Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kawasaki Z250SL Terbaru 2023

Harga Kawasaki Z250SL - Halo pembaca semuanya, bagaimana kabarnya? pastinya masih pada semangat kan untuk bisa terus menggali informasi seputar dunia otomotif?. Oke, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu motor milik pabrikan kawasaki yaitu kawasaki z250sl. Motor ini sendiri resmi diluncurkan di indonesia oleh Kawasaki Motor Indonesia pada tanggal 30 april tahun 2014 yang lalu.

Dan peluncuran dari motor ini tidak hanya sebagai penambah deretan motor-motor hebat kawasaki, namun juga menjadi bukti akan besarnya keinginan kawasaki untuk tetap bisa menjadi salah satu brand motor kuat di tanah air. Utamanya di kelas motor sport 250cc di tanah air. Kawasaki Z250SL resmi semakin menambah panasnya persaingan yang ada di tanah air indonesia.

Sebelumnya perlu anda semua ketahui bahwa si z250sl ini merupakan versi street fighter dari kawasaki ninja 250 rr mono. Jadi jangan lah heran jika ada beberapa persamaan dari motor sport tersebut pada z250sl ini. Baik itu dari tampilan maupun dari berbagai spesifikasi lainnya. Meski demikian motor baru ini tetap menawarkan gaya berkendara yang berbeda dari rr mono.

Kawasaki Z250SL merupakan jagoan anyar Kawasaki untuk mereka yang suka dengan motor yang mudah digunakan serta punya performa yang tinggi. Desain ramping serta mesin bertenaga dari keluarga ninja membuat motor ini memang ideal digunakan untuk masyarakat indonesia. Baik untuk kegiatan sehari-hari bahkan untuk touring.

Masuk dalam keluarga Z series kawasaki, tampaknya motor kawasaki baru ini tak akan menggangu pasar dari saudaranya yakni Kawasaki Z250. Karena memang motor versi streetfighter dari Kawasaki Ninja 250 FI tersebut sudah meluncur lebih dahulu di tanah air. Dan kalau Z250SL ini bisa dikatakan sebagai opsi baru serta untuk memperkuat Kawasaki di segmen motor sport 250cc tanah air.

Resmi meluncur di indonesia, Kawasaki Z250SL ini langsung akan bertarung dengan para pesaingnya yang ada di tanah air. Lawan yang ada di tanah air diantaranya adalah dengan Yamaha MT 25 serta KTM Duke 250. Namun karena memang sudah punya modal dari kawasaki, rasanya motor kawasaki terbaru ini tetap optimis mengalahkan rival-rivalnya.
PT Kawasaki Motor Indonesia melepas motor barunya ini dengan harga yang terbilang kompetitif dikelasnya. Harga Kawasaki Z250SL sendiri dibanderol terjangkau dan pastinya mampu bersaing dengan para rivalnya yang ada di tanah air indonesia. Untuk lebih kenal dengan motor ini, bagaimana jika sobat otomotif semuanya simak saja ulasan dan review motorcomcom mengenai spesifikasi da harga kawasaki z250sl berikut ini.

Warna Pilihan

Motor streetfighter ini dilepas oleh Kawasaki Motor Indonesia dengan 2 varian yakni standar atau Non ABS dan ABS. Warna pilihan Kawasaki Z250SL untuk tipe standar ( non ABS ) ada satu yakni Candy Lime Green / Ebony. Sementara untuk varian ABS ada 2 warna yakni Metallic Graphite Gray / Ebony dan Candy Sparking Red / Ebony. Semua warna yang ditawarkan sangatlah menarik dan juga menawan khas finishing jempolan ala kawasaki. Biar lebih tahu berikut gambar nya buat kalian.



Harga Kawasaki Z250SL
Kawasaki Z250SL Candy Lime Green / Ebony

Harga Kawasaki Z250SL
Kawasaki Z250SL Metallic Graphite Gray / Ebony ( ABS )

Harga Kawasaki Z250SL
Kawasaki Z250SL Candy Sparking Red / Ebony ( ABS )

Sumber gambar : Kawasaki

Tampilan

Baiklah kita mulai dulu dari segi tampilannya. Sesuai dengan genrenya street fighter , Kawasaki Z250SL ini mengusung desain body yang ramping dengan sistem rangka yang begitu terlihat . Rangka yang dipakai nya sendiri merupakan jenis rangka teralis ( Tube Diamond ) yang tidak hanya kuat tapi juga memiliki tingkat kelenturan yang tinggi.

Dari sektor depan, nampak headlamp tunggal sebagai sektor penerangan, dimana headlamp tersebut mirip dengan yang dimiliki oleh rr mono. Diheadlamp tersebut terpasang 2 buah lampu sein, dengan spion berdesain lancip, ya seperti motor street fighter pada umumnya lah. Lalu tampak 2 buah suspensi jenis teleskopik yang masing-masing berdiameter 37 mm yang terlihat kuat dan kokoh.

Harga Kawasaki Z250SL
Tampak Depan Kawasaki Z250SL

Sedikit kebelakang, terlihat stang berjenis pipa yang ala motor street fighter. Lalu ada spedometer full digital yang bergaya sporty yang menginformasikan hal penting seperti indikator kecepatan, bahan bakar, dll. Kemudian ada half fairing dengan logo " Z " yang menjadi simbol / penanda utama jikalau motor ini benar-benar termasuk dalam deretan keluarga klan "Z".

Harga Kawasaki Z250SL
Tampak Belakang Kawasaki Z250SL

Kemudian ada tangki besar yang mampu menampung bahan bakar sebanyak 11 liter dengan tulisan "kawasaki" di bagian permukaannnya. Menelisik kebelakang lagi, ada jok jenis dual split ( jok ganda ), dimana ini berarti jika motor ini bisa digunakan untuk berboncengan. Namun sayangnya, desain jok bagian belakang berukuran cukup kecil, jadi ya terasa agak kurang nyaman bagi pembonceng. Tinggi jok nya sendiri mencapai 785 mm. Dan dengan tinggi seperti itu rasanya sudah cocoklah buat bikers indonesia.
 
Jok tersebut ditopang dengan suspensi jenis monoshock atau lebih tepatnya Uni-Track Suspension yang memiliki kemampuan untuk meredam getaran yang terjadi. Hal ini akan membuat kenyaman pengendara menjadi lebih terjamin tentunya. Lanjut di bagian belakang, nampak spakbor bergaya sporty dengan 2 lampu sein yang terpisah pada bagian stomlampnya. Lalu ada knalpot yang mirip dengan milik kawasaki 250 rr mono.

Ergonomi

Mungkin pada bagian inilah menjadi pembeda antara kawasaki z250sl dengan ninja rr mono. Ergonomi yang dimiliki oleh motor bergaya street fighter ini terbilang nyaman dan cocok jika digunakan untuk harian atau bahkan untuk melakukan kegiatan touring. Riding posisition nya tegak sehingga pengendara tidak akan cepat letih meskipun memakai motor ini dlaam waktu yang cukup lama.
Hal ini disebabkan karena desain stang jenis pipa yang digunakan itu memang terletak diatas area segitiga. Hal ini  Berbeda dengan yang ada pada  kawasaki ninja 250 rr mono, dimana stang kemudi terletak di bagian area segitiga sehingga pengendara harus membungkuk saat mengendarainya. Atau mudahnya, rr mono cocoknya hanya  untuk balapan atau racy.

Mesin 

Lanjut ke bagian mesin atau dapur pacunya. seperti saudaranya rr mono, kawasaki z250sl ini memakai mesin yang berkapasitas 249 cm3, 4 Tak, 1 silinder, 4 Katup, DOHC ( Double Over Head Camshaft ), 6 kecepatan ( return ) dengan sistem pendinginan berupa cairan. Mesin mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 20,6 kW ( 28PS ) / 9700 rpm dengan torsi maksimum mencapai 22,6 Nm ( 2.3 kgf.m ) / 8200 rpm.

Dengan komparansi mesin seperti itu, street fighter kawasaki ini memiliki akselerasi yang terbilang sangat bagus dalam kelas 250cc. Dalam sebuah pengujian didapatkan beberapa hasil bahwa motor ini bisa berlari dari kecepatan 0 hingga 60 km/jam dalam waktu 3,3 detik saja. Lalu untuk menempuh jarak dari keadaan diam yakni 0 hingga jarak 100 meter membutuhkan waktu 6,5 detik saja. Untuk kecepatan maksimal nya / top speed nya yakni 151 km/jam untuk versi spedometer dan 141,6 km/jam untuk versi racelogic.

Harga Kawasaki Z250SL
Tampak Samping Kawasaki Z250SL

Mesin nya sendiri telah menggunakan teknologi bahan bakar fuel injection dengan sistem pengapian jenis digital. So, motor ini tidak hanya handal dalam berlari saja, tapi baik dalam hal segi efisiensi bahan bakar. konsumsi bahan bakar untuk kawasaki z250sl ini terbilang cukup irit yakni 25,28 km/liternya.

Mesinnya sendiri hanya memakai satu buah sistem penyala yakni Electric Starter dan tidak tersedia untuk Manual Starter ( Engkol ). Jadi, mau tidak mau perawatan pada bagian  electric starter harus lebih di utamakan atau ditingkatkan.

Spesifikasi Kawasaki Z250SL
Spesifikasi Kawasaki Z250SL

Bagian Pengereman

Untuk sektor pengeremannya sendiri , kawasaki z250sl mengandalkan rem cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 290 mm yang terpasang di bagian depan dan rem cakram tunggal dengan 2 kaliber piston juga, namun memiiliki diameter yang lebih kecil yakni 220 mm. Tidak hanya itu saja, untuk pengereman yang lebih maksimal juga disediakan teknologi ABS ( Anti-lock Braking System ).

Namun itu hanya ada pada varian z250sl versi ABS nya saja. Untuk ukuran rodanya sendiri adalah 100/80 - 17 M/C 52S untuk depan, dan ukuran 130/70 - 17 M/C 62S untuk yang belakang. Roda tersebut sudah berjenis tubeless jadi daya cengkram ketanah terbilang sudah bagus dan juga tidak akan bisa dengan mudahnya bocor ketika digunakan.

Kelebihan dan Kelemahan Kawasaki Z250SL

Sebelumnya, hanya sekedar informasi saja bagi anda-anda semuanya. Setiap produk yang dibuat oleh manusia, baik itu motor ataupun yang lainnya tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Dan untuk motor kawasaki z250sl ada beberapa hal yang dirasaboleh dibilang sebagai kelebihan dan kelemahan kawasaki z250sl.

Kelebihan Kawasaki Z250SL diantaranya adalah:
  • Mengunakan teralis frame yang tak cuma kokoh namun enak saat dilihat.
  • Bentuknya ramping serta berbekal mesin yang mumpuni membuat motor ini mudah untuk dikendarai. Dipakai belak-belok serta bermanuver sangat ok.
  • Kaki-kaki yang kokoh dan sporty
  • Minim material plastik.
Kelemahan Kawasaki Z250SL tersebut antara lain :
  • Headlamp yang digunakan memang menyerupai milik rr mono dan itu sudah bagus. Tapi itu cocok jikalau tipenya sport. Tapi mengingat tipe dari z250sl ini street fighter, headlamp tersebut terkesan kurang cocok untuk motor ini. Apalagi jika menelisik bahwa motor ini termasuk dalam klan Z yang identik dengan motor keren, tajam dan agreesive styling, tentunya hal tersebut akan sedikit mengurangi value nya sebagai anggota klan Z.
  • Jok untuk pemboncengnya berukuran kecil dan lumayan keras.
  • Harganya mungkin agak kemahalan sedikit.
  • Indikator di speedometer masih kurang lengkap, termasuk tak ada gear position.
Baiklah kita sampai pada ulasan mengenai harga dari sang motor street fighter terbaru milik kawasaki ini. Mengingat jika motor ini merupakan versi street fighter dari motor kawasaki ninja 250rr mono, maka dalam segi harga si z250sl ini dipatok dengan harga yang lebih rendah atau lebih murahlah ketimbang versi sportnya yakni rr mono.

 Harganya sendiri hanya berbeda tipis saja, ya antara 1- 2 jutaan saja. Untuk selengkapnya anda bisa melihat sendiri harga yang tertera dibagian bawah baik itu untuk versi non ABS maupun yang ABS.

Spesifikasi Kawasaki Z250SL :

  1. DIMENSI 
  • Panjang nya 1935 mm.
  • Lebar 700 mm
  • Tinggi mencapai 1015 mm.
  • Jarak antar sumbu roda 1330 mm.
  • Jarak terendah ketanah adalah 180 mm.
  • Kapasitas penuh ( full ) tangki bahan bakarnya sebanyak 11 liter.
  • Tinggi tempat duduk / jok 785 mm.
  • Berat kosong motor adalah 148 kg & 150 kg ( ABS ).
      2. RANGKA
  • Di bangun dengan rangka jenis Tube Diamond
  • Suspensi depan Garpu Teleskopik ( Telescopic Fork ) 37 mm dan suspensi belakang monoshock ( Uni-Track ) dengan peredam getaran.
  • Sudut kemudi 360 derajat baik kiri maupun kanan.
  • Rem depan memakai Cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 290 mm, sedangkan rem belakang menggunakan cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 220 mm.
  • Ukuran roda depan adalah 100/80 - 17 M/C 52S, sedangkan belakang berukuran lebih besar yakni 130/70 - 17 M/C 62S.
       3. MESIN 
  • Memakai mesin berkapasitas 249 cm3, 4 Tak, 1 silinder, 4 Katup, DOHC ( Double Over Head Camshaft ), 6 kecepatan ( return ) dengan sistem pendinginan berupa cairan atau Liquid Cooled.
  • Diameter x langkahnya yaitu 72 mm x 61,2 mm.
  • Perbandingan untk rasio komprehensinya ialah 11,3 : 1.
  • Pengapian jenis digital dengan sistem bahan bakar berteknologi Fuel Injection ( berdiameter 38 mm x 1 ).
  • Tenaga maksimum yang dikeluarkan mencapai 20,6 kW ( 28PS ) / 9700 rpm & torsi maksimum mencapai 22,6 Nm ( 2.3 kgf.m ) / 8200 rpm.
  • Untuk menghidupkan atau menyalakan mesin hanya memakai satu sistem yakni electric starter.

Harga Kawasaki Z250SL 2023 :

  1. Harga Baru
  • Harga Kawasaki Z250SL Baru                                       Rp -
  • Harga Kawasaki Z250SL ( ABS ) Baru                          Rp -
     2. Harga Kawasaki Z250 Bekas
  • Harga Kawasaki 250SL bekas                               Rp. 24.000.000

Untuk informasi motor kawasaki z250sl ini sudah di stop produksinya oleh kawasaki indonesia, jadinya tidak ada lagi harga baru kawasaki z250sl. Jika kalian berminat kalian masih bisa memilikinya dengan cara membelinya secara bekas / second. Harga bekas diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu ya sobat..terima kasih

Demikianlah artikel mengenai spesifikasi maupun harga dari motor kawasaki z250sl. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda semua. Ada baiknya jika anda membaca artikel motor lainnya, seperti artikel mengenai :