Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha SMAX 2023

Harga Yamaha SMAX - Populer nya sepeda motor scooter yang praktis dan mudah digunakan memang tak bisa untuk dielakkan lagi. Di berbagai negara di dunia juga mengalamai hal yang serupa. Oleh karenanya banyak pabrikan yang kemudian masuk dan bermain di segmen ini. Contoh saja pabrikan Yamaha. Pabrikan asal jepang ini sudah masuk serta memiliki banyak produk tipe scooter matik.

Salah satu sepeda motor scooter matik kepunyaan Yamaha yang layaklah untuk kita semua ketahui adalah Yamaha SMAX. Motor matic ini dirilis pertama kali oleh Yamaha di tahun 2016 silam. Yamaha mematok harga Yamaha SMAX dengan harga yang relatif terjangkau seperti motor matic Yamaha di kelas entry level lainnya.

Dan dengan harga Yamaha SMAX seperti itu tentu saja tak ada hambatan bagi motor matic ini untuk bisa bersaing dengan para rivalnya yang ada saat sekarang ini. Seperti yang bisa kita lihat dari namanya, SMAX ini itu masuk dalam jajaran keluarga MAX series Yamaha. Dan melengkapi pilihan koleksi motor MAX Series Yamaha.

Kalau kalian belum pada tahu motor MAX series itu meliputi VMAX, TMAX serta XMAX. Tak lupa juga dengan Yamaha NMAX. Selain dengn scooter matik MAX series, Yamaha SMAX juga bersainding sama Yamaha Zuma serta Yamaha Vino yang turut menjadi koleksi motor matic Yamaha di dunia.

Tak cuma harga Yamaha SMAX yang terjangkau, untuk urusan teknologi serta fitur yang disuguhkan itu lumayan hebat juga sobat otomotif. Kemudian juga untuk spesifikasi Yamaha SMAX handal mengingat matic Yamaha satu ini merupakan produk dengan status global yang memang mesti harus punya standar dan kualitas yang tinggi.

Yamaha SMAX kini sudah malang melintang di dunia otomotif  dan tentu saja melakukan persaingan dengan para kompetitornya yang sudah ada. Hingga saat ini motor scooter matic milik pabrikan Yamaha ini bersaing dengan motor matic sekelasnya seperti dengan Honda PCX 150, Piaffio Fly 150 dan motor matic dari pabrikan lainnya.

Yamaha SMAX bisa menjadi pilihan kendaraan baru yang bisa digunakan untuk keseharian. Yamaha menghadirkan motor matic ini dengan segala kelebihan dan keunggulan. Di dunia, khususnya eropa matic satu ini sudah banyak dipakai dan menjadi idola baru. Kalau sobat mau tahu lebih lanjut mengenai motor ini berikut review, spesifikasi dan harga Yamaha SMAX untuk kalian semuanya.

Desain & Dimensi

Harga Yamaha SMAX
Yamaha SMAX

Yamaha SMAX memiliki postur tubuh yang prorsional untuk kategori motor matic. Motor matic ini memiliki panjang tubuh sekitar 2030 mm, lebar 715 mm serta tinggi 1295 mm. Wheelbase motor ini itu 1405 mm. Terbilang panjang juga namun ini mungkin supaya motor ini bisa berbelok dan mudah dikendalikan.

Untuk menaiki Yamaha SMAX cenderung mudah juga. Hal ini karena memang pabrikan Yamaha mendesainnya dengan tinggi tempat duduk 795 mm. Untuk mengendalikan motor matic ini itu bagaimana? ya cukup mudah juga. Apalagi memang diatas kertas motor ini memiliki sudut kemudi 26° dengan berat yang cuma 149 kg.


Meskipun di keluarga XMAX series, namun untuk desain Yamaha SMAX ini itu beda dengan desain motor MAX series lainnya. Untuk motor satu ini itu punya ciri khas tersendiri. Desainnya itu simple namun elegan. Di bagian depan, sepeda motor ini punya lampu besar dengan halogen, ada multireflector juga. Terpasang juga windscreen dengan ukuran yang cukup besar.

Ergonomi Yamaha SMAX cukup nyaman, hal ini karena yamaha membuatnya dengan stang kemudi yang pas, pijakan kaki yang lapang. Joknya terlihat sporty dengan 2 bagian. Busanya empuk dan juga tebal. Beralih ke bagian belakang, Yamaha SMAX 155 ini menggunakan stoplamp yang sudah LED. Warna Yamaha SMAX 155 terbaru hanya satu yakni hitam.

Harga Yamaha SMAX
Harga Yamaha SMAX
Rangka & Suspensi

Yamaha SMAX dirakit Yamaha dengan rangka yang kuat ala motor matic zaman sekarang. Untuk mendukungnya di sektor depan Yamaha membenanmkan dengan suspensi depan menggunakan suspensi teleskopik dengan travel 3, i inci. Sedangkan untuk bagian belakang itu pakai suspensi Mind-ship, horizontal-positioned rear shock dengan travel 3,7 inci. Keduannya saling mendukung untuk menghasilkan performa hebat di motor ini.

Berlanjut ke spesifikasi Yamaha SMAX di bagian kaki. Motor matic yang jadi lawan Honda PCX 150 ini itu mengusung kaki dengan ukuran pelek 13 inci. Itu berlaku buat depan dan juga belakang. Peleknya sudah cast wheel dengan model palang 5. Keren dan tentunya terlihat begitu sporty ketika ada di jalanan.

Spesifikasi Yamaha SMAX
Spesifikasi Yamaha SMAX

Ban yang digunakan adalah ban tubeless yang menjadi standar ban zaman sekarang. Ukuran ban depan 120/70 - 13 dan ban belakang 130/70 - 13. Kemudian kaki kaki nya pun semakin disempurnakan dengan melekatnya rem cakram untuk pengereman. Bagian depan ada cakram berdiameter 267 mm sedangkan belkang berdiameter 245 mm. Motor Yamaha SMAX ini belum mengusung teknologi ABS.

Performa Mesin

Menengok spesifikasi Yamaha SMAX 155 terbaru di bagian mesin. Motor matic ini mengendong dapur pacu berkapasitas 155cc. Mesinnya 1 silinder, SOHC, 4 Valve dengan sistem pendinginan cairan / liquid cooled. Mesinnya masuk dalam kategori mesin square engine yang bisa kita semua lihat pada perbandingan ukuran bore dan stroke nya yang bedanya itu cuma tipis yakni 58 mm x 58,7 mm.


Di atas kertas, Yamaha SMAX 2017 yang paling baru itu memiliki tenaga puncak hingga 14.8 Hp dengan torsi maksimum 13.5 Nm @ 6000 rpm. Cukup besar juga dikelasnya. Tenan serta torsi yang besar disalurkan ke sektor kaki kaki dengan menggunakan transmisi Automatic CVT yang dipakai motor matic terbaru Yamaha ini.

Dengan bekal tenaga dan torsi yang cukup melimpah, motor matic Yamaha SMAX ini tak cuma enak kalau dipakai buat berkendara santai di jalanan. Namun juga bisa digunakan untuk berlari dengan cepat. Kalau tak salah Yamaha SMAX 155 top speed nya itu sekitar 110 km/jam. Namun bisa beda juga sesuai dengan kondisi yang ada.

Review Yamaha SMAX
Review Yamaha SMAX
Motor matic Yamaha SMAX 155 ini didukung dengan teknologi injeksi 30 mm throttle body Fuel Injection yang mengoptimalkan konsumsi bahan bakar jadi hemat dan juga efisien. Konsumsi bahan bakar / BBM Yamaha SMAX sendiri diklaim 81 mpg ( 2,90 liter / 100 km ).

Fitur Yamaha SMAX

Fitur Yamaha SMAX
Fitur Yamaha SMAX
Sumber gambar : Yamaha

Dengan harga Yamaha SMAX yang terjangkau, matic ini memiliki beberapa fitur unggulan yang patut untuk diketahui. Diantara kelebihannya yakni desainnya yang simple namun elegan. Kemudian ada Lampu depan besar dengan halogen & stoplamp LED. Ada wind screen dengan ukuran besar dan tak lupa ada bagasi luas yang ada di bagian bawah jok yang mencapai 32 liter. Lalu ada speedometer kombinasi analog dan digital.

Spesifikasi Yamaha SMAX :

  1. DIMENSI
  • Panjang bodynya : 2030 mm.
  • Lebarnya : 715 mm.
  • Tingginya mencapai 1295 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua rodanya ialah 1405 mm.
  • Jarak terendah ketanah 90 mm.
  • Tinggi tempat duduk adalah 795 mm.
  • Berat isi hingga 149 kg..
  • Kapasitas tangki bahan bakar (full) sebanyak 7,4 liter.
  • Konsumsi bahan bakar 81 mpg
  • Sudut kemudi 26°
      2. MESIN
  • Tipe mesin ingle Cylinder, SOHC, 4 Valve, 4 -stroke, Liquid cooled.
  • Diameter x langkah nya ialah 58 mm x 58,7 mm.
  • Volume cylinder berkapasitas 155 cc.
  • Perbandingan rasio komprehensinya : 11,0 : 1.
  • Sistem bahan bakarnya memakai 30 mm throttle body Fuel Injection Yamaha.
  • Sistem pengapian : Digital TCI : Transistor Controlled Ignition
  • Transmisi Automatic CVT
  • Final drive Belt. 
  • Maximum power 14.8 HP
  • Torsi maksimum 13.5 Nm @ 6000 rpm.
      3. RANGKA
  • Suspensi depannya Teleskopik, 3,1 inci travel
  • Suspensi di belakang Mind-ship, horizontal-positioned rear shock: 3,7 in travel
  • Rem depan hydraulic single disc brake berdiameter 267 mm.
  • Rem belakang hydraulic single disc brake berdiameter 245 mm.
  • Ban depan berukuran 120/70 - 13 tubeless 
  • Ban belakang ukurannya 130/70 - 13 tubeless.

Harga Yamaha SMAX 2023 :

  •  Harga Baru     - $3,799 ( sekitar 56 juta rupiah )

Demikian informasi singkat mengenai Review, Spesifikasi dan Harga Yamaha SMAX 155 terbaru. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di motorcomcom seperti tentang: