat jelas bahwa harga mio z dan mio m3 cenderung beda. Untuk harga mio m3 ada di 13 jutaan rupiah alias lebih murah.

Namun tetap saja harga mio z 2016 tetap bisa dijangkau oleh masyarakat indonesia dan kompetitif dengan harga dari para pesaingnya. Silahkan baca juga artikel menarik lainnya yang ada di blog motorcomcom ini seperti contohnya adalah: