Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha Fino 125 Terbaru 2023

Harga Yamaha Fino 125 - Mengawali tahun 2016, PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia(YMMI) sudah melakukan gebrakan dengan merilis produk terbaru mereka. Bukan produk baru tulen sih, melainkan produk update dari versi yang sebelumnya.

Tepat hari sabtu tanggal 9 januari kemarin, new fino 125 fi blue core resmi dirilis ke tanah air. Dan matic anyar ini dipastikan akan menggantikan sang pendahulu yakni fino 125 fi di dalam jajaran line up matic yamaha indonesia.

Matic ini sendiri menjadi produk matic ke-4 yang telah mengusung teknologi blue core yamaha yakni setelah Nmax, Mio M3 serta All New Soul GT. Dan dengan teknologi terbaru ini, fino 125 blue core siap berkompetisi dengan sang rival utama nya yaitu scoopy dari pabrikan honda.

Jika dirunut dari sejarahnya, matic yamaha ini berarti sudah mengalami 2 kali updatetan lho teman-teman hingga sekarang ini. Generasi awal yakni fino karburator hadir pertama kali di indonesia di tahun 2012 silam.

Kemudian setelah 2 tahun menjelang, update pertama pun dilakukan yakni di tahun 2014 dengan lahirnya fino fi yang punya teknologi mesin lebih baik yakni injeksi. Dan terakhir dan paling fresh ialah yang baru saja muncul di tahun 2016 ini, yakni new fino 125 blue core dengan mesin canggih blue core hasil pengembangan pihak yamaha.

Dan yang menarik kawan, jika kita soroti perkembangan motor matic ini dengan sang kompetitornya ternyata hampir mirip lho. Yakni sama-sama telah mengalami 2 kali penyegaran dengan teknologi mesin tercanggih saat ini. di kubu yamaha, fino 125 blue core sedangkan di honda, scoopy esp. Mungkin memang rival sejati.

Kembali ke fino 125 blue core, sebagai generasi yang paling fresh saat ini, tentunya ada beberapa hal baru yang membuat sangat berbeda dan rasanya tak akan ditemukan di versi-versi sebelumnya. Apa saja ya hal baru atau boleh dikatakan kelebihan motor matic ini yang dimaksud itu?

Dimensi, Striping & Warna 

Ini nih yang tampaknya langsung kelihatan ketika kita pertama kali lihat, yakni ubahan pada tampilan sosoknya. Untuk bentuknya sih kurang lebih masih sama seperti sebelumnya, ya hanya ada beberapa hal sih yang tampaknya berubah seperti jarak terendah ke tanah yang naik 5 mm menjadi 135 mm dari generasi sebelumnya yang hanya 130 mm.

Lalu beratnya juga naik 95 kg menjadi 98 kg. Namun untuk tampilan, dalam hal ini permainan warna serta striping yang digunakan menjadi lebih menarik & menawan. Ya sesuai lah sama seleranya orang-orang modern zaman sekarang. 

Kemudian masih serupa dengan versi sebelumnya yakni fino fi, generasi terbaru ini juga terbagi dalam 2 tipe pilihan yakni Sporty & Premium (Elegant). Untuk tipe Sporty ada 3 warna yakni hitam (Sporty Noir) , biru (Esprit Bleu) dan merah (Actif Rouge).

Lalu buat yang Premium (Elegant) ada 3 juga, tapi untuk pilihan ini cukup unik kawan, soalnya nama pilihan warnanya punya nama yang mirip sama nama minuman kopi terkenal yaitu hitam (Black Espresso) , merah (Red Berry Latte) dan putih (White Cappucino).

Harga Yamaha Fino 125
Yamaha Fino 125
Mesin Baru dengan Teknologi Blue Core

Revisi berikutnya adalah bagian dapur pacu alias mesin. Ya, sektor inilah yang dirasa paling mendapat revisi utama dari pihak yamaha. Berbeda sama model sebelumnya yang punya mesin 115cc, kini untuk fino 125 blue core mesinnya diperbesar jadi 125cc. Dan tentunya masih tetap 1 silinder SOHC, dengan pendingin udara.

Kemudian jika generasi terdahulu si fino fi keluaran tahun 2014 hanya berbekal sama teknologi injeksi saja, maka untuk yang sekarang ini mesinnya telah ditambah lebih sempurna dengan adanya teknologi canggih Blue Core.
Ubahan pun ternyata tak sampai itu saja, perubahan pun dilakukan pada ukuran bore x stroke mesin kawan. Kalau model lawas punya bore x stroke : 50 mm x 57,9 mm, maka new fino 125 blue core ukurannya tambah menjadi 52,0 x 57,9 mm. Ya ubahan ini mungkin dilakukan supaya teknologi blue core yang dipasang bisa mengeluarkan kemampuannya secara optimal.

Dan benar saja performa mesin milik new fino 125 blue core jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. Jika fino fi memiliki daya maksimum 5,7 kW / 8500 rpm dengan torsi maksimal 8,5 Nm / 5000 rpm , maka untuk fino blue core ini meningkat lebih tinggi lagi yakni punya daya maksimum 7 Kw / 8000 rpm dengan torsi maksimum 9,6 Nm / 5500 rpm.

Selain performa yang meningkat, mesin ini pun menjadi lebih irit dari generasi sebelumnya. Pihak yamaha pun mengklaim jika fino 125 blue core ini lebih irit 50% dari generasi awal yang memakai karburator. Oh ya, keiritan tersebut didapat tak hanya dari teknologi canggih Blue Core saja kawan melainkan karena adanya fitur baru yakni Eco Indicator.

Harga Yamaha Fino 125
Yamaha Fino 125
New Advance Key System

New fino 125 Blue Core mendapatkan beberapa fitur baru dari pihak yamaha. Diantaranya ada Advance Key System dengan fitur Answer Back System & Auto Open Key Shutter. Fitur Answer Back System sendiri adalah fitur canggih yang berfungsi untuk menemukan motor saat di tempat yang ramai ataupun saat diparkiran.

Untuk menggunakannya terbilang gampang yakni tinggal menekan tombol diremot yang terintegrasi kemotor. Saat tombol ditekan, lampu sein motor akan otomatis menyala dan kita bisa langsung tahu dimana posisi motor. Lalu untuk Auto Open Key Shutter adalah fitur agar mempemudah saat membuka maupun memasukkan kunci kontak.

Kapasitas Bagasi Lebih Luas ( Megabox )

Kemudian yang diubah adalah pada tempat penyimpanan alias bagasi. Jika model sebelumnya hanya memiliki kapasitas 4,8 liter maka untuk yang baru ini memiliki kapasitas hingga 8 liter. Cukup untuk membawa berbagai barang keperluan saat berkendara.

Harga Yamaha Fino 125

New Smart Lock

New yamaha fino 125 blue core dibekali dengan smart lock (pengunci rem) dengan model terbaru. Fitur ini sangat mudah digunakan tinggal menekan tombolnya saat ingin mengunci & mengangkatnya kembali saat ingin membukanya. Fitur ini terletak di rem bagian kiri (rem belakang).

Speedometer

Bagian speedometer juga bisa dibilang baru teman-teman. Untuk wujudnya tetap sama bulat, namun warnanya lebih menarik kemudian ada indikator tambahan yakni indikator Eco.

Selain semua itu, rasanya yang lain masih sama seperti suspensi depan & belakang Teleskopik dan Unit Swing. Lalu Ban depan 70/90 - 14 M/C34P & ban belakang 80/90 - 14 M/C 40P serta yang tak ketinggalan cakram tunggal untuk persenjataan di roda depan dan rem drum (tromol) untuk belakang.

Kekurangan Yamaha Mio Fino 125

Selain hal di atas tadi yang bisa dikatakan sebagai kelebihan dari motor matic baru yamaha mio fino 125 blue core, masih ada hal lainnya yang boleh dibilang kelemahan motor ini. Salah satu diantara kekurangannya adalah penerangan yang masih menggunakan halogen belum memakai lampu LED. Mengingat ada model yang mirip sama motor ini diluar negeri namun sudah pakai LED.

Spesifikasi Yamaha New Fino 125 :

  1. DIMENSI
  • Panjang bodynya : 1870 mm.
  • Lebarnya : 700 mm.
  • Tingginya mencapai 1066 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua rodanya ialah 1260 mm.
  • jarak terendah ketanah 135 mm.
  • Tinggi tempat duduk adalah 745 mm.
  • Berat isi hingga 98 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar (full) sebanyak 4,2 liter.
      2. MESIN
  • Tipe mesin SOHC, 1 Sylinder, 4 -stroke, Air cooled.
  • Diameter x langkah nya ialah 52,0 mm x 57,9 mm.
  • Volume cylinder berkapasitas 125 cc.
  • Perbandingan rasio komprehensinya : 9,5 : 1.
  • Daya maksimumnya sebesar : 7 Kw (9,52 PS) / 8000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 9,6 Nm (0.98 kgf.m ) / 5500 rpm.
  • Sistem starternya ada 2 yaitu: Electric serta Kick Starter.
  • Sistem pelumasannya basah dengan kapasitas oli mesin total 0,85 liter (0,8 liter per pergantian periodik).
  • Sistem bahan bakarnya memakai Fuel Injection Yamaha.
  • Tipe kopling nya kering, setrifugal.
  • Tipe transmisi nya ialah V-belt Otomatis
      3. RANGKA
  • Tipe rangkanya adalah Underbone.
  • Suspensi depannya Teleskopik & suspensi di belakang ialah Unit Swing.
  • Ban depan berukuran 70/90 - 14 M/C34P & ban belakang ukurannya 80/90 - 14 M/C 40P.
  • Rem depan disc brake (cakram tunggal) dan belakang drum brake / rem tromol.
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapiannya TCI.
  • Tipe bateray : YUASA / YTZ4V.
  • Tipe busi yang digunakan adalah NGK/CR6HSA.

Harga Yamaha New Fino 125 2023 :

  • Harga Yamaha New Fino 125 Sporty              Rp. 19.585.000
  • Harga Yamaha New Fino 125 Premium          Rp. 19.585.000
  • Harga Yamaha New Fino 125 FI Grande         Rp.20.725.000
Itulah harga yang dibanderol untuk skutik matik yamaha ini. Dan menariknya ternyata  jika dibandingkan dengan sang kompetitor honda scoopy esp harganya itu untuk saat ini adalah sama.


Oh ya dan Tentu Saja Baca Juga Artikel Menarik Tentang: