Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Honda CB1000R Terbaru

Harga Honda CB1000R - Pertumbuhan pasar otomotif yang semakin cepat dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi, mau tidak mau membuat perusahaan otomotif dunia saling bersaing untuk bisa menghadirkan produk yang unggul dan juga kompetitif. Salah satu perusahaan tersebut adalah honda. Pabrikan yang lahir di negara jepang ini, berusaha keras untuk bisa menciptakan produk yang berkelas dan pastinya di sukai oleh banyak orang.

CB1000R adalah satu dari sekian banyak produk motor yang dimiliki honda. Motor ini sejatinya adalah merupakan versi streetfighter dari motor supersport kenamaan honda yang tidak lain dan tidak bukan adalah Honda CBR1000RR Fireblade. Dan bahkan juga dikaitkan dengan motor hebat honda lainnya yaitu RC212V Motogp. Street fighter ini pertama kali diperkenal kan saat ajang bergengsi Milan Bike Show pada tanggal 6 november 2007 silam.

Si motor street fighter besutan pabrikan honda ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya berbeda dengan motor lain dikelasnya. Mau tau apa itu? ini selengkapnya!.

Headlight Multi-Reflektor dengan 7-LED Position Light

Si motor street fighter ini mempunyai sektor penerangan yang mumpungi, utamanya di bagian depan. Di depan terpasang lampu utama dengan model segitiga (triangle) dengan memakai multi reflektor guna menghasilkan pencahayaan yang optimal.

Tidak sampai disitu saja, ternyata terdapat tambahan lagi berupa 7 buah lampu LED yang terpasang di bagian bawah headlmap. Selain membuatnya terkesan unik dan berbeda dengan motor street fighter lainnya, hal ini juga berguna agar pencahayaan di bagian depan semakin maksimal. Oh ya, tidak ketinggalan juga untuk sektor belakang telah dilengkapi dengan lampu LED alias LED Tail Light.

Rangka Alumunium Mono-Backbone Frame berteknologi Gravity Die-Cast (GDC)

CB1000R dibangun dengan rangka Alumunium Mono-Backbone Frame berteknologi Gravity Die-Cast (GDC). Rangka tersebut tidak hanya kuat tapi juga memiliki bobot yang ringan. Rangka tersebut dirancang secara sedemikian rupa agar motor ini bisa tampil gesit serta stabil saat digunakan berakselerasi lambat maupun cepat dengan membuatnya memiliki berat yang ringan. Untuk berat nya sendiri, motor street fighter ini berada di angka 217 kg (kering) dan 220 kg (basah).



Mesin Mengadopsi Milik CBR1000RR Fireblade

Honda CB1000R dipersenjatai oleh pabrikan honda dengan mesin tangguh yang aslinya mengadopsi mesin milik motor yang pernah memenangkan kejuaran superbike dunia pada tahun 2007 yang tidak lain yakni CBR1000RR Fireblade. Mesin tersebut berkapasitas 999cc, DOHC, 4 Katup, 4 silinder, 6 percepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan (liquid cooled). Memiliki ukuran bore x stroke masing-masing 75 mm x 56,5 mm serta mempunyai komprehensi rasio sebesar 11,2 : 1. Mesin tersebut dirancang secara khusus agar mampu memberikan performa optimal guna akselerasi yang maksimal.

Meskipun mengadopsi mesin dari CBR1000RR 2007, tapi CB1000R tidak lantas mempunyai kekuatan yang serupa dengan motor super sport honda itu. Pasalnya, si motor street fighter ini sejatinya di buat untuk dipakai sebagai harian alias lebih mengandalkan kenyamanan. Jika CBR1000RR fireblade mampu menghasilkan tenaga mencapai 133 kW / 12250 rpm dengan torsi maksimal 114 Nm / 10500 rpm, beda halnya dengan CB1000R yang hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal 123.4 hp / 92 KW / 10000 rpm & torsi maksimal mencapai 100 Nm / 73.8 ft-lb / 8000 rpm.

Harga Honda CB1000R
Honda CB1000R Hyper Red / Black Matt White
Harga Honda CB1000R
Honda CB1000R Pearl Cool White Black

Harga Honda CB1000R
Honda CB1000R Pearl Siena Red / Pearl Cool White (Tricolour)


Tapi walau begitu, CB1000R memiliki akselerasi yang terbilang cepat. Lihat saja, untuk berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 3,6 detik saja. Lalu motor street fighter ini bisa melaju hingga kecepatan maksimal dikisaran angka 228 km/jam. Berbekal teknologi canggih Fuel Injection System (PGM-FI) serta sistem pengapian jenis digital dengan komputer, membuat motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang lumayan iritlah untuk motor sekelasnya yakni sekitar 18,3 km/liter.

Single-Side Cast Alumunium Pro-Arm Swingarm

Kalau biasanya swing arm yang digunakan dalam sebuah sepeda motor adalah 2 sisi, tapi lain halnya dengan yang ada pada motor street fighter kepunyaan honda ini. CB1000R di persenjatai dengan swing arm satu sisi (single-side swingarm) berbahan alumunium yang besar dan kuat yang posisinya berada di bagian kiri. Pemakaian swing arm tersebut tidak hanya membuat motor ini terlihat sangat mengagumkan & canggih, tapi juga dimaksudkan agar perawatan roda bagian belakang bisa menjadi semakin mudah.



Suspensi Kuat dan Berkualitas

CB1000R dipersenjatai oleh Honda dengan suspensi yang tidak hanya kuat namun berkualitas. Di sektor depan di pasangi dengan suspensi 43 mm Inverted HMAS (Honda-Multi Action Suspension System) Catridge Fork, sedangkan sektor belakang lebih dipercayakan dengan suspensi Monoshock dengan Gas-Charged HMAS (Honda-Multi Action Suspension System). Dan kedua suspensi tersebut tersebut memiliki kemampuan peredaman getaran yang sangat baik dan bisa disesuaikan. Pemakaian 2 suspensi ini mampu membuat motor street fighter ini memiliki handling yang lebih responsif saat bermanuver. Dan yang paling penting adalah kenyamanan bisa dirasakan oleh pengendara dengan sangat baik.

Sektor Pengereman Berkelas dengan ABS

Sebagai penghenti laju, honda CB1000R dibekali dengan sektor pengereman yang berkelas berupa rem cakram di kedua kakinya. Di bagian depan ada cakram Radial ganda 4 kaliber piston full-floating berdiameter 310 x 4.5 mm, sedangkan belakang menggunakan cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 256 x 5 mm. Kedua rem tersebut memiliki kinerja dan fungsi yang baik dalam menghadirkan tingkat keamanan yang tinggi terutama buat si pengendaranya. Selain itu, pengereman juga semakin dimaksimalkan dengan adanya teknologi ABS (Anti-lock Braking System).

Velg Alumunium Stylish Bergaya Shuriken

Kaki-kaki milik CB1000R terlihat sangat bergaya dan juga fashionable. Hal ini dikarenakan adanya velg alumunium berwarna hitam yang stylish dengan bentuk layaknya sebuah shuriken (senjata milik ninja). Velg depan memakai velg alumunium tipe Hollow 4 jari , sedangkan belakang memakai velg alumunium tipe U 4 jari. Kedua velg itu pun terlihat sangat matching dengan kedua ban tubeless tipe radial yang digunakan. Dimana untuk ban depan berukuran 120/70ZR - 17 dan belakang 180/55ZR-17.

Instrumen Canggih Full Digital

Honda CB1000RR merupakan motor yang berteknologi tinggi. Motor street fighter ini dilengkapi dengan panel instrumen full digital dengan layar LCD yang menampilkan informasi penting buat pengendara. Panel dengan warna biru tersebut berisi informasi mengenai indikator speedometer, odometer, suhu, dual trip meter, jam, mpg dan indikator konsumsi bahan bakar rata-rata.

Di tahun 2015 ini, honda CB1000R kembali di hadirkan dengan nuansa yang baru serta lebih segar & dilempar kepasaran dengan 3 pilihan warna yang lebih atraktif yaitu Hyper Red / Black Matt White, Pearl Cool White Black dan terakhir Pearl Siena Red / Pearl Cool White (Tricolour).

Spesifikasi Honda CB1000R:

  1. DIMENSI
  • Panjang body 2105 mm.
  • Lebar nya adalah 805 mm.
  • Tinggi hingga 1095 mm.
  • Tinggi tempat duduk (jok) : 815 mm.
  • Jarak sumbu antar roda yaitu : 1445 mm.
  • Kapasitas bahan bakarnya mencapai 17,03 liter.
  • Sudut kemudi 25 derajat.
  • Berat kering motor adalah 217 kg ( basah: 220kg ).
  • Jarak terendah ke tanah adalah 130 mm.
      2. RANGKA
  • Di bangun dengan rangka jenis "Mono-back Born Coast Aluminous".
  • Suspensi depan menggunakan "Inverted HMAS Catridge Fork berdiameter 43 mm dengan kemampuan peredaman yang bisa disesuaikan.
  • Suspensi belakang memakai Monoshock dengan Gas-Charged HMAS yang memiliki kemampuan peredaman yang bisa disesuaikan.
  • Rem depan menggunakan cakram ganda 4 kaliber piston dari Radial berdiameter 310 x 4.5 mm, sedangkan rem belakang menggunakan cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 256 mm.
  • Roda depan berukuran 120/70ZR - 17 (radial) & roda depan berukuran 180/55ZR-17 (radial).
      3. MESIN
  • Menggunakan mesin berkapasitas 999cc, DOHC, 4 Katup, 4 silinder, 6 percepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan (liquid cooled).
  • Ukuran bore & stroke masing-masing 75 mm x 56,5 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio 11,2 : 1.
  • Sistem bahan bakar PGM FI Fuel Injection dengan sirkuit pengayaan otomatis dan throttle bodies 36 mm.
  • Sistem pengapian Digital Transistorized yang dikendalikan oleh komputer dengan pemetaan 3 dimensi.
  • Konsumsi bahan bakar sekitar 15,7 km/liter.
  • Emisi karbon dioksida mencapai 147.6 CO2 g/km.
  • Tenaga maksimal mencapai 123.4 hp / 92 KW / 10000 rpm & torsi maksimal mencapai 100 Nm / 73.8 ft-lb / 8000 rpm.
  • Kapasitas oli pelumas mesin 3,6 liter.
      4. KELISTRIKAN
  • Batteray yang dipakai 12V / 8.6 AH.
  • Sistem starter ialah Electric Starter.

Harga Honda CB1000R 2022:

Model ini sepertinya sudah tidak lagi diproduksi dan digantikan dengan unit yang lebih baru. Tapi kalian masih bisa mendapatkannya dengan membeli second / bekasnya. Yang tentunya harga honda cb1000r bekas lebih murah ketimbang yang baru.


Demikian artikel singkat yang mengulas tentang salah satu motor kepunyaan honda yaitu CB1000R.  Baca juga artikel lainnya di blog motorcomcom ini seperti tentang :