Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan di Samsat 2017

Advertisement
Syarat Bayar Pajak Motor - Memiliki sepeda motor memang sangat bagus, soalnya kalau punya sepeda motor jadinya beragam aktivitas kita bisa jadi lebih mudah. Aktivitas sehari hari makin praktis jadinya kita bisa terbantu sekali. Sepeda motor sudah sangat lama ada dan sampai sekarang pun masih dipakai & digunakan.

Untuk menjaga sepeda motor tetap fit dan prima perlu perawatan yang baik dan berkala. Hal ini dilakukan supaya kinerja motor masih tetap optimal dair waktu ke waktu. Namun tak cuma perawatan di motornya saja, kita juga harus merawat surat surat kendaraan. Caranya bagaimana ya dengan membayar pajak motor.

Pajak motor yang dimaksud adalah perpanjangan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ). Seperti kita tahu sepeda motor punya STNK ini. Dan tak seperti BPKB, STNK butuh perpanjangan tetap biar masih bisa digunakan. Perpanjangan ini ditentukan dari batas waktu meliputi tanggal, bulan dan tahun yang biasanya ada di bagian bawah STNK. Perpanjang di lakukan 1 tahun sekali

Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ) memang perlu diperpanjang supaya bisa digunakan. Itu sudah ada aturannya di indonesia. Di STNK sendiri itu ada 4 buah kolom atau kotak yang mana itulah tempat diberikannya tanda perpanjangan berupa cap / stempel dari pihak kepolisian. Jika sudah penuh maka akan diganti yang baru.

Untuk memperpanjangnya sendiri dilakukan di SAMSAT ( Sistem Administrasi Satu Atap ) Kepolisian. Caranya terbilang cukup mudah. Yang terpenting adalah syarat bayar pajak motor STNK ini dilengkapi biar proses bayar pajak motor / perpanjangan STNK bisa di proses sebagaimana mestinya.

Bicara syarat bayar pajak motor, apakah diantara sobat otomotif sudah pada tahu? diantaranya mungkin saja iya. Namun diantaranya lagi bisa jadi masih belum terlalu tahu soal syarat memperpanjang STNK ini. Nah tenang tak usah kuatir motorcomcom sudah mempersiapkan syarat bayar pajak motor tahunan di samsat dibawah ini untuk sobat semuanya.

SYARAT BAYAR PAJAK MOTOR

Untuk syarat bayar pajak motor sendiri cenderung mudah saja, Untuk memperpanjang STNK motor kalian cukup menyiapkan berkas seperti berikut:
  1. STNK Asli
  2. KTP Asli
Cuma itu saja? ya memang demikian saja sobat otomotif. Namun perlu dicatat ya bahwa nama yang ada di STNK motor harus sama dengan nama di KTP. Kalau dahulu memang ribet dan perlu fotocopy ini itu, namun setau motorcomcom kini dipermudah yakni cuma STNK sama KTP asli saja. Dan sekali lagi nama di STNK sama KTP wajib sama.


Syarat Bayar Pajak Motor
Syarat Bayar Pajak Motor

Proses Cara Bayar Pajak Motor

1. Pergi Ke SAMSAT

Jika semua syarat sudah sobat otomotif siapkan, kalian tinggal pergi ke SAMSAT terdekat di daerah kalian. Setelah sampai tinggal masuk saja, lalu pergi ke Loket Pendaftaran Bayar Pajak Motor / STNK. Lalu ambil map yang sudah disediakan. Kemudian masukkan KTP dan KTP Asli. Dan berikan saja ke petugas tersebut. Jika diperiksa sudah lengkap, maka sobat akan dikasih nomer antrian.

2. Pembayaran Pajak Motor ( STNK )

Sobat otomotif tinggal duduk saja di tempat yang disediakan. Kemudian tunggu sampai di panggil. Setelah nomer antrian dipanggil, sobat ke loket pembayaran. Setelah itu kalian akan diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk pajak motor. Besarannya berbeda beda tergantung sepeda motor sobat.

Kalau tak salah semakin besar kapasitas mesinnya itu makin mahal. Dan juga keluarannya apakah model baru atau lama juga mempengaruhi. Setelah bayar sesuai jumlah yang ditentukan, nomer antrian akan dikembalikan namun sudah ada stempel bukti kalian sudah membayar.


3. Pengambilan STNK

Nah kalau sudah bayar, kembali duduk lagi untuk menunggu nomer antrian di panggil. Saat dipanggil, petugas akan memberikan STNK sobat yang sudah diberi sticker / cap tanda sudah diperbaharui / sudah banyak pajak. Nah jika begini bayar pajak motor selesai sudah dan kalian bisa pulang.


Itulah syarat bayar pajak motor serta proses pembayarannya. Namun ingat kembali ini buat yang STNK sama KTP namanya itu sama. Lantas bagaimana misalkan jika STNK yang akan kita bayar itu namanya beda sama KTP kita? soalnya belinya dalam kondisi seken alias setengah pakai?. Nah untuk hal tersebut masih bisa dilakukan.

Caranya ada beberapa misalkan melalui jasa perpanjang STNK atau yang lainnya. Namun tentu biaya yang dibutuhkan malahan lebih banyak serta untuk waktunya biasanya agak lama. Tapi jika tak mau demikian sebaiknya sobat balik nama saja sesuai KTP kalian biar besok besok untuk bayar pajak motor jadi lebih mudah. Demikian informasi syarat bayar pajak motor dari motorcomcom semoga bermanfaat.