Spesifikasi dan Harga BMW R Nine T Scrambler Desember 2016

Advertisement
Harga BMW R Nine T Scrambler - Ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show yang kerap diselenggarakan di tanah air memang memberikan keuntungan tak hanya buat konsumen yang ingin melihat sepeda motor terbaru, namun juga memberikan kesempatan bagi para pabrikan otomotif untuk memperkenalkan produk teranyarnya.

Salah satu yang memanfaatkan momen akbar tersebut ialah pabrikan BMW Motorrad. Melalui PT Maxindo Moto selaku sang distributor resmi, mereka kembali menghadirkan produk terbaru yakni BMW R Nine T Scrambler. Di Gaikindo tahun 2016, motor scrambler tersebut menjadi line up baru BMW Motorrad di indonesia.

BMW R Nine T Scrambler merupakan motor yang bernuansa klasik namun berisi dengan teknologi canggih dan modern. Motor ini diciptakan buat mereka yang mengidamkan berkendara yang menyenangkan namun dibarengi dengan performa yang powerfull. Motor ini juga cocok sekali bagi mereka yang suka modifikasi karena tiap bagian yang melekat di scrambler ini bisa di oprek sesuka hati.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga BMW S 1000 R Terbaru di Indonesia

Motor ini hadir untuk menemani BMW R Nine T yang sudah rilis duluan di tanah air. Namun dengan gaya yang berbeda tentunya yakni Scrambler. Motor baru ini terbilang nayaman saat digunakan serta tenaga yang mumpuni. Baik untuk melaju di jalan normal seperti perkotaaan, maupun jalan yang berkelak kelok serta curam macam pegunungan. Untuk info selengkapnya mengenai motor ini berikut Spesifikasi dan Harga BMW R Nine T Scrambler terbaru buat kalian.

Desain

BMW R Nine T Scrambler terkesan mirip dengan R Nine T namun beda kawan jika dijelajahi lebih lanjut. Untuk R Nine T Scrambler desainnya bernuansa motor klasik,terkesan kalem serta tubuhnya juga lebih ramping jika dibandingkan dengan saudara R Nine T. Ukuran dimensinya sendiri adalah memiliki panjang 2175 mm, lebar 880 mm serta tinggi 1330 mm.



R Nine T Scrambler adalah benar-benar motor scrambler sejati. Mengapa bisa dikatakan demikian? ini karena setiap part komponen yang menyatu di ini motor memang syarat dengan motor scrambler. Di bagian depan ada lampu tunggal, bundar dan tampak klasik. Lampunya masih memakai Halogen namun pencahayaan masih termasuk baik. Ya karena ukurannya itu besar. Lampu sein terpisah dan berada di dekat mesin.

Spedometernya simple dengan bentuk bundar, namun inilah ciri khas motor scrambler. Stang yang dipakai model handel bar, termasuk lebar sehingga nyaman di tangan. Ada pula spion bulat yang unik dan klasik. Tangkinya besar bisa menampung hingga 17 liter bahan bakar. Tampilannya mewah dan terbuat dari bahan alumunium. Ada embel logo BMW melekat di kanan dan kiri. kemudian di bagian bawahnya, yakni disisi kana terpahat tulisan "R nine T". Kalau yang kiri tak ada.

Harga BMW R Nine T Scrambler
BMW R Nine T Scrambler
http://bmw-motorrad.co.id/motorcycle/heritage/r-ninet-scrambler/#
Di bagian bawah tangki adalah mesin boxer yang tampak padat dan juga Lanjut ke belakang, ada jok yang tampak empuk dengan balutan warna coklat. Joknya simpel dan modelnya ala jok motor tempo dulu ( klasik ). Namun terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Joknya sendiri terpisah antara rider dan pembonceng.

Rangka yang menopang scrambler sangat kentara sekali saat diperhatikan sehingga terkesan gagah. BMW R Nine T Scrambler menggunakan knalpot yang keren sekali dengan 2 lubang. Suaranya pun menggelegar khas ala mesin boxer. Kaki-kaki terkesan kuat dan sporty dengan dipakainya pelek cast wheel model bintang yang dibungkus dengan ban tubeless ukuran besar. Spakbor belakang bentuknya pendek dengan stoplamp yang terpisah dengan lampu sein.

Rangka dan Suspensi

Rangka Space Tubular Frame menjadi rangka pilihan untuk membangun BMW R Nine T Scrambler. Rangka tersebut sangat kokoh dan kuat, mampu menopang berbagai komponen utamanya mesin boxer yang terbilang besar dan berat. Dan tak cuma itu saja rangka ini juga ringan sehingga membuat handling jadi lebih mudah.

Ada keunikan tersendiri yang ada di rangka BMW R Nine T Scrambler. Yakni rangka untuk jok pembonceng bisa dilepas dengan sangat mudah sehingga jadinya single seater. Keren kan ? tanpa harus keluar banyak uang untuk memodifikasi, ini sudah bisa dibongkar sesuka hati. Dan kalau bosan tingagal dipasang lagi.
Harga BMW R Nine T Scrambler
BMW R Nine T Scrambler
http://bmw-motorrad.co.id/motorcycle/heritage/r-ninet-scrambler/#

BMW R Nine T Scrambler dibekali dengan suspensi yang tangguh-tangguh. Di sektor depan terpasang teleskopik fork berdiameter 43 mm, travel 125 mm. Suspensinya sendiri dilengkapi karet pelindung atau istilah kerennya Rubber Gaiter. Fungsinya untuk melindungi suspensi dari debu maupun kotoran-kotoran. Tak cuma itu saja rubber gaiter ini juga menambah kesan klasik pada motor ini.

Lanjut ke suspensi belakang, motor ini menggunakan menggunakan suspensi Monoshock yang di integrasikan dengan Swing Arm Alumunium keren dari BMW dengan satu sisi. Untuk monoshocknya sendiri bisa di peredaman getarannya sesuai dengan kebutuhan rider. Untuk travelnya adalah 140 mm.

BMW R Nine T Scrambler di lengkapi dengan pelek cast wheel alumunium 5 jari berbentuk bintang. Bagian depan berukuran 19 inci, sedangkan untuk yang belakang lebih kecil yakni 17 inci. Pelek tersebut dibungkus dengan ban tubeless ukuran 120/70 R 19 untuk depan dan ukuran 170/60 R 17 untuk bagian belakang.



Sebagai penghenti laju, BMW R Nine T Scrambler menggunakan rem cakram ganda 4 kaliper piston berdiameter 320 mm di depan dan rem cakram tunggal 2 kaliper piston berdiameter 265 mm di bagian belakang. Pengereman juga disematkan teknologi canggih BMW Motorrad ABS.

Performa Mesin

BMW R Nine T Scrambler dibekali dengan mesin boxer khas BMW Motorrad yang berkapasitas 1,170 cc. Bagi kalian belum tahu apa mesin boxer itu, ya bisa dilihat pada mesin motor scrambler ini yakni menonjol di bagian kiri dan kanan.

Mesin ini aslinya bukan BMW saja yang memakai pabrikan lain seperti Moto guzzi juga menggunakan tipe mesin boxer ini. Keuntungan mesin seperti ini adalah sistem pendinginan mesin yang sangat baik karena terkena aliran udara langsung.

Ok, balik lagi, mesin BMW R Nine T Scrambler berkarakter overbore kawan, mengingat ukuran bore dan stroke masing-masing 101 mm dan 73 mm. Bedanya jauh kan?. Karena overbore sudah pasti mesin ini punya power yang powerfull alias nendang. Dengan rasio kompresi 12 : 1, mesin ini punya power maksimal 81 kW ( 110 hp ) / 7,750 rpm dengan maksimum 116 Nm / 6000 rpm.

Harga BMW R Nine T Scrambler
BMW R Nine T Scrambler
http://bmw-motorrad.co.id/motorcycle/heritage/r-ninet-scrambler/#

Kalau dilihat dari perawakannya, motor ini memang terkesan clasic dan juga santai. namun itu semua tak sesuai dengan performanya. Saat dikendarai, berbekal kopling single dry plate dengan sistem kerja hidrolik, BMW R Nine T Scrambler bisa dipacu sampai menembus kecepatan maksimal atau top speed lebih dari 200 km/jam.

Kemudian dengan bantuan Electronic intake pipe injection, konsumsi bahan bakar BMW R Nine T Scrambler ini terbilang iritlah untuk kalangan moge. Konsumsi bahan bakar per 100 km dengan kecepatan konstan 90 km/jam adalah 4,5 liter. Lalu, konsumsi bahan bakar per 100 km di kecepatan konstan 120 km/jam yakni 5,9 liter.

Tak cuma itu saja dengan sistem menerapkan Closed-loop 3-way catalytic converter sebagai emisi control, gas buang yang dihasilkan mesin kini lebih bersih dan juga ramah lingkungan. Emisinya pun sudah EURO 4.

Fitur Canggih

 
Harga BMW R Nine T Scrambler
BMW R Nine T Scrambler
http://bmw-motorrad.co.id/motorcycle/heritage/r-ninet-scrambler/#


BMW R Nine T Scrambler menggunakan panel instrumen yang sangat klasik. Bentuknya bulat dan satu saja. Di dalamnya itu kombinasi antara analog sama layar digital. Untuk analog informasi tachomeer, sementara digital menginformasikan speedometer dan info lainnya. Simple namun instrumen ini jelas saat di baca.

Baca Juga : Daftar Harga Motor BMW Terbaru 2016

Motor ini dilengkapi dengan sistem Automatic Stability Control ( ASC ) yang berguna untuk menjaga keseimbangan motor. Jadinya meski dalam kecepatan yang tinggi, ban BMW R Nine T Scrambler masih bisa tetap melekat dengan baik di aspal sehingga tetap aman dan stabil. Ada juga perangkat ABS dari BMW untuk keoptimalan pengereman, khususnya saat mengerem dalam kecepatan tinggi ( mendadak ).

Spesifikasi BMW R Nine T Scrambler:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2175 mm.
  • Lebar ( meliputi mirror ) : 880 mm.
  • Tinggi ( tanpa mirror ) : 1330 mm.
  • Tinggi tempat duduk 820 mm.
  • Berat 220 kg.
  • Total berat yang dibolehkan 430 kg.
  • Muatan 210 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar ( full ) : 17 liter.
  • Cadangan bahan bakar di tangki 3,5 liter.
      2. RANGKA
  • Frame : three-section frame consisting of one front and two rear sections, load-bearing engine-gearbox unit, removeable pillion frame for single ride use.
  • Suspensi depan : Telescopic fork dengan 43 fixed-tube diameter
  • Suspensi belakang : Cast alumunium single swinging arm with BMW Motorrad paralever, central spring strut, spring preload steplessly adjustable by hook wrench, rebound -stage dampig adjustable
  • Travel suspensi depan maupun belakang : 125 mm / 140 mm.
  • Jarak sumbu roda : 1522 mm.
  • Castor : 116.1 mm.
  • Sudut kemudi : 61 °.
  • Roda : Cast wheel ( CW )
  • Pelek depan ukuran 3,00  x 19".
  • Pelek belakang ukuran 4,50 x 17"
  • Ban depan ukuran 120/70 R 19
  • Ban belakang ukuran 170/60 R 17 
  • Rem depan : Cakram ganda, diameter 320 mm, 4 piston callipers
  • Rem belakang : Cakram tunggal, diameter 265 mm, 2 piston callipers
  • ABS : memakai BMW Motorrad ABS.
      3. MESIN
  • Tipe mesin : Air /oil- cooled flat twin ( boxer ) 4-stroke engine, two camshaft and four radially aligned valves per cylinder, central balancer shaft.
  • Diameter x langkah : 101 mm x 73 mm.
  • Kapasitas mesin 1,170 cc.
  • Power maksimum yang dihasilkan 81 kW ( 110 hp ) / 7,750 rpm.
  • Torsi maksimu 116 Nm / 6000 rpm.
  • Perbandingan rasio kompresi : 12 : 1.
  • Manajemen mesin : Electronic intake pipe injection
  • Pengendalian emisi : Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standar Emisi EURO 4.
  • Kecepatan maksimum / top speed : lebih dari 200 km/jam.
  • Konsumsi bahan bakar per 100 km di kecepatan konstan 90 km/jam : 4,5 liter.
  • Konsumsi bahan bakar per 100 km di kecepatan konstan 120 km/jam : 5,9 liter.
  • Tipe bahan bakar : Unleaded fuel, octane number 95-98 RON ( rated output at 98 RON )
  • Kopling : Single dry plate clutch, hydraulically operated
  • Gearbox : Constant mesh 6-speed gearbox with helical gear teetd
      4. KELISTRIKAN
  • Alternator : three-phase alternator 720 W
  • Batteray  : 12 V / 14 Ah , maintenance free

Harga BMW R Nine T Scrambler - Bulan Desember 2016:

  • Harga Baru               Rp. 620.000.000 ( Off the Road )


Demikian informasi mengenai Spesifikasi dan Harga BMW R Nine T Scrambler yang ada di indonesia. Motor ini semakin melengkapi jajaran motor BMW Motorrad yang ada di indonesia dan jadi pilihan baru khusus bagi para penyuka moge. Scrambler satu ini dihadirkan ke indonesia secara CBU, dengan membawa teknologi serta kualitas asli dari negeri jerman. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di motorcomcom.

Advertisement
Spesifikasi dan Harga BMW R Nine T Scrambler Desember 2016 | Motor comcom | 5