Harga BMW G310R, Review & Spesifikasi Juni 2017

Advertisement
Harga BMW G310R - Setelah penantian yang cukup panjang dan bahkan kita sampai dibuat penasaran akan sosoknya, lantaran banyaknya foto spyshotnya yang banyak beredar di dunia maya. Akhirnya amunisi terbaru hasil kolaborasi antara BMW Motorrad dengan TVS india muncul juga ke hadapan publik dunia. Ya, tepat tanggal 12 november 2015 kemarin di EICMA milan italia, motor yang mengusung nama BMW G310R tersebut resmi di luncurkan.

Mendengar namanya kalian pasti pada bertanya-tanya, katanya gabungan antara BMW Motorrad sama TVS india tapi kok di namanya tidak ada nama TVS ya, cuma memakai nama BMW?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut saat motor baru ini dirilis, pihak BMW memaparkan bahwa kolaborasi yang dilakukan dengan TVS india hanya sebatas dalam tempat produksinya saja. Sedangkan dalam hal pemilihan desain, mesin dan lain-lain tetap di pegang oleh pihak BMW Motorrad.

Kemudian, motor BMW G310R ini bisa dibilang unik kawan. Mengapa? pasalnya tak seperti motor-motor buatan bmw yang selama ini selalu identik dengan motor yang punya kapasitas mesin yang besar, motor baru ini justru malah menggendong mesin yang kapasitas mesinnya itu terbilang kecil yakni 313cc. Dan hal ini secara otomatis membuatnya menjadi anggota dengan kapasitas mesin paling kecil, yang dimiliki oleh keluarga BMW Motorrad hingga saat ini.

Tak sampai disitu kawan, motor baru ini juga punya konsep desain yang aggresive, gagah dan sporty. Bahkan pihak BMW Motorrad sendiri mengklaim jika si street fighter ini merupakan titisan dari salah satu motor andalan kepunyaan BMW Motorrad yakni S1000R yang mana dia adalah termasuk salah satu motor bmw yang populer di eropa bahkan dunia serta motor ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai "Best Standart Of 2014" versi Cycleworld.com.



Dan kabar membahagiakan datang dari BMW Motorrrad Indonesia. ATPM resmi BMW di tanah air ini resmi merilis motor BMW G310R untuk pasar indonesia. Menjadi salah satu sepeda motor anyar yang bakalan jadi pilihan baru orang indonesia. Kemudian menjadi pelengkap dari semua koleksi BMW Indonesia.

Perilisan resmi BMW G 310 R sendiri berlangsung digelaran Indonesia International Motor Show ( IIMS ) 2017. Motor sport BMW terbaru ini rilis bersama dengan motor keluaran BMW terbaru seperti BMW R Nine T Racer dan BMW R 1200 GS Rallye yang mana juga turut meramaikan pasar otomotif indonesia.

Harga BMW G310R
BMW G310R
Menegok ke desain BMW G 310 R, motor ini memang cocok masuk dalam keluarga BMW. Soalnya kawan tampilan motor in memang sangatlah keren dan sporty. Terlihat premium dan juga berkualitas sekali. Di sektor depan ada lampu tunggal dengan desain cukup tajam yang mana menggunakan lampu Halogen sebagai penerangan.

Lampu sein desain tajam dan berada di bawah speedometer. Bagian depan tampak kokoh dengan disematkannya suspensi Upside Down. Ergonomi cenderung nyaman dan tegak. Tangki cukup besar dengan desain muscular. Jok nya model menyatu jadi nyaman buat rider maupun juga pembonceng yang ada di belakang. Sektor belakang dihiasi dengan pegangan model tandung dan desain buritan yang modern.



BMW G310R dibangun dengan chassis tipe Tubular Steel Frame yang kuat, yang mana disinyalir mampu menjaga tingkat stabilitas sang kuda besi ini ketika dikendarai. Di sektor depan terdapat suspensi tipe Upside Down berdiameter 41 mm, lalu untuk sektor belakang mengandalkan suspensi monoshock yang di integrasikan dengan Alumunium Swing Arm.

Motor ini mengusung mesin yang benar-benar baru dari pihak BMW Motorrad. Yakni 1 silinder berkapasitas 313 cc, memakai teknologi Double Over Head Camshaft alias DOHC, 4 Tak, 4 Katup dengan sistem pendinginan berupa cairan (Liquid Cooled). Dengan bore x stroke masing-masing 80 mm x 62 mm, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 34.5 PS / 9500 rpm dengan torsi maksimum 27.9 Nm / 7500 rpm.

Harga BMW G310R
BMW G310R
Menggunakan transmisi dengan 6 kecepatan gearbox, motor G310R ini diklaim oleh pihak BMW Motorrad mampu berlari hingga top speed atau kecepatan maksimal 145 km/jam. Kemudian dengan mesin yang dikontrol dengan BMW-E2, tingkat konsumsi bahan bakar motor ini juga relatif hemat yakni 36.05 km/liter dengan bahan bakar tipe RON 95 (di indonesia setara dengan pertamax).

Tak hanya itu saja, emisi yang dikeluarkan oleh sang mesin pun juga terbilang ramah lingkungan dan bahkan telah lulus dalam uji emisi EURO 4. Hal ini tak lain berkat digunakannya Close-loop-3-way catalyc converter pada sistem pembuangannya. Motor sport BMW G 310 R cocok di pakai harian guna menunjang mobilitas sehari hari.

Harga BMW G310R
BMW G310R
Lanjut, BMW G310R menggunakan velg cast wheel ringan dan kuat dengan 5 palang, yang mana ukurannya 3.0 x 17" di depan & 4.0 x 17" di belakang. Untuk ukuran roda yang digunakan untuk membungkus velg tersebut adalah 10/70 R 17 di depan dan 150/60 R 17 di belakang.

Sebagai fitur keamanan, pihak BMW Motorrad membenamkan cakram tunggal berdiameter 300 mm di depan dan cakram tunggal berdiameter 240 mm di belakang. Dan agar semakin sempurna, diaplikasikanlah teknologi canggih Anti-Lock Braking System atau ABS dari BMW Motorrad.

Harga BMW G310R
BMW G310R
Sumber gambar : BMW Motorrad

Di dunia otomotif, sang kuda besi BMW ini bakal bersaing dengan motor pabrikan pesaing salah satunya yakni dengan KTM Duke 390. Motor ini di tawarkan dengan 3 pilihan warna yang menarik yakni biru, hitam dan putih.

Spesifikasi BMW G310R:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 1988 mm.
  • Lebar keseluruhan adalah 896 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua rodanya yakni 1374 mm.
  • Tinggi tempat duduk alias jok 785 mm.
  • Berat kosong motor 158,8 kg.
  • Kapasitas bahan bakar penuh 11 liter.
     2.  RANGKA
  • Dibangun dengan rangka tipe Tubular Steel Frame in grid structure with bolt-on rear frame.
  • Suspensi sektor depan menggunakan Teleskopic Fork berdiameter 41 mm, sedangkan untuk belakang menggunakan Alumunium Swing Arm in Conjuction with a directly-mounted spring stut Monoshock.
  • Rem depannya menggunakan cakram tunggal berdiameter 300 mm, lalu rem belakangnya menggunakan cakram tunggal berdiameter 240 mm. Serta dilengkapi dengan teknologi BMW Motorrad ABS.
  • Velg roda : 5 Spoke Light Alloy die-cast dimana untuk depan 3.0 x 17" & 4.0 x 17".
  • Roda depan ukuran 110/70 R 17 dan belakang 150/60 R 17.
      3. MESIN
  • Kapasitas mesin : 313 cc, 1 Silinder, DOHC, 4 Tak, 4 Katup dengan sistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
  • Bore x Stroke : 80 mm x 62 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio 10,6 : 1 (fuel Premium Unleaded 95 RON).
  • Max power yang dihasilkan mencapai 34.5 PS / 9500 rpm dengan torsi maksimum 27.9 Nm / 7500 rpm.
  • Tipe transmisi costant-mesh 6 speed gearbox.
  • Tipe kopling : Multi-plate Wet Clutch.
  • Engine control : BMS-E2.
  • Emisi : Close-loop - 3- way catalyc converter (standart EU-4).
      4. KELISTRIKAN
  • Alternator 330 W.
  • Batteray yang digunakan 12 V 8 Ah.
  • Headlamp : H4 12V 60/55W.
  • Starter 0,5 Kw.

Harga BMW G310R - Bulan Juni 2017:

  • Harga BMW G310R Baru       Rp. 104.000.000

Demikian informasi mengenai sepeda motor BMW G310R terbaru. Baik mulai review, spesifikasi dan harga BMW G310R baru di negara indonesia. Terima kasih sudah berkunjung ke motorcomcom dan jangan lupa untuk terus simak artikel menarik seputar otomotif roda dua hanya disini saja. Baca Juga Artikel Tentang :