Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Ducati Monster 1200 2023

Harga Ducati Monster 1200 - PT Garasindo Euro Sport ( GES ) selaku distributor resmi ducati telah menghadirkan hampir seluruh line up sepeda motor ducati untuk pasar indonesia. Sebagian besar yang di bawa adalah sepeda motor yang tangguh dan juga sangat populer di dunia. Salah satunya adalah Ducati Monster 1200.

Motor yang lahir dengan gen streetffighter ini, masuk dalam Monster series kepunyaan Ducati. Malahan untuk kuda besi ini adalah varian tertinggi. Menemani Ducati Monster 821 yang berada di bawahnya. Dengan sosok yang kental sekali dengan cita rasa eropa dan juga memiliki spesifikasi tingkat tinggi, motor ini menjadi salah satu yang diminati oleh pecinta moge di indonesia.

Monster 1200 ini sendiri pertama kali diperkenalkan oleh pihak Ducati saat gelaran EICMA tahun 2013 silam. Hingga sekarang model ini masih belum mendapatkan update dari pihak ducati, ya masih orisinil sejak pertama di luncurkan. Begitu juga yang ada di indonesia adalah motor Ducati Monster 1200 yang generasi pertama.

Ducati monster 1200 hadir bagi para rider yang menginginkan motor streetfighter sejati dengan tampilan yang sangat gagah, misterius serta memiliki tenaga yang nendang dan bisa diajak berkendara sesuka hati. Untuk informasi lengkapnya tentang kuda besi ini berikut ulasan mengenai Spesifikasi dan Harga Ducati Monster 1200 terbaru di indonesia.

Desain

Gagah, keren dan agresive itulah sedikit kata yang bisa menggambarkan motor streetfighter buatan Ducati ini. Dan nama Monster yang disandang motor ini rasanya sangat cocok dan pantas. Motor ini punya ukuran yang besar. Sebagai informasi, Ducati Monster 1200 ini memiliki ukuran panjang 2200 mm, lebar 830 mm dan tingginya 1040 mm. Jarak sumbu antar kedua rodanya adalah 1510 mm.



Ala motor streetfigter sejati, bagian depan Ducati Monster terpasang headlamp tunggal. lampunya sendiri besar dan memakai lampu Halogen plus ada juga Lampu LED yang terpasang di tiap sisi ( kanan dan kiri ). Untuk pencahayaan yang maksimal fitur hih-low beam juga tersemat di motor ini. Lampu sein terpisah namun dengan desain yang tajam dan meruncing.

Lanjut, stang kemudinya lebar dan di depannya ada panel instrumen modern dan canggih serta jelas hasil adopsi dari 1199 panigale. Tangkinya besar dan bisa menampung hingga 17,5 liter. Besar memang, namun terdapat lekukan untuk tempat lutut jadinya masih mudah untuk mengendalikan motor ini.

Bagian bawah mesin ada semacam undercover buat melindungi mesin serta juga buat tampilan makin sporty. Ergonomi Ducati Monster 1200 meski termasuk motor ber power besar namun bisa dibilang nyaman. Kenapa ? salah satunya yakni karena segitiga ergonomi nya membuat pengendara bisa tegak saat berkendara. Stang kemudi sejara sama tangki dan untuk jok untuk ada di bawah. Jok pengendara panjangnya 185 cm, sedangkan buat pembonceng 175 cm.

Harga Ducati Monster 1200
Ducati Monster 1200

Yang menarik adalah jok buat rider/pengendara bisa diseting rendah ataupun tinggi. Kalau terendah sih 785 mm ( standar ) sedangkan kalau tertinggi mencapai 810 mm. Untuk sektor belakang desain stoplampnya sporty dan tajam sekali. Lampunya sendiri sudah LED. Kemudian Melekat pegangan untuk pembonceng dengan desain yang meruncing.

Yang unik di Ducati monster 1200 ini adalah tempat plat nomor yang dibuat terpisah dari stoplamp. Tempat plat nomornya dibuat ada di bagian ban dengan rangka penopang yang terhubung dengan swingarm alumumunium single-side.

Rangka dan Suspensi

Ducati Monster 1200 dibangun dengan Tubular steel Trellis frame. Struktur rangka nya sendiri canggih dan memadukan berbagai elemen. Rangkanya dirancang khusus untuk menopang mesin serta bagian penting lainnya dengan sangat baik dan tetap mengutamakan sentraliasi massa demi handling serta performa yang optimal.



Rangkanya kuat dan rigid serta "good looking". Untuk motor streetfighter ini rangkanya di lebur dengan warna merah sebagai warna khas kebesaran ducati. Rangka teralis yang digunakan juga terbilang ringan dan termasuk komponen yang berperan besar dalam kontribusi pengurangan massa di Ducati Monster 1200. Berat kuda besi ini sendiri 209 kg.

Bagian depan, Ducati Monster 1200 mengandalkan suspensi Upside Down 43 mm yang bisa diatur sepenuhnya. Sementara itu bagian belakang mengandalkan suspensi Monoschock besutan pabrikan Sachs yang di desain miring dan bisa diseting kenyamanannnya. Monoshocknya sendiri terhubung dengan Single-side Alumunium Swing arm yang berukuran besar. Kuat dan kokoh, mampu membuat motor ini stabil di jalanan.

Harga Ducati Monster 1200
Ducati Monster 1200

Kelincahan dan juga handling yang reponsif bisa didapatkan dari Ducati Monster 1200 dengan adanya pelek cast wheel alumunium 10-jari. Pelek depan berukuran 3.50 x 17" dan belakang 6.00 x 17". Pelek tersebut dibungkus ban tubeless merk Pirelli Diablo Rosso II dengan ukuran 120/70 ZR 17 untuk depan dan ukuran 190/55 ZR17 untuk belakang.

Untuk mengimbangi performa Ducati Monster 1200 yang tangguh, rem depan menggunakan cakram ganda 4 kaliper piston berdiameter 320 mm. Sedangkan untuk belakang pakai rem cakram tunggal 2 kaliper piston berdiameter 240 mm. Kedua rem ini besutan pabrikan raksasa Brembo. Demi sistem pengereman yang maksimal, dilengkapi juga dengan 9MP ABS System.

Performa Mesin

Ducati Monster 1200 dipersenjatai dengan mesin Testastretta 11° DS generasi kedua, lebih halus dan menggunakan busi ganda serta memakai secondary air system. Busi ganda sebagai sistem pengapian ditujukan untuk pembakaran yang optimal dalam waktu yang singkat. Kemudian secondary air system yang digunakan termasuk canggih mengingat mirip sekali / diadopsi dari secondary air system milik 1199 panigale.

Baca Juga : Daftar Harga Motor Ducati Terbaru Tahun 2016 

Mesin motor streetfighter ini memiliki kapasitas 1194.4 cc dengan sistem pendinginan modern liquid cooled. Ukuran bore dan stroke nya masing-masing 106 mm x 67,9 mm dan memiliki rasio kompresinya 12,5 : 1. Power maksimal Ducati Monster 1200 mencapai 99.3 kW ( 135 hp ) / 8750 rpm dan torsi maksimum 118 Nm ( 87 lb-ft ) / 7250 rpm.

Ducati Monster 1200 menggunakan  slipper clutch untuk melakukan pergantian gigi ( gear ). Mekanisme nya canggih sehingga saat mengoper gigi terasa halus dan ringan. Motor ini memiliki akselerasi yang cepat yakni dari sampai 100km/jam hanya butuh waktu 2,6 detik. Dalam sebuah test ride motor streetfighter ini bisa diajak berlari hingga kecepatan maksimal atau top speed hingga menyentuh angka sekitar 246 km/jam.

Harga Ducati Monster 1200
Ducati Monster 1200

Sistem bahan bakar yang dipakai oleh Monster 1200 ini terbilang canggih, apalagi memang motor ini adalah moge buatan Ducati. Sistem bahan bakarnya dikontrol dengan Electronic Fuel Injection System yang mana 53 mm throttle bodies dengan full Ride by Wire. Konsumsi bahan bakarnya sendiri adalah sekitar 14,5 km/liter.

Ducati Monster 1200 menggunakan knalpot alumunium ganda untuk sistem pembuangan. Knalpotnya sendiri dilengkapi dengan 2 lambda probes dan catalytic converter sehingga gas buangnya bersih dan ramah lingkungan. Emisinya sendiri sudah standar emisi EURO 3.

Fitur Canggih

Ducati Monster 1200 dibekali dengan Full-TFT Instrumen Panel yang diadopsi dari milik superbike 1199 Panigale. Desainnya modern dan juga mudah untuk dibaca. Di layar TFT terdapat banyak informasi penting seperti RPM meter, indikator kecepatan, jam, suhu, indikator DTC, indikator ABS, indikator bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata dan jarak tempuh total. Lalu ada pula indikator lampu sein, lampu beam, indikator gigi N dan lain-lain.

Layaknya motor Ducati yang lain, monster 1200 dilengkapi dengan Ducati Safety Pack ( DSP ) sebagai perangkat standar. DSP sendiri terdiri dari 9MP ABS System dan Ducati Traction Control ( DTC ). 9 MP ABS System mencegah ban depan dan belakang terkunci saat melakukan pengereman. Sistem ini mengandalkan sensor yang terpasang di kaliper rem depan. Sistem ini bisa diatur sesuai pengendara, bahkan kalau mau tidak diaktifkan juga bisa.

Harga Ducati Monster 1200
Ducati Monster 1200 

Kemudian untuk Ducati Traction Control ( DTC ), sistem ini memiliki 8 level pengaturan. Yang mana 4 dari 8 tersebut terintegrasi dengan Riding Mode. Saat DTC aktif, sistem ECU akan menganalisis data yang didapatkan dari sensor yang terpasang di roda depan dan belakang untuk mendeteksi putaran roda dan juga untuk mengevaluasi penanganan apa yang dibutuhkan. DTC ini bisa diaktifkan ataupun dimatikan oleh pengendara.

Selanjutnya ada Riding Mode, di Ducati Monster 1200 ada 3 pilihan riding mode yang bisa dipilih yakni Sport, Touring dan Urban. Tiap riding mode secara instan memprogram ulang karakter motor, ABS dan juga DTC. Kalau mau berkendara santai pilihannya adalah Urban. Cepat namun tetap nyaman pilihannya Touring. Nah kalau mau nendang dengan power maksimal pilihannya adalah Sport.

Spesifikasi Ducati Monster 1200:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2200 mm.
  • Lebar 830 mm.
  • Tinggi mencapai 1040 mm.
  • Tinggi tempat duduk 785 mm-810 mm ( bisa disesuaikan ).
  • Jarak sumbu antar roda 1510 mm.
  • Trail 93.2 mm.
  • Rake 24,3 °.
  • Kapasitas tangki bahan bakar 17,5 liter.
  • Berat kering 182 kg.
  • Berat basah 209 kg.
  • Tipe jok : dual seat
      2. RANGKA
  • Tipe frame : Tubular steel Trellis frame attached to the cylinders head
  • Suspensi depan : Upside Down ( USD ) fork 43 mm fully adjustable
  • Suspensi belakang : Progressive linkage with fully adjustable monoschock. Alumunium single-sided swingarm.
  • Roda depan : 10-spoke in light alloy 3.50 x 17 inci
  • Roda belakang : 10-spoke in light alloy 6.00 x 17 inci
  • Ban depan : 120/70 ZR 17 Pirelli Diablo Rosso II
  • Ban belakang : 190/55 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II
  • Travel roda depan : 130 mm.
  • Travel roda belakang : 150 mm. 
  • Rem depan : 2 x 320 mm semi-floating discs, radially mounted Monobloc Brembo M4-32 mm callipers, 4 pistons, radial pump with ABS as standard.
  • Rem belakang : 245 mm disc, 2-piston floating calliper with ABS as standard equipment.
  • Instrumentation : Colour TFT Display
      3. MESIN
  • Tipe mesin : Testastretta 11° L-Twin, 4 Desmodromically actuated valves per cylinder, liquid cooled.
  • Kapasitas : 1194.4 cc.
  • Diameter x langkah : 106 mm x 67,9 mm.
  • Perbandingan rasio kompresi : 12,5 : 1.
  • Power maksimum 99.3 kW ( 135 hp ) / 8750 rpm.
  • Torsi maksimum 118 Nm ( 87 lb-ft ) / 7250 rpm.
  • Fuel Injection : Electronic Fuel Injection System, 53 mm throttle bodies with full Ride by Wire
  • Exhaust : Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter and two lambda probes . Twin Alumunium Mufflers.
  • Transmisi 6 kecepatan.
  • Primary drive : Straight cut gears, ratio  1.84 : 1.
  • Rasio : 1=37/15 2=30/17 3=27/20 4=24/22 5=23/24 6=22/25
  • Final drive : Front Sprocket 15 ; Rear Sprocket 41
  • Kopling : Light action, wet, multiplate clucth with hydraulic control. Self-servo action on drive, slipper action on over-run.
  • Standar emisi EURO 3.
      4. PERLENGKAPAN
  • Perlengkapan standar : Riding Modes, Power Modes, DSP Ducati Safety Pack ( ABS + DTC ), RbW, passanger handles and seat cover, ready for anti-theft system dan DDA.
  • Garansi : 24 bulan dengan jarak tempuh tak terbatas
  • Jangka waktu service : 15.000 km ( 9000 m ) / 12 bulan
  • Cek kebersihan valve : 30.000 km ( 18000 m )

Harga Ducati Monster 1200 2023:

  • Harga Baru                                Rp. 1.098.900.000 ( perkiraan )
  • Harga Bekas                              Rp.

Demikian informasi mengenai spesifikasi dan harga monster 1200 terbaru di indonesia. Moge ini memang masuk dalam moge hebat dengan spesifikasi dan juga teknologi yang canggih dan berkelas. Dan seperti yang dilihat bersama harganya itu terbilang mahal sekali. Ya wajar saja sih memang moge kelas atas sih.

Dengan harganya yang mencapai 1 miliar pastinya tidak semua orang yang bisa membeli Ducati Monster 1200 ini. Hanya orang tertentu saja yang memiliki budget berlebih. Dan pastinya hanya orang yang hobi moge saja yang rasanya mau mengucurkan dana yang sangat banyak demi mendapatkan sebuah kendaraan. Terima kasih sudah berkunjung di motorcomcom dan semoga infonya bisa membantu.