Harga TVS Apache RTR 160 Bulan Desember 2016

Advertisement

Harga TVS Apache RTR 160 - merupakan salah satu sepeda motor yang menjadi andalan pihak TVS indonesia di sektor motor sport premium. Motor ini sendiri diciptakan guna memenuhi kebutuhan para penyuka otomotif yang menginginkan sensasi motor yang berbeda. Hebatnya, tvs apache rtr 160 ini pernah menyabet gelar sebagai "The Best Sport Touring " dikisaran motor 121 - 160 cc.

Hebat bukan ? Motor yang berasal dari negeri india ini, memiliki tampilan desain yang sporty dan juga modern. Di bagian depan, tvs apache rtr 160 ini dibekali dengan lampu canggih yang nampak bak sepasang mata monster. Menariknya, lampu yang digunakan sudah berjenis LED, sehingga pencahayaan yang dihasilkan sangat mumpuni.

Selain itu, kaca yang digunakan juga bukan kaca biasa, melainkan sudah menggunakan jenis lensa bening yang telah menggunakan Multi Face Reflektor, hal ini membuat sektor penerangan menjadi lebih maksimal sekalipun pada malam hari.

Desain body yang digunakan juga bukan sembarangan, melainkan sudah dirancang secara khusus guna memberikan akselerasi yang mantap bagi sang pengendara. Desain tangki dengan lekukan-lekukan yang tajam, ternyata berfungsi agar aliran udara yang biasa menghambat menjadi lebih lancar, hal ini akan membuat motor bisa melesat kencang dengan maksimal.

Hebatnya lagi, desain air scoop tersebut ternyata berfungsi juga untuk menurunkan panas mesin motor sekitar 10 %, hal ini akan membuat mesin tidak akan cepat mengalami kepananasan saat digunakan untuk melaju dengan kecepatan yang tinggi. Sama seperti desain tangki mesinnya, desain penutup cerobong asap yang berada dibawah mesin juga memiliki fungsi khusus.

Selain sebagai penambah aura sporty sekaligus untuk keamanan sang pengendara, penutup tersebut juga berfungsi agar aliran udara yang menerpa bisa mengenai seluruh mesin secara merata, hal ini akan membuat mesin motor tvs apache rtr 160 ini menjadi lebih dingin alias tidak cepat panas.

TVS membekali motor andalannya ini dengan mesin 4 tak berkapasitas 159,7 cc ( 15,2 Horse Power ) yang mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga mencapai 11,19 KW ( 15,2 bhp ) / 8500 rpm, dan mampu menghasilkan torsi maksimum mencapai hingga 13,1 Nm / 6000 rpm. Alhasil performa motor ini pun lumayan hebat, akselerasinya sendiri yakni untuk mencapai kecepatan 0 - 60 km/jam membutuhkan waktu 4,8 detik saja. Kecepatan maksimal atau top speed tvs apache rtr 160 mencapai 127 km/jam.

Sebagai penyemangat sekaligus penyedia informasi bagi pengendara, tvs apache rtr 160 ini dibekali dengan spedometer canggih hasil kombinasi antara analog dan digital. Kalau yang analog bisa dikatakan biasa-biasa saja, sama dengan motor-motor lainnya, tapi yang bikin beda adalah pada spedometer digitalnya.



Spedometer jenis digital nya menggunakan latar belakang yang berwarna biru ( nocturnal-blue ), dengan pilihan warna tersebut, informasi yang ditampilkan akan semakin jelas sekalipun saat digunakan dimalam hari.
Namun yang pasti, spedometer yang diusung motor tvs apache rtr 160 ini telah mengusung teknologi Countdown-On-Ignition yang membuat informasi yang diberikan menjadi lebih tepat dan akurat.
 
Sebagai penghenti laju motor, tvs apache rtr 160 ini dibekali dengan rem cakram ( Roto Petal Disc Brakes ) berukuran 270 mm dibagian depan dan rem tromol ukuran 130 mm di sektor belakang. Menariknya rem-rem tersebut telah mengusung teknologi pengereman canggih dari TVS, alhasil daya cengkram yang dihasilkan menjadi lebih kuat karena bisa melepas panas akibat gesekan yang terjadi menjadi lebih cepat. Yang terpenting, kedua rem tersebut bisa dan mampu memberikan keamanan serta kenyamanan bagi sang pengendara. Warna pilihan TVS Apache RTR 160 ada 2 yakni Hijau-Hitam dan Merah-Hitam.

Harga TVS Apache RTR 160
TVS Apache RTR 160
Sumber Gambar : Sumber gambar : http://www.tvsmotor.co.id/apache160.aspx#

Meskipun memiliki segudang kelebihan, tvs apache rtr 160 ini nyatanya juga memiliki serangkaian kekurangan yang sering dirasakan dan dikeluhkan oleh para konsumennya, diantaranya yakni:
  • Sparepart motor yang masih jarang, dan kalaupun ada harganya relatif mahal
Ketika pengendara ingin mengganti berbagai komponen motor yang telah mengalami kerusakan, ternyata mereka harus menunggu dulu ( indent ) karena barang belum tersedia setiap saat. Jika pun tersedia sparepart-sparepart tersebut biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Sepertinya, pembangunan pabrik TVS di daerah cikarang jawa barat belum memberikan hasil yang maksimal sebagai penyedia berbagai komponen penting untuk motor TVS di wilayah indonesia.
  •  Ban yang tidak cocok untuk semua kondisi jalan
Ternyata ban yang digunakan motor tvs apavhe rtr 160 ini tidak cocok untuk semua kondisi jalan, terutama pada saat kondisi jalanan yang basah. Saat melewati kondisi jalan yang basah, ban akan menjadi licin dan membuat controlling motor menjadi lebih sulit. Resiko untuk jatuh akan semakin tinggi dan hal ini sangat membahayakan bagi pengendara.


  • Belum dilengkapi dengan Dual Disc Brake di bagian depan 
Penggunaan rem cakram tunggal dibagian depan sebenarnya sudah memberikan daya pengereman yang kuat untuk motor ini, namun yang menjadi masalah adalah penggunaan kampas rem yang masih menggunakan asbes.  Dengan kampas rem jenis tersebut, menyebabkan ketebalan pada disk menjadi cepat berkurang. Hal ini akan mengganggu keamanan pengendara, dan yang lebihnya lagi pengendara harus siap-siap untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti tidak hanya kampas remnya saja tapi disk brake nya juga mungkin akan perlu pergantian juga nantinya..

Di indonesia, harga yang dibanderol buat motor tvs yang satu ini lumayan murah, lebih murah ketimbang harga tvs apache rtr 180 yang notabennya merupakan kakak kelas dari motor ini. Yang paling penting lagi, harga beli maupun harga jual tvs apache rtr 160 ini lumayan seimbang, jadi pembeli tidak akan dirugikan terlalu banyak nantinya.

Spesifikasi TVS Apache RTR 160 :

  1. DIMENSI
  • Panjang mencapai : 2085 mm.
  • Lebar hingga : 730 mm.
  • Tingginya yakni 1105 mm.
  • Jarak sumbu roda hingga 1300 mm.
  • Jarak terendah sasis motor ke permukaan tanah : 165 mm.
  • Berat kosong motor mencapai : 137 kg.
  • Muatan maksimum yang sanggup ditampung hingga 130 kg.
      2. RANGKA
  • Menggunakan rangka berjenis Double Cradle SynchroSTIFF yang ringan dan juga kuat.
  • Bagian depan bersenjatakan dengan suspensi berjenis teleskopik yang berukuran 105 mm, sedangkan untuk yang bagian belakang menggunakan jenis Monotube tunggal.
  • Rem depan menggunakan cakram petal berukuran 270 mm, sedangkan yang bagian belakang menggunakan tromol yang memiliki ukuran 130 mm.
  • Minyak rem yang digunakan berjenis DOT 3.
  • Roda depan berukuran 90/90 x 17 , sedangkan yang belakang lebih besar dengan ukuran 110/80 x 17.
      3. MESIN
  • Mesin dengan kapasitas silinder 159,7 cc ( silinder tunggal ), 4 tak, 2 katup dengan sistem pendinginan berupa udara.
  • Diameter x langkahnya yakni 62 mm x 52,9 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensi yang dimiliki yaitu 9,5 : 1.
  • Karburator yang dipakai berjenis Mikuni BS-26.
  • Tenaga maksimum yang mampu digelontorkan oleh motor ini mencapai 11,19 KW ( 15,2 bhp ) / 8500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya mampu mencapai hingga 13,1 Nm / 6000 rpm.
  • Dibekali dengan sistem pengapian jenis digital yang modern yakni IDI - Dual Mode Digital Ignition.
  • Kapasitas bahan bakarnya sendiri mencapai 16 liter dengan rincian 2,5 liter sebagai cadangan.
       4. KELISTRIKAN
  •  Menggunakan bateray dengan kekuatan/ daya mencapai 12 V 9 Ah.
  • Busi yang digunakan bertipe MICO BOSCH TWIN ELECTRODE.
  • Sekringnya sendiri berdaya 10 A.
  • Lampu depan menggunakan jenis Halogen HS1 35/35 W, lensa yang bening dengan multi face reflektor yang canggih, sedangkan untuk Lampu belakangnya menggunakan jenis LED berkapasitas 3,5 W.
  • Lampu posisi menggunakan Twin Triangle LED 3,5 W.

Harga TVS Apache RTR 160 - Bulan Desember 2016 :

  • Harga TVS Apache RTR 160 Baru                    Rp. 17.000.000

Jangan Lewatkan Juga Informasi Menarik Lainnya Tentang:
Advertisement
Harga TVS Apache RTR 160 Bulan Desember 2016 | Motor kece | 5