Harga Honda Africa Twin, Review & Spesifikasi Agustus 2017

Harga Honda Africa Twin - Pabrikan besar honda memang tak diragukan lagi memiliki banyak produk sepeda motor yang keren keren. Tak cuma keren juga canggih serta modern. Dan mengusung teknologi terbaru honda pastinya. Produk sepeda motornya pun juga macam macam. Salah satunya adalah tipe motor adventure touring.

Bukan sesuatu yang mengherankan lagi jika honda memang punya sepeda motor tipe ini. Apalagi tak bisa dipungkiri kalau pabrikan dengan lambang utama sayap mengepak ini adalah pabrikan otomotif roda dua yang besar dan sangat terkenal bahkan sampai diseluruh dunia. Motor tipe adventure touring memang termasuk sangat digemari di dunia sebagai kendaraan tangguh yang bisa diajak untuk menjelajah berbagai tempat menarik.

Pabrikan Honda sendiri tercatat punya beberapa sepeda motor tipe adventure touring. Dan salah satu yang begitu terkenal adalah Honda CRF1000L Africa Twin atau lebih akrab dikenal dengan Honda Africa Twin. Motor adventure ini pertama kali dirilis di tahun 2016 silam. Sedangkan prototipenya sendiri pertama kali hadir di gelaran EICMA 2016.

Honda Africa Twin 2016 ini memiliki tampilan yang menarik dan juga ciamik. Motor ini hadir dengan berbagai inovasi dan teknologi honda yang mana membuatnya sebagai motor yang tangguh baik digunakan di jalan on road atau jalan off road. Motor Honda Africa Twin terbaru ini melengkapi motor adventure touring milik honda bersama dengan Honda NC750X, VFR800X Crossrunner dan VFR1200X Crosstourer.

Semenjak dirilis pertama kali, motor Honda Africa Twin sudah menunjukkan kehandalannya. Dan hingga sekarang banyak penggemar otomotif yang menyukai kendaraan touring adventure ini. Kemudian motor ini juga kadang di pakai untuk menembus medan sulit off road seperti jalan tanah, hutan dan lain lain. Motor ini juga kadang dipakai untuk perlombaan.

Motor Honda Africa Twin ini di lepas dengan 2 varian yakni standar dan DTC. Ada banyak perbedaan antara 2 tipe ini. Namun yang terlihat jelas adalah dalam sistem transmisi. Dimana untuk standart menggunakan transmisi 6 kecepatan manual. Lalu untuk DTC menggunakan Honda Dual Clutch Transmission yakni bisa manual dan bisa otomatis.

Motor Honda CRF1000L Africa Twin sudah dijual keber bagai negara di dunia. Termasuk salah satunya adalah negara indonesia. Ya Astra Honda Motor Indonesia dipastikan sudah jual Africa Twin ini dan masuk dalam big bike honda. Motor adenture touring ini pertama kali hadir di indonesia semenjak di pamerkan di gelaran IMOS 2016.

Honda Africa Twin di indonesia hadir dengan status CBU atau di impor langsung dari luar negeri. AHM mendatangkan motor honda terbaru ini dari negeri jepang sana. Kualitasnya mumpuni dan dalam kondisi sudah jadi. Dan di indonesia AHM tinggal jual honda africa twin ini saja. Karena hadir dengan status CBU, Harga Honda Africa Twin cenderung mahal. Untuk selengkapnya berikut Review, Spesifikasi dan Harga Honda Africa Twin dari motorcomcom buat anda semuanya.

Harga Honda Africa Twin
 Honda Africa Twin
Desain dan Dimensi

Sebagai motor petualang Honda CRF1000L Africa Twin memiliki ukuran bodi yang cenderung besar juga. Namun karena motor ini terbagi dalam 2 versi yakni standar dan juga DTC maka untuk ukuran dimensinya ada sedikit berbeda. Panjang keseluruhan adala 2335 mm. Lalu untuk lebar standar itu 875 mm sedangkan untuk DTC 930 mm. Untuk tingginya dan jarak sumbu roda sama yakni 1475 mm dan 1575 mm. Jarak terendah ke tanah 250 mm.

Kemudian untuk tinggi tempat duduk adalah 870 mm untuk posisi biasa & 850 mm kalau kalian amu mengubahnya ke posisi paling rendah. Kemudian untuk berat keringnnya sendiri adalah 208 kg untuk varian standar, 212 kg untuk varian ABS serta 222 kg untuk varian DCT. Lalu untuk berat basahnya 228 kg untuk standar, 232 kg untuk ABS dan 242 untuk versi DTC.

Bagian depan, motor Honda CRF1000L Africa Twin menggunakan 2 buah lampu yang mana itu sudah mengusung lampu LED. Keren seperti tatapan tajam. Dibagian atasnya memiliki windscreen yang berukuran sedang serta panjang & bisa diatur sesuai kebutuhan. Stang kemudi ala motor petualang lengkap dengan pengaman ( hand cover ).

Ergonomi motor petualang ini tegak sobat otomotif. Bisa dilihat dari jok tempat duduknya yang jauh kebawah dibandingkan dengan stang kemudi. Bisa betah lama lama deh rasanya kalau pakai motor Honda CRF1000L Africa Twin ini. Knalpotnya tergolong besar dengan posisi agak keatas. Bagi belakang ada pegangan untuk pembonceng serta buat menempatkan aksesoris touring. Lampu belakang keren dan sporty.


Harga Honda Africa Twin
Harga Honda Africa Twin

Rangka dan Suspensi

Honda CRF1000L Africa Twin dibangun dengan rangka kuat yang kokoh yakni Steel semi-double cradle. Rangkanya begitu mumpuni bahkan serupa dengan yang digunakan oleh Honda CRF450 Rally. Rangkanya memiliki desain yang bagus dan punya 6 bagian untuk meletakkan mesin dengan mantap dengan mengutamakan sentralisasi massa.

Sama dengan Honda XRV750L, jarak antara swingarm dengan ban depan milik Honda Africa Twin itu 8mm lebih pendek yakni di 931 mm serta dengan mesin baru yang menggunakan 20 mm swingarm yang lebih panjang. Untuk model Honda CRF1000L Africa Twin terbaru yang ada saat ini, mesinnya itu 25% lebih besar kapasitasnya dari XRV750L Africa Twin. Kemudian powernya 50% lebih besar dari yang dulu.



Untuk sektor depan Honda Africa Twin ini dilengkapi dengan suspensi tipe Inverted Fork ( Upside Down ) 43 mm yang panjang. memiliki kemampuan peredaman yang mumpuni serta bisa memberikan kenyamanan di segala medan. Suspensi depan bisa di atur sesuai dengan kebutuhan pengendara. Suspensi depannya jika dibandingkan dengan Africa Twin sebelumnya ZRV750L 890 gram lebih ringan jadi makin lincah.

Dibagian belakang ada suspensi monoshock dengan sistem pro-link yang mumpuni dengan travel 220 mm. Suspensi belakang juga bisa diseting sesuai dengan kebutuhan rider. Honda CRF1000L Africa Twing mengusung roda yang sama dengan Honda CRF450 Rally yakni 21 inci di depan 18 inci di belakang. Sehingga memang tangguh bahkan di jalan off road.

Spesifikasi Honda Africa Twin
Spesifikasi Honda Africa Twin

Ban yang digunakan untuk membungkus pelek atau rodanya adalah ban tubeless merek Dunlop. Di bagian depan menggunakan ban ukuran 90/90 - 21 tubeless sedangkan untuk yang belakang menggunakan ukuran 150/70 - 18 tubeless. Kemudian untuk pengereman, Honda Africa Twin menggunakan cakram ganda 310 mm 4 kaliper piston tipe wave disc lalu untuk bagian belakang menggunakan cakram tunggal 256 mm 1 kaliper piston. Lalu ada juga teknologi ABS.  Ada juga Parking Brake System khusus untuk varian DTC  Dual Clutch Transmission ).

Performa Mesin

Meskipun terbari dalam 2 varian yakni standart dan DTC untuk mesin masih sama yakni Honda CRF1000L Africa Twin menggunakan mesin berkapasitas 998 cm3, 4 Valve, 4 Stroke dengan sistem pendinginan liquid cooled. Mesinnya menggunakan bore dan troke yang masing masing 92 mm x 75.1 mm. Rasio kompresinya 10 : 1. Mesin dari motor adventure touring honda ini mampu mengeluarkan power maksimal mencapai 70 kW / 7500 rpm dengan torsi puncak hingga 98 Nm  / 6000 rpm.

Mesin Honda Africa Twin ini terbilang sangat tangguh. Mesinnya di buat oleh para enginering honda dengan 2 fokus utama yakni dalam hal kemampuan di trek dan juga kehandalan sebagai motor toring harian. Dengan kemampuan yang dimiliki mesinnya, motor honda ini bisa membuat pengendara semakin senang ketika berkendara.

Mesin 998 cm3 yang dimiliki dirancang dengan keseimbangan yang optimum antara power, torsi, massa dan dimensi. Kemudian juga di buat dengan mengutamakan reduksi berat, sentralisasi massa serta pemusatan gravitasi guna akelerasi yang maksimal ketika digunakan. Mesinnya sendiri dibuat dengan pengalaman yang sama dengan mesin honda motorcross CRF250/450R dan CRF450R rally. Tak cuma itu, mesinnya juga meniru dari Mesin milik Honda CBR500R dan ada juga Honda CBR600RR
Review Honda Africa Twin
Review Honda Africa Twin

Untuk mendistribusikan tenaga, motor Honda CRF1000L Africa Twin menggunakan tranmsisi 6 kecepatan manual untuk varian standar. Dan juga Honda Dual Clutch Transmission ( DTC ) otomatis untuk varian DTC. Yakni dengan D mode dan S mode. D mode untuk perpindahan gigi secara otomatis secara biasa dan S mode untuk perpindahan gigi lebih cepat. Untuk DTC mengusung teknologi Adaptive Clutch Capability Control. Yakni teknologi canggih yang membuat tranmisi langsung aktif hanya dalam sekali sentuh ketika memiliki mode berkendara.

Transmisi canggih ini sebelumnya juga pernah digunakan oleh motor honda lainnya yakni Honda Integra 750, Honda NCX750X, serta Honda VFR800X. Honda Africa Twin top speed nya sendiri dikisaran 210 km/jam.

Baik versi standar dan DTC, memiliki fitur canggih untuk mengendalikan torsi yakni Honda Selectable Torque Control ( HSTC ) yang memiliki 4 opsi pilihan yakni Level 1, 2, 3 dan terakhir off. Mesinnya sudah mengusung teknologi PGM FI dan membuat motor ini cenderung irit. Konsumsi bahan bakar Honda Africa Twin sendiri sekitar 21,7 km/liter  & DCT 21,8 km/liter. Untuk emisi nya sudah EURO 4.

Fitur Unggulan 


Fitur Honda Africa Twin
Fitur Honda Africa Twin
Sumber gambar : ( honda )

Honda CRF1000L Africa Twin  mengusung beberapa fitur unggulan yang sangat modern dan canggih. Diantaranya adalah lampu depan dan lampu belakang yang menggunakan lampu LED.Lalu ada juga instrumen full digital dengan warna biru. Informasinya lengkap meliputi speedometer, tachometer, indikator bahan bakar, odometer, ABS, HTSC, trip meter, posisi gear serta ada juga jam digital.

Motor inipun juga memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 18 liter. Kemudian ada juga windshield yang bisa diatur ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan. Suspensi depan dan suspensi belakang yang bisa diatur kenyamananya. Ada jok atau tempat duduk yang bisa diatur ketinggiannya. Serta ada pula Teknologi Honda Selectable Torque Control ( HSTC ), Parking Brake System dan juga ada teknologi Anti Lock Braking System.

Spesifikasi Honda Africa Twin :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2335 mm.
  • Lebar 875 mm ( standar ) & 930 mm ( ABS / DCT )
  • Tinggi mencapai 1475 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda 1575 mm.
  • Tinggi tempat duduk 870 mm ( posisi standar ) & 850 mm ( posisi terendah )
  • Jarak terendah ke tanah 250 mm.
  • Turning radius 2.6 meter
  • Berat kering 208 kg ( STD ), 212 kg ( ABS ) , 222 kg ( DCT )
  • Berat basah 228 kg ( STD ), 232 kg ( ABS ), 242 kg ( DCT )
  • Kapasitas bahan bakar 18,8 liter
  • Konsumsi bahan bakar ( WMTC Mode ) : MT 21,7 km/l  & DCT 21,8 km/liter
     2. FRAME
  • Tipe Steel semi-double cradle type with steel rear subframe
  • Suspensi depan : Showa 45 mm cartridge -type inverted telescopic fork with dial-style preload adjuster and DF adjustment, 230 mm stroke
  • Suspensi belakang : Monobloc cast alumunium swingarm with pro-link with gas-charged damped , hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjustment, 220 mm rear wheel travel
  • Ukuran pelek depan : 21 x 21.5
  • Ukuran pelek belakang : 18 x 4.00
  • Roda depan : wire spoke with alumunium wire
  • Roda belakang : wire spoke with alumunium wire
  • Ban depan ukuran 90/90 - 21 tubeless
  • Ban belakang ukuran 150/70 - 18 tubeless
  • Rem depan : 310 mm dual wave floating disc with alumunium hub and radial fit 4 piston calipers and sintered metal pads
  • Rem belakang : 256 mm wave disc with 1-piston caliper and sintered metal pads. Also Lever-lock type parking brake system on DCT Model with additional slide type 1-piston calliper
      3. MESIN
  • Tipe Liquid Cooled 4 stroke 4 valve per cylinder parallel twin with 270° crank and uni-cam
  • Kapasitas 998 cm3
  • Bore x stroke : 92 mm x 75.1 mm.
  • Power maksimum 70 kW / 7500 rpm
  • Torsi maksimum 98 Nm  / 6000 rpm.
  • Clutch : MT : wet , multiplate with coil springs, Alumunium Cam Assist and slipper clutch
                        DCT : 2 wet multiplate clutches with coil springs
  • Gearbox / transmission type : Constant Mesh 6-speed MT/ 6-speed DCT
  • Final drive : O-ring sealed chain
  • Honda selectable torque control system ( HSTCS ) : HSTC 3 levels + switch off  ( ABS & DCT models only , not on STD model )
     4. INSTRUMEN & ELECTRICS
  • Headlight : Dual LED ( 1 high/1 low ) with LED
  • Tailight : LED
  • Instrumen : Rally stage negative LCD instrument display including : speedometer, tachometer, fuel, gear position, ABS, HTSC, odometer, trip dan jam.
  • Indicator : STD : bulb type
                           ABS/DTC : LED type. both with amber position light fuction ( APL )

Harga Honda Africa Twin - Bulan Agustus 2017:

  • Harga Honda Africa Twin Baru Manual          Rp. 464.000.000
  • Harga Honda Africa Twin Baru DTC              Rp. 499.000.000

Demikian informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Honda Africa Twin Indonesia 2017. Seperti yang bisa sobat otomotif simak, bahwa motor adventure touring termasuk handal dan mumpuni serta lengkap dengan teknologi canggih honda. Namun semuanya tentu harus dibayar dengan harga jual yang relatif tinggi.

Motor ini bersaing dengan motor petualang lain yakni seperti dengan BMW R 1200 GS. Untuk informasi di indonesia BMW R1200GS harga nya mencapai Rp 695 juta rupiah. Terima kasih dan semoga informasi ini bisa membantu kalian. Jangan lupa baca artikel sepeda motor lainnya cuma di http://motorcomcom.blogspot.com sama. Contohnya seperti: