Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha FZ1 2023

Harga Yamaha FZ1 - Pabrikan Yamaha memiliki sepeda motor yang cukup terkenal diantaranya adalah Yamaha FZ1. Motor dengan tipe streetfighter ini sangat dikenal sekali sebagai motor yang tangguh dan punya performa yang tinggi. Yamaha FZ1 sendiri merupakan salah satu motor Yamaha yang di jual di negara india. Dan harga Yamaha FZ1 di india bisa dikatakan terjangkau untuk motor sekelasnya.

Namun yang cukup disayangkan, motor Yamaha FZ1 ini tak dijual di indonesia. Yamaha Motor Indonesia lewat PT YMMI setau motorcomcom tidak menghadirkan sepeda motor ini di tanah air. Namun bagi kamu semuanya masih bisa mendapatkannya yakni melalui perantara importir umum. Dengan harga Yamaha FZ1 sesuai importir umum tentunya.

Bicara motor Yamaha FZ1 ini, motor ini umurnya cukup tua juga. Yakni motor ini mulai diproduksi oleh Yamaha sekitar tahun 2001. Namun karena beberapa alasan yang cukup kuat akhirnya motor streetfighter ini kemudian dihentikan produksinya oleh pabrikan Yamaha. Benar sobat, motor Yamaha FZ1 sang streetfighter 1000cc ini kini sudah dihentikan produksinya. Di negara india pun begitu juga. Yamaha FZ1 kini digantikan dengan Yamaha FZ09.

Namun meski dihentikan, tak jarang motor Yamaha FZ1 ini masih lalu lalang di jalanan. Bahkan di negara indonesia pun juga motor ini kerap terlihat. Kalau tak percaya, bagi sobat yang belum pada tahu, motor ini itu kerap di gunakan sebagai pengawal mobil presiden. Pengawal Presiden jokowi pun kini masih menggunakan motor streetfighter bertubuh besar ini. Dan memang motor ini masuk dalam motor pengawal presiden terbaik di dunia. Yamaha FZ1 paspampres pun terlihat gagah dan keren.

Malahan ya sobat otomotif kabar hangat yang tengah dibicarakan saat ini yakni kedatangan Raja Salman dari arab saudi ke indonesia pun menyinggung soal motor Yamaha FZ1 ini. Tepatnya, di rombongan Raja Arab Saudi tersebut ternyata ada motor streetfighter ini yang turut mengawal. Wah keren dan hebat juga ya motor ini. Sampai dijadikan pengawal kendaraan orang besar termasuk raja arab saudi ini.


Desain "The Brutal Beauty"

Motor Yamaha FZ1 memiliki desain yang keren dan gagah. Serta menguatkan sebuah desain yang indah dan enak saat dilihat. Semuanya sesuai dengan tagline utama dari motor ini yakni "The Brutal Beauty". Motor ini punya tubuh yang besar namun tetap gagah dan padat. FZ1 termasuk dalam deretan moge yang punya integritas yang tinggi dikelasnya. Warna motor inipun stylish dan menarik

Motor ini memiliki panjang tubuh hingga 2140 mm, lebar 770 dan tinggi 1060 mm. Selanjutnya karena ini motor yang besar maka untuk jarak sumbu roda antara roda depan sama belakang cukup jauh juga yakni 1460 mm. Motor Yamaha FZ1 ini bisa dikatakan mudah dikendarai soalnya ini motor punya tinggi tempat duduk cuma 815mm.

Harga Yamaha FZ1
Yamaha FZ1
Dibagian depan, Yamaha FZ1 menggunakan lampu tunggal dan penerangannya masih menggunakan bohlam biasa namun sudah mengusung Multi Reflector. Penggunaan bohlam biasa memang wajar saja mengingat motor ini itu model lama belum seperti sekarang ini yang lagi ramai pakai lampu bertipe LED.

Selanjutnya lampu belakangnya pun masih bohlam biasa. Di sektor ergonomi Yamaha FZ1 nyaman layaknya motor streetfighter kebanyakan. Kenyaman memang tak perlu dikagetkan lagi soalnya motor motor kaya FZ1 ini memang lebih dipakai untuk harian. Dan bukannya untuk memperoleh kecepatan yang tinggi. Joknya model double seat. Knalpotnya besar dan unik. Lalu bagian kaki pakai pelek sporty 5 palang.

Rangka Diamond dan Suspensi

Harga Yamaha FZ1
Harga Yamaha FZ1
Yamaha FZ1 dibangun dengan rangka tipe diamond. Rangkanya kuat sekali dan bisa terlihat dari kemampuanya menopang berbagai bagian motor besar ini. Rangkanya tak cuma kuat nan kokoh saja. Juga masih mengutamakan kelenturan yang optimal biar motor ini itu bisa bermanuver dengan baik ketika mesti melewati tikungan atau belokan.

Untuk suspensi depan Yamaha FZ1 menggunakan Telescopic Fork sedangkan untuk yang belakang pakai monoshock ala motor streetfighter kelas atas. Dan tentu saja terintegrasi sama Swing Arm nya. Kedua suspensi ini mumpuni sekali mengingat ini motor adalah motor dengan cc besar yang memang mesti harus punya sisi presisi yang mumpuni.


Kaki kaki Yamaha FZ1 di bekali sama Yamaha sama pelek cast wheel ( CW ) ukuran 17 inci. Ukurannya sama antara depan sama yang belakang. Kemudian untuk ban nya sendiri dipilih ban Radial, Tubeless tentu saja dengan ukuran depan 120/70 ZR17/MC ( 58W ) & belakang ukuran 190/50 ZR17/MC ( 73W ).

Nah dibagian sektor pengereman ada yang cukup disayangkan. Yakni motor ini belum dilengkapi sama teknologi ABS. Melainkan cuma mengandalkan piringan cakram saja. Tapi ya meski begitu pengereman masih bagus asalkan digunakan dengan baik. Rem depan menggunakan cakram double berdiameter 320 mm, sedangkan untuk yang belakang pakainya cakram tunggal berdiameter 245 mm.

Performa Mesin 4 Silinder 998cc 

Spesifikasi Yamaha FZ1
Spesifikasi Yamaha FZ1
Untuk urusan dapur pacu, motor Yamaha FZ1 ini menggunakan mesin berkapasitas 998cc, 5 Valve, 4 Silinder, Liquid cooled.  Mesinnya tipe over bore sobat otomotif. Beda sekali ukuran bore sama strokenya. Masing masing 77 mm x 53 mm. Nah karena mesinnya overbore jelas sekali motor ini nyaman untuk berkendara di area perkotaan.

Selanjutnya untuk urusan power, motor Yamaha FZ1 ini diatas kertas mampu menghembuskan power maksimal mencapai 147.90 BHP @ 11000 rpm dengan torsi puncak di 106 Nm @ 8000 rpm. Kalau menggunakan transmisi 6 kecepatan secara maksimal dan motor ini dipacu sampai kencang, top speed Yamaha FZ1 ini disinyalir mencapai 199 km/jam.

Yamaha FZ1 dengan tagline "The Brutal Beauty" memang sangat kencang namun disini ekonomis masih lumayan bagus. Lebih tepatnya di segi konsumsi bahan bakar, motor ini tergolong irit juga di kelasnya. Hal ini karena motor ini menggunakan teknologi pengapian T.C.I dan disokong dengan Fuel Injection ( FI ). Konsumsi BBM nya 20 km/liter.


Fitur Unggulan 

Bicara menenai fitur unggulan yang ada di motor streetfighter Yamaha FZ1 ini sebenarnya ada seperti contohnya lampu besar di bagian depan. Lalu mesin tangguh berkapasitas 998cc. Berikutnya ada panel instrumen yang keren dan modern bahkan ada layar LCD nya juga. Kemudian motor ini dilengkapi dengan perangkat pengereman rem cakram di depan & belakang.

Spesifikasi Yamaha FZ1:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2140 mm.
  • Lebar 770 mm 
  • Tinggi mencapai 1060 mm
  • Jarak sumbu roda 1460 mm
  • Jarak terendah ke tanah 135 mm
  • Tinggi tempat duduk 815 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar 18 liter.
      2. RANGKA
  • Tipe rangka Diamond
  • Suspensi depan Telescopic Fork
  • Suspensi belakang Monoshock with SwingArm
  • Ukuran roda depan & belakang 17 inci
  • Ukuran ban depan 120/70 ZR17/MC ( 58W ) ( Tubeless/ Radial )
  • Ukuran ban belakang 190/50 ZR17/MC ( 73W ) ( Tubeless/ Radial )
  • Rem depan Cakram ganda berdiameter 320 mm.
  • Rem belakang Cakram tunggal berdiameter 245 mm
      3. MESIN
  • Kapasitas mesin 998cc, 4 silinder, 5 Valve per cylinder, Liquid cooled
  • Bore x stroke : 77 mm x 53 mm
  • Power maksimum 147.90 BHP @ 11000 rpm
  • Torsi maksimum 106 Nm @ 8000 rpm.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection ( FI )
  • Sistem pengapian TCI
  • Gear box  6 speed manual.
  • Tipe Transmisi Chain Drive
  • Kopling Wet, Multiplate-disc
      4. KELISTRIKAN
  • Elektrik system 12V DC
  • Baterai : Maitenance Free
  • Tipe Headlight Multi-Reflector
  • Tipe Bohlam Headlight 55W x 2
  • Brake / Tail Light : Tail Lamp

Harga Yamaha FZ1 2023:

  • Harga Yamaha FZ1 Baru sekitar USD 10.290 atau sekitar 136 juta rupiah.
Demikian informasi mengenai review spesifikasi dan harga yamaha FZ1 dari motorcomcom. Baca artikel menarik lainnya di blog ini.