Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga KTM RC390 2023

Harga KTM RC390 - Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 30 oktober 2014 indonesia secara resmi telah kedatangan salah satu motor super sport besutan pabrikan otomotif dunia asal Austria ( KTM ) yakni KTM RC390. Berlokasi di sirkuit karting sentul, motor berfairing dengan tampilan ala motor balap ini telah mampu menarik dan menjadi sorotan serta perhatian para pengunjung yang ada di sana. Bagaimana tidak? motor ktm yang selama ini identik dengan motor tipe nakedbike dan trail, ternyata juga memiliki versi motor balap yang keren.

Nama RC yang disandangnya mengacu pada "Race Competition" yang memiliki makna bahwa motor hasil desaigner dunia Gerald Kiska ini memang dilahirkan sebagai motor balap sejati. Hebatnya lagi, motor ini juga termasuk sebagai motor ktm yang berslogan "ready to race" alias siap untuk dibalapkan ( tak perlu ada perubahan atau modifikasi banyak jika ingin diikutkan dalam balapan).

Motor ini sendiri sebenarnya merupakan versi racing dari KTM duke 390 yang notabennya adalah motor bergenre nakedbike. Meski begitu, tetap saja si RC390 ini memiliki tenaga dan kemampuan yang lebih dibandingan dengan versi street fighternya. Lalu apa saja kelebihan dan kehebatan dari motor balap ktm ini?
Harga KTM RC390
KTM RC390
Sumber : http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/rc390
Sebagai motor yang bergenre balap, KTM RC390 ini memiliki spesifikasi yang mumpuni. Bagaimana tidak? di buat menggunakan rangka besar dan kuat jenis teralis berbahan baja yang dihiasi dengan balutan warna orange tidak hanya membuat motor ini bisa stabil di jalanan, tapi juga membuat motor ini memiliki kesan tampilan yang kokoh dan padat.

Di sektor bagian depan, motor KTM RC390 ini terlihat begitu sporty dengan adanya pelindung angin ( wind shield ) yang cukup lebar dan besar. Dengan ukuran tersebut si wind shield akan berfungsi maksimal untuk melindungi tangan dan juga dada pengendara dari terpaan angin yang berasal dari bagian depan. KTM RC390 ini juga dibekali dengan dua lampu depan ( twin headlamp ).

Uniknya, lampu tersebut berbentuk bulat dengan posisi yang cekung kedalam. Hal tersebut tidak hanya membuat pencahayaan yang dihasilkan menjadi lebih maksimal tapi juga mampu menambah kesan unik pada motor balap ktm ini. Sedangkan untuk disektor belakang motor KTM RC390 ini tampak bak motor balap dengan hadirnya spartbor yang berjenis undertail dengan lampu jenis LED yang mewah.

Sebagai penyeimbang saat motor melaju, motor super sport KTM RC390 ini di persenjatai dengan suspensi depan jenis teleskopik yang berdiameter 125 mm dan suspensi belakang jenis monoshock berdiameter 150 mm. Menariknya, motor ini juga telah dibekali dengan swing arm jenis banana sehingga kenyamanan dan kestabilan saat berkendara menjadi semakin terasa.

Dan untuk membuat pengendara betah dan nyaman ketika berkendara, motor KTM RC390 ini dibekali dengan jok empuk jenis dual set yang tidak terlalu tinggi yakni hanya 820 mm saja. Hebatnya lagi, jok yang dimiliki ini bisa di modifikasi menjadi single seat jika kita ingin berkendara layaknya menggunakan motor balap sungguhan.
Spesifikasi KTM RC390
KTM RC390
Sumber : http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/rc390
Motor super sport KTM RC390 ini di bekali dengan mesin 1 silinder berkapasitas 373,2 cm, 4-tak, Technology DOHC yang bersistem pendinginan berupa cairan. Tenaga maksimum yang sanggup di semburkannya mencapai 32 kW ( 42HP ), sedang untuk torsi maksimumnya mencapai 35 Nm. Selain itu motor ini telah mengusung teknologi bahan bakar injeksi, sehingga bisa dipastikan motor ktm rc390 ini memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit dan terpenting gas buang/emisinya bersih alias ramah lingkungan.

