Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Honda CB500F 2023

Harga Honda CB500F - merupakan moge entry level yang dimiliki oleh pabrikan otomotif jepang, Honda. Sejatinya si motor yang bertipe street fighter ini merupakan versi street fighter dari CBR500R yang tidak lain adalah saudaranya sepabrikan.

Motor ini sendiri telah lama ada di pasaran benua eropa dan negara lainnya dengan tingkat peminat yang tergolong tinggi. Untuk indonesia sendiri, motor ini telah resmi meluncur lewat perantaraan PT Astra Honda Motor Indonesia (AHM) pada hari rabu tanggal 10 juni tahun 2015 kemarin yang bertempat di Denpasar, Bali.

Layaknya motor street fighter tulen, CB500F ini tampil dengan pesona yang kokoh dan juga gagah. Sektor bagian depan, motor ini mengusung lampu tunggal berdesain "V" yang dinamis dan agresif, lampu sein sporty yang menyatu di headlamp, serta shroud dengan ukuran cukup besar yang berada disamping kanan dan kiri yang semakin memberikan nuansa kental ala street fighter sejati.


Harga Honda CB500F
Honda CB500F

Honda CB500F ini menawarkan beragam fitur unggulan yang dianggap membedakannya dibandingkan dengan motor lainnya, diantaranya ialah :

Rangka Steel Diamond Tube 

Honda CB500F ini dibangun dengan menggunakan aplikasi rangka Steel Diamond-Tube berdiameter 35 mm yang ringan dan kuat. Rangka tersebut dirancang sedemikian rupa dari mulai bentuk hingga posisinya agar mampu mengurangi getaran yang terjadi serta mampu memberikan kestabilan yang tinggi saat menghadapi kondisi permukaan jalan yang berbeda-beda.

Motor street fighter ini sendiri memiliki jarak sumbu roda 1409,7 mm, rake dan trail masing-masing 25,5 derajat dan 130 mm yang membuat motor ini mampu tampil gesit dengan tingakt pengendalian yang mudah. Kemudian, pemusatan masa motor yakni memposisikan mesin sangat dekat dengan Swing arm memberikan kestabilan yang tinggi saat dipakai berakselerasi.



Hal ini terjadi dikarenakan pendistribusian masa yang optimal antara bagian depan dan belakang motor. Dengan berat 192 kg membuat pengendara terbilang mudah untuk membawa serta mengendalikan motor ini. Kemudian rendahnya jok yang dimiliki yakni 785 mm, membuat honda CB500F ini sangat mudah untuk dikendarai.

Panel Instrumen Digital

Motor street fighter besutan honda ini dilengkapi dengan panel instrumen yang telah berjenis digital. Layar Full LCD tersebut memiliki tampilan warna biru dengan informasi seputar speedometer, tachometer, jam, odometer, trip meter, indikator bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata terus yang terakhir ada indikator mesin.


Harga Honda CB500F
Honda CB500F


Honda Ignition Security System (H.I.S.S)

Sebagai motor entry level, honda CB500F dibekali dengan sistem keamanan canggih kelas dunia milik honda yakni Honda Ignition Security System (H.I.S.S). Sistem keamanan ini berupa kunci kontak canggih yang terintegrasi dan terhubung pada sistem elektronik. Sebuah chip canggih yang disebut Chip IC dimasukkan ke dalam kunci kendaraan dengan sebuah sinyal verifikasi ID khusus, yang mana akan diperiksa oleh sistem Engine Control Unit (ECU) nya.

 Jika sinyal pada kunci tersebut cocok alias diterima oleh sistem ECU, maka mesin motor bisa dinyalakan. Sebaliknya, jika sinyal pada kunci tidak cocok, maka mesin tidak akan bisa dinyalakan. Sederhananya ialah bahwa mesin akan menyala hanya jika menggunakan kunci asli dengan Chip IC ber ID asli. Jika menggunakan kunci palsu maupun duplikat (mirip/sama persis), mesin tetap tidak akan menyala selama Chip IC dan ID yang ada tidak cocok dengan yang ada pada sistem ECU.



Teknologi ini tentunya akan membuat para pencuri sepeda motor menjadi kesulitan dan alhasil motor kesayangan kita pun akan menjadi aman.

Halogen Headlight dengan Multi-Reflector

Sektor penerangan rasanya merupakan hal yang begitu penting yang harus dimiliki oleh sebuah kendaraan. Nah, pada CB500F ini bisa dianggap telah memiliki sektor penerangan yang baik. Mengapa? pasalnya motor ini telah dilengkapi dengan lampu utama tunggal dengan jenis lampu Halogen H4 60 watt. Lampu halogen sendiri merupakan tipe lampu yang memiliki tingkat pencahayaan yang lebih jernih dan terang ketimbang lampu bohlam biasa. Penerangan dengan lampu halogen semakin dimaksimalkan dengan penggunaan Multi-Reflektor.

Pegangan Belakang Model Tanduk

Honda CB500F dibekali dengan pegangan belakang atau istilah lainnya Rear Grip yang khusus dibuat pembonceng motor street fighter ini. Menariknya bentuk dari rear grip kokoh itu berbentuk layaknya sebuah tanduk. Selain memberikan keamanan lebih buat pembonceng, bentuk dari rear grip ini juga memberikan kesan kentalnya aura sporty pada  motor honda yang satu ini.

Knalpot Stainless Steel

CB500F dibekali dengan sektor pembuangan emisi berupa knalpot stainless steel yang memiliki desain sporty. Knalpot stainless steel tersebut tahan panas, kuat dan juga awet. Knalpot tersebut menyatu dengan footpeg / pijakan kaki belakang sehingga tampak kokoh. Kemudian, panjang serta diameter knalpot tersebut telah dirancang khusus untuk memberikan dorongan tenaga yang maksimal, baik pada rpm rendah maupun tinggi. Tidak hanya sampai disitu saja, knalpot tersebut ternyata telah dipasangi dengan Sensor 02 dan Catalyer yang membuat emisi yang dihasilkan oleh motor ini rendah dan bahkan telah lulus uji emisi EURO 4.

Harga Honda CB500F
Harga Honda CB500F


Pro-Link Rear Suspension

Si motor street fighter ini dilengkapi dengan suspensi belakang Honda Pro-link. Mirip dengan yang dipakai oleh CBR150R lokal namun lebih canggih. Suspensi tersebut memiliki 9 posisi penyetelan kenyamanan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengendara. Suspensi tersebut mampu meredam getaran yang dirasakan oleh motor dengan baik, baik itu dalam skala kecil maupun besar. Pemilihan suspensi juga menjadikan handling serta kenyamanan berkendara semakin meningkat.

Step Seat

Honda CB500F menawarkan kemudahan dan kenyamanan ( bagi pengendara khususnya ) dengan menerapkan  dudukan Step Seat di depan.  Maksud step seat disini ialah bahwa jok pengendara (depan) itu dapat dicapai sekali langkah dikarenakan tinggi joknya dirancang relatif rendah yakni hanya memiliki tinggi 790 mm. Dengan hal ini tentunya pengendara tidaklah kerepotan saat mau menaiki motor street fighter ini.

Mesin Handal dan Tangguh

Honda CB500F dipersenjatai dengan mesin handal dan tangguh yakni berkapasitas 471cc, DOHC, 4 Katup, 6 kecepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan. Mesin yang digunakan bertipe 2 Silinder dan termasuk dalam mesin terbaik yang pernah diciptakan honda. Tidak sampai disitu saja, mesin tersebut ternyata memiliki kemiripan dengan mesin yang digunakan oleh Honda CBR600RR yakni memiliki ukuran diameter piston dan stroke yang sama yakni 67 mm x 66,8 mm. Mesin tersebut mampu memberikan tenaga maksimal mencapai 35 kW / 8500 rpm dan torsi maksimum hingga 43 Nm / 7000 rpm. Si motor street fighter ini sendiri mampu di geber hingga kecepatan maksimum dikisaran 188 km/jam. Lumayan cepat bukan?.

Kemudian, mesin tersebut juga telah menerapkan teknologi canggih honda dalam segi pembakaran yakni PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Alhasil konsumsi bahan bakar motor street fighter honda cb500f ini terbilang cukup efisien (hemat). Mau tau berapa konsumsi bahan bakarnya?yap jawabannya ialah sekitar 27 km/liternya. Lumayan iritkan buat motor dengan kapasitas mesinnya besar?. Kalau dikalkulasikan, dengan kapasitas tangkinya yang mencapai 15,7 liter, maka kita bisa menempuh jarak sejauh 423,9 km kalau kondisi tangki terisi penuh (full) dengan bahan bakar.

Velg Kuat dan Stylish

Dibekali dengan velg yang kuat dan tylish. Velg tersebut berbahan alumunium berukuran 17 inci dengan bentuk "Y" dimana kalau dihitung ada 12 jari-jari (spoke). Velg tersebut melekat pada roda dengan lebar 3,5 inci berukuran 120/70 - ZR17 (depan) dan pada roda dengan lebar 4,5 inci berukuran 160/60 - ZR17. Velg tersebut mampu membuat aura sporty semakin kental pada motor street fighter ini.

Rem Cakram dengan ABS (Anti-lock Braking Sytem)

Pihak honda memberikan bekal berupa sektor pengereman yang mumpuni buat motor street fighter besutannya ini. Pengereman tersebut ialah berupa Cakram tunggal 2 kaliber piston berukuran 320 mm di sektor depan dan Cakram tunggal 1 kaliber piston berukuran 240 mm di sektor belakang. Tidak sampai disitu saja, demi terwujudnya pengereman yang maksimal, motor ini juga telah dibekali teknologi canggih yakni Anti-lock Braking System atau yang lebih terkenal dengan sebutan ABS.

Spesifikasi Honda CB500F :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan motor 2075 mm.
  • Lebarnya 780 mm.
  • Tingginya hingga1060 mm.
  • Sudut kemudi nya 25,5 derajat.
  • Trail 130 mm.
  • Jarak terendah ketanah 155 mm.
  • Jarak sumbu roda mencapai 1409,7 mm.
  • Tinggi kursi alias tempat duduk 790 mm.
  • Kapasitas bahan bakar penuh (full tangki ) hingga 15,7 liter.
  • Berat kotor motor adalah 192 kg ( termasuk semua peralatan standart, semua cairan serta bahan bakar dalam kondisi penuh (siap untuk digunakan berkendara).
     2. RANGKA
  • Suspensi depan menggunakan Teleskopik 41 mm, sedangkan suspensi belakang memakai tipe Pro-Link Suspension (Single Shock) dengan 9 posisi penyetelan kenyamanan.
  • Rem depan memakai Cakram tunggal 2 kaliber piston berukuran 320 mm & rem belakang memakai Cakram tunggal 1 kaliber piston berukuran 240 mm.
  • Ban depan berukuran 120/70 - ZR17 dan belakang ukuran 160/60 - ZR17.
    3. MESIN
  • Mesin tipe Parallel Twin berkapasitas 471cc, DOHC, 4 Katup, 6 kecepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan.
  • Diameter piston dan stroke masing-masing ialah 67 mm x 66,8 mm.
  • Maksimal power mencapai 35 kW / 8500 rpm dan torsi maksimum hingga 43 Nm / 7000 rpm.
  • Perbandingan komprehensi rasio : 10,7 : 1.
  • Sistem bahan bakarnya PGM-FI dengan throttle bodies 34 mm.
  • Sistem pengapian Digital (Computer-controlled digital transistorized with electronic advance).

Harga Honda CB500F 2023:

  • Harga Honda CB500F  Baru di indonesia          Rp 144.520.000
    Harga diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu..terima kasih. Demikian sedikit ulasan mengenai spesifikasi dan harga salah satu motor street fighter milik honda yakni CB500F. Jika anda masih ingin tahu informasi lainnya, bisa baca artikel tentang :
    Oh ya kawan-kawan semuanya, motor ini sekarang sudah diupgrade oleh pihak yamaha menjadi lebih bagus dari sebelumnya. Nah karena itulah, maka kemungkinan model CB500F yang ini bakal dipastikan akan digantikan sama model yang baru untuk pasar indonesia. Baca saja artikel selengkapnya mengenai Harga All New Honda CB500F yang juga sudah tersedia di blog motorcomcom ini.