Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kawasaki Ninja H2 dan H2R 2023

Harga Kawasaki Ninja H2 dan H2R - Ninja H2 merupakan motor super bike terbaru dari pihak kawasaki yang di perkenalkan ke pada publik dunia menjelang akhir tahun 2014 ini. Bertempat di milan Italia, motor ini langsung menyedot perhatian para pecinta otomotif dunia yang kala itu sedang menghadiri ajang pameran otomotif dunia, EICMA.  Bagaimana tidak, dengan desainnya yang aerodinamis dan futuristik serta performa mesin yang bisa dibilang sangat luar biasa pastinya banyak orang yang sangat penasaran dan seakan tertarik
untuk memilikinya.

Tidak seperti motor super sport yang ada selama ini, Kawasaki Ninja H2 ini bisa dibilang tampil sangat keren dan begitu mewah sekali . Desain body nya sangat  aerodinamis dan futuristik dengan banyak lekukan-lekukan tajam di sana sini. Hal itu tidak lepas dari campur tangan / keikut sertaan dari anak perusahaan kawasaki yang bergerak di sektor industri pesawat terbang yakni Kawasaki Aerospace Company. Perusahaan tersebut telah berhasil membuat tampilan motor ninja terbaru ini menjadi sangat atraktif dengan pemilihan bahan berupa serat karbon yang ringat dan kuat sebagai bahan untuk utama dalam pembuatan body motor ini.

Ninja H2 semakin istimewa dengan penggunaan cat khusus pengembangan dari pihak KHI ( Kawasaki Heavy Industries )sendiri. Cat tersebut merupakan perpaduan antara larutan ion perak dengan berbagai zat pereduksi dan juga bahan kimia lainnya yang menghasilkan lapisan perak murni. Hasilnya pun bisa kita lihat langsung pada tampilan motor yang berwarna perak dan sangat mengkilap.

Yang paling menarik perhatian pada desain motor ini yakni terdapatnya sebuah lambang ( emblem ) yang disebut "The River Mark ".River mark sendiri merupakan sebuah lambang yang hanya digunakan pada motor-motor kawasaki yang dianggap sangat spesial dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dengan dipakaikannya emblem tersebut di kepala sang motor, bisa di artikan jika kawasaki ninja h2 ini telah diakui sebagai salah satu karya terbesar yang pernah diciptakan oleh perusahaan kawasaki.

Kelebihan lainnya dari motor ini adalah penggunaan rangka jenis teralis yang berbahan baja berkualitas dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Hal ini akan membuat motor ini menjadi tetap stabil meskipun bermanuver dalam kecepatan yang tinggi. Dalam segi kenyamanan, motor ini  bisa dibilang sudah sangat maksimal, soalnya motor ini telah menggunakan suspensi berteknologi KYB. Dimana untuk suspensi depan menggunakan jenis Upside Down ( Inverted Fork ) berdiameter 43 mm, sedangkan suspensi belakang menggunakan New Uni-Track.

 Menariknya, kedua suspensi tersebut menggunakan sistem peredaman getaran yang bisa disesuaikan kenyamanannya sesuai dengan kebutuhan pengendaranya. Hebatnya lagi, suspensi tersebut telah di bekali dengan teknologi canggih dari perusahaan suspensi dari amerika ( Ohlins ) yaitu teknologi Ohlins Electronic Steering damper yang berfungsi agar kontrol atau pengendalian motor bisa menjadi lebih mudah.

Superbike ninja H2 ini menggendong mesin berkapasitas 988 cc, 4 silinder, DOHC, 6 percepatan, 4 tak yang bersistem pendinginan berupa cairan.  Menariknya mesin motor ini telah di tambah dengan teknologi canggih " Supercharged ".

Teknologi ini berfungsi untuk memberikan dorongan kepada mesin agar mengeluarkan tenaga yang jauh lebih besar dari tenaga mesin pada umumnya. Supercharged tersebut berisi beberapa komponen diantaranya impeller ( turbin ), Crankshaft, Set Up gear dan gear khusus yang dinamakan "Planetary Gear ".

Dari semua komponen yang bisa di bilang paling berpengaruh dan merupakan kunci utama dari teknologi supercharged iyalah "Planetary Gear". Di namakan planetary gear tidak lain dan tidak bukan karena susunan atau pola dari gear tersebut mirip dengan susunan planet yang ada di alam semesta. Gear tersebut berfungsi sebagai penghubung sekaligus penggerak semua komponen yang terdapat pada mesin supercharged tersebut.

Harga Kawasaki Ninja H2
Kawasaki Ninja H2
Harga Kawasaki Ninja H2
Kawasaki Ninja H2

Teknologi supercharged ini pun sebenarnya merupakan teknologi yang biasanya hanya digunakan pada mesin pesawat terbang, kapal, juga kereta api dan belum pernah di pakai untuk mesin sepeda motor. Jadi bisa dibilang, jika kawasaki ninja h2 ini merupakan motor pertama di dunia yang telah menerapkan teknologi supercharged tersebut.

Tenaga maksimal yang mampu dikeluarkan motor ini sendiri mencapai 200 HP ( Horse Power ) / 11000 rpm dan torsi maksimum hingga 144,5 Nm / 10500 rpm. Dengan komparansi mesin seperti itu, bisa di bayangkan jika motor ini memiliki akselerasi dan kecepatan yangsangat tinggi. Ini terbukti dengan akselerasi  0 - 100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 2,5 detik saja. Tidak tanggung-tanggung motor ini  melaju kencang hingga mencapai kecepatan maksimal mencapai 299 km/jam.


Untuk sektor keamanan, kawasaki ninja h2 dibekali dengan rem cakram ganda 4 kaliber piston dari brembo berukuran 300 mm di bagian depan dan rem cakram tunggal 2 kaliber piston dari brembo berukuran 250 mm. Hebatnya, kedua rem tersebut telah dilengkapi dengan teknologi pengereman canggih hasil pengembangan dari pihak kawasaki sendiri ( KIBS ) yang setingkat dengan teknologi Anti-Lock Brake System ( ABS ).

Kawasaki juga tidak lupa menyematkan fitur-fitur unggulan pada motor super sportnya ini diantaranya ada KTRC ( Kawasaki Traction Control ). Fitur ini menggunakan analisa yang rumit yang di buat untuk membantu mencegah ban mengalami slip. KTRC ini memiliki 3 pilihan mode. Mode 1 dan 2 lebih dikhusukan untuk mendapatkan akselerasi yang sedang dan juga maksimum.

Sedangkan untuk mode 3 di gunakan untuk mendapatkan akselerasi yang lebih lambat khusus saat mengalami kondisi hujan ataupun jalan yang basah. Selain itu ada juga fitur KLCM ( Kawasaki Launch Control Mode ) yang berfungsi memaksimalkan akselerasi motor ketika akan mulai bergerak.

Sedangkan untuk motor kawasaki ninja H2R sebenarnya merupakan motor versi balap ( racing ) dari ninja H2. Motor ini sendiri pertama kali diluncurkan ke publik dunia pada ajang Intermot Motorcycles Fair Cologne tahun 2014 yang diselenggarakan di negara jerman.

Harga Kawasaki Ninja H2R
Kawasaki Ninja H2R
Harga Kawasaki Ninja H2R
Kawasaki Ninja H2R
Sumber Gambar2 : http://www.kawasaki.com/

Ada banyak perbedaan menonjol antara H2 ( versi jalanan ) dan H2R ( versi racing ) diantaranya :
  • Dari segi konsep
Kawasaki ninja H2 di ciptakan untuk digunakan sebagai motor sehari-hari yang digunakan di jalanan umum. Sedangkan kawasaki ninja H2R lebih ditujukan untuk balapan di sirkuit.
  • Dari segi desain
Ninja H2 menggunakan spion, windshield yang tidak terlalu tinggi, knalpot berukuran besar dengan 2 lubang. Sedangkan H2R tidak menggunakan spion tapi sebuah sayap yang berfungsi untuk memecah angin ketika berakselerasi, lalu ada windshield yang tinggi, knalpot ukuran kecil dengan 1 lubang.
  • Dari segi performa
Kawasaki ninja H2 memiliki tenaga 200 HP dengan kecepatan maksimal 299 km/jam, sedangkan H2R memiliki tenaga 300 HP dengan kecepatan maksimal hingga 340 km/jam.

Spesifikasi Kawasaki Ninja H2 dan H2R:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan mencapai 82.1 inci ( 2085 mm ) / ( H2R : 81.inci )
  • Lebar keseluruhan 30.3 inci ( 769 mm ).
  • Tinggi keseluruhannya yakni 44.3 inci ( 1125 mm ) / ( H2R : 45.7 inci )
  • Jarak terendah ketanah yaitu 5.1 inci ( 129,54 mm ).
  • Tinggi tempat duduk alias jok mencapai 32.5 inci ( 825 mm ) / ( H2R : 32,.7 inci )
  • Kapasitas bahan bakar hingga 17 liter ( 4.5 gal ).
  • Jarak sumbu rodanya yakni 57.3 inci ( 1455 mm ).
  • Berat kosong motor hingga 238 kg.
      2. RANGKA
  • Menggunaan rangka jenis teralis,baja kuat dan berkualitas serta berdaya renggang tinggi.
  • Sudut kemudi motor yakni 24,5 derajat.
  • Sistem pelumasan basah dengan menggunakan minyak pendingin.
  • Suspensi depan menggunakan jenis Upside Down ( Inverted Fork ) dengan sistem peredaman yang bisa di sesuaikan dengan diameter 43 mm, sedangkan suspensi belakang menggunakan New Uni-Track yang juga menggunakan sistem peredaman getaran dan bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
  • Ban depan berukuran 120/70 - ZR17 M/C ( 58W ), sedangkan untuk ban bagian belakang berukuran 200/55 - ZR17M/C ( 78 W ) / ( H2R : 190/65 - ZR17M/C ( 78W ).
  • Sektor depan motor di persenjatai dengan rem cakram ganda dengan 4 kaliber piston yang berukuran 330 mm dengan teknologi KIBS ( ABS ), sedangkan untuk sektor belakang di persenjatai dengan rem tunggal denagn 2 piston yang berukuran 250 mm juga dengan mengusung teknologi pengereman kawasaki KIBS ( ABS ).
      3. MESIN
  • Menggunakan mesin berkapasitas 988 cc, DOHC, 6 kecepatan return, 4 tak, 4 silinder yang bersistem pendinginan berupa cairan.
  • Diameter x langkahnya mencapai 76 mm x 55 mm.
  • Perbandingan komprehensi mesinnya yaitu 8,5 : 1.
  • Sistem penyuplai tenaga motor yaitu kawasaki supercharger.
  • Menggunakan sistem pengapian jenis digital yang tercanggih saat ini.
  • Sistem bahan bakar yang digunakan adalah DFI Throttle bodies 4 x 50 mm dengan sitem injeksi berganda.
  • Kawasaki ninja H2 mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 200 HP ( Horse Power ) ( 210 HP dengan Air Ram ) dengan Torsi maksimum yang mampu dihasilkan/dikeluarkan nya mencapai 144,5 Nm / 10500 rpm . Sedangkan H2R mampu mengeluarkan tenaga maksimal yang jauhh lebih besar yakni sebesar 300 HP ( Horse power ).

Harga Kawasaki Ninja H2 dan H2R - 2023 :

  • Harga Kawasaki Ninja H2                                   Rp 830.000.000 ( OTR Jakarta )
  • Harga Kawasaki Ninja H2R                                 Rp

Harga diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu..terima kasih. Jangan Lupa Baca Juga Artikel Menarik Mengenai :