Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kawasaki Ninja 300 2023

Harga Kawasaki Ninja 300 - Kabar menggembirakan datang dari pabrikan berciri khas warna hijau, Kawasaki. Pasalnya pada tanggal 20 februari yang lalu, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali meluncurkan produk baru dari klan ninja.

Dan tidak tanggung-tanggung ya , ada 2 motor yang diluncurkan secara bersamaan yakni ninja 300 dan kawasaki ninja zx10r. Dengan datangnya kedua motor ini tentunya tidak hanya akan melengkapi line up motor milik kawasaki di indonesia saja, tapi secara tidak langsung akan membuat semakin panasnya persaingan otomotif di tanah air.

Di kesempatan kali ini kita hanya akan membahas satu motor saja yakni ninja 300. Pasalnya, untuk yang lainnya ( zx10r) telah dijelaskan di artikel sebelumnya yakni yang mengulas harga kawasaki ninja zx10r terbaru di indonesia. Baiklah, bicara soal ninja 300 sebenarnya motor tersebut merupakan saudara atau lebih tepatnya kakak dari motor klan ninja lainnya yakni kawasaki ninja 250 fi.

Dan sebelum masuk ke tanah air, kawasaki ninja 300 ini sudah terlebih dahulu malang melintang di  negara-negara besar yang ada di daratan eropa, amerika dan bahkan juga di negara-negara di daratan asia. Ketangguhan serta kehandalan dari motor sport ini pun rasanya tak perlu diragukan lagi, pasalnya motor ini sudah mendapatkan banyak pengakuan dan dari sisi penjualannya pun bisa dibilang sangat laris manis baik di eropa, amerika dan di asia.

Dilihat dari berbagai sisi, antara kawasaki ninja 300 dan 250 fi tidak nampak begitu banyak perbedaan. Desain nya bisa dibilang sama persis antara keduanya. Hanya saja kalau ninja 300 memiliki ukuran body yang cenderung sedikit lebih panjang dan bagian buritan terasa lebih tinggi dari sang adik. Tapi meski begitu berat dari keduanya terbilang sama yakni 172 kg. Dan kapasitas bahan bakar ditangki pun juga sama antara keduanya yakni 17 liter.

Selanjutnya, suspensi yang digunakan juga sama yakni dibagian depan menggunakan garpu teleskopik 37 mm dan dibelakang menggunakan Uni-track  Sistem dengan Model gas-Shock dengan 5 tingkat penyetelan kenyamanan. Kemudian untuk urusan pengereman, memakai rem cakram tunggal dual-kaliber piston berdiameter 290 mm di depan dan cakram tunggal dual-kaliber piston berdiameter 220 mm di belakang dan juga telah berteknologikan sistem ABS (Anti-lock Braking System) dari Nissin.

Terus, ban yang dipakai juga memiliki ukuran yang sama yakni ukuran 110/70 - 17 M/C (54S) untuk roda bagian depan & ukuran 140/70 - 17M/C (66S) untuk roda bagian belakang. Panel instrumen yang dipakai juga sama persis dengan yang dipakai oleh sang adik.

Untuk sekarang ini, di tanah air  motor kawasaki ninja 300 ini hanya di tawarkan dengan satu pilihan warna saja untuk para konsumennya yakni Lime Green/Pearl Stardust White yang merupakan Edisi Spesial (30th Anniversary Edition) sebagai penanda telah 30 tahun lamanya klan ninja berkiprah di dunia otomotif .

Harga Kawasaki Ninja 300
Kawasaki Ninja 300
Namun sebagai saudara tua, tentunya ada beragam kelebihan yang dimiliki, yang membuatnya berbeda dengan sang adik. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki & ditawarkan oleh motor sport ninja 300 ini diantaranya:

Rangka Diamond Yang Kuat & Fleksibel

Kawasaki Ninja 300 dibangun dengan rangka jenis diamond berbahan baja yang tidak hanya kuat tapi juga sangat lentur (fleksibel). Bahkan rangka tersebut diklaim jauh lebih kuat dan lebih lentur dibandingkan dengan rangka yang dimiliki oleh sang adik ninja 250fi. Rangka ini memungkinkan tingkat handling dan controlling yang sangat mantap ketika mengenai motor jenis sport ini. Rangka tersebut juga mampu menghasilkan tingkat kestabilan yang tinggi bahkan ketika dipacu dalam kecepatan yang tinggi.
Mesin Lebih Besar & Tenaga Lebih Handal

Sebagai sang kakak, ninja 300 ini dipersenjatai dengan mesin yang lebih besar dibandingkan dengan sang adik yakni ninja 250fi. Mesin tersebut berkapasitas 300cc, DOHC, 8 katup, 2 silinder sejajar, 6 kecepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan (liquid cooled). Mesin tersebut menggunakan piston berdiameter 62 mm dan stroke ukuran 49 mm. Dan ini tentunya jauh lebih besar ketimbang milik sang adik yang hanya memakai piston ukuran 62 mm dan stroke ukuran 41,2 mm.

Dengan perbedaan mesin yang lebih besar tentunya tenaga yang dihasilkanpun juga terasa lebih handal. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga/power max hingga 29.0 kW (39PS) / 11000 rpm dengan torsi puncak mencapai 27 Nm (2.8 kgf.m) /10000 rpm. Dimana ini lebih besar ketimbang sang adik yang hanya mencapai power max 23,5 kW (32PS) / 11000 rpm & torsi max 21 Nm (2.1 kgf.m) / 10000 rpm. Sedangkan untuk kecepatan maksimum / top speed motor kawasaki ninja 300 ini bisa dipacu hingga sekitar 191 km/jam.