Hebatnya lagi, mesin digunakan KTM RC390 telah menggunakan forged piston ( piston tempa ) yang kuat dan telah mengadopsi dari teknologi dari KTM di Moto3. Jadi bisa dipastikan jika motor balap yang satu ini memang tangguh di jalanan. Ini terbukti dengan kecepatan maksimum atau top speed motor yang mampu mencapai hingga 179 km/jam seperti dalam video yang diunggah oleh kevin smith di youtube.

Guna menghentikan laju motor sekaligus buat keamanan pengendaranya, motor KTM RC390 ini dipersenjatai dengan rem cakram di kedua kakinya. Dimana untuk roda depan menggunakan rem cakram 4 kaliber pot berukuran 300 mm, sedangkan untuk roda belakang menggunakan rem cakram 1 kaliber yang berukuran 230 mm. Hebatnya, teknologi pengeremannya sendiri sudah mengusung teknologi canggih brembo dan teknologi ABS ( Anti-lock Brake System ) sehingga bisa di pastikan jika sektor pengereman benar-benar kuat dan mumpuni.

Ktm juga tidak lupa memberikan fitur canggih pada motor balapnya KTM RC390 ini, diantaranya yakni spedometer canggih yang 100% menggunakan layar jenis LED. Spedometer ini berisi informasi seputar panel servise reminder, indikator bahan bakar, indikator kecepatan, panel gigi dan panel pembatas rpm.

Harga KTM RC390 di indonesia sendiri terbilang mahal, mengingat PPnBM ( pajak penjualan untuk barang mewah ) untuk sepeda motor yang berkapasitas lebih dari 250 cc terbilang sangat tinggi. Bahkan di negara tetangga seperti malaysia dan singapura juga ikut-ikutan mahal.

Namun jika anda berkeinginan untuk memiliki motor KTM RC390 ini, jangan khawatir dulu soalnya di indonesia, prosedur yang diterapkan untuk bisa meminang motor balap ktm ini tidak hanya dengan sistem tunai saja, melainkan dengan sistem kredit juga. Untuk sistem kredit, anda diwajibkan membayar uang muka sebesar 47 juta rupiah dengan angsuran 3,2 juta rupiah setiap bulannya.Gimana? tertarik memilikinya?

Spesifikasi KTM RC390 :

  1. DIMENSI
  • Tinggi kursi alias jok mencapai 820 mm.
  • Jarak motor ke bawah hingga 178,5 mm.
  • Sudut kepala setirnya adalah 66,5 derajat.
  • Berat kering motor mencapai 147 kg.
  • Total kapasitas bahan bakarnya adalah 10 liter.
      2. RANGKA
  • Menggunakan rangka jenis tubular space frame yang kuat berbahan baja.
  • Bagian depan motor menggunakan suspensi jenis teleskopik yang memiliki diameter 125 mm, sedangkan untuk penunjang dibagian belakang menggunakan suspensi jenis monoshock yang berdiameter 150 mm.
  • Dibekali dengan rem jenis cakram di kedua rodanya, dimana untuk yang depan menggunakan jenis cakram 4 pot kaliber berukuran 300 mm, sedang untuk yang belakang menggunakan jenis cakram 1 pot kaliber yang memiliki ukuran 230 mm.
       3. MESIN
  • Mesin yang digunakan yakni berkapasitas 373,2 cm, 1 silinder, 4 tak, DOHC, 6 transmisi kecepatan, yang menggunakan sistem pendinginan berupa cairan.
  • Diamter x langkah yang dimiliki yaitu : 89 mm x 60 mm.
  • Tenaga maksimum yang sanggup digelontorkannya hingga 32 kW ( 43 Horse Power ), sedangkan torsi maksimalnya mencapai 35 Nm.
  • Hanya menggunakan satu alternatif untuk menghidupkan mesinnya yakni electric starter.
  • Menggunakan kopling multi-disc basah yang dioperasikan secara mekanis.
  • rasio gear utama yakni 30:80, sedangkan untuk rasio gear sekundernya adalah 15:45.
  • Menggunakan sistem pengapian yang canggih jenis elektronik ( digital ).

Harga KTM RC390 2023:

  • Harga KTM RC390 Baru                             Rp.99.000.000

Demikian artikel tentang spesifikasi dan harga ktm rc390 terbaru yang ada di tanah air indonesia. Harga diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu..terima kasih Bacalah Juga Artikel Menarik di blog motorcomcom ini Tentang: