Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha YZF R3 Terbaru

Harga Yamaha YZF R3 - adalah motor terbaru yamaha yang telah resmi diluncurkan ke hadapan dunia pada ajang AIM Expo 2014 yang bertempat di orlando, Amerika serikat. Menariknya, Indonesia adalah satu-satunya negara yang nantinya akan menjadi pemasok tunggal untuk memasok unit motor sport ini ke berbagai negara di dunia lewat bendera Yamaha Indonesia Motor facturing ( YIMM ).

Motor full fairing baru ini rencananya baru akan mulai di jual pada tahun 2015 nanti. Lantas seperti apa spesifikasi dari motor yang bernama YZF-R3 ini?. Dari segi tampilan, yamaha yzf r3 ini tampak sporty dengan desain yang sporty dengan nuansa balap yang kental. Uniknya, kalau diperhatikan dengan seksama, tampilan motor ini malah justru mirip dengan motor sport yamaha terbaru tahun 2014 di indonesia yakni yamaha r25.

Dari mulai desain headlamp yang mirip kepala hiu hingga bagian belakang yang meruncing  tanpa adanya pegangan ( Grip ). Selain itu, pilihan warnapun sama yakni biru, hitam dan merah. Tidak hanya sampai di situ saja, striping yang digunakan pun sangat mirip dengan r25 yang ada di indonesia.

Yang sedikit berbeda hanyalah pada r3 warna biru yang tampak lebih banyak bernuansa biru dari mulai bagian tangki hingga pada velgnya, jika dibandingkan dengan r25 racing blue yang menggunakan sedikit warna biru pada tangki dan velg yang berwarna hitam.


Dari sektor dapur pacu, motor sport terbaru yamaha ini mengandalkan mesin yang berkapasitas 321cc, DOHC, 2 silinder, 4 valve, 6 percepatan dengan menggunakan sistem pendinginan berupa cairan ( liquid cooled ) yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 42 Hp ( Horse Power ) / 10750 rpm, sedangkan torsi maksimumnya hingga 29,6 Nm / 9000 rpm. Dan pada kapasitas mesin dan juga tenaga inilah yang paling membedakan antara yamaha r3 dengan yamaha r25.

Dimana r25 masih mengusung mesin berkapasitas 249cc, DOHC, 2 silinder, 4 valve, 6 percepatan dengan menggunakan sistem pendinginan berupa cairan ( liquid cooled ) yang hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal 27,2 kW / 12000 rpm dan torsi maksimal 23,2 Nm / 10000 rpm.

Harga Yamaha YZF R3
Yamaha YZF R3
Namun tetap saja ya, kesamaan pun terlihat lagi dengan mesin yang sama-sama telah mengusung teknologi Alumunium DiASiL cylinder dan Forged Piston yang mengadopsi dari teknologi moto gp yang juga telah dipakai oleh motor yamaha R1 dan R6.

Untuk segi kenyamanan, yamaha yzf r3 ini di bekali dengan suspensi teleskopik Kayaba ( KYB ) berdiameter 41 mm dengan travel 130 mm di sektor depan, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan suspensi jenis monoshock Kayaba ( KYB ) dengan travel 124 mm.

Harga Yamaha YZF R3
Yamaha YZF R3
Selain merupakan suspensi yang berkualitas tinggi yang mampu meredam getaran, suspensi ini juga unggul mengingat bisa diaturnya tingkat kenyamanan suspensi sesuai keinginan pengendara. Dan sebagai penghenti laju motor, yamaha yzf r3 in di bekali dengan rem cakram berukuran 298 mm dibagian depan dan rem cakram berukuran 220 mm di bagian belakang.

Harga Yamaha YZF R3
Yamaha YZF R3
Sumber gambar : Yamaha

Namun yang paling disayangkan, motor full fairing ini sudah di pastikan tidak akan dijual di lokal ( indonesia ) dan hanya ada di luar negeri saja. Alasan utamanya adalah pajak di indonesia yang sangat tinggi. Apalagi jika mengingat kapasitas motor yamaha r3 yang mencapai 320cc.

Sudah dipastikan itu melewati batas dari  ketentuan beban pajak penjualan atas barang mewah ( PPnBM ) sebesar 60% untuk sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin lebih dari 250 cc di indonesia. Jadi, jika di pasarkan di indonesia harga motor ini akan sangat mahal hingga melebihi dari harga yamaha r25.


Perbedaannya pun tak tanggung-tanggung mungkin hingga puluhan juta atau jika di kalkulasikan sekitar 2x lipat dari harga r25. Bayangkan saja, siapa sih yang mau membeli motor yamaha r3 ini dengan harganya yang sangat tinggi, jika ada pilihan lain yakni yamaha r25 yang harganya lebih murah dengan kapasitas mesin yang beda tipis.

Untuk sekedar menambah wawasan dan referensi, di bawah telah ada spesifikasi dan harga yamaha r3 ini yang telah ditetapkan di amerika, semoga bermanfaat!.

Spesifikasi Yamaha YZF R3 :

  1. DIMENSI
  • Panjang motor ini mencapai 2090 mm.
  • Lebarnya yakni 718 mm.
  • Tingginya sendiri adalah 1135 mm.
  • Tinggi tempat duduk ( jok ) adalah 779 mm.
  • Jarak sumbu rodanya yaitu 1379 mm.
  • Kapasitas bahan bakarnya adalah hingga 14 liter.
  • Sudut kemudi yaitu 25 derajat.
  • Berat kosong motor adalah 166 kg.
      2. RANGKA
  • Suspensi depannya menggunakan suspensi jenis teleskopik KYB ( Kayaba ) berdiameter 41 mm dengan travel 130 mm, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan suspensi jenis monoshock KYB ( Kayaba ) dengan travel 124 mm.
  • Dibekali dengan rem cakram berukuran 298 mm dibagian depan dan rem cakram berukuran 220 mm di bagian belakang.
  • Roda bagian depan berukuran 110/70 - 17M/C 54H dan roda belakang berukuran 140/70 - 17M/C 66H.
      3. MESIN
  • Menggunakan mesin yang berkapasitas 321 cc, DOHC, 2 silinder, 4 valve, 6 kecepatan yang bersistem pendinginan cairan.
  • Diameter x langkahnya adalah 68 mm x 44,1 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesin : 11,2 : 1.
  • Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan oleh mesinnya adalah 42 Hp ( Horse Power ) / 10750 rpm, sedangkan torsi maksimumnya hingga 29,6 Nm / 9000 rpm.
  • Sistem bahan bakarnya Fuel Injected.
  • Sistem pengapian yang di pakai adalah TCI ( Transistor Controlled Ignition ).

Harga Yamaha YZF R3 :

  • Untuk Harga Yamaha YZF R3 2015 ini yang Baru sepertinya sudah tidak ada, adanya hanya bekas mengingat saat ini sudah lahir generasi baru dari motor r3 ini.        

JDemikian sedikit ulasan mengenai spesifikasi dan harga yamaha yzf r3, kakak dari yamaha yzf r25 yang hanya dijual di luar negeri saja. Jangan lupa baca informasi lainnya di situs motorcomcom ini seperti tentang :