Harga Kawasaki Ninja 300
Kawasaki Ninja 300

Digital Fuel Injection Yang Lebih Canggih

Motor sport ini memakai sistem pengapian yang jauh lebih canggih ketimbang adiknya ninja 250 fi. Sistem pengapiannya memakai Digital Fuel Injection System 2 x 32 mm. Dan ini lebih besar ketimbang sang adik hanya memakai Digital Fuel Injection 2 x 28 mm. Dengan memakai sistem ini, untuk menyalakan mesin motor ninja 300 ini, menjadi lebih mudah dan praktis, bahkan di saat kondisi yang dingin sekalipun.

Selain itu, berkat penerapan injeksi yang lebih canggih menghasilkan tarikan motor yang lebih mantap dan yang lebih penting lagi adalah konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan emisi yang lebih bersih. Dalam sebuah test ride yang dilakukan, motor sport ini memiliki tingkat konsumsi bbm sekitar 25,6 km/liter. Dan ini pun terasa lebih baik dari sang adik yang memiliki konsumsi bbm sekitar 21 km/liter.

Harga Kawasaki Ninja 300
Kawasaki Ninja 300

Kopling Bersistem "Assist & Slipper Clutch"

Kawasaki Ninja 300 menerapkan teknologi ala motor balap. Diantara teknologi tersebut ialah penggunaan sistem Assist & slipper clutch yang diterapkan pada bagian pengoperasian gigi (kopling). Assist Clutch memiliki fungsi untuk memperingan tekanan yang ada pada tuas kopling ketika menaikkan gigi perseneling, yang memungkinan pengendara akan lebih mudah meningkatkan kecepatan saat berakselerasi.

Kebalikan dari Assist Clutch, Slipper Clucth berfungsi untuk melancarkan penurunan gigi perseneling, baik pada kondisi yang biasa ataupun yang ekstrem / dalam kecepatan tinggi. Kehadiran teknologi ini tentunya akan sangat membantu pengendara baik untuk kelancaran mapun keamanan ketika berkendara.
Untuk masalah harga jual, Kawasaki Ninja 300 indonesia dipatok dengan harga yang relatif mahal alias tinggi. Bahkan lebih tinggi dari pada sang adik yakni ninja 250 fi. Selain karena tipenya CBU (Completely Built Up) alias langsung di impor  langsung dari negara pembuatnya dalam kondisi utuh, Ini juga disebabkan karena terkena pajak penjualan atas barang mewah hingga 125 persen mengingat kapasitas mesinnya yang melebihi 250 cc.

Dengan harga yang tinggi, banyak yang beranggapan jika motor sport baru Kawasaki Ninja 300 tersebut tidak akan selaris adiknya dalam hal penjualan. Ya mau gimana lagi ya? memang seperti itulah adanya. Bahkan pihak KMI (Kawasaki Motor Indonesia) sendiri sudah menegaskan bahwa mereka tidak memberikan target penjualan yang besar pada produk motor sport nya ini.

Harga Kawasaki Ninja 300
Kawasaki Ninja 300
Sumber gambar : Kawasaki

Ini pun semakin dibuktikan dengan terbatasnya persediaan motor Kawasaki Ninja 300 ini yang hanya ada 300 unit saja. Tapi ya, jika namanya suka meski harganya selangit pun pasti akan dibeli juga. Kalau dari anda-anda semua ada yang berminat membeli motor sport ini, kunjungi saja dealer kawasaki terdekat di kota anda. Soalnya, motor ini telah di distribusikan ke dealer-dealer kawasaki di seluruh indonesia, namun dengan stock yang terbatas tentunya.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 300:

  1. DIMENSI
  • Panjangnya 2015 mm.
  • Lebar 715 mm.
  • Tinggi 1110 mm.
  • Jarak poros roda yaitu 1400 mm.
  • Jarak ke tanah adalah 785 mm.
  • Berat motor 172 kg.
  • Kapasitas bensin / bahan bakar adalah 17 liter.
      2. RANGKA
  • Rangka jenis "Semi-double-cradle, high tensile steel".
  • Suspensi depan garpu teleskopik 37 mm, suspensi belakang Uni-trak sistem dengan model Gas-Shock dan dengan 5- tingkat penyetelan kenyamanan.
  • Ukuran ban depan 110/70 - 17 M/C (54S) & ban belakang ukuran 140/70 - 17M/C (66S).
  • Rem depan memakai jenis cakram tunggal 2 kaliber piston hidrolik berdiameter 290 mm, dan untuk yang belakang memakai rem cakram tunggal 2 kaliber piston hidrolik berdiameter 220 mm.
      3.  MESIN
  • Berkapasitas 296 cc, 4-Tak (four stroke), DOHC, 2 silinder sejajar, bersistem pendingin cairan/ liquid cooled.
  • Diameter x langkah mesin : 62 mm x 49 mm.
  • Tenaga maksimum sebesar 29.0 kW (39PS) / 11000 rpm dengan torsi puncak mencapai 27 Nm (2.8 kgf.m) /10000 rpm.
  • Perbandingan komrehensi rasio 10,6 : 1.
  • Sistem pembakaran : Fuel Injection System dengan 32 mm x 2 throttle bodies.
  • Pengapian dengan sistem Transistor Controlled Ignition (TCI) dengan digital advance.
  • Transmisi 6 - kecepatan dengan positive neutral finder.

Harga Kawasaki Ninja 300 2023:

Sebagai informasi saat ini kawasaki indonesia sudah tidak menjual motor sport ini lagi.Tapi kalian masih bisa mendapatkannya secara bekas dengan kisaran harga 45 hingga 47 jutaan rupiah.


Itulah sedikit ulasan mengenai sepeda motor tipe sport milik kawasaki yakni ninja 300. Jangan lewatkan pula informasi menarik lainnya di blog motorcomcom ini seperti tentang :