Harga Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 FI Bulan Desember 2016

Advertisement
Harga Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 FI -  Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya generasi terbaru dari jupiter mx 135 telah hadir di indonesia. Tepatnya pada hari kamis tanggal 12 maret 2015, Pabrikan berlambang garpu tala itu secara resmi meluncurkan bebek terbarunya yang bernama Yamaha Jupiter MX 150 FI yang bertempat di salah satu sirkuit di jawa barat yakni International Carting Sentul atau yang lebih dikenal dengan sirkuit sentul kecil.

 Sekedar informasi aja buat temen-temen, kembaran dari motor bebek ini sebenarnya sudah pernah diluncurkan di salah satu negara yang ada di kawasan asia tenggara yakni vietnam, ya meskipun dengan nama yang berbeda yakni yamaha exciter 150 fi.

Tak seperti kembarannya yang ada di vietnam yang hanya menawarkan satu model saja, penantang dari motor suzuki satria fu 150 di indonesia ini menawarkan 2 pilihan model yakni MX 150 dan MX King 150. Untuk Yamaha jupiter MX 150 tersedia dalam 3 warna pilihan yaitu Racing Blue (Putih-Biru), Red Corner (Merah-Putih) dan terakhir Black Sniper (Hitam).

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX 150 (Racing Blue)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX 150 (Red Corner)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX 150 (Black Sniper)
Sedangkan buat yamaha jupiter mx king 150 tersedia dengan 3 warna pilihan pula yakni masing-masing adalah Speedy White (Putih), Red King (Merah) dan terakhir Drift Black (Hitam).

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX King 150 (Speedy White)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX King 150 (Red King)

Harga Yamaha Jupiter MX 150
Yamaha Jupiter MX King 150 (Drift Black)

Sumber Gambar : http://www.yamaha-motor.co.id/mx-king-150/color.html

Kedua motor ini memiliki persamaan dan juga perbedaan yang signifikan. Lantas apa saja persamaan dan perbedaan itu, yuk kita ulas bersama-sama.

Persamaan Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 (The King Of Street)

Kita awali dari persamaannya dulu ya. Kalau ditanya mengenai persamaan antara kedua motor bebek ini, jawabannya mudah saja yakni terletak pada spesifikasinya, baik itu dari dimensi, rangka, mesin dan juga kelistrikan yang dipakai. Mulai dari dimensinya, kedua motor ini sama-sama memiliki P x L x T : 1970 mm x 670 mm x 1080 mm. Jarak sumbu roda dan  jarak terendah ketanah masing-masing 1240 mm dan 135 mm. Memiliki bobot 116 kg dengan tinggi jok mencapai 780 mm serta tangki bahan bakar dengan kapasitasnya mencapai 4,2 liter.

Terus untuk urusan rangkanya, kedua bebek ini sama-sama dibangun dengan rangka tipe "Tulang Punggung" (Back Bone) dengan persenjataan di kakinya berupa suspensi teleskopik di depan dan monoshock serta swing arm model baru di area belakang. Pengereman keduanya mengandalkan rem cakram tunggal yang terpasang di ban berukuran 70/90 - 17 M/C 38P (depan)  dan ban ukuran 120/70 - 17 M/C 58P (belakang).



Lanjut ke sektor dapur pacunya, kedua motor ini sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 150cc, 1 silinder, 4-Langkah, SOHC (Single Over Head Camshaft), dengan sistem pendinginan radiator (cairan) dan telah berteknologikan Fuel Injection System (FI). Dengan ukuran diameter piston 57 mm dan stroke 58,7 mm, mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 11,3 KW / 8500 rpm dengan torsi maksimum 13,8 KW / 7000 rpm. Dalam sebuah test ride yang dilakukan, yamaha mx 150 dan mx king 150 bisa digeber hingga kecepatan maksimal kurang lebih sekitar 117 km/jam. Dan untuk urusan pemakaian bahan bakar, bebek ini bisa menempuh jarak 49,8 km/liter bahan bakar.

Dan terakhir untuk urusan kelistrikan, kedua motor ini sama-sama memilih bateray jenis YTZ4V / GTZ4V (MF Batteray 3Ah) sebagai sumber daya listriknya serta menggunakan busi tipe NGK-CR8E sebagai penyempurna dalam Sistem pengapian yang berbasis TCI (Transistor Control Ignition).


Perbedaan Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 (The King Of Street)

Antara motor yamaha jupiter mx 150 dan juga yamaha jupiter mx king 150 memiliki beberapa perbedaan yang tampak jelas, bagian tersebut diantaranya:
  •  Striping
Nah bagian ini yang pastinya langsung kentara jika kedua motor bebek ini disandingkan. Kita pastinya tahu jika kedua motor baru ini sama-sama dihiasi dengan striping baru yang keren dan elegan. Namun meski begitu, ternyata terdapat perbedaan dalam striping yang dipakai. Jika MX 150 memakai striping baru dengan pola garis memanjang, sedangkan MX King 150 memakai striping dengan pola garis pendek. Tidak sampai disitu saja, khusus buat MX King 150 terdapat sebuah kata "JUP" yang melekat di bagian sayap kiri dan kanan motor. Sedangkan si MX 150 tidak ada.
  • Bohlam Lampu Depan
Perbedaan pertama yang ada dikedua motor ini ialah pemilihan bohlam lapu yang digunakan buat sektor penerangan didepan. Untuk MX 150 memakai jenis bohlam Bulb alias bohlam biasa, sedangkan untuk MX King 150 menggunakan bohlam tipe Halogen HS1. Hasilnya, ya antara keduanya, MX King lah yang dirasa memiliki penerangan yang lebih baik dan modern ketimbang milik MX150.
  • Lampu Senja
 MX 150 memakai lampu senja dengan bohlam biasa dan letaknya menyatu dengan headlamp. Sedangkan MX King 150 menggunakan lampu senja berjenis LED, serta letaknya telah terpisah dari headlamp motor.
  • Tuas Rem Depan & Tuas Kopling (Handle)
Perbedaan berikutnya terletak dari pemilihan warna yang digunakan untuk menghiasi bagian tuas rem depan dan tuas kopling / handle. Untuk Yamaha Jupiter MX king 150 dibalut dengan warna cat silver/perak, sedangkan MX King 150 di cat dengan warna hitam..
  • Desain Lampu Sein Belakang
Sekedar informasi, desain lampu bagian belakang motor bebek baru yamaha ini mengadopsi milik Yamaha YZF R25, sehingga tidak mengherankan jika terlihat sangat sporty. Namun meski begitu, antara MX 150 dan MX King 150 memiliki perbedaan pada desain lampu sein belakangnya. Untuk MX 150 mengusung desain yang cenderung Oval, sedangkan MX King 150 menganut konsep desain yang lancip dan meruncing.
  • Tempat Duduk / Jok
Lanjut ke perbedaan berikutnya ya. kali ini perbedaan terlihat pada area kenyamananan yakni tempat duduk atau yang lebih terkenal dengan sebutan jok. Untuk Yamaha Jupiter MX 150 menggunakan jok dengan 1 bahan saja, sedangkan MX King 150 menggunakan jok dengan kombinasi 2 bahan.
  • Shock Breaker Belakang.
Kedua motor ini sama-sama menggunakan suspensi belakang jenis monoshock.  Namun uniknya sock breaker yang dipakai berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan itu berasal dari pemilihan warna yang digunakan. Untuk MX 150 menggunakan shock breaker berwarna Hitam, sedangkan MX King 150 berwarna Kuning.
  • Footsteep (Pijakan Kaki) Depan
MX 150 menggunakan jenis Footsteep  permanen atau paten yang tidak bisa untuk diubah-ubah. Sedangkan MX King 150 memakai jenis Footsteep modern yang bisa untuk di ubah yakni ditekuk.
  • Warna Kaliber Rem depan dan Belakang
Perbedaan berikutnya terletak di area pengereman. Meskipun sama-sama memakai rem cakram tunggal di depan maupun belakang, tapi ternyata terdapat perbedaan yang jelas telihat yakni dari pemilihan warna buat kaliber rem yang dimiliki. Untuk MX 150 memiliki warna hitam, sedangkan buat MX King 150 berwarna emas.
  •  Velg
Kaki-kaki yang dipakai oleh kedua motor ini juga memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada penggunaan warna yang digunakan untuk menghiasi bagian velg. Untuk MX 150 dihiasi dengan velg berwarna hitam polos, sedangkan velg milik MX King 150 tidak hanya berwarna hitam saja tapi mendapat tambahan warna lain yang melekat di pinggiran velg (Pinstripe).


  • Handle Set (Besi Pegangan Belakang)
Bagian Besi Pegangan belakang (handle set), juga mendapatkan sentuhan yang berbeda baik itu MX 150 maupun MX King 150. Untuk MX 150 memiliki handle set berwarna hitam yang berlaku untuk semua pilihan motor ini, Sedangkan untuk MX King 150 memiliki handle set dengan warna silver (terkecuali buat pilihan motor warna hitam).
  • Spedometer
Baik MX 150 maupun MX King 150 sama-sama menggunakan speedometer kombinasi antara analog dan digital. Namun ternyata spedometer yang dimiliki oleh kedua motor tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dimulai dari milik MX 150, layar LCD di panel digital memiliki warna merah. Secara keseluruhan spedometer yang dipakai menampilkan informasi seperti pengukur kecepatan, RPM, konsumsi bahan bakar, penunjuk lampu sein, gigi netral dll.

Selanjutnya milik MX King 150, layar LCD di panel digital berwarna Putih. Lalu spedometer tersebut dilengkapi dengan teknologi "Human to Machine" yang terlihat dengan kata "Hi Buddy" di bagian layar digital saat kunci kontak diaktifkan. Tidak hanya itu saja, terdapat juga Fitur canggih MID (Multi Information Display). Fitur MID ini merupakan fitur yang bisa merubah kata "Hi Buddy" tadi diganti dengan kata lain yakni dengan format "Hi + Nama Kita". Fitur ini juga digunakan untu mengukur jarak tempuh, konsumsi BBM dan lain-lain.

Setelah mengetahui persamaan serta perbedaan dari kedua motor bebek ini, tentunya sudah bisa menilai mana yang terbaik. Yap, itu memang benar yamaha MX King 150 yang terbaik. So, jangan heran jika banderol harga motor bebek ini sedikit lebih mahal dari pada MX 150. Untuk tahu harganya, lihat saja di bawah ini!.

Spesifikasi Yamaha Jupiter MX 150:

  1. DIMENSI
  • Memiliki panjang 1970 mm.
  • Lebarnya 670 mm.
  • Tinggi 1080 mm.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah 135 mm.
  • Jarak sumbu roda : 1240 mm.
  • Tinggi tempat duduknya (jok) adalah 780 mm.
  • Berat kosong ialah 116 kg.
  • Kapasitas tangki bensin/ bahan bakar mencapai 4,2 liter.
      2. RANGKA
  • Rangka  bertipe tulang punggung (Backbone).
  • Suspensi depan menggunakan Teleskopik & untuk belakang memakai suspensi monoshock yang di integrasikan dengan Swingarm model baru.
  • Ban depan berukuran 70/90 - 17 M/C 38P dan ban belakang memiliki ukuran 120/70 - 17 M/C 58P.
  • Rem depan maupun rem belakang sama-sama menggunakan rem cakram tunggal.
       3. MESIN
  • Mesin 150cc, tipe 4 Langkah, SOHC, Silinder tunggal / tenggak, berpendingin cairan (radiator).
  • Perbandingan komprehensi rasio mesin ialah 10.4 : 1.
  • Piston x Stroke : 57 mm x 58,7 mm.
  • Sistem starter ada 2 yaitu : Electrik dan Kick Starter.
  • Sistem bahan bakarnya Fuel Injection System (FI).
  • Tenaga maksimum 11,3 KW / 8500 rpm & torsi maksimum 13,8 KW / 7000 rpm.
  • Kapasitas oli mesin ialah : Total = 1,15 liter / berkala = 0,95 liter, Ganti filter oli = 1 liter.
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian yang digunakan ialah TCI (Transistor Control Ignition).
  • Batteray yang dipakai bertipe YTZ4V / GTZ4V (MF Batteray 3Ah).
  • Tipe busi yakni NGK-CR8E.

Harga Yamaha Jupiter MX 150 - Bulan Desember 2016:

  • Harga Yamaha Jupiter MX 150                           Rp 18.450.000
  • Harga Yamaha Jupiter MX King 150                   Rp 18.950.000

Jelajahi juga artikel menarik lainnya di situs ini, misalkan saja seperti informasi mengenai :
Advertisement
Harga Yamaha Jupiter MX 150 dan MX King 150 FI Bulan Desember 2016 | Motor comcom | 5