Yamaha Nmax Vs Honda PCX, Mana Yang Lebih Unggul.

Advertisement
Yamaha Nmax VS Honda PCX  - Di indonesia pertumbuhan motor matic memang terus dan terus saja berkembang. Dan hal ini tentunya bikin para pabrikan pada membuat motor matic. Dan hasilnya ya seperti sekarang ini, motor matic itu jadi sangat banyak dan bertebaran di indonesia. Model model motor matic pun kian beragam.

Layaknya motor bebek ataupun motor sport, di dunia matic juga terjadi persaingan yang panas. Utamanya dari para pabrikan yang memang saling bersaing ketat untuk menjadi yang nomer satu di indonesia. Pabrikan yang saat ini bisa kita lihat bersaing dikelas motor matic indonesia tentu ialah yamaha dan juga honda.

Kedua pabrikan inilah yang saat ini lagi gencar dan terus bersaing di segmen motor matic. Persaingan motor matic sendiri bisa dilihat di setiap kelas motor matic, salah satunya dikelas motor matic 150cc. Nah disini baik yamaha ataupun honda masing masing memiliki jagoannya sendiri sendiri dan kini masih terus bersaing.

Jika sobat mau tahu di kubu yamaha ada motor Yamaha Nmax 150, sementara dari pihak honda ada Honda PCX 150. Kedua nya cenderung memiliki kemiripan sehingga bisa lah kedua nya itu dibilang sebagai rival. Masing masing punya fitur dan kelebihan tersendiri yang mana menjadi keunggulan dari mereka .

Honda PCX 150 terlebih dahulu masuk indonesia sebelum Nmax dan juga tidaklah diproduksi di indonesia melainkan di impor dari thailand dengan status CBU. Sementara Yamaha Nmax 150 dibuat sendiri oleh YMMI di indonesia.


Awalnya PCX sendirian di segmen motor matic 150cc premium. Namun semenjak NMAX datang semua berubah dan inilah awal dari persaingan antara kedua matic premium ini. Nah karena masuk dikelas sama juga yakni 150cc inilah, terus juga memang keduanya saling bersaing plus tak ada lawan lainnya.

Rasanya enak dan pantas juga kali ya sobat otomotif semuanya jika kita komparasikan keduanya antara Yamaha NMAX vs Honda PCX. Dengan begitu tentu kita jadi lebih tahu motor skuter matic mana yang bisa jadi pilihan kita sebagai kendaraan kesayangan. Berikut review NMAX vs PCX dari motorcomcom.

Desain

Kita mulai dari desain dahulu sobat motorcomcom. Untuk desain sebenarnya itu semua tergantung selera sendiri sendiri sih sobat. Apalagi memang tiap orang kesukaannya berbeda beda. Namun jika dilihat ya, memang desain Yamaha Nmax Vs Honda PCX itu punya karakter berbeda. Yamaha Nmax terlihat lebih lebih modern dan sporty. Apalagi memang si doi itu masuk dikeluarga MAX series.

Sementara untuk Honda PCX tampak lebih elegan dan mewah. Desainnya mengalir dan tiap sendiri itu terkesan apik, terkesan matic ini indah serta menawarkan kenyamanan. Meskipun beda karakter, namun dengan desain yang dimiliki Baik Yamaha NMAX maupun Honda PCX sudah menembus pasar internasional dan di jual di beberapa negara di dunia. Hal ini setidaknya membuktikan kalau keduanya punya desain yang sama sama bagus bahkan diterima oleh pasar otomotif dunia.


Dimensi

Berikutnya Yamaha NMAX vs Honda PCX dibagian dimensi. Untuk Yamaha NMAX 150 memiliki ukuran P x L x T masing masing 1955 mm x 740 mm x 1115 mm. Sementara untuk Honda PCX 150 P x L x T nya 1931 mm x 737 mm x 1103 mm. Bisa dilihat bahwa ternyata Yamaha NMAX punya ukuran tubuh yang lebih dibandingkan sama PCX. Lebih panjang, lebar dan lebih tinggi.

Namun meski lebih segalanya tubuhnya, namun NMAX ini lebih ringan dari PCX. Yamaha NMAX beratnya 127 kg, sementara PCX ada di 131 kg. Namun Honda PCX unggul dalam tangki bahan bakar yang mana mencapai 8 liter. Sementara Yamaha NMAX 150 hanya sanggup menampung 6,6 liter saja.

Performa Mesin

Jagoannya Yamaha, Yamaha NMAX 150 dipersenjatai dengan mesin yang mengandalkan teknologi Injeksi ( FI ), Variable Valve Actuation ( VVA ) plus sama teknologi canggih Blue Core. Mesinnya SOHC, 4 Stroke dengan sistem pendinginan cairan. Bore dan stroke 58 mm x 58,7 mm dengan perbandingan kompresi mencapai 10,5 : 1.

Sementara untuk Honda PCX 150 menggunakan mesin dengan teknologi injeksi ( PGM-FI ) serta eSP ( Enhanced Smart Power ) yang mana menjadi dasar teknologi lainnya yakni ACG Starter sama Idling Stop System ( ISS ). Bore dan stroke nya 59 mm x 57,9 mm dengan rasio kompresinya yakni 10,6 : 1. Mesinnya juga SOHC, 4 Stroke dengan sistem pendinginan cairan.


Untuk power dan torsi Yamaha NMAX masing masing 11,1 kW / 8000 rpm dan 14,4 Nm / 6000 rpm. Sementara PCX ada di 9,9 kW / 8500 rpm dan 13,7 Nm / 5500 rpm. Jika dilihat antara Yamaha NMAX vs Honda PCX di sisi performa ternyata dimenangkan oleh Yamaha NMAX yang punya power dan torsi lebih besar. Top speed NMAX diperkirakan tembus 155 km/jam. Sementara PCX diperkirakan sekitar 110 km/jam.

Performa menang Yamaha NMAX? lantas bagaimana dengan konsumsi BBM. Ternyata NMAX dipaksa menyerah karena Honda PCX 150 yang lebih unggul. Konsumsi BBM Yamaha NMAX 34 km/liter. Sementara Honda PCX konsumsi BBM nya mampu meraih hingga 42 km/liter.

Kaki Kaki

Yamaha NMAX menggunakan pelek 13 inci dengan ban tubeles sebagai pembungkus. Ban depan ukuran 110/70 - 13 M/C 48P dan belakang 130/70 - 13 M/C 63 P. Pengereman NMAX dibekali dengan rem cakram di depan dan dibelakang. Ada teknologi Combi Brake System ( CBS ) serta ABS untuk varian ABS.

Sementara untuk PCX menggunakan pelek 14 inci dengan ban tubeless juga. Namun ukuran bannya lebih kecil yakni depan 90/90 - 14 M/C 46P dan belakang 100/90 - 14 M/C 57P. Pengereman PCX pakai rem cakram di depan dan tromol dibelakang. Untuk kemaksimalan menggunakan teknologi Combi Brake System (CBS ).

Disini terlihat Honda PCX unggul di ukuran pelek saja. Sementara untuk ukuran ban serta pengereman yang ada serta teknologinya unggul Yamaha NMAX 150.

Fitur 

Beralih ke Yamaha Nmax Vs Honda PCX disisi fitur. Yamaha Nmax dibekali YMMI dengan fitur seperti lampu depan LED, speedometer full digital, mesin Blue Core + VVA, ABS, Bagasi 23 liter dan side stand switch.

Sementara untuk Honda PCX fiturnya meliputi lampu depan LED dengan hazard, Answer Back System - Alarm Theft, speedometer analog digital, power charger, ACG Starter, Idling Stop System ( ISS ), Side Stand Switch, Stoplamp LED, Bagasi 25 liter.

Dalam hal fitur, tampaknya Yamaha Nmax mesti mengalah karena Honda PCX lebih kaya akan fitur.

Harga

Sampai juga ke Yamaha Nmax vx Honda PCX di segi harga. Sebagai informasi Yamaha Motor Indonesia menjual Yamaha Nmax dengan 2 varian yakni non ABS dan ABS. Perbedaan yamaha nmax abs dan non abs utamanya dalam penggunakan teknologi ABS saja. Perbedaan nmax abs dan non abs yang non tidak pakai sementara yang ABS pakai.

Harga NmaxNon ABS dijual dengan harga Rp.25,7 juta rupiah sementara harga Yamaha Nmax 150 ABS dihargai Rp. 29,6 juta rupiah. Kemudian untuk Honda PCX 150 dilepas dengan harga mencapai Rp 40,525 juta rupiah. Harga motor PCX vs harga Yamaha N max 150 disini terlihat Nmax lebih murah sedangkan PCX lebih mahal.

Kesimpulan

Dari komparasi Yamaha Nmax Vs Honda PCX diatas setidaknya ada kesimpulan yang ada. Yamaha NMAX sebagai pemain baru menawarkan harga yang lebih murah dan terjangkau dengan beberapa fitur unggulan apalagi sudah punya ABS. Bagi PCX tentu Nmax merupakan pesaing yang serius. Meskipun punya fitur yang komplit namun dengan harga yang ada semuanya bisa saja terjadi.


Demikian sobat otomotif artikel motorcomcom mengenai komparasi Yamaha Nmax Vs Honda PCX. Semoga perbandingan honda pcx dan yamaha nmax diatas tadi bermanfaat dan menjadi referensi buat sobat semuanya. Terlebih lagi untuk kalian yang mungkin memang sedang ingin punya motor matic bertubuh besar premium di kelas 150cc. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya disini. Baca Juga: