Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha Soul GT Terbaru

Harga Yamaha Soul GT - merupakan motor matic yamaha yang secara resmi diluncurkan di indonesia pada tanggal 7 april 2012 yang bertempat di lapiazza kelapa gading jakarta. Sejak awal perdananya, skuter matic ini telah mampu memikat hati para pecinta otomotif di seluruh tanah air. Ini terbukti dengan statistik penjualannya yang sangat tinggi dalam 6 bulan penjualannya dan telah menduduki peringkat ke 5 sebagai motor yamaha yang paling laris kala itu.

Hebatnya lagi, di tahun 2014 ini matic tersebut telah menyabet gelar "Best High Skutik kelas 110-115 cc di ajang otomotif award yang diadakan beberapa waktu yang lalu. Jadi yang jadi pertanyaan, apa saja ya keunggulan dari yamaha soul gt ini hingga bisa sangat populer dan juga mendapatkan penghargaan?.

Dari segi desain, skuter matic ini memiliki tampilan yang mewah dan modern dengan garis-garis yang tajam di hampir semua bagian tubuhnya. bodynya sendiri terbilang ramping dengan berat motor yang sangat ringan yakni hanya 93 kg. Selain itu, motor ini juga kokoh saat ditunggangi ketika digunakan untuk berakselerasi karena dibuat dengan rangka berbahan pipa baja underbone yang kuat.

Di bagian depan terdapat lampu utama berukuran besar yang mampu menghasilkan pencahayaan yang terang dan maksimal. Menariknya desain lampu tersebut tampak seperti sebuah mata yang menyorot tajam ke depan sehingga membuat motor matic ini terkesan garang dan berkarakter.

Sedangkan di bagian belakang terdapat lampu stoplamp bulat yang berwarna merah dengan 2 lampu sein modern yang membuat motor ini semakin terlihat keren dan futuristik. Hebatnya lagi, ada yang bilang kalau desain asli motor ini terinspirasi dari salah satu mobil ternama dari amerika yakni Modern Muscle Car.

Hal sederhana yang bisa membuktikannya yakni dengan menengok bagian lampu depan mobil amerika tersebut. Kalau diperhatikan dengan teliti desain lampu mobil itu sama persis dengan lampu utama milik yamaha soul gt. Jadi tidak salah memang jika matic yamaha yang satu ini memang sangat berkelas dan berkualitas.


Di sektor mesin, yamaha membekali skuter maticnya ini dengan mesin berkapasitas 113,7 cc, 4 langkah, 2 Valve SOHC ( Single Over Head Camshaft ) bersistem pendingin udara ( kipas ) yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 7,75 PS ( 5,7 kW ) / 8500 rpm dan torsi maksimal hingga 8,5 Nm ( 0,87 kgf-m ) / 5000 rpm. Dengan komparansi mesin seperti itu, yamaha soul gt mampu berakselerasi dengan cepat dan mencapai kecepatan maksimal ( to speed ) 100 km/jam.

Seperti kebanyakan motor yamaha zaman sekarang, skuter matic ini juga telah menggunakan teknologi Forged Piston, DiASil Cylinder dan sistem injeksi canggih YMJET-FI sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi semakin irit yakni 41,3 km/liternya. Selain itu emisi atau gas buang motor juga menjadi sedikit dan bersih sehingga ramaha terhadap lingkugan sekitar.

Untuk menghentikan laju motor,  matic ini dibekali dengan rem cakram di bagian depan dan rem jenis tromol dibagian belakang. Warna pilihan untuk yamaha mio gt ini sendiri ada 4 yakni Thunder Bolt Blue, Dazzling Black, Victorious Red & Cosmic White.

Harga Yamaha Soul GT
Yamaha Soul GT Thunder Bolt Blue

Harga Yamaha Soul GT
Yamaha Soul GT Dazzling Black

Harga Yamaha Soul GT
Yamaha Soul GT Victorious Red

Harga Yamaha Soul GT
Yamaha Soul GT Cosmic White
Sumber Gambar : http://www.yamaha-motor.co.id/soul-gt/

Yamaha juga membekali skuter matic ini dengan beberapa fitur yang canggih seperti, spedometer yang modern dan berkelas yang bisa memberikan berbagai informasi penting yang dibutuhkan bagi pengendara. Menariknya desain spedometer tersebut ternyata terinspirasi dari desain jam tangan mewah nan canggih 3d chronograph. Alhasil, tampilan motor menjadi semakin mewah dan modern dengan adanya spedometer tersebut.

Untuk memberikan kemudahan bagi pengendaranya, motor matic ini dibekali juga dengan tempat penyimpanan dibagian depan ( rak ) dan belakang ( bagasi ). kapasitas nya juga lumayan besar cukup untuk membawa berbagai barang keperluan yang dibutuhkan ketika berkendara. Buat keamanan dari tindakan pencurian, yamaha mio gt ini dilengkapi dengan fitur kunci berpengaman magnet yang canggih. Menariknya pada fitur ini juga terdapat tombol untuk membuka bagasi tanpa harus lewat kunci belakang.


Selain keunggulan, yamaha mio gt juga memiliki beberapa kelemahan yakni
  • Belum menggunakan fitur canggih seperti Brake Lock System, Stand Switch Off, & Answer Back System.
  • Setang sering bergetar jika digunakan untuk melaju
  • Belum menggunakan rem jenis cakram di kedua rodanya, sehingga terkesan kurang powerfull dalam hal pengereman.
  • Suspensi belakang agak keras, jadi terasa kurang nyaman saat di kendarai. 
Harga yamaha soul gt di indonesia sendiri terbilang murah dan terjangkau, lebih murah ketimbang harga yamaha xeon rc yang notabennya adalah motor matic sepabrikan.

Spesifikasi Yamaha Soul GT :

  1. DIMENSI
  • Panjang motor 1855 mm.
  • Lebarnya mencapai 700 mm.
  • Tinggi hingga 1050 mm.
  • Jarak sumbu antar roda yakni 1260 mm.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah yakni 130 mm.
  • Berat kosong motor sebesar 93 kg.
  • Kapasitas tangki bensin ( bahan bakar ) sebesar 4,8 liter.
  • Kapasitas tempat penyimpanan ( bagasi ) yakni sebesar 8 liter.
      2. MESIN
  • Menggunakan mesin ber silinder tunggal dengan posisi mendatar yang berkapasitas 113 cc, 4 langkah, 2 Valve SOHC yang menggunakan sistem pendinginan berupa kipas ( udara ).
  • Diameter x langkah nya yakni antara 50 mm x 57,9 mm.
  • Perbandingan komprehensi mesinnya yaitu 9,3 : 1.
  • Mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 7,75 PS ( 5,7 kW ) / 8500 rpm dan torsi maksimal yang mencapai 8,5 Nm ( 0,87 kgf-m ) / 5000 rpm.
  • Memiliki 2 cara penghidupan mesin yakni electrik starter dan kick starter ( manual ).
  • Sistem pelumasannya berjens basah dimana untuk kapasitas olinya yakni 0,85 liter ( total ) & 0,74 liter ( untuk pergantian berkala ).
  • Sistem bahan bakar yang digunakan yakni sistem injeksi yamaha ( YMJET-FI ).
  • kopling bertipe kering ( kopling sentrifugal ) dengan sistem transmisi V-Belt otomatis.
        3. RANGKA
  • Dibuat dengan rangka kuat jenis pipa baja underbone.
  • Suspensi depan di pasangi dengan jenis teleskopik , sedangkan bagian belakang menggunakan jenis unit swing model suspensi tunggal.
  • Ban depannya sendiri berukuran 70/90- 14M/C 34P, sedangkan ban belakang berukuran lebih besar yakni 80/90 - 14M/C 40P.
  • Rem depan diberi senjata rem cakram, sedangkan belakang hanya menggunakan rem tromol saja.
        4. KELISRIKAN
  • Sistem pengapiannya telah menggunakan sistem canggih TCI ( Transistor Control Ignition ).
  • Menggunakan bateray yamaha berjenis YTZ4V / GTZ4V ( MF Batteray )
  • Busi yang digunakan berjenis U20FSR-U ( DENSO ) atau C6HSA ( NGK ).

Harga Yamaha Soul GT - Bulan Februari 2023 :

  1. Harga Yamaha Soul GT Baru                               Rp. -
  2. Harga Yamaha Soul GT Bekas
  • Harga Yamaha Soul GT 2012                               Rp. 10.000.000 - 11.500.000
  • Harga Yamaha Soul GT 2013                               Rp. 10.000.000 - 12.500.000

Jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya yang disiapkan di blog ini seperti mengenai :