Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha Mio M3 125 2023

Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core - Menjelang akhir tahun 2014, ternyata Yamaha Indonesia  telah menyiapkan kado istimewa buat para konsumen setianya. Ini terbukti dengan diluncurkan motor baru bergenre matic dengan teknologi canggih "Blue Core" pada tanggal 7 desember 2014 yang bertepatan dengan gelaran event Yamaha Asean Cup Race ( YACR ). Lantas seperti apa keistimewaan yang coba di tawarkan oleh motor matic terbaru yamaha ini?

Motor dengan nama yamaha mio m3 blue core ini terlihat lebih mewah dan juga elegan, jika dibandingkan dengan mio generasi tendahulunya. Uniknya, kalau diperhatikan baik-baik, matic blue core ini malah hampir mirip dengan motor dari pabrikan pesaing ( Honda ) yakni honda beat dengan desain yang bodynya yang kecil dan ramping.

Yamaha Mio M3 125 disajikan bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan plus kemudahan dalam mengendarai sebuah motor matic. Dengan tubuh yang ramping dan kokoh membuat matic yamaha terbaru ini sangat cocok digunakan untuk melibas jalanan padat seperti di wilayah perkotaan. Bisa dipakai untuk selap selip dengan mudah saat macet.

Kemudian tampilanya sendiri tak kuno alias sesuai dengan seleranya orang zaman sekarang. Jadi ketika dipakai tentu tetap bisa bikin senang dan bangga buat rider yang menaiki motor baru ini. Motor Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini cocok buat anak muda. Namun meski begitu juga sesuai kok dengan jika orang dewasa yang mengendarainya.

Nama M3 yang di usungnya, mungkin secara tidak langsung menjelaskan tentang konsep desain yang dipakai oleh matic baru ini. Terbukti dengan ada nya 3 bagian motor yang mengusung konsep " M ", yakni bagian lampu ( head lamp ), pegangan tangan di belakang ( handle bar ) dan juga pada desain lampu belakang ( Tail Lamp ).


Yamaha Mio M3 125 Blue Core merupakan komitmen PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia untuk senantiasa menghadirkan produk terbaik untuk masyarakat indonesia. Sebuah kendaraan yang mumpuni dan bisa menemani aktivitas masyarakat indonesia sehari hari. Baik yang biasa maupun yang luar biasa.Yang paling menarik dari semuanya adalah harga mio m3 2017 cenderung murah dan terjangkau.

Warna Pilihan

Kalau di awal peluncuran Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini sendiri dilepas dengan 2 varian pilihan yakni Spoke Wheel ( SW ) dan Cast Wheel ( CW ). Perbedaan mio m3 cw dan sw cuma dipelek yang mana kalau sw itu pelek jari jari, sedangkan cw pelek sporty. Namun untuk model terbaru saat ini, matic ini cuma ada satu varian yakni Cas Wheel. Warna Mio M3 sendiri jumlahnya itu ada 4. Dan kalau dibandingkan warna mio z , itu cenderunng berbeda.

Untuk pasar indonesia, warna Yamaha Mio M3 125 Blue Core di antaranya adalah Awesome White, Attractive Red, Active Green dan Amazing Black yang menjadi edisi spesial Mio M3 AKS SSS ( Advance Key Stem & Stop Start Sytem.
Harga Yamaha Mio M3 125
Yamaha Mio M3 125 Awesome White

Harga Yamaha Mio M3 125
Yamaha Mio M3 125 Attractive Red

Harga Yamaha Mio M3 125
Yamaha Mio M3 125 Active Green

Harga Yamaha Mio M3 125
Yamaha Mio M3 125 Amazing Black AKS SSS
Sumber gambar : ( www.yamaha-motor.co.id )

Performa Mesin

Dari sektor mesinnya, yamaha membekali motor model barunya ini dengan mesin berkapasitas 125 cc, 1 silinder, 4 langkah, fuel injection, SOHC ( Single Over Head Camsaft ) yang memakai sistem pendinginan yang menggunakan udara dan dengan settingan sistem CVT yang terbaru. Mesinnya sendiri telah menggunakan teknologi terbaru " Blue Core " yang diklaim mampu untuk mengurangi gesekan yang terjadi di dalam mesin dan mampu menstabilkan suhu mesin sehingga akselerasi motor menjadi semakin lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, mesin tersebut juga telah mengadopsi teknologi mesin balap, yakni  telah menggunakan DiAsil Cylinder dan Forged Piston yang kuat dan terbukti sangat awet. jadi tidak mengherankan jika tenaga maksimal yang dihasilkan terbilang besar yakni 7,0 kW / 8000 rpm dengan torsi maksimumnya mencapai 9,6 Nm / 5500 rpm.

Selain handal dan bertenaga, mesin baru blue core ini juga sangat efisien ( irit ) dalam pemakaian bahan bakar. Ini tidak lain berkat sistem pembakarannya yang menggunakan sistem aliran udara model terbaru yang di kombinasikan dengan throttle body berukuran 24 mm dan injektor dengan 4 lubang.


Dalam sebuah uji coba yang dilakukan oleh pihak yamaha, mio m3 125 blue core ini mampu menempuh jarak 111 km dengan hanya menggunakan 1 liter bahan bakar saja. Namun itu dengan catatan, bahan bakar yang digunakan memiliki bilangan oktan 92 ( pertamax ) dan  95 ( pertamax plus ).

Jika menggunakan bahan bakar yang beroktan lebih rendah misalnya 88 ( premium ), motor ini hanya mampu menempuh jarak sekitar 70 km/liter saja. Tapi bagaimana pun itu juga, motor ini bisa dianggap sudah sangat irit ketimbang motor mio generasi yang sebelumnya yang masih memakai sistem karburator. Kapasitas bahan bakar dari motor matic terbaru yamaha ini sendiri mencapai 4,2 liter.

Hebatnya lagi dari mesin baru Blue Core ini  adalah berat yang ringan yakni hanya 32,6 kg saja, dan ini membuat yamaha mio m3 125 ini menjadi motor dengan mesin paling ringan di kelasnya saat ini. Dan yang tak boleh ketinggalan, mesin baru ini juga bergaransi hingga mencapai 5 tahun, hebat bukan?.

Rangka dan Suspensi

Spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Selain keunggulan dalam sektor mesin, motor ini juga unggul dalam berbagai segi. Diantaranya dalam hal kenyamanan buat sang pengendaranya. Motor ini dibuat dengan rangka jenis underbone dengan tinggi motor mencapai 1035mm, sehingga tidak hanya kokoh, motor matic ini juga mudah untuk dikendarai.Yamaha Mio M3 125 ini di lengkapi dengan suspensi depan jenis teleskopik dan jenis unit swing dibagian belakang yang sudah terkenal handal dalam meredam getaran yang terjadi.

Selain itu, motor ini juga telah dilengkapi dengan jok berukuran lebar dan empuk. Jadi bisa dipastikan pengendara akan selalu merasa nyaman selama berkendara dengan motor matic yang satu ini. Sektor keamanan pun juga tak luput untuk di maksimalkan, terbukti dengan digunakannya rem jenis cakram di roda depan dan rem tromol ( drum brake ) di roda belakang.

Untuk ukuran ban yang digunakan adalah di depan pakai ban ukuran  70/90 - 14M/C 34P dan untuk yang belakang pakai ban ukuran 80/90 - 14M/C 40P.

Fitur Unggulan Yamaha Mio M3

Fitur Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Fitur Yamaha Mio M3 125 Blue Core
  • Bagasi Luas
 Tidak hanya itu saja, matic terbaru ini juga telah dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang ekstra besar yang mencapai 10,1 liter. Ini sangat cukup untuk memuat berbagai barang keperluan anda seperti jaket, sarung tangan, helm dan barang penting lainnya. Jadi anda tidak perlu kerepotan lagi membawa banyak barang-barang saat berkendara menggunakan dengan yamaha mio m3 125 blue core ini.
  • Smart Lock System
Fitur ini berfungsi untuk mencegah motor akan loncat kedepan saat mesin motor dinyalakan. Selain itu, fitur ini juga akan sangat berguna jika ingin melakukan pengereman di daerah yang curam dan menanjak. Fitur ini sangat mudah digunakan mengingat letak tombolnya yang berada di gagang rem yang bisa dengan mudah dijangkau dengan jari tangan.
  • Smart Stand Switch
Fitur yang mengutamakan standar samping ini, sebenarnya dibuat buat keamanan pengendara agar terhindar dari kecelakaan akibat kelupaan untuk menaikkan standar samping ketika berkendara. Fitur ini mampu mematikan mesin secara otomatis hanya dengan menurunkan standar sampingnya saja. Begitu juga sebaliknya, fitur ini mampu membuat mesin hanya akan menyala jika standart samping dinaikkan. Selain itu, smart stand switch ini telah dilengkapi dengan lampu indikator, jadi dipastikan akan sangat mudah mengoperasikan fitur hebat ini.
  •  Multifuction Key
Fitur ini menjadikan kunci kontak, bagasi dan tangki bahan bakar saling berhubungan ( terintegrasi ), jadi anda bisa leluasa membuka salah satu diantara ketiganya hanya dengan menggunakan fitur ini tanpa harus membukanya secara manual.
  • Spedometer modern yang dilengkapi dengan ECO lamp Indicator
Seperti motor matic pada umumnya spedometer yang ada pada yamaha mio m3 125 blue core ini berisi informasi yang penting bagi pengendara seperti indikator kecepatan, bahan bakar, lampu sein dan trip meter. Tapi menariknya, matic baru ini di tambahi dengan indikator baru yang bernama ECO.

Fitur ini akan memberitahu pengendara  kapan mesin mengeluarkan performa maksimalnya ketika sedang melaju, dengan konsumsi bahan bakar yang optimal. Sederhananya, jika lampu ECO menyala maka itu menunjukkan kalau konsumsi bahan bakar sedang dalam kondisi yang optimal sehingga membuatnya semakin irit.

Menariknya, Lampu indikator ECO ini sebenarnya adalah fitur yang belum pernah digunakan dalam motor-motor yang ada di indonesia . Jadi bisa disimpulkan bahwa yamaha mio m3 125 blue core ini adalah yang pertama memakai sistem canggih ini.
  • Advance Key System dan Stop & Start System
Fitur ini khusu untuk warna Amazing Black. Advance Key System merupakan fitur canggih yang memungkinkan kendaraan bisa terkunci aman. Tak cuma itu AKS ini juga bisa dipakai untuk menemukan motor di tempat ramai bahkan di parkiran. Lalu untuk Stop & Start System, fitur yang bisa mematikan mesin sesaat saat berhenti & bisa menyala lagi ketika gas diputar.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Mio M3 125

Setelah melihat ulasan diatas kita bisa membuat kesimpulan sendiri tentang kelebihan mio m3 125 blue core ini. Diantaranya stripingnya keren dan menarik sekali. Bodi yang ramping dan mudah untuk digunakan. Punya teknologi Blue Core yang canggih, dan banyak lagi yang bisa kalian lihat sendiri di atas.

Lalu untuk kekurangan mio m3 125 sendiri diantaranya adalah posisi berkendara yang diusung cenderung nyaman. Namun jika untuk berkendara jauh rasanya masih kurang bagus. Selanjutnya ada jok untuk pengendara terasa kurang nyaman. Motor ini kurang cocok digunakan oleh mereka yang mungkin punya bobot berat yang berlebih. Dan kelemahan mio m3 berikutnya adalah matic ini tak cocok untuk membawa banyak muatan atau barang. Dan itulah diantara keluhan mio m3 dari para pemiliknya.

Spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core :

  1. MESIN
  • Panjang motor hingga : 1870 mm.
  • Lebar nya mencapai 685 mm.
  • Tinggi dari motor ini hingga 1035 mm.
  • Jarak sumbur rodanya sendiri yaitu 1260 mm.
  • Jarak terendah motor ke permukaan tanah yakni 135 mm.
  • Tinggi tempat duduk ( jok ) yaitu 750 mm.
  • Berat isi motor ( kosong ) adalah 92 kg ( SW ) & 94 ( CW ).
  • Kapasitas bahan baharnya mencapai sekitar 4,2 liter.
      2. RANGKA
  • Tipe rangka yang digunakan adalah menganut jenis Underbone ( tulang rangka untuk penyangga mesin berada di posisi bawah ).
  • Menggunakan suspensi tipe Teleskopik untuk sektor bagian depan dan suspensi tipe Unit Swing untuk daerah belakang.
  • Untuk ban depan berukuran 70/90 - 14M/C 34P, sedang untuk yang belakang berukuran lebih besar yakni 80/90 - 14M/C 40P.
  • Dilengkapi sistem keamanan berupa rem cakram tunggal dibagian depan dan rem tromol ( drum brake ) di bagian belakang.
       3. MESIN
  • Menggunakan mesin berkapasitas 125 cc, 1 silinder, 4 langkah, SOHC ( Single Over Head Camsaft ) dengan sistem pendinginan yang menggunakan udara.
  • Diameter x langkahnya sendiri yakni 52,4 mm x 57,9 mm.
  • Perbandingan komprehensinya mencapai 9,5 : 1.
  • Daya maksimum ( Power ) yang dihasilkan hingga mencapai 7,0 kW / 8000 rpm, sedang torsi maksimumnya mencapai 9,6 Nm / 5500 rpm.
  • Menggunakan 2 sistem untuk menyalakan mesin yakni dengan cara manual ( kick starter ) dan otomatis ( electic starter ).
  • Kapasitas dari minyak pelumas mesin ( oli ) adalah 0,84 liter ( Total ) & 0,80 liter untuk pergantian secara berkala ( periodik ).
  • Tipe oli mesin yang dipakai dan juga direkomendasikan adalah Yamalube 10W40 / 20W40.
  • Transmisi dengan tipe V-belt Otomatis dengan sistem bahan bakar yang dipakai adalah fuel injection.
       4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian yang terpasang dan digunakan adalah Transistor Controlled Ignition ( TCI ).
  • Batteray yang di pakai adalah jenis GTZ4V / YTZ4V.
  • Businya sendiri memakai tipe NGK / CR6HSA.

Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core 2023 :

  1. Harga Baru
  • Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core                    Rp. 17.135.000
  • Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core AKS SSS    Rp.17.270.000
       2. Harga Bekas
  •  Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core Seken sekitar Rp. 7.000.000 - 11.000.000

Demikian artikel spesifikasi dan harga yamaha mio m3 125 terbaru di indonesia khusus buat teman-teman semua yang suka dengan dunia otomotif roda dua. Dan jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya yang tersedia di blog motorcomcom ini seperti misalkan tentang: