Harga Aprilia RSV4 RR dan RF Bulan Desember 2016

Advertisement
Harga Aprilia RSV4 - Persaingan otomotif di tanah air semakin hari semakin memanas. Apalagi memang berbagai produk sepeda motor pada masuk ke indonesia. Tak cuma sepeda motor dari jepang saja bahkan dari daratan eropa pun juga mengaspal. Salah satu dari pabrikan eropa yang ikut meramaikan adalah Aprilia yang berasal dari Italia.

Pabrikan yang ada di bawah naungan Piaggio Group ini sudah resmi ikut bermain di pasar otomotif indonesia. Di bawa oleh ATPM resminya yakni PT Piaggio Indonesia ( PID ), brand kenamaan dunia tersebut masuk dengan langsung membawa 2 buah jagoan kelas atasnya. Tepat di tanggal 15 oktober 2015 silam, sepeda motor Aprilia RSV4 RR Race Pack dan Aprilia RSV4 RF resmi mengisi kelas 1000 cc di indonesia.

Bagi kalian yang belum tahu, generasi pertama Aprilia RSV4 pertama kali diproduksi adalah di tahun 2008 silam. Dan RSV4 adalah motor kasta tertinggi dan kebanggan dari Aprilia di segmen motor supersport dunia. Motor yang dijual global ini memiliki performa yang sangat powerful dan juga kecepatan yang tinggi.

Baca Juga : Harga Aprilia RS4 125 Terbaru Tahun 2016

Motor berfairing ini juga memiliki perangkat elektronik yang modern dan juga sangat canggih. Dalam yang paling menarik, di ajang bergengsi dunia contohnya WSBK, motor ini telah beberapa kali berhasil menyabet beberapa kemenangan mengalahkan para kompetitornya yang juga hebat-hebat.

Tak percaya, Supersport RSV4 merupakan motor yang mengantarkan pembalap legendaris Max Biaggi, menorehkan kemenangan gemilang hingga 9 kali di ajang World Superbike Racing.Tak cuma Biaggi saja, pembalap lainnya juga banyak yang berhasil memenangkan perlombaan bergengsi dunia diatas motor buatan pabrikan italia ini.



Balik lagi ke tanah air, seperti yang dijelaskan diatas tadi yang dibawa adalah Aprilia RSV4 RR dan Aprilia RSV4 RF. Kedua model ini adalah sama-sama model RSV4 dengan spesifikasi yang sebenarnya sama persis baik mesin, rangka maupun dalam hal teknologi. Hanya saja yang beda adalah dalam hal penampialnnya saja yakni striping sama warnanya saja.

Untuk Aprilia RSV4 RR sendiri adalah model standart yang mana dijual umum dalam kapasitas produksi yang banyak. Warnanya tersedia dalam 1 pilihan saja yakni hitam. Lalu untuk Aprilia RSV4 RF terbilang istimewa karena merupakan model limited edition (spesial ) dijual umum namun dengan stock yang terbatas dengan kapasitas produksi yang cuma 500 unit di seluruh dunia. Untuk warnanya pakai Superpole ala livery yang dipakai di ajang World Superbike.

Harga Aprilia RSV4
Aprilia RSV4 RR
Sumber : http://aprilia.co.id/

Harga Aprilia RSV4
Aprilia RSV4 RF
Sumber : http://aprilia.co.id/
 Desain 

Karena sudah terkenal di pakai di lintasan balap, jadinya ya sekurang-kurangnya sudah pasti tahulah bagaimana sosok kuda besi buatan Aprilia. Yap, benar sekali Aprilia RSV4 RR ataupun Aprilia RSV4 RF memiliki desain yang sporty sekali layaknya motor balap. Sistem aerodinamikanya sangat baik dan menunjang kecepatan yang maksimal saat di lintasan.


Di bagian depan, ada headlamp unik yang menjadi ciri khas motor aprilia yakni memiliki 3 buah lampu yang saling terpisah. Mengapa jadi ciri khas? ini karena jika kita menengok ke produk aprilia yang lainnya kebanyakan lampunya itu mirip sama ini. Lampunya sendiri sudah pakai LED untuk pencahayaan yang lebih terang.Windscreennya agak tinggi untuk melindungi terpaan angin dari depan.

Spesifikasi Aprilia RSV4
Sumber : http://aprilia.co.id/

Ergonomi Aprilia RSV4 RR dan RF adalah menunduk dan khas ala motor balap. Stang tipe underyoke dan di depannya panel instrume modern kombinasi analog dan digital. Tangkinya yang bisa menampung 18,5 liter itu keren dan didesain dengan lekukan di kanan dan kiri yang pas dengan kaki pengendara. Joknya solid dan padat serta memiliki ruang yang cukup luas. Bagian buritan sangat meruncing dan jok buat pembonceng tidak tersedia.

Motor supersport ini memiliki ukuran tubuh yang besar. Panjangnya sendiri adalah  2040 mm, lebar 735 mm dan tinggi 1120 mm. Aprilia RSV4 RR dan RF juga terbilang berat yakni mencapai 180 kg. Jarak terendah ketanah 130 mm dan jarak sumbu roda 1420 mm. Motor ini memiliki handling yang baik apalagi dengan joknya yang tidak terlalu tinggi.

Rangka 

Motor supersport Aprilia RSV4 RR maupun RF di bangun dengan rangka Alumunium yang ringan nan kuat. Rangka yang digunakan bisa dikatakan istimewa, hal ini karena rangka tersebut memiliki sistem pengaturan. Mulai pengaturan posisi headstock dan sudut kemudi, lalu pengaturan tinggi mesin serta tinggi baut swingarm.

Disektor depan ada suspensi Upside Down 43 mm besutan Sachs yang bisa diatur peredamnnya. Lalu untuk sektor belakang pakai Monoshock dari Sachs yang bisa diatur kompresinya dan redamannya serta bisa untuk mengatur panjang jarak sumbu roda. Kedua suspensi ini sangat mumpuni sekali dan bisa dibuktikan dengan performa dari Aprilia RSV4 yang luar biasa.

Aprilia RSV4 RR maupun RSV4 RF memiliki kaki-kaki yang kuat. Pelek alumunium 3,5" x 17" ada di depan dan ukuran 6" x 17" dibelakang. Untuk membungkusnya dipakailah ban tubeless radial dengan ukuran depan 120/70 ZR17 dan untuk yang belakang lebih besar yakni pakai ukuran Tubeless 200/55 ZR17.

Review Aprilia RSV4
Sumber : http://aprilia.co.id/

Sektor pengereman menjadi salah satu hal yang sangat penting apalagi mengingat motor supersport ini turun pula di arena balapan. Rem cakram ganda berdiameter 320 mm dari Brembo menghiasi bagian depan sedangkan rem cakram tunggal dengan diameter piringan 220 mm berada di sektor belakang. Ada pula teknologi ABS buat pengereman semakin maksimal.

Performa Mesin

Aprilia RSV4 RR maupun RF sama-sama dipersenjatai dengan mesin V4 65° 999,6cc. Mesin tersebut merupakan mesin paling revolusioner yang pernah di buat oleh Aprilia hingga saat ini. Memiliki performa yang sangat tinggi ditambah dengan kombinasi dengan perangkat elektronik tercanggih saat ini seperti MM 7SM Control Unit dengan 64 MHZ overclock, membuatnya menjadi salah satu mesin terbaik saat ini. Tak cuma itu saja, mesinnya pun telah mengusung teknologi Ride-by-Wire.

Mesin Aprilia RSV4 berkarakter over bore dengan ukuran bore 78 mm x 52,3 mm. Memiliki rasio kompresi 13,5 : 1. Menggunakan teknologi DOHC ( Double Head Camshaft ) serta menerapkan sistem pendinginan cairan ( Liquid Cooled ).  Terlahir untuk kecepatan, mesin motor supersport ini memiliki power maksimal mencapai 201 Hp ( 148 kW ) / 13000 rpm dengan torsi puncak di 115 Nm / 10500 rpm.



Pendistribusian tenaga motor sport ini bisa dikatakan sangat lancar, hal ini karena Aprilia RSV4 mengusung transmisi 6 kecepatan cassette gearbox yang di padukan dengan teknologi canggih Aprilia Quick Shift ( AQS ), yang membuat peroperan gigi menjadi mulus dan halus. Dan berimbas pada akselerasi yang sangat cepat. Aprilia RSV4 RR dan RF dapat dipacu hingga kecepatan maksimal lebih dari 250 km/jam.

Mesinnya mengusung sistem bahan bakar dan sistem pengapian dari Magneti Marelli yang canggih. Alhasil, meski powerfull mesinnya masih terbilang hemat dalam penggunaan bahan bakar. kemudian untuk urusan emisi bersih dengan standar EURO 3. Ini karena sistem pembuangannya telah menerapkan katup yang dikontrol dengan ECU serta memiliki tiga catalyc converter.

Perangkat Elektronik

Aprilia RSV4 telah beberapa kali memenangkan ajang balap bergengsi World Superbike Championship. Dan semuanya itu tak lepas dari pemakaian perangkat elektronik canggih besutan Aprilia yang terdepan saat ini yaitu APRC atau Aprilia Performance Ride Control. Perangkat elektronik ini merupakan perangkat standart dan bisa dikatakan sangat lengkap.

Diantaranya ada Aprilia Traction Control ( ATC ), teknologi ini memungkinkan sepeda motor bisa mendapatkan grip yang baik saat dijalanan maupun di trek balap dengan mendistibusikan tenaga mesin sesuai dengan sudut sepeda motor. ATC memiliki 8 pengaturan yang bisa dipilih pengendara. Tak hanya itu saja, ATC juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan ukuran ban yang dipakai kawan. Jadi jika pakai ban lain bukan standart ATC masih bisa digunakan.

Selanjutnya ada Aprilia Quick Shift ( AQS ), yang mana memungkinkan pengendara bisa mengoper gigi tanpa perlu menekan kopling dan tanpa mengurangi gas. Teknologi ini membuat kecepatan menjadi konsisten dan hasilnya bisa mendapatkan lap times terbaik saat balapan.

Fitur Aprilia RSV4
Sumber : http://aprilia.co.id/

Ada Aprilia Wheel Control ( AWC ), teknologi ini buat akselerasi supaya bisa optimal. AWC bisa mendeteksi apabila roda depan mengangkat karena terlalu cepat dan membuat nya kembali ke aspal. AWC punya 3 pengaturan yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara. Lalu Aprilia Launch Control ( ALC ) merupakan teknologi motor balap, membuat power bisa seoptimal mungkin pada saat mulai start. Teknologi ini bekerja sama dengan AWC untuk mendapatkan akselerasi yang cepat.

Berikutnya ada Aprilia Ride-by-Wire ( RBW ) yang merupakan teknologi canggih yang memungkinkan pengendara bisa memilih 3 gaya berkendara yang di inginkan. Mulai dari T ( Track ), S ( Sport ) dan R ( Race ). Terakhir ada teknologi ABS yang menjamin keselematan maksimal pengendara serta bisa mengoptimalkan performa di lintasan.

Teknologi lainnya yang bisa dikatakan istimewa adalah V4-MP yang tersedia sebagai sebuah aksesoris. Melalui smartphone yang kita miliki dengan V4-MP pengendara bisa berkomunikasi dengan sepeda motornya. Dan bisa mengetahui berbagai hal tentang motor Aprilia serta bisa melakukan pengaturan elektronik. Apalagi memang V4-MP menyediakan berbagai teknologi maupun inovasi yang telah dikembangkan Aprilia untuk balapan.

Spesifikasi Aprilia RSV4 :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2040 mm.
  • Lebar 735 mm.
  • Tinggi mencapai 1120 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 130 mm.
  • Jarak sumbu roda 1420 mm.
  • Berat 180 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar  18,5 liter ( 4 liter untuk persediaan )
     2. RANGKA 
  • Tipe : Alumunium dual beam chassis with pressed and cast sheet elements. Adjustment available : headstock position and angle , engine height, swingarm pin height, Sachs non-adjustable steering damper ( Ohlins adjustable steering damper ).
  • Suspensi depan : Sachs fork with 43 stanchions ( Ohlins fork with TIN surface treatment ). Low profile forged alumunium radial calliper mountings. Adjustable spring preload and hydraulic compression and rebound damping, wheel travel 120 mm.
  • Suspensi belakang : Double branced alumunium swingarm , mixed low thickness and sheet casting technology. Sachs monoshock adjustable in : hydraulic compression and rebound damping. spring preload. wheelbase leght. ( Ohlins monoshock with piggy-black completely adjustable in  : spring preload , wheelbase and hydraulic compression and rebound damping  ) APS progressive linkage, wheel travel 130 mm.
  • Rem depan : Dual 320 mm floating stainless steel discs with lightweight stainless steel rotor and alumunium flange with 6 pins. Brembo M430 Monobloc radial callipers with 4 30 mm opposing piston. Sintered pads. Radial pump and metal braided brake hose.
  • Rem belakang  : 220 mm disc; Brembo calliper with two 32 mm separate piston. Sintered pads.
  • ABS : Pump with integrated tank and metal braided hose Bosch 9MP ABS, with 3 map setting, equiped with RLM ( Rear Wheel Lift-up Mitigation ) strategy which can be disengaged.
  • Wheel rims  : Aprilia in alumunium alloy with 3 split spokes ( forged in alumunium alby and fully machined, with 5 split spokes ). Depan : 3,5" x 17", Belakang : 6" x 17".
  • Ban  depan :  Radial Tubeless 120/70 ZR17
  • Ban belakang :  Radial Tubeless 200/55 ZR17
      3. MESIN
  • Mesin : Aprilia V4 65°, 4 Stroke, liquid cooled engine with double overhead camshaft ( DOHC ) and four valve per cylinder
  • Bore dan stroke  : 78 mm x 52,3 mm.
  • Kapasitas total mesin : 999,6 cc.
  • Rasio kompresi : 13,5 : 1
  • Power maksimum : 201 Hp ( 148 kW ) / 13000 rpm.
  • Torsi maksimum   : 115 Nm / 10500 rpm.
  • Sistem bahan bakar : Airbox with front dynamic air intakes. Variable leghts intake ducts controlled via the engine control unit. 4 Marelli 48-mm throttle bodies with 8 injectors and latest generations Ride-by-Wire engine management. Multiple engine maps selectable by the rider with bike in motion, T ( Track ), S ( Sport ), R ( Race ).
  • Pengapian : Magneti marelli digital electronic ignition system integrated in the engine control system, with one spark plug per cylinder and stick coils
  • Starter : Electric
  • Sistem pembuangan : 4 in 2 in 1 sheme, two lambda probe, single lateral silencer, with throttle valve controlled by the engine control unit and integrated trivalent catalyctic converter ( EURO 3).
  • Alternator : Flywheel mounted 450W alternator with rare earth magnets
  • Lubrication : Wet sump lubrication system with oil radiator and two oil pumps ( librication and cooling )
  • Kopling : Multiplate wet clucth with mechanical slipper system
  • Primary Drive : Straights cut gears and integrated flexible coupling, drive ratio : 73/44 ( 1,659 )
  • Secondary drive : Chain : Drive ratio : 41/16 ( 2,5625 )
  • Traction management : APRC System ( Aprilia Performance Ride Control ), which includes Traction Control ( ATC ), Wheelie Control ( AWC ) , Launch Control ( ALC ), all of which can be configured and deactivated indepedently.
  • Transmisi : 6-Speed cassette type gearbox. 1st 39/15 ( 2.600 ) , 2nd : 33/16 ( 2,063 ), 3rd : 34/20 ( 1,700 ), 4th : 31/21 ( 1,476 ), 5th : 31/23 ( 1,348 ), 6th : 34/27 ( 1,259 ). Gear lever with Aprilia Quick Shift electronic system ( AQS ).

Harga Aprilia RSV4 - Bulan Desember 2016:

  • Harga Aprilia RSV4 RR Race Pack                   Rp. 706.900.000
  • Harga Aprilia RSV4 RF                                     Rp. 719.000.000

Demikian informasi sederhana mengenai Spesifikasi dan Harga Aprilia RSV4 Terbaru di indonesia saat ini. Baik yang Aprilia RSV4 RR maupun RSV4 RF. Motor supersport ini memang memiliki performa yang tak bisa dibilang sebelah mata serta memiliki segudang teknologi canggih yang sering dipakai oleh motor balap.Harganya memang bisa dikatakan mahal kawan, namun semuanya itu sebanding kok rasanya. Apalagi statusnya CBU ke tanah air.

Dan jika dibandingkan dengan motor sekelasnya seperti Yamaha YZF R1, Kawasaki Ninja ZX10R dan lainnya harganya kurang lebihnya sama saja. Dengan harga ini tentunya tak semua orang bisa mencicipi Aprilia RSV4 RR dan Aprilia RSV4 RF ini. Cuma orang-orang yang punya budget mencukupi saja yang bisa menikmati kuda besi ini.

Produk sepeda motor buatan jepang memang saat ini, sangat banyak di indonesia. Dan dengan datangnya brand seperti Aprilia ini setidaknya bisa semakin menambah pilihan sepeda motor yang ada di tanah air. Terima kasih dan semoga informasi dari motorcomcom ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semuanya.
Advertisement
Harga Aprilia RSV4 RR dan RF Bulan Desember 2016 | Motor comcom | 5