Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Honda Sonic Vs Satria Fu Injeksi, Mana Yang Lebih Unggul?

Honda Sonic Vs Satria Fu - Seperti yang kita semua ketahui bahwasanya pasar ayago di indonesia kini mulai jadi ramai. Apalagi setelah kemunculan motor Honda Sonic 150R, motor ayago baru yang berasal dari AHM indonesia. Motor ini tentu saja menarik perhatian karena memang akan bersaing dengan raja ayago indonesia yakni Suzuki Satria FU.

Raja ayago? ya itu mungkin sebutan yang pantas buat Suzuki Satria Fu. Hal ini karena selama waktu yang cukup lama motor buatan Suzuki Motor Indonesia ini merajai penjualan motor ayago di indonesia. Tanpa adanya pesaing yang berarti motor underbone suzuki tersebut langsung laris dalam penjualannya di tanah air.

Memang dengan sosoknya yang sporty dan enak dilihat, Suzuki Satria Fu langsung bisa memikat perhatian penggemar otomotif di indonesia. Apalagi itu anak muda langsung tertarik dengan motor ayago ini. Selain keren, motor ini juga akselerasi yang cepat. Lajunya juga bisa sangat kencang di jalanan.

Namun kalau sekarang tentu beda, hal ini karena seperti yang sudah dibilang tadi sudah muncul motor ayago baru yakni Honda Sonic 150R. Honda sonic 150cc terbaru ini tentu saja akan menghalangi perjalanan dari Suzuki Satria FU. Apalagi memang saat diluncurkan Honda Sonic 150R memiliki banyak keunggulan baik fitur dan lainnya. Apalagi sektor mesinya sudah injeksi, sedang Satria FU masih karburator.

Tapi yang menarik adalah setelah terasa terusik, Suzuki Satria FU ternyata langsung mendapatkan pembenahan dari Suzuki semakin bagus dan kaya akan fitur dan menyandang nama Suzuki Satria F150 injeksi. Berubahnya Suzuki Satria FU karburator menjadi injeksi jelas, dan ubahan lainnya jelas membuat persaingan di kelas ayago semakin memanas.


Honda Sonic Vs Satria FU, masing masing memiliki fitur unggulan yang sama namun juga mereka juga punya kelebihan sendiri sendiri. Khas dari diri mereka masing masing. Persaingan kedua ayago dikelas yang sama tersebut tentu sangatlah menarik ya?. Baiklah untuk itu berikut perbandingan honda sonic 150 dengan satria fu 150 ala motorcomcom buat kalian semuanya.

Desain

Pertama Honda Sonic Vs Satria FU dari segi desain. Meskipun sama sama motor ayago, namun untuk desain kedua motor ini itu beda. Kalau motorcomcom lihat desain sonic cenderung terlihat tajam dan sporty. Sementara untuk Satria Fu injeksi terkesan lebih futuristik bahkan sekilas mirip robot. Namun semuanya balik ke selera masing masing sih. Namun kalau opini motorcomcom lebih bagus satria ketimbang sonic.

Honda Sonic Vs Satria Fu
Honda Sonic Vs Satria Fu
Performa Mesin

Kita lanjut Honda Sonic Vs Satria FU injeksi ke bagian dapur pacu. Honda Sonic dipersenjatai dengan mesin 149,16cc, DOHC dengan liquid cooled with auto fan. Tipe mesinnya square engine dengan bore dan stroke 57,3 mm x 57,8 mm. Rasio kompresinya 11,3 : 1. Power maksimalnya 11,8 kW / 9000 rpm dengn torsi maksimal 13,5 Nm / 6500 rpm. Top speed honda sonic 150 diklaim 178 km/jam dengan konsumsi BBM 45,35 km/liter.

Sementara untuk satria fu injeksi menggendong mesin berkapasitas 147,3 cc, DOHC, Liquid cooled. Tipe mesinnya overbore dengan bore dan stroke 62 mm x 48,8 mm. Rasio kompresinya 11,5 : 1. Power maksimalnya 13,6 kW / 10000 rpm dengan torsi maksimal 13,8 Nm / 8500 rpm. Top speed honda sonic 150 diklaim 181 km/jam dengan konsumsi BBM 50 km/liter.

Untuk top speed satria fu vs sonic dimenangkan oleh satria. Nah dari perbandingkan di sektor mesin jelas Suzuki Satria FU injeksi lebih unggul dibandingkan dari Honda Sonic 150R. Baik dari performa serta konsumsi bahan bakar dimenangkan oleh Suzuki Satria Injeksi.

Fitur

Dari segi fitur, baik Honda Sonic 150R maupun Suzuki Satria F150 Injeksi sama sama mengusung fitur yang modern dan menarik. Namun jika ditanya banyakan mana? maka jawabannya adalah suzuki satria injeksi. Lihat saja, Honda Sonic menyuguhkan fitur seperti lampu LED, Speedometer Full Digital, Clip Handle Bar, Key Shutter, Ban tubeless dll.


Sementara untuk Suzuki Satria menawarkan Lampu LED, speedometer digital, 1 push Electric System, Shuttered Key System. Dan yang beda dengan sonic di satria ada Alarm System dan USB charger meskipun untuk versi spesial. kemudian juga di Satria dilengkapi dengan bagasi kecil di bagian depan, sementara honda sonic tak tersedia.

Harga Jual

Menginjak ke Honda Sonic vs Satria Fu injeksi. Di tanah air, AHM indonesia mematok harga honda sonic terbaru  ialah untuk varian standar di patok dengan harga Rp 21,825 juta rupiah & yang termahal ada di angka Rp 22, 225 juta rupiah.

Sementara untuk Harga Suzuki Satria FU injeksi di tawarkan PT SIS indonesia dengan harga mulai 22 juta rupiah untuk yang standar. Dan Rp. 22,450 juta untuk harga satria fu injeksi varian yang paling tinggi. Jika dilihat harga honda sonic vs satria fu adalah harga honda sonic 150r lebih murah ketimbang harga suzuki satria fu injeksi.

Kesimpulan

Honda Sonic 150R di tawarkan dengan harga yang lebih murah, namun dengan kualitas yang baik dan sudah mumpuni. Namun dengan harga yang lebih mahal, Suzuki Satria Fu injeksi menawarkan hal lebih, seperti dalam hal mesin dan juga fitur. Namun semuanya tetap tergantung dari selera dan keinginan masing masing mau memilih yang mana.

Demikian informasi dari motorcomcom mengenai perbandingkan honda sonic vs satria fu injeksi. Namun perlu diingat sobat otomotif semuanya, ini cuma penilaian pribadi dan tidak bermaksud untuk merendahkan atau mengunggulkan salah satu. Semoga artikel singkat ini berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan sampai ketemu di artikel yang berikutnya. Baca Juga: