Harga TVS Apache RTR 200 4V Bulan Desember 2016

Advertisement
Harga TVS Apache RTR 200 4V - Sekali lagi Sirkuit Sentul menjadi saksi akan kedatangan jagoan baru di kancah otomotif roda dua di indonesia. Jika sebelumnya adalah pabrikan Yamaha,  maka kini giliran pabrikan TVS asal india yang mempergunakannya.

Ya, tepat di hari kamis tanggal 20 januari 2016 kemarin PT TVS Motor Company Indonesia selaku ATPM merilis amunisi terbarunya yakni Apache RTR 200 4V. Menariknya, perilisannya sendiri di tanah air bersamaan sama perilisan yang dilakukan di negeri asalnya sana, India.

Dan hal penting yang rasanya perlu untuk kalian ketahui semua tentang motor ini, tak seperti desas-desus yang selama ini beredar, RTR 200 4V ini ternyata bukanlah hasil kolaborasi antara TVS sama BMW melainkan hasil kreasinya para insiyur TVS sendiri. Atau boleh dibilang ini motor 100% rasa TVS.

Motor baru tipe sport ini sendiri semakin melengkapi jajaran keluarga Apache yang sudah ada di indonesia teman yakni jadi kakaknya RTR 160 sama RTR 180. Berbeda sama adik-adiknya, Apache RTR 200 4V ini punya tampilan yang lebih keren. Tak lagi menggunakan desain body sporty-kalem tapi sudah berubah jadi sporty-aggresive. Lekukan-lekukan serta garis tajam banyak menghiasi tubuh motor ini. 

Sebagai pendatang baru, Apache RTR 200 4V bakal berkompetisi sama motor sport yang sudah lebih dahulu mengaspal di indonesia. Seperti Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS serta KTM Duke 200. Dan tak menampik kemungkinan, kuda besi ini juga bakal bersaing sama motor sport yang sekarang lagi diminati yaitu Yamaha Vixion dan Honda CB150R.

Berbeda dengan di negeri asalnya india yang punya 7 pilihan warna, Apache RTR 200 4V indonesia dilepas dengan 3 pilihan warna saja yakni Hitam ( Gun Metal Black ) , Merah (Syrah Red) dan Putih ( Mystic White).
Harga TVS Apache RTR 200 4V
TVS Apache RTR 200 4V
Kuda besi Apache RTR 200 4V ini dibekali sama pihak TVS dengan beberapa fitur ataupun teknologi tersendiri yang mana menjadi keunggulannya buat mengatasi para kompetitornya di tanah air. Apa saja kah itu? ini dia diantaranya:

Beast-Inspired Headlamps & LED Tail Lamp

Konsep "Beast headlamps" mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan termasuk ciri khas dari klan Apache RTR. Namun untuk Apache RTR 200 4V terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan keluarga yang sebelumnya. Desain headlampnya lebih tegas dan tajam serta keren ala motor zaman sekarang.

Lalu untuk lampu yang dipakai adalah Halogen 60/ 55 W, serta ada juga lampu tipe LED ganda mirip sepasang mata yang memberikan kesan agressive serta membantu pencahayaan menjadi semakin optimal. Dan tak hanya bagian depan saja, bagian belakang pun juga tak kalah keren dengan pengaplikasian lampu LED sebagai stop lamp.

Muscular Tank

RTR 200 4V mengusung tangki bahan bakar dengan bentuk padat dan muscular. Penampungannya sanggup di isi bahan bakar hingga 12 liter. Lalu yang unik di tangki ini adalah penutupnya. Penutupnya itu letaknya tidak pas ditengah,  melainkan berada di sebelah kanan.

Clip On Handle Bar

Apache RTR 200 4V mengusung stang kemudi tipe Clip On Handle Bar atau lebih dikenal dengan stang jepit. Alhasil sensasi berkendara ala motor sport pun menjadi kian lebih terasa. Stang ini punya tombol yang terbilang lengkap. Ada tombol klakson, sein, high-low beam, pass beam di bagian kiri & tombol starter, lampu depan, serta engine cut off di sisi kanan.

Racing Seat  

Sensasi motor balap pun ternyata bisa dirasakan di motor entry-level ini. Hal itu karena Apache RTR 200 4V ini punya desain jok model split seat. Itu, jok yang modelnya terpisah antara pengemudi sama pembonceng. Tak hanya empuk saat diduduki, jok tersebut juga pas mengingat tingginya adalah 800 mm dari tanah. Dan biar aman bagian belakang juga diberi pegangan khusus buat pembonceng.

Double Cradle Split Synchro Stiff Frame

Kelebihan lainnya dari TVS Apache RTR 200 4V adalah frame / rangka yang digunakan untuk membangunnya. Motor ini memakai Double Cradle Split Synchro Stiff Frame. Untuk segi kontruksi frame ini mungkin belumlah rumit alias sederhana, namun untuk performanya jangan salah karena frame ini kuat dan mampu membuat handling menjadi mantap dalam segala kondisi medan.

Mesin Powerfull dengan Berbagai Teknologi

Apache RTR 200 4V menggendong mesin baru berkapasitas 197,75 cm3 , SOHC, 4 Valve , 1 Silinder. Mesinnya sendiri termasuk overbore, ini bisa dilihat pada ukuran diameter borenya yang mencapai 66 mm sedangkan stroke nya cuma 57,8 mm. Perbandingan rasio kompresi 9,7 : 1, transmisi 5 kecepatan dengan pengapiannya sudah mumpuni soalnya pakai sistem digital (IDI).

Piston yang digunakan sudah dijejali sama Teknologi Nanofriks yang mampu meminimalisir gesekan yang terjadi sehingga mesin bisa melepaskan powernya lebih maksimal. Diatas kertas mesin Apache RTR 200 4V ini memiliki power maksimal 15,46 KW (21 PS) / 9000 rpm dengan torsi maksimal 17.5 Nm / 7000 rpm.

Pihak TVS sendiri mengklaim jika kuda besi besutannya ini sanggup berlari dari kecepatan 0 - 60 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik & 0 - 100 km/jam dalam waktu 11.2 detik. Untuk kecepatan maksimal / top speed nya sendiri dikisaran 144 km/jam.

Selain kencang, mesinnya juga terbilang irit soalnya sistem bahan bakarnya sudah injeksi dengan teknologi DFI Logic dari BOSCH. Lalu supaya kinerjanya optimal, mesin ini juga dilengkapi sama teknologi pendinginan canggih O3C (Oil Cooled-Combustion Chamber) yang dipadukan sama RAM-AIR Assisted Cooling yang diklaim mampu mengurangi suhu mesin hingga 10° C. Mesin ini dibungkus sama Undercover engine bergaya agreesive.

Panel Meter Full Digital

Sebagai informasi buat pengendara, RTR 200 4V di lengkapi sama panel meter bersistem Full Digital. Desainnya simple saja yakni kotak. Lalu untuk isinya cukup lengkap yakni ada speedometer, odometer, indikator gear, tripmeter, takometer, perekam top speed, lap time meter serta ada jam pula.

Jika menengok motor-motor zaman sekarang, mungkin hal ini sudah biasa dan memang wajar mesti ada teman. Namun jika kita bandingkan sama motor-motor buatan TVS, hal ini merupakan suatu kemajuan tersendiri. Pasalnya semua motor TVS sebelumnya belum pernah ada yang memakai panel meter Full Digital ini alias masih Analog-Digital. Atau boleh dibilang si RTR 200 4V inilah yang baru mempeloporinya.

Rear Suspension Monoshock KYB

Untuk urusan handling sama kenyamanan, motor sport ini dibekali sama suspensi teleskopik 37 mm di depan & monoshock di belakang. Untuk suspensi depan mungkin biasa saja, namun buat suspensi belakang itu yang istimewa. Pasalnya si monoshock nya ternyata besutan KYB.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, suspensi ciptaan pabrikan asal jepang tersebut sudah mendunia dan di akui akan performanya. Kuat dalam meredam getaran serta tergolong awet dalam penggunaanya. 

Ban Pirelli Sport Demon

Meskipun notabennya adalah motor sport Entry-Level, namun pihak TVS ternyata telah menjejali sektor kaki-kaki Apache RTR 200 4V dengan hal yang istimewa. Apa itu? yakni pemakaian ban tubeless Pirelli Sport Demon.

Seperti yang kita tahu, ban model ini merupakan salah satu tipe ban yang berkualitas dengan banderol harga yang tidaklah murah. Lalu ban ini juga memiliki tingkat kestabilan yang mumpuni, baik di jalan basah maupun kering. Untuk ukuran yang dipakai oleh RTR 200 4V sendiri adalah 90/90 - 17" depan &  130/70 - 17" belakang.

Racing Double-Barrel Exhaust

Lanjut, hal lain yang jadi keunggulan motor sport ini adalah pada knalpot yang digunakan. Desainnya itu unik dan mungkin tak ditemukan di motor-motor lainnya. Knalpotnya itu memiliki 2 buah tabung. Tepatnya 1 tabung tambahan sama 1 tabung utama.

Tabung tambahan letaknya di bagian bawah dan tak punya lubang emisi. Namun menyambung ke tabung utama. Untuk isinya ada catalyc converter, itu tuh semacam saringan buat menyaring emisi. Dan tabung tambahan inilah rahasia mengapa emisi yang dihasilkan Apache RTR 200 4V ini Standart EURO 3.

Lalu untuk tabung utama sendiri punya 2 buah lubang dan mampu menghasilkan suara yang khas dan berbeda ketimbang motor lain sekelasnya.

Spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V:

  1. DIMENSI
  • Panjang 2050 mm.
  • Lebarnya 790 mm.
  • Tinggi mencapai 1015 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda nya adalah 1353 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 180 mm.
  • Tinggi jok atau tempat duduk 800 mm.
  • Berat 148,5 kg.
  • Kapasitas penuh tangki bahan bakar mencapai 12 liter.
      2.  FRAME
  • Tipe frame Double Cradle Split Synchro Stiff Frame.
  • Suspensi depan memakai Telescopic Fork 37 mm & suspensi belakang Monotube-Monoshock KYB.
  • Rem depan cakram tunggal 270 mm, sedangkan rem belakang cakram tunggal 240 mm.
  • Cairam (oli) rem : DOT 3 / DOT 4.
  • Ukuran roda depan 90/90 - 17" Tubeless (Pirelli Sport Demon)
  • Ukuran roda belakang 130/70 - 17 Tubeless (Pirelli Sport Demon)
  • Velg depan berukuran 1.85 x 17".
  • Velg belakang berukuran 3.50 x 17".
      3. MESIN
  • Kapasitas mesin 197,75 cm3 , SOHC, 4 Valve , 1 Silinder, Pendingin oli (Oil Cooled) .
  • Sistem bahan bakar injeksi ( EFI) : DFI Logic by BOSCH.
  • Ukuran bore x stroke : 66 mm x 57,8 mm.
  • Sistem starter : Electric starter.
  • Idle Speed : 1400 ± 200rpm.
  • Sistem pengapiannya IDI - Digital Ignition.
  • Perbandingan rasio kompresi 9,7 : 1.
  • Muffler ( Knalpot) : Twin Pipe and Twin Barrel Design.
  • Tipe kopling Wet Multi Plate - 6 Plate.
  • Tipe transmisi 5 kecepatan manual.
  • Power maksimum yang dihasilkan mencapai 15,46 KW (21 PS) / 9000 rpm.
  • Torsi maksimum mencapai 17.5 Nm / 7000 rpm.
  • Akselerasi : 0 - 60 km/jam dalam waktu 3,9 detik & 0 - 100 km/jam dalam waktu 11.2 detik.
      4. KELISTRIKAN
  • Tipe bateray 12 V 7.4 Ah.
  • Headlamp 60/ 55 W ( H4 Bulb with All-time on LED Position Lamp).
  • Tail Lamp : LED 2.5 W.

Harga TVS Apache RTR 200 4V - Bulan Desember 2016:

  • Harga baru -Rp. 23.900.000 
Baca Juga Artikel Menarik Berikutnya Tentang :
Advertisement
Harga TVS Apache RTR 200 4V Bulan Desember 2016 | Motor comcom | 5