Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga TVS Akula 310 2023

Harga TVS Akula 310 - Persaingan di dunia otomotif saat ini memang semakin sengit saja. Apalagi setelah para pabrikan mulai meluncurkan produk sepeda motor teranyar mereka. Salah satunya adalah pabrikan TVS Motor Company yang mana merilis produk baru mereka yakni TVS Akula 310. Sebuah motor sport baru yang keren dan bergaya sporty.

Motor sport TVS terbaru ini tercipta dari hasil kolaborasi antara pabrikan TVS dengan BMW. Layaknya seperti pada motor kini sudah ada di pasaran yakni BMW G310R. Dan yang menariknya adalah ternyata TVS Akula 310 ini turut mengadopsi berbagai hal dari motor streetfighter BMW terbaru tersebut.

Dikembang dari motor sekelas BMW G310R tentu membuat motor TVS Akula 310 tak bisa diremehkan dan dipandang sebelah mata. Motor ini patut diperhitungkan sebagai motor sport hebat dikelasnya. Motor sport TVS Akula 310 ini pertama kali diperkenalkan konsepnya saat gelaran Auto Expo 2016 silam.

Motor ini menjadi buah bibir di dunia otomotif sampai sekarang ini. Dan menjaid motor sport terbaru yang akan berkiprah di tahun 2017 ini. TVS motor sport terbaru Akula 310 ini dijual keberbagai negara di dunia. Dan salah adalah indonesia. Di tanah air, motor sport 310cc ini pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat indonesia di gelaran IMOS 2016 yang lalu.

TVS Akula 310 atau di india disebut Apache RTR 300 ini tampil memukau di booth TVS. Dan dengan di pamerkannya, maka motor sport ini akan dijual di indonesia di tahun 2017. Di indonesia, nantinya itu motor tvs sport terbaru ini akan bersaing dengan Kawasaki Ninja 300 dan motor lainnya di kelasnya.

Untuk pasar indonesia nantinya, motor sport TVS Akula 310 aka TVS Apache RTR 300 ini akan diproduksi di dalam negeri atau dilokalkan istilahnya. Hal ini dilakukan karena pabrik TVS di indonesia sudah mumpuni untuk membuat motor sport ini. Juga memproduksi di dalam negeri itu supaya harga tvs akula 310 indonesia bisa murah dan terjangkau. Bahkan lebih murah dari harga BMW G310R.

Hadirnya motor sport TVS Akula 310 memang menjadi angin segar baru untuk pasar otomotif indonesia. Dan juga menjadi langkah lebih lanjut bagi TVS indonesia untuk membuat mereka menjadi pabrikan otomotif roda dua yang patut untuk dipertimbangkan. Apalagi memang TVS motor indonesia selama ini punya beberapa produk sepeda motor di indonesia.

TVS Akula 310 mejadi sebuah pilihan sepeda motor baru untuk konsumen indonesia. Menawarkan sensasi dan gaya yang berbeda dibandingkan motor lainnya yang ada di indonesia, khususnya motor buatan jepang. Motor yag punya nama lain Apache RTR 300 ini siap menggebrak pasar otomotif indonesia dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkannya. Berikut review motor tvs akula harga dan spesifikasi buat kamu. Inilah foto motor sport tvs akula 310 biar lebih jelas.

Harga TVS Akula 310
TVS Akula 310

Desain Akula ( Shark )

Menengok ke desain, motor TVS Akula 310 jelas beda dengan desain motor lainnya dan punya keistimewaan tersediri. Namun yang jelas itu cita rasa desainer TVS banget. Oh ya sobat otomotif, motor sport yang dibuat dengan kolaborasi antara TVS dengan BMW ini mengusung konsep desain yang sesuai dengan namanya yakni Akula ( shark ) yang mana artinya ikan hiu.

Sesuai dengan konsepnya, motor sport terbaru TVS ini memiliki desain yang mirip dengan ikan hiu. Baik dari depan sampai belakang semuanya terinspirasi dari ikan predator tersebut. Sekuruh bodinya keren dengan kombinasi bahan carbon.  Di depan, desain headlamp cenderung mirip dengan kepala ikan hiu. Bentuknya keren dan juga memiliki seperti sepasang mata tajam. Untuk lampu sein tampaknya jadi satu di headlamp. Bagian ada windscreen berukuran sedang

Lanjut ke bagian lainnya. Fairing motor sport ini besar sekali dan bertuliskan Akula 310. Lalu Stang kemudi yang digunakan sudah underyoke. kemudian tangki bahan bakarnya cenderung besar. Ergonomi motor TVS Akula 310 ini dipastikan menunduk ala motor balap. Jok nya pun cenderung ripis. Dan untuk pembonceng disediakan dudukan walaupun size nya itu kecil.

Lanjut motor ini menggunakan knalpot yang berukuran cukup besar dan terlihat sporty.  Untuk stoplamp na didesain tajam dan kecil. Untuk penerangannya sendiri sudha menggunakan lampu LED sehingga terang dan mewah.

Rangka dan Suspensi

TVS Akula 310 sebagai motor sport terbaru TVS dibangun dengan frame tipe Terallis all-alumunium sub-frame. Rangkanya kokoh dan juga lentur. Tampilan frame yang digunakan terkesan apik dengan balutan warna merah. Framenya benar benar kokoh bahkan sanggup menahan bobot motor sport ini yang mencapai 130 kg.


Motor sport hasil kolaborasi antara TVS dan BMW ini cenderung nyaman dan punya handling yang nyaman dikelasnya. Hal ini karena spesifikasi TVS Akula 310 disektor suspensi begitu mumpuni. Di bagian depan motor sport ini mengusung suspensi dengan tipe Upside Down. Yang mana memang terkenal kokoh dan tangguh. Bahkan biasanya dipilih sebagai suspensi motor sport kelas premium.

Di area depan, suspensi yang digunakan ialah monoshock. Dibalur dengan warna putih tampilannya kian sporty. Monoshocknya terintegrasi dengan swingarm yang tampak kuat dan kokoh meski ukurannya tak begitu besar. Suspensi belakangnya bisa terlihat dengan jelas. Dan asal tahu saja suspensi belakang ini termasuk keistimewaan motor ini dibandingkan dengan motor sport yang lainnya.

Beranjak ke spesifikasi TVS Akula 310 di sektor kaki. Motor sport 310cc ini mengusung pelek cast wheel ( CW ) ukuran 17 inci yang sporty. Peleknya memiliki 5 palang dan ukurannya itu besar sehingga tampaknya kuat untuk menopang motor ini. Ban yang digunakan sudah tubeless dengan ukuran depan 120/70 - R17 dan belakang 160/60 - R17.

Harga TVS Akula 310
TVS Akula 310

Untuk pengereman, TVS Akula 310 mengandalkan rem cakram tunggal berdiameter 300 mm 4 kaliper piston di depan dan cakram tunggal berdiameter 240 mm 1 kaliper piston di belakang. Untuk kemaksimalan pengereman motor ini menggunakan teknologi Anti-Lock Braking System ( ABS ).

Performa Mesin

Untuk spesifikasi TVS Akula 310 yang berikutnya adalah di sektor mesin. Nah untuk di bagian dapur pacu motor sport terbaru TVS ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 310cc, DOHC, 1 silinder dengan pendingin water cooled. Yang menarik adalah mesin yang digunakan mirip dengan mesin yang dipakai oleh BMW G310R yang merupakan motor kolaborasinya juga TVS dengan BMW sebelumnya.

Nah karena gabungannya BMW sudah tak perlu diragukan akan kualitas mesin yang digunakan. Mesinnya sendiri menggunakan bore dan stroke masing masing berukuran 80 mm x 62.1 mm. jadinya dapur pacunya masuk dalam kategori mesin overbore. Di atas kertas mesin TVS Akula 310 ini memiliki power maksimum yang terbilang besar yakni mencapai 33.6 BHP @ 9500 rpm dengan torsi puncak 28 Nm @ 7500 rpm.

Harga TVS Akula 310
TVS Akula 310

Menyalakan mesinnya cukup mudah karena pakai electric starter. TVS Akula 310 menerapkan transmisi 6 kecepatan manual untuk mengoperasikan motor ini. Transmisinya gear 1 down dan gear 2 sampai 5 itu up. Dengan transmisi yang dimiliki serta dengan dorongan power dan torsi yang ada, motor sport 310cc TVS ini bisa berlari dengan kencang. TVS Akula 310 top speed nya kemungkinan tinggi juga.

Dapur pacu TVS Akula 310 menerapkan sistem managemen Electronic Fuel Injection, BMS-E2. Mengefisiensikan pemakaian bahan bakar yang ada untuk performa yang optimal. Konsumsi bahan bakar motor sport ini disinyalir mencapai 36 km/liter untuk jalan bebas hambatan. Dan kalau untuk daerah kota yang pada konsumsi BBM TVS Akula 310 berada di 25-28 km/liter. Emisi yang dihasilkan sudah EURO 4.

Fitur Unggulan

TVS Akula 310 atau dikenal juga dengan Apache RTR 300 dipersenjatai oleh pabrikan TVS dengan beragam fitur yang menarik. Diantaranya adalah bodi yang menggunakan komponen berbahan carbon. Jadinya terkesan sangat mewah dan juga elegan. Selanjutanya motor sport TVS ini dilengkapi dengan Suspensi Upside Down dibagian depan untuk kemudahan handling serta kenyamanan saat melaju di kecepatan tinggi. Serta ada juga Steering Damper.

Harga TVS Akula 310
TVS Akula 310

Selanjutnya motor TVS Akula 310 dilengkapi dengan speedometer Full-Digital. Uniknya bentuknya memanjang ke atas, kalau biasanya kan motor lainya bentuknya memanjang kesamping.Yang mana untuk informasi yang diberikan terbilang lengkap. Meliputi indikator kecepatan, tachometer, trip meter, odometer, jam, indikator ABS, RPM / gear, indikator bahan bakar, lap timer dan masih banyak lagi. Semuanya nampak jelas di layar LCD digital.

Fitur unggulan berikutnya adalah adanya On Boar Gyro Camera. Semacam kamera yang bisa digunakan untuk merekam ketika berkendara. Biasanya fitur semacam ini itu ada di motor balap motogp. Lalu ada sistem pendinginan mesin canggih yang disebut dorsan fin and heat management  gills. TVS Akula 310 juga mengusung pengereman dengan teknologi ABS.

Spesifikasi TVS Akula 310:

  1. DIMENSI
  • Jarak sumbu roda 1364 mm.
  • Berat kering 130 kg.
      2. RANGKA
  • Tipe Frame : Trellis type frame rear all-alumunium sub-frame
  • Suspensi depan menggunakan Upside Down Forks
  • Suspensi belakang cast alloy swingarm
  • Rem depan : Single disc, berdiameter 300 mm, 4 piston fixed caliper, radially bolted ( Expected ), ABS
  • Rem belakang : Single disc, berdiameter 240 mm, 1 piston floating caliper ( Expected ), ABS
  • Roda depan : 3.0 x 17"
  • Roda belakang : 4.0 x 17"
  • Ban depan ukuran 120/70 - R17
  • Ban belakang ukuran 160/60 - R17
     3. MESIN
  • Tipe mesin 310cc, 1 silinder, DOHC, 4 Valve, water cooled
  • Kompresi rasio 10,6 : 1
  • Bore x stroke : 80 mm x 62.1 mm
  • Power maksimum 33.6 BHP @ 9500 rpm
  • Torsi maksimum 28 Nm @ 7500 rpm
  • Sistem pelumasan : Dry sump
  • Manajemen mesin : Electronic Fuel Injection, BMS-E2
  • Transmisi 6 kecepatan (1-down , 5 -up )
  • Konsumsi bahan bakar : 25-28 km/liter ( kota ) & jalan bebas hambatan sekitar 36 km/liter
  • Emisi : Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standar EURO

Harga TVS Akula 310 2023:

  •  Harga TVS Akula 310 Baru           Rp. 50.000.000 (perkiraan )

Demikian informasi dari motorcomcom mengenai spesifikasi dan harga tvs akula 310 terbaru. Bisa dilihat harga motor tvs akula 310 ini cenderung terjangkau mengingat kapasitas mesinnya mencapai 300cc dan punya banyak fitur yang modern dan canggih. Motor ini akan menjadi koleksi baru TVS apache indonesia. Untuk kelemahan motor TVS ini sendiri mungkin di diantaranya belum menggunakan assit & slipper clutch sedangkan Ninja 300 sudah pakai. Terima kasih sudah berkunjung kemari dan jangan lupa baca artikel sepeda motor lainnya hanya di http://motorcomcom.blogspot.com saja. Seperti tentang: