Harga Yamaha WR250R Terbaru Bulan Desember 2016

Advertisement
Harga Yamaha WR250R - Tepat pada hari minggu tanggal 22 februari 2015 yang lalu, PT Yamaha Motor Indonesia kembali menambah jajaran produknya di indonesia. Dan kali ini, perusahaan berlambang garputala itu menghadirkan motor baru yang genre nya Trail. Siapakah dia? baiklah tak perlu di tutupi lagi, ini dia yamaha wr250r. Kita semua tentunya tahu kan jika selama ini motor trail itu dikuasai oleh pabrikan kawasaki. So, dengan hadirnya motor baru ini dipastikan akan membuat persaingan di motor dual purpose di indonesia akan semakin lebih panas.

Yang menarik dari trail ini, ialah meskipun sejatinya konsepnya ialah dual purpose namun pada kenyataannya trail ini dikategorikan sebagai trail "Street Legal Model". Apa itu?. Yakni ialah bahwa trail ini telah legal atau dibolehkan dipakai buat di jalan raya ( on road ) sebagaimana motor harian pada umumnya. Dan ini pun telah dibuktikan lagi dengan adanya tempat untuk plat nomor dan juga surat-surat resmi layaknya motor jalanan seperti STNK.

Sekedar informasi bagi anda semua, trail baru yamaha ini sebenarnya merupakan motor tipe CBU ( Completely Built Up ) alias di impor langsung dari negara pembuatnya yakni jepang dalam keadaan utuh. Jadi bisa dibilang, indonesia hanya terima bersihnya saja. Kemudian, sebelum di luncurkan secara resmi untuk pasar indonesia, yamaha wr250r sebenarnya sudah lama lho diperkenalkan ke masyarakat indonesia.
Harga Yamaha WR250R
Yamaha WR250R
Tepatnya yakni saat berlangsungnya event otomotif bergengsi di indonesia atau yang lebih kita kenal dengan istilah IMOS ( Indonesia Otomotif Show ).  Dan saat diperkenalkan pun, si trail ini tidaklah sendirian tapi ditemani oleh motor yamaha CBU lainnya yaitu yamaha MT-09. Yang juga ada kemungkinan akan segera di luncurkan ke indonesia. Di indonesia, yamaha wr 250r ini dilepas dengan satu pilihan warna saja yakni Biru-Putih.

Sebagai motor baru, yamaha wr250r ini sudah memiliki  banyak pesaing lho di tanah air. Misalkan saja trail besutan kawasaki yakni Kawasaki KLX 250. ataupun besutan honda yakni CRF250. Lantas, apa saja keunggulan dari motor ini yang dirasa mampu untuk bisa bersaing, atau bahkan bisa untuk mengalahkan semua pesaingnya yang telah lebih dahulu berada di tanah air indonesia?.



Dimensi Ala Trail Kompetisi Yang Tangguh

Sebagai motor dual purpose, yamaha wr250r ini memiliki dimensi yang tangguh dan handal ala motor kompetisi. Yakni untuk ukuran P x L x T masing-masing 2175 mm x Lebar 810 mm x Tinggi 1230 mm. Hal ini tentunya akan membuat motor trail ini bisa dengan mudahnya melibas berbagai rintangan dan hambatan yang ada baik dimedan on road maupun off road.

Selain itu, trail ini juga memiliki jarak sumbu antar roda adalah 1420 mm dan jarak terendah ke permukaan tanah mencapai 300 mm.. Hal ini pastinya akan membuat trail ini tetap bisa melaju di medan -medan yang sulit sekalipun. Bahkan jika dipakai di indonesia, trail ini mungkin sangat cocoklah buat menghadapi banjir yang kerap kali menerpa.
Spesifikasi Yamaha WR250R
Yamaha WR250R
Tidak sampai disitu saja, berat kosong motor yang hanya 134 kg saja membuat tingkat kontrolling yamaha wr250r ini tergolong cukup mudah. Ringannya bobot motor ini tidak lain dan tidak bukan karena pengaruh pemakaian material-material ringan nan berkualitas yang digunakan. Semuanya terasa menjadi semakin lengkap dengan adanya tangki bahan bakar yang mampu menampung bahan bakar sebanyak 7,6 liter. Yang pastinya ini akan membuat waktu berpetualang semakin lebih lama.

Inspirasi dari WR-F dan YZ-F

Jika anda termasuk orang suka dengan dunia balap motocross, tentunya anda tidak asing lagi dengan kedua tipe motor yamaha ini yakni WR-F dan YZ-F. Di luar negeri, tipe-tipe motor tersebut sudah banyak mendapatkan pengakuan serta apresiasi yang tinggi akan ketangguhan serta performanya. Bahkan, tipe-tipe tersebut sudah sering dipakai untuk ajang balap dan kerap mendulang kemenangan di berbagai perlombaan yang di selenggarakan. Lantas apa hubungannya dengan trail baru yamaha wr250r?.



Jawabannya cukup sederhana, yakni kedua tipe motor yamaha tersebut merupakan inspirasi utama saat diciptakannya trail dual purpose wr250r ini. Inspirasi tersebut berkaitan dengan desain, teknologi serta hal-hal lain yang pada dasarnya merupakan keunggulan yang dimiliki oleh kedua motor kompetisi tersebut ( WR-F dan YZ-F ). Jadi kesimpulan sederhananya ialah bahwa trail baru yamaha ini akan menawarkan performa dan ketangguhan yang hampir mirip dengan motor trail kenamaan yamaha bagi para pengendaranya.

Rangka Super - Responsive

Yamaha wr250r di bangun dengan rangka kokoh tipe semi double cradle berbahan alumunium. Rangka tersebut memiliki bobot yang ringan tapi memiliki tingkat kekakuan yang tinggi. Rangka tersebut dipadukan dengan swing arm kuat berbahan alumunium. Dimana kombinasi antara kedua part tersebut mampu menghasilkan tingkat kestabilan, keseimbangan dan juga handling yang mantap baik pada saat motor ini digunakan di medan on road maupun off road.

Race-Spec Suspension

Telah dijelaskan di atas tadi, bahwasanya yamaha wr250r ini terinspirasi dari motor kompetisi WR-F dan juga YZ-F. Jadi tidaklah mengherankan lagi jika ada part trail tipe kompetisi yang ada / terpasang di wr250r ini. Salah satu part balap tersebut ialah sistem suspensi. Suspensi trail kompetisi terkenal lebih tangguh dalam hal meredam getaran dibandingkan dengan suspensi  yang dimiliki oleh trail biasa.

Si WR250R ini telah menerapkan suspensi berkualitas ala kompetisi dimana untuk depan memakai jenis Upside-Down 46 mm dari Kayaba dan belakang Link-Suspension Monocross yang masing-masing bisa diatur tingkat peredamannya ( kenyamannya ). Hal ini akan membuat trail ini tahan banting meski harus dipakai untuk jumping berkali-kali. Atau bahkan digunakan untuk aktivitas yang lebih berat seperti mendaki batu, bukit atau yang lainnya.

Mesin Tangguh

Trail besutan yamaha ini ditenagai dengan mesin 250cc, single silinder, 4 katup, 4 tak, DOHC , 6 - kecepatan dengan sistem pendingin berupa cairan ( Liquid Cooled ). Mesin tersebut juga telah menerapkan Titanium Intake Valves, Ceramic Planted-cylinder dan Forged Piston yang merupakan teknologi terkini yamaha. Kesemua bagian mesin dikontrol oleh sistem ECU yang dipadukan dengan Yamaha EXUP System ( Exhaust Ultimate Power Valve ) yang berfungsi agar power yang dihasilkan menjadi lebih optimal dengan emisi yang lebih efisien.

Mesin tersebut pun menawarkan power maksimum yang cukup besar yakni 30 dk pada putaran 10000 rpm & torsi maksimum sebesar : 2.4 kgf.m ( 17.4 ft-lb ) pada putaran 8500 rpm. Dengan spec mesin seperti itu, trail ini mampu berlari cepat dan juga lincah di kondisi medan ataupu off road. Dalam sebuah test ride, yamaha wr250r ini mampu di pacu hingga kecepatan maksimal (top speed) sekitar 131,32 km/jam.
Review Yamaha WR250R
Yamaha WR250R
Tidak hanya cepat saja, trail ini juga termasuk irit dalam pemakaian bahan bakar. Ini semua berkat pengaplikasian teknologi fuel injection system dengan Mikuni 38 mm throttle body yang bisa membuat tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Konsumsi bahan bakar ( BBM ) yamaha wr250r ini sendiri sekitar 29 km/liter.

Si trail yamaha ini memiliki postur tubuh yang ramping ( slim ) dan  juga tinggi. Jok atau tempat duduk saja mencapai 930 mm ( hampir 1 meter ). Bagi pengendara yang memiliki postur tubuh yang tinggi, tentunya tidak akan mengalami masalah untuk berkendara dengan motor trail ini. Tapi lain halnya dengan mereka yang berpostur tubuh kurang tinggi, tentunya akan kerepotan jika ingin menunggangi kuda besi besutan yamaha ini. 

Pengereman Optimal

Mengingat yamaha wr250r ini adalah motor dual-purpose, maka mau tidak mau sektor keamanan haruslah menjadi nomor satu. Untuk itu yamaha telah mempersenjatai trail buatannya ini dengan rem cakram tunggal 2 kaliber piston 250 mm yang terpasang di bagian depan dan rem cakram tunggal 1 kaliber piston 230 mm yang terpasang di bagian belakang bertipe " Wave Style" guna pengereman yang optimal. Kedua rem tersebut mampu memberikan rasa aman bagi pengendara karena bisa menghasilkan daya cengkram yang maksimal di berbagai kondisi jalan, baik on road maupun off road . Rem tersebut terpasang dengan kuat pada roda velg jari berukuran 21 inci  (depan) dan 18 inci ( belakang). Dimana ukuran ban yang digunakan  adalah 80/100 - 21M/C 51P untuk depan dan  120/80 - 18M/C 62P untuk belakang.

Sebagai motor baru, dirasa ada beberapa kelemahan yang ada pada yamaha wr250r ini diantaranya :
  • Tinggi Tempat Duduk yang Terbilang Sangat Tinggi
Tempat duduk atau jok dari trail ini lumayan tinggi yakni sekitar 930 mm ( hampir 1 meter ). Bagi orang luar negeri pastinya itu bukan hal yang cukup mengganggu. Tapi lain halnya dengan masyarakat indonesia yang kebanyakan memiliki ukuran tubuh rata-rata (tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek ) Hal ini pastinya akan menjadi hal yang merepotkan terutama ketika ingin mengendarai trail yamaha ini.
  • Banderol Harga Yang Terbilang Cukup Tinggi
Kita semua tahu jika yamaha wr250r ini merupakan motor CBU ( Completely Built Up ) yang langsung impor dari negara jepang. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada harga jual dari motor ini. Namun sayangnya, harga yang dibanderol ini terbilang cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi jika disandingkan dengan harga kompetitor nya yang lebih dahulu ada di indonesia seperti kawasaki klx 250 dan CRF250.

Spesifikasi Yamaha WR250R :

  1.  DIMENSI
  • Panjang 2175 mm.
  • Lebar 810 mm.
  • Tinggi 1230 mm.
  • Jarak sumbu antar roda adalah 1420 mm.
  • Jarak terendah ke tanah ialah 300 mm.
  • Tinggi tempat duduk / jok : 930 mm.
  • Kapasitas penuh tangki bahan bakar ialah 7,6 liter.
  • Berat kosong motor 134 kg.
      2. RANGKA
  • Di buat dengan rangka jenis Semi Double Cradle.
  • Tipe suspensi depan Upside-down diameter 46 mm Kayaba dan tipe suspensi belakang Link-suspension Monocross
  • Rem depan cakram tunggal 2 kaliber piston 250 mm dan rem belakang cakram tunggal 1 kaliber piston 230 mm.
  • Ban depan memiliki ukuran 80/100 - 21M/C 51P sedang untuk belakang 120/80 - 18M/C 62P.
      3. MESIN
  • Kapasitas mesin 250cc, single silinder, 4 katup, 4 tak, DOHC , 6 - kecepatan dengan sistem pendingin berupa cairan ( Liquid Cooled ).
  • Diameter x langkah : 77 mm x 53,6 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensi : 11,8 : 1.
  • Tenaga maksimum ( Max Power ) : 30 dk / @ 10000 rpm & Torsi maksimum ( Torque Max ) sebesar : 2.4 kgf.m ( 17.4 ft-lb ) / @ 8500 rpm.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection System dengan Mikuni 38 mm throttle body.
  • TCI Ignition
  • Menyalakan mesin dengan satu sistem yakni Electric Starter.
  • Kapasitas oli mesin : 1,5 liter.

Harga Yamaha WR250R -  Bulan Desember 2016 :

  • Harga Yamaha WR250R Baru                     Rp 93.000.000
Demikian artikel sederhana mengenai spesifikasi dan harga yamaha wr250r terbaru di negara indonesia. Oh ya, untuk gambar yang ada berasal dari situs resmi yamaha yakni yamaha-motor.eu. Ok, ketahui juga artikel menarik lainnya yang ada di motorcomcom ini, misalkan saja tentang:
Advertisement
Harga Yamaha WR250R Terbaru Bulan Desember 2016 | Motor comcom | 5