Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Benelli Tornado TNT 15 Terbaru 2023

Harga Benelli Tornado TNT 15 - Tak bisa dipungkiri lagi jika saat ini di indonesia, kelas 150 cc merupakan salah satu kelas yang menjanjikan dan banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, tak mengherankan lagi jika para pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk menghadirkan produk-produk unggulannya di kelas tersebut.

Dan menariknya, tak cuma pabrikan asal jepang saja lho yang meramaikan kelas ini, namun pabrikan lainnya seperti Benelli yang asalnya italia pun juga turut bermain dalam kelas entry level ini. Lewat sebuah amunisi baru yang dinamai Tornado TNT 15, pabrikan ini resmi membuat persaingan ditanah air semakin memanas.

Motor sport TNT 15 ini pertama kali terlihat oleh publik indonesia saat dipamerkan di Jakarta Fair 2015 yang diselenggarakan beberapa bulan yang lalu lewat ATPM nya yakni PT Benelli Motor Indonesia (BMI). Dan si kuda besi ini tidaklah sendirian namun ditemani dengan produk baru benelli lainnya seperti Caffenero 150, Zenzero 150, Benelli X150 serta Benelli Pepe. Lalu untuk perilisannya sendiri dilakukan bersamaan dengan sang kakak yakni Tornado TNT 250.

TNT 15 memiliki tampilan yang sporty dan gagah serta kental dengan motor bernuansa eropa. Tapi tahukah teman-teman? meski begitu, namun motor ini bukanlah tipe CBU (Completely Built Up) melainkan rakitan lokal. Tapi untuk part atau komponennya tetaplah asli dan di datangkan dari berbagai negara yang dipercaya oleh Benelli seperti argentina, venezuela dan lain-lain.

Kemudian, di indonesia sendiri sang kuda besi benelli ini bakalan bersaing ketat dengan sang rival utamanya yakni Honda Verza 150. Lho mengapa tidak dengan sport 150cc yang lain seperti Vixion ataupun CB150,  atau yang lainnya?. Alasannya karena spesifikasi serta karakteristik dari Benelli TNT 15 memang cenderung mirip dengan verza 150.

Dan memang dari pihak Benelli Motor Indonesia sendiri juga telah mengakui bahwa mereka menciptakan amunisi barunya ini memang buat bertarung dengan Verza 150. Kemudian si TNT 15 ini dilepas di indonesia dengan 4 pilihan warna yakni putih, hijau,merah dan hitam.

Harga Benelli Tornado TNT 15
Benelli Tornado TNT 15 Putih

Harga Benelli Tornado TNT 15
Benelli Tornado TNT 15 Hijau

Harga Benelli Tornado TNT 15
Benelli Tornado TNT 15 Hitam

Harga Benelli Tornado TNT 15
Benelli Tornado TNT 15 Merah

Sumber Gambar : http://benelli.co.id/heavy-vehicles/tnt-15.html

Demi mampu bersaing dan mengalahkan jagoannya honda yakni verza 150, pihak benelli telah membekali TNT 15 dengan berbagai keunggulan. Dan tentunya beda sekali lah dengan lawannya tersebut. Mau tahu apa saja itu? inilah dia diantaranya.

Suspensi Belakang Monoshock

Yup berbeda dengan honda verza 150 yang masih menggunakan suspensi belakang model ganda ( Double Shock ), TNT 15 sudah mengaplikasikan suspensi model tunggal ( Monoshock ). Hal ini tentunya membuat si kuda besi benelli ini bisa dibilang jauh lebih baik dalam hal kenyamanan serta lebih terkesan modern.

Jok

Di honda verza kita akan menjumpai jok atau tempat duduk model menyatu. Nah hal tersebut tak akan ditemukan pada benelli TNT 15 mengingat sang streetbike ini mengusung model jok terpisah atau "Split Seat" yang kental dengan nuansa sporty.

Knalpot

Jika sang rival memakai knalpot memanjang, maka beda halnya dengan yang dipakai oleh TNT 15. Jagoan benelli tersebut mengusung knalpot dengan ukuran yang lebih pendek dan berukuran cukup besar sehingga tampak moge look.

Tangki

Honda verza 150 memiliki tangki yang sanggup menampung bahan bakar sebanyak 12,2 liter. Beda halnya TNT 15 yang mempunyai tangki ukuran besar dengan kapasitas penampungan hingga 16 liter.

Undercowl

Benelli TNT 15 dibekali dengan undercowl yang tak hanya berfungsi untuk melindungi mesin dari berbagai material yang merugikan tapi juga berguna untuk menambah penampilan biar menjadi lebih sporty dan maskulin. Dan rasanya hal tersebut tak tampak ada pada honda verza 150.

Bobot 

Ok hal inilah yang juga menjadi keunggulan dari motor milik benelli ini. Meskipun memiliki ukuran yang lebih besar, namun dalam segi bobot (yang dimaksud berat kosong) motor benelli ini lebih ringan dari pesaingnya. Jika honda verza memiliki berat kosong 129 kg, maka untuk TNT 15 cuma memiliki berat kosong 117 kg.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Benelli TNT 15 dibanding pesaingnya Verza 150. Namun yang namanya produk buatan tangan manusia pastinya ada kelemahan dari motor streetbike ini dibandingkan pesaingnya. Diantaranya adalah :
  • TNT 15 masih menggunakan mesin karburator belum injeksi. Sedangkan sang rival sudah injeksi.
  • Motor benelli ini memiliki satu sistem starter saja yakni Electric sedangkan pesaingnya punya 2 yakni Electric dan Kick starter.
  • Layanan penjualan, pembelian, service dan pembelian sparepart untuk TNT 15 bisa dibilang agak kesulitan mengingat masih jarang. Mengingat dealernya masih terbatas yakni di pulau jawa, bali dan juga riau. Berbeda dengan Verza 150 yang kesemuanya itu bisa didapatkan dengan mudah mengingat dealer honda sudah banyak tersebar di indonesia.

Spesifikasi Benelli Tornado TNT 15:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2040 mm.
  • Lebarnya 780 mm.
  • Tingginya mencaai 1070 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua rodanya adalah 1260 mm.
  • Jarak terendah kepermukaan tanah ialah 185 mm.
  • Berat 117 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar dalam kondisi penuh adalah 16 liter.
  • Ukuran roda depan adalah 90/90 - 17.
  • Ukuran roda belakang ialah 120/80 - 17.
      2. MESIN
  • Mesin berkapasitas 148 cc, 2 Valve, 4 Stroke, transmisi 5 kecepatan yang bersistem pendinginan udara.
  • Diameter x langkahnya adalah : 57 mm x 58 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensinya 9,2 : 1.
  • Power maksimal yang dikeluarkan mencapai 9 kW / 8500 rpm dengan torsi maksimal hingga 11 Nm / 6000 rpm.
  • Sistem starter Electric.
  • Tipe kopling : Wet Clutch.
      3.  RANGKA
  • Suspensi depan menggunakan Teleskopic, kemudian untuk belakang memakai Monoshock.
  • Rem depan mengandalkan Cakram tunggal (Hydraulic Single Disc) sedangkan belakang memakai Mechanical Drum (tromol).

Harga Benelli Tornado TNT 15 2023:

  • Harga Benelli Tornado TNT 15 Baru               Rp. 17.750.000 


Harga diatas merupakan harga relatif jadi ada kemungkinan harganya dipasar agak berbeda. Dan jangan lupa simak terus informasi terbaru seputar dunia otomotif roda dua alias sepeda motor hanya di motorcomcom. Baca Juga: