Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga BMW K 1300 S 2023

Harga BMW K 1300 S - Meskipun tidak sepopuler pabrikan lain seperti yamaha, suzuki dan lain-lain, namun ternyata BMW juga memiliki sederet motor yang bisa dianggap sangat hebat. Salah satunya adalah K 1300 S. Motor ini telah secara resmi masuk ke indonesia lewat PT BMW Motorrad Indonesia selaku ATPM ( Agen Tunggal Pemegang Merek ) resmi dari perusahaan asal jerman itu di indonesia. Menariknya, sebelum masuk ke indonesia, superbike ini sudah pernah menyabet beberapa penghargaan salah satunya adalah Europe Literbike Shootout di tahun 2012.

Motor ini hadir dengan desain aerodinamis yang di hiasi garis-garis sporty di sekitar body. Selain itu, super bike ini memiliki ergonomi yang terbilang nyaman dengan desain tangki yang tidak terlalu keatas, stang yang tidak terlalu tinggi serta jok duduk empuk dengan posisi yang rendah ( 790 mm ).

Tidak hanya itu saja, sektor kenyaman juga sangat terasa di motor BMW ini berkat pemakaian suspensi  jenis " Central Spring Strut" , BMW Motorrad Doulever di bagian depan serta suspensi Lengan ayun satu sisi berbahan alumunium, BMW Motorrad Paralever di bagian belakang yang dapat diatur tingkat peredamannya.

BMW K 1300 S ini di persenjatai dengan mesin besar berkapasitas 1293 cc, DOHC ( Dual Over Head Camshaft ), 4 Tak, 4 Valve per silinder, pelumasan kering dengan sistem pendinginan cairan yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimal hingga 129 kW ( 175 HP ) / 9250 rpm dengan torsi maksimum yang mencapai 140 NM / 8250 rpm. Mesin dengan komprehensi 13 : 1 tersebut juga di dukung dengan transmisi manual 6 percepatan yang canggih. Dan bahkan transmisi tersebut, pernah di klaim sebagai transmisi paling halus dan memiliki perpindahan gigi yang lebih cepat di bandingkan dengan motor sport berkapasitas 1000 cc saat ini.

Dengan komparansi mesin sehebat itu, motor dengan berat 254 kg ini memiliki tingkat akselerasi yang lumayan tinggi. Dalam sebuah test ride, untuk bisa mencapai kecepatan dari 0 - 200 km/jam hanya membutuhkan waktu 7,8 detik saja. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya, superbike ini di gadang-gadang mampu melaju hingga top speed 276,6 km/jam.

Mesin tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi "Electronic Intake Pipe Injection / Digital Engine Management Including Knock Sensor ( BMS-K )" sehingga pemakaian bahan bakar bisa di minimalisir kan. Konsumsi bahan bakar dari K 1300 S ini sendiri sekitar 17 km/liternya.



Jadi jika kita melihat kapasitas tangki yang bisa menampung sebanyak 19 liter bahan bakar, bisa disimpulkan jika motor ini bisa menempuh jarak 323 km jika dalam kondisi tangki penuh ( full ). Selain itu berkat pemakaian "Close Loop 3-Ways Catalytic Converter" pada mesinnya menyebabkan emisi yang dihasilkan oleh motor ini menjadi lebih bersih dan telah lulus memenuhi uji emisi EURO 3.

Sebagai penghenti laju, motor sport ini di lengkapi dengan rem berteknologi  ABS ( Anti-Lock Braking System ) dengan rincian untuk bagian depannya menggunakan rem cakram 4 kaliber piston berdiameter 320 mm, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan rem cakram 2 kaliber piston berdiameter 265 mm.
Harga BMW K 1300 S
Ilustrasi BMW K 1300 S
Kemudian, untuk ukuran dari ban tipe bridgestone yang di pakai oleh motor ini adalah 120/70 ZR17 untuk ban depan , sedangkan ukuran 190/55 ZR17 untuk belakang. Warna pilihan dari BMW K 1300 S ini yakni Titanium Silver Metallic dan Sapphire Black Metallic.

Seperti motor sport BMW lainnya, motor ini di lengkapi dengan teknologi canggih seperti : Automatic Stability Control ( ASC ), Electronic Suspension Adjustability ( ESA II ), Gear Shift Assistant ( GSA ). Selain itu BMW K 1300 S ini juga dilengkapi dengan panel instrumen modern kombinasi antara analog dan digital.



Bagian analog menampilkan informasi seputar tachometer dan speedometer. Sedangkan untuk bagian digital ( LCD ) menampilkan informasi seperti indikator gigi, jam, indikator lampu, TPM ( pemantau tekanan ban ), indikator ABS, tip meter, pengukur bahan bakar dan suhu.

Sedangkan mengenai harganya, di indonesia motor sport BMW ini di banderol dengan kisaran harga cukup tinggi. Hal ini di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah karena motor ini impor langsung dalam kondisi utuh alias CBU ( Completely Built UP ) serta karena Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM ) indonesia yang tinggi.

Spesifikasi BMW K 1300 S :

  1. DIMENSI
  • Panjangnya sendiri adalah 2182 mm.
  • Lebarnya sekitar 905 mm.
  • Tinggi hingga mencapai 1221mm.
  • Tinggi tempat duduk ( jok ) motor ini adalah 790 mm ( rendah ) & 820 mm ( tinggi ).
  • Berat kosongnya adalah 228 kg.
  • Kapasitas dari tangki bahan bakarnya sekitar 19 liter.
  • Kapasitas tangki cadangan ( sekitar 4 liter ).
      2. RANGKA
  • Tipe rangka :  "Bridge-type Frame, Cast Alumunium, Load-bearing Engine".
  • Suspensi bagian depan menggunakan jenis " Central Spring Strut" , BMW Motorrad Doulever, sedang untuk suspensi belakang menggunakan Lengan ayun satu sisi berbahan alumunium dengan BMW Motorrad Paralever yang dapat diatur tingkat peredamannnya.
  • Jarak sumbu antar roda adalah 1585 mm.
  • Sudut kemudi adalah 60,,4 derajat.
  • Velg berbahan alumunium dengan ukuran depan dan belakang adalah 3,50 x 17" dan 6,00 x 17".
  • Ban depan berukuran 120/70 ZR17, sedang belakang ukuran 190/55 ZR17.
  • Rem standar ABS dengan rincian untuk bagian depan menggunakan cakram 4 kaliber piston berdiameter 320 mm, sedang untuk belakang cakram 2 kaliber piston berdiameter 265 mm.
       3. MESIN
  • Berkapasitas 1293 cc, DOHC ( Dual Over Head Camshaft ), 4 Tak, 4 Valve per silinder, 6 kecepatan, pelumasan kering dengan sistem pendinginan cairan.
  • Diameter x langkah mesin adalah 80 mm x 64,3 mm.
  • Perbandingan dari rasi komprehensi mesin adalah 13 : 1.
  • Manajemen mesin menggunakan " Electronic Intake Pipe Injection / Digital Engine Management Including Knock Sensor ( BMS-K ) ".
  • Tenaga ( Power ) maksimum yang dihasilkan mencapai 129 kW ( 175 HP ) / 9250 rpm, sedangkan torsi maksimum yang mampu di raih berkisar 140 NM / 8250 rpm.
  • Emisi di kendalikan dengan : Close Loop 3-Ways Catalytic Converter dan menghasilkan emisi standart EURO 3.
      4. KELISTRIKAN
  • Batteray berdaya 12 V / 12 Ah, maitenance free.
  • Menggunakan 3 fase alternator 580 W.

Harga BMW K 1300 S 2023 :

  • Harga BMW K 1300 S Baru                         Rp 692.000.000

Harga diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu..terima kasih. Jangan lupa baca artikel terkait tentang